MTDL Targetkan Cetak Ribuan IT Talent

PT Metrodata Electronics Tbk., emiten Teknologi Informasi dan Komunikasi khususnya di bidang solusi digital serta distribusi hardware dan software, berkomitmen mempersiapkan talenta digital dengan menargetkan untuk mencetak ribuan talenta IT (Information Technology) dalam lima tahun ke depan. Inisiasi ini dijalankan melalui anak usahanya PT Mitra Integrasi Informatika yang menaungi program Metrodata Academy sebagai wadah dalam mendukung sektor Pendidikan di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dengan ditunjuknya Metrodata Academy oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam program Kampus Merdeka.

Susanto Djaja selaku Presiden Direktur MTDL mengatakan, “Kami berinisiatif dan berkomitmen melalui Metrodata Academy yang sudah berpengalaman lebih dari 15 tahun dengan lebih dari 60 mitra kampus, Perguruan Tinggi di Indonesia dan didukung brand-brand global, untuk terus mendukung talenta digital. Melalui berbagai program yang dijalankan, kami juga aktif bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan dan Pemerintah, belum lama ini kami terpilih sebagai mitra Kampus Merdeka. Seperti yang diketahui, kemajuan teknologi terus berkembang dan kebutuhan tenaga IT juga semakin meningkat sehingga Metrodata Academy hadir untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, khususnya di bidang IT.”

Kampus Merdeka merupakan sebuah program yang dirancang oleh Kemendikbudristek dalam rangka memerdekakan pelajar untuk mengembangkan bakat dan potensi mereka. Program ini ditujukan untuk kampus dan mitramitra profesional. Metrodata Academy terpilih untuk menjalankan dua program, yaitu program Magang/Praktik Kerja dan program Studi/Proyek Independen. Dalam hal ini Metrodata Academy disponsori oleh Kemendikbudristek untuk menjalankan program Magang (Metrodata Academy Ecosystem) dan program Studi Independen Bersertifikat (Network Security Operation Center – Cyber Blue Team). Di mana untuk program Magang nantinya mahasiswa akan mendapatkan uang saku bulanan, sedangkan untuk program Studi Independen Bersertifikat akan mendapatkan uang untuk kebutuhan internet. Manfaat lainnya, yaitu untuk kedua program tersebut mahasiswa juga bisa mendapatkan sertifikasi. Program akan dilaksanakan dengan durasi 6 bulan, yang dimulai dari awal Agustus 2021 hingga Januari 2022 dan dapat dikonversikan ke dalam SKS yang setara dengan 20 SKS.

Herryanti Herman selaku Direktur MII menjelaskan, “Kami bersyukur dapat terpilih dalam program Kampus Merdeka ini, di mana Metrodata Academy sudah lama berkomitmen dalam ikut serta secara aktif terhadap pemenuhan talenta Nasional. Sinergi antara Pemerintah, Perguruan Tinggi, dan korporasi menghubungkan gap keterampilan antara dunia Pendidikan dan industri. Metrodata Academy didukung oleh brand global, seperti Microsoft, Oracle, EC-Council, Red Hat, CompTIA dan banyak lagi, yang memberikan pilihan sertifikasi berstandar internasional. Salah satu yang dijalankan dalam Kampus Merdeka adalah Cyber Security berkolaborasi dengan EC Council, yaitu Certified Network Defender (CND) dan Certified Incident Handler (ECIH). Seperti yang diketahui transformasi digital telah meningkatkan kebutuhan keamanan digital, sehingga kami hadir untuk mempersiapkan talenta digital di bidang cyber security. Kemudian, untuk program magang kami menyediakan empat posisi, yaitu Business Analyst, Developer, Quality Assurance, dan System Analyst. Saat ini mahasiswa sudah bisa mendaftar melalui situs Kampus Merdeka (https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/) dan diharapkan kami dapat membantu mereka dalam mengembangkan talenta profesional.”

Sebagai informasi, Metrodata Academy sebelumnya sudah memiliki program yang terdiri dari Metrodata Training, Metrodata Mengajar, Metrodata IT Camp, dan Metrodata Internship. Metrodata Academy memiliki ratusan training, sertifikasi, dan modul. Program ini ditujukan untuk profesional, business user, customer, akademi, dan siapapun yang ingin mengembangkan diri dalam literasi digital. Metrodata Academy bersama Perguruan Tinggi yang sudah bekerjasama, memberikan pelatihan, dan sertifikasi harga spesial khusus untuk mahasiswa aktif. Program sertifikasi berstandar internasional dan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) bagi mahasiswa. Oleh karena itu, Metrodata Academy mendukung penuh talenta-talenta digital untuk mampu menjadi ahli IT dan bersaing secara global.

“Ke depannya dengan memiliki SDM IT yang berkualitas di bidangnya dan layanan solusi lengkap yang dimiliki melalui 8 pilar Solusi Metrodata, yaitu Cloud Services, Big Data & Analytics, Security, Hybrid IT Infrastructure, Business Application, Digital Business Platform, Consulting & Advisory Services, Managed Services, kami akan terus mendukung dan mencetak talenta digital. Diharapkan hal ini dapat membantu pemenuhan SDM IT di Indonesia,” tutup Susanto.

(AB)

Leave a Reply