MW Bootcamp, Membentuk Tubuh Sehat dengan Cara Menyenangkan

Kita sering mendengar orang berkata, “yang penting selalu sehat”. Memang kesehatan menjadi faktor penting dalam kehidupan semua orang. Tercukupinya berbagai kebutuhan jasmani menjadi tidak berarti tanpa diimbangi dengan kesehatan tubuh. Bayangkan, bila ditengah-tengah berbagai kelimpahan kita menderita berbagai penyakit yang menyebabkan kita tidak bisa menikmati semua itu.

Salah kunci penting untuk memiliki tubuh yang sehat adalah dengan berolah raga. Namun sayangnya tidak semua orang mau berolah raga dengan berbagai alasan. Salah satunya adalah olah raga dianggap sebagai aktivitas berat yang menguras energi dan tidak menyenangkan. Akan menjadi berbeda jika olah raga dilakukan dengan cara yang menyenangkan seperti pada aktivitas MW Bootcamp.

MW Bootcamp merupakan singkatan dari Mighty Warrior Bootcamp, sebuah komunitas yang giat melakukan outdoor fitness, atau istilah kerennya Fitfam. Di Bintaro sendiri MW Bootcamp mulai ada sejak 4 bulan yang lalu. Ada 2 lokasi tempat latihannya, di Bintaro Xchange Mall dan di Sekolah Global. Secara keseluruhan ada 5 lokasi tempat latihan MW Bootcamp, selain di Bintaro, MW Bootcamp juga ada di Ragunan dan Taman Suropati, Jakarta Selatan, serta di Primavera BSD.

Menu latihan yang diterapkan di 5 lokasi itu pada dasarnya sama karena pelatih (coach) nya pun sama. Saat ini MW Bootcamp memiliki 3 orang coach, yaitu Anna dan Mike Brumby yang berasal dari Inggris, serta Reza yang berasal dari Indonesia. MW Bootcamp sendiri tidak berafiliasi dengan salah satu fitfam di lokasi yang lain. MW Bootcamp cuma ada di Indonesia.

Untuk jadwal latihannya, MW Bootcamp yang menempati area jogging track Bintaro Xchange berlatih setiap Rabu malam, pukul 19.00. Sedangkan di Sekolah Global, jadwal latihannya setiap Rabu pukul 17.00. Lama latihan setiap sesi-nya sekitar 1,5 jam.

Sesi latihan dimulai dengan berlari jarak pendek bolak-balik, kemudian dilanjutkan dengan pemanasan ringan, barulah dilanjutkan dengan sesi latihan inti. Dalam setiap latihannya, coach telah mempersiapkan menu latihan hari itu yang ditulis pada sebuah papan whiteboard kecil. Kemudian coach akan menjelaskan program latihan hari itu, barulah latihan dimulai.

Dalam program latihannya, MW Bootcamp menerapkan menu latihan yang berbeda-beda. Hal ini bertujuan untuk membuat variasi latihan tidak membosankan. Setiap bagian latihan memiliki tujuan tersendiri. Berbagai gerakan berlari, melompat, mengangkat dan lainnya walaupun dilakukan dengan santai namun cukup menguras tenaga. Peserta dapat saling bercanda dengan sesama peserta. Terkadang terdengar gelak tawa dan teriakan di antara peserta yang berkomentar terhadap instruksi yang diberikan oleh para coach. Coach akan memberikan contoh untuk setiap gerakan sebelum para peserta mulai melaksanakan perintah yang diberikan oleh coach.

Tidak hanya latihan tanpa alat, di sesi-sesi tertentu juga digunakan berbagai peralatan. Jangan dibayangkan peralatan yang digunakan adalah peralatan-peralatan canggih seperti pada umumnya fitness. Pada fitfam justru digunakan berbagai peralatan sederhana, seperti tali tambang, hammer, pipa besi, bahkan karung  yang diisi pasir.

Namun justru dengan kesederhanaan ini, fitfam mengundang perhatiaan banyak orang untuk bergabung. Seperti pada MW Bootcamp yang pesertanya terus bertambah dari waktu ke waktu. Pada waktu-waktu tertentu MW Bootcamp juga mengadakan latihan gabungan semua cabang MW Bootcamp di suatu lokasi yang cukup menarik seperti di tempat-tempat wisata. Program latihan bersama yang dinamakan retreat ini biasanya cukup ramai diikuti semua anggota bahkan tidak jarang juga membuat orang-orang non anggota untuk mulai bergabung berlatih. Pada April 2017, MW Bootcamp berencana kembali mengadakan retreat yang rencananya akan dilakukan di Pulau Macan.

Untuk bergabung di MW Bootcamp syaratnya cukup mudah, calon peserta cukup mengontak coach-nya melalui Instagram, Facebook atau komunikasi langsung melalui telp/WA. Dengan mengontak coach-nya, calon peserta menyampaikan keinginannya untuk bergabung dan mulai berlatih. Pada sesi latihan berikutnya, calon peserta bisa mulai berlatih dengan membayar biaya latihan Rp. 80.000 yang berlaku untuk 1x latihan. Tentunya calon peserta juga telah siap dengan memakai pakaian olah raga yang sesuai, seperti kaos oblong, celana training dan sepatu olah raga.

Tertarik untuk bergabung? Add atau follow saja Facebook dan Instagram MW Bootcamp atau langsung ke salah satu coach-nya, Mike Brumby (Facebook dan Instagram). Atau bisa juga dengan mengontak melalui telp/WA ke nomor 0812 8948 1777.

 

(ES)

Leave a Comment