Sel. Des 10th, 2019

Nasi Gurihnya Nasi Gandul Pati di Nasi Gandul Bintaro

Pernah dengar nama kuliner Nasi Gandul? Nasi Gandul merupakan kuliner khas Kota Pati, Jawa Tengah. Kota Pati adalah sebuah kota kabupaten yang berada di Jalur Pantura, sekitar 75 km arah Timur Kota Semarang. Karena merupakan kuliner khas Pati, warung Nasi Gandul dapat ditemukan dengan mudah di sepanjang jalan Kota Pati. Pusat Nasi Gandul di Pati berada di Desa Gajahmati, sebuah desa di arah Selatan Alun-Alun Kota Pati.

Nasi Gandul disajikan dengan sangat unik. Menggunakan piring yang dialasi daun pisang, sebelum diberi nasi putih. Pilihan daging atau jeroan sapi (lidah, babat, babat, usus, paru, limpa, hati, atau kikil) akan dipotong-potong di atas nasi yang kemudian disiram dengan kuah yang panas yang merupakan perpaduan rasa gulai dengan semur. Sendok yang dipakai pun merupakan sendok dari daun pisang. Nasi Gandul ini semakin khas dengan tambahan perkedel kentang atau tempe yang digoreng kering sekali.

nasi_gandul_bintaro_info_bintaro

Ada beberapa versi mengapa nasi ini dinamakan Nasi Gandul:

Versi 1
Konon dulu para penjaja Nasi Gandul berjalan kaki sambil menggotong pikulan yang berisi kuali berisi kuah gandul di satu sisi dan bakul nasi di sisi lainnya. Karena pikulan ini naik turun seiring langkah si penjual, maka orang menamakannya nasi yang menggantung (menggandul)

Versi 2
Dikarenakan nasi gandul ini disajikan dengan piring yang dialasi daun pisang, maka kuah dan nasi tidak menyentuh dasar piring secara langsung seakan menggantung. Karenanya nasi ini dinamakan Nasi Gandul

Jika Anda ingin menikmati gurihnya Nasi Gandul, Anda tidak perlu jauh-jauh ke Pati, karena di Bintaro ada sebuah gerai kuliner yang menyajikan Nasi Gandul sebagai menu utamanya, yaitu Nasi Gandul Bintaro. Nasi Gandul Bintaro berlokasi di Pasar Modern Bintaro Blok RC-16, lokasinya berada di sisi Selatan Pasar Modern Bintaro menghadap parkiran yang berbatasan dengan Jl. Raya Tegal Rotan. Gerai Nasi Gandul buka setiap hari. Namun Anda harus memperhatikan jam bukanya. Nasi Gandul Bintaro buka pukul 06.30-15.00 dan 17.30-20.30.

Nasi Gandul disini disajikan menggunakan piring rotan yang dialasi dengan daun pisang. Setelah disendok nasi putih dan kuahnya yang menggenang, Anda akan ditanyakan lauk yang Anda pilih. Anda bisa memilih menggunakan daging, jeroan, ati atau kombinasinya, yang kemudian akan dipotong-potong. Terakhir, taburan bawang goreng akan melengkapi Nasi Gandul pesanan Anda.

BACA JUGA  Resep Gampang Membuat Mango Sticky Rice

Untuk menambah nikmatnya acara santap Anda, jangan lupa menambahkan Tempe Gandul atau rempeyek kacang yang tersaji di meja. Tempe Gandul ini sangat khas Pati karena irisannya agak tebal seperti tempe goreng biasa. Perbedaannya, Tempe Gandul digoreng cukup kering, kemudian dibungkus plastik setiap potongnya.

nasi_gandul_bintaro_info_bintaro_1

Menu-menu Nasi Gandul tidak hanya Nasi Gandul saja. Menu lainnya yang tidak kalah enak juga tersedia, seperti Nasi Mangut Iwak Panggang, Nasi Bandeng Cabut Duri dan Nasi Asem Asem Daging. Khusus Nasi Asem Asem daging hanya tersedia dari hari Jumat-Senin. Mangut Iwak Panggangnya pun khas Kota Pati. Walaupun Nasi Mangut Iwak Panggang merupakan kuliner khas wilayah Pantura, namun Mangut khas Pati menggunakan kepala ikan manyung berbeda dengan di daerah lain yang menggunakan ikan pari. Kuliner berkuah kuning kental ini rasanya asam pedas. Sangat mengundang selera dimakan di siang hari yang terik.

Begitupun dengan Nasi Bandung Cabut Duri. Bila Semarang terkenal dengan bandeng duri lunaknya, maka Pati terkenal dengan bandeng yang durinya telah dibersihkan, alias tidak ada duri.

Untuk minuman, Anda harus mencoba Es Sirop Kawista yang terbuat dari buah kawista (atau terkadang disebut buah kawis). Buah kawista adalah buah yang mirip dengan jeruk (karena memang sebangsa jeruk) dengan kulit yang berwarna coklat. Di Jawa Tengah, buah kawista umum digunakan sebagai bahan pembuat sirop. Es Sirop Kawista ini sangat segar diminum saat cuaca panas terik. Anda juga bisa membeli sirop kawista dalam bentuk botolan. Rasanya, perpaduan antara Nasi Gandul dengan Es Sirop Kawista merupakan perpaduan yang sangat pas.

Bagi Anda yang ingin memesan berbagai menu di Nasi Gandul Bintaro, bisa menghubungi 021 – 745 2303 atau 0816 1648 498.

 

(BON)

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

You may have missed

Dalam rangka merayakan Hari Belanja Nasional (Harbolnas), Bukalapak meluncurkan kampanye bertajuk Kalap 12.12. Kampanye yang berlangsung 1-15 Desember 2019 ini mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk kalap berbelanja di Bukalapak karena diskon yang diberikan mencapai total Rp 50 Miliar, ditambah beragam promo, mulai dari diskon langsung, voucher diskon, gratis ongkir, Flash Deal Rp 12, Cashback 99%, hingga kesempatan untuk mendapatkan barang-barang luar biasa seperti Mobil Toko, Ruko, hingga Kos-Kosan seharga Rp 12.000 saja di program Serbu Seru Kalap. “Setiap orang pada dasarnya butuh pelampiasan untuk menyalurkan emosi dan keinginan, termasuk di dalamnya keinginan dan napsu belanja. Oleh karena itu, di momen Harbolnas ini, momen yang sudah menjadi tradisi di dunia belanja online dan selalu ditunggu-tunggu, kami memberikan kesempatan pada seluruh masyarakat Indonesia untuk melampiaskan napsu belanjanya hingga kalap, karena asik menikmati semua promo dan penawaran spesial di Kalap 12.12”, ujar Erick Wicaksono, VP of Marketing Bukalapak. “Untuk menambah semangat agar semakin kalap, Kalap 12.12 juga menghadirkan Serbu Seru Kalap mulai tanggal 10 Desember, di mana para pengguna Bukalapak bisa menyerbu Mobil Toko, Ruko, hingga Kos-Kosan yang tidak hanya luar biasa dan berbeda dari tahun sebelumnya, tapi juga bisa mendorong para penyerbu yang berhasil untuk memulai usaha dan meningkatkan kualitas hidup mereka”, tambah Erick. Informasi lebih lanjut mengenai promo KALAP 12.12 bisa dilihat di bukalapak.com.