Kesehatan

Miliki Banyak Khasiat, Combiphar Bagikan Manfaat Khusus 7 Bahan Alami untuk Kehamilan dan Pasca Persalinan

Salah satu  fenomena menarik yang merupakan dampak dari lebih banyaknya waktu yang dihabiskan oleh masyarakat di rumah sejak awal pandemi adalah akan terjadinya baby boom. BKKBN memprediksi adanya peningkatan angka kehamilan hingga 500.000 orang akibat penggunaan kontrasepsi yang menurun.  Dengan meningkatnya angka kehamilan pada masa pandemi ini, perlu juga adanya perhatian yang lebih besar terhadap kondisi ibu di periode kehamilan dan pasca persalinan.

Memahami hal tersebut, hari ini (12/11) Combiphar, perusahaan nasional terdepan di bidang Consumer Healthcare, mengupas lebih dalam mengenai bagaimana kesehatan dan kenyamanan ibu saat kehamilan dan pasca persalinan dapat dipertahankan, khususnya dengan memanfaatkan  madu dan bahan-bahan herbal dari alam, bersama para narasumber Weitarsa Hendarto – Senior Vice President Marketing & International Operations Combiphar, dr. Carlinda Nekawaty – Medical Expert Combiphar, serta Asri Saraswati Iskandar – Herbalis.

“Kesehatan, hingga saat ini masih menjadi fokus pemerintah dan juga masyarakat. Fenomena baby boom, menambah deretan hal penting yang harus diperhatikan ibu dalam menjaga kondisinya pada masa persalinan dan menyusui. Kualitas kesehatan ibu pada masa kehamilan berpotensi mempengaruhi kualitas perkembangan dan pertumbuhan janin yang akan dilahirkan. Berbagai protokol kesehatan juga pola makan dengan nutrisi yang seimbang perlu diterapkan demi menunjang kesehatan, termasuk memanfaatkan madu dan ramuan yang terbuat dari bahan-bahan herbal dari alam,” ujar Weitarsa Hendarto, Senior Vice President Marketing & International Operations Combiphar.

“Data menunjukkan bahwa 40% masyarakat di Indonesia masih mengonsumsi jamu, dan 56% masyarakat mengonsumsi madu.  Angka konsumsi madu dan jamu yang cukup tinggi mengindikasikan bahwa masyarakat Indonesia masih menyukai ramuan tradisional dan terbuat dari berbagai bahan herbal sebagai pendukung kesehatannya,” tambah Weitarsa.

Para wanita pada masa kehamilan maupun pasca persalinan kerap mengalami kondisi yang tidak nyaman, seperti mual dan muntah, edema, dan rasa nyeri pada persendian. “Kondisi inilah yang menyebabkan konsumsi bahan herbal umum dilakukan oleh para wanita sebagai alternatif dari obat konvensional yang seringkali digunakan untuk mengatasi kondisi yang tidak nyaman,” jelas herbalis Asri Saraswati Iskandar.

Menurut Asri, mengetahui manfaat dari bahan-bahan herbal yang akan dikonsumsi akan menjadikannya berfungsi lebih tepat guna. “Tak hanya mampu membantu mengurangi ketidaknyamanan, bahan-bahan herbal juga dapat memberikan nutrisi seperti vitamin dan mineral yang dibutuhkan selama kehamilan dan pasca persalinan”, ungkapnya.

Berikut manfaat madu dan bahan herbal yang dapat membantu mendukung kesehatan ibu saat kehamilan dan pasca persalinan:

  • Madu memiliki kandungan mineral berupa kalsium, tembaga, mangan, zat besi, fosfor, seng, aluminium. Kandungan zat besi pada madu membantu meningkatkan kadar hemoglobin untuk ibu selama kehamilan dan pasca bedah caesar.
  • Cengkih kaya akan kandungan beta-karoten, zat besi, magnesium, seng, vitamin B6, C, dan K. Tak hanya itu, perpaduan cengkih, lengkuas, serai dan jahe, dapat meredakan sakit dan nyeri pada persendian dengan cara dioleskan.
  • Jahe mengandung gingerol yang memberikan efek analgesik yang kuat dan sangat membantu untuk radang sendi, menenangkan saraf, serta mengurangi mual. Jahe juga tinggi kalium, tembaga, magnesium, mangan, vitamin B5 dan B6.
  • Kunyit dan temulawak mengandung kurkumin yang dapat melindungi dari anemia dan hipertensi. Serat tingginya juga mengontrol kadar “kolesterol jahat”. Kunyit dapat membantu meredakan peradangan yang menyebabkan edema, sekaligus risiko mastitis, juga berfungsi untuk mengobati cedera dalam, jahitan luar dan luka infeksi pasca persalinan. Sementara temulawak – meningkatkan produksi ASI pada masa menyusui.
  • Temu Hitam kandungan ?pinene-nya dapat merelaksasi rahim setelah melahirkan.
  • Ketumbar memiliki kandungan protein, kalsium dan zat besi yang dibutuhkan untuk meningkatkan produksi ASI selama periode menyusui.

Asri menambahkan, “Walaupun berasal dari bahan dan tanaman alami, saat mengonsumsinya kita tetap harus memperhatikan tanda-tanda yang ditunjukkan oleh tubuh kita. Dengan demikian kita dapat merasakan apakah bahan yang dikonsumsi memberikan efek yang baik bagi tubuh.”

Hal ini juga dipertegas oleh Medical Expert Combiphar, dr. Carlinda Nekawaty, “Menyadari kondisi tubuh setelah mengonsumsi madu maupun herbal, sangatlah penting untuk melihat reaksi baik yang kecil maupun besar. Terutama jika sedang dalam kondisi khusus seperti hamil atau menyusui. Apa yang kita konsumsi bisa saja menimbulkan risiko terhadap kandungan dan juga bayi.”

“1.000 hari pertama kehidupan, termasuk 270 hari di dalam kandungan, merupakan masa penting yang akan memengaruhi kondisi kesehatan dan tumbuh kembang bayi di masa depan. Untuk itu, bijak dalam mengutamakan kesehatan selama masa kehamilan dan pasca persalinan harus menjadi prioritas ibu,” kata dr. Carlinda.

Untuk kepraktisan, madu dan ramuan herbal yang dikenal masyarakat dengan sebutan jamu ini banyak dijual dalam bentuk kemasan. Sehubungan dengan hal itu, dr. Carlinda menjelaskan beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengonsumsi madu dan herbal agar tetap aman bagi ibu dan bayinya:

  1. Perhatikan jenis kandungan dalam bahan yang akan dikonsumsi untuk mengetahui reaksi alergi atau bahkan efek yang dapat membahayakan ibu maupun bayi. Jika mengonsumsi dalam bentuk kemasan, bacalah informasi nutrisi yang tertera pada label untuk mengetahui kandungan, takaran saji dan juga presentase AKG (Angka Kecukupan Gizi) yang terdapat di dalam ramuan.
  2. Mengetahui waktu yang tepat untuk mengonsumsi ramuan. Biasanya konsentrasi kadar ramuan mencapai puncaknya sekitar 45-90 menit setelah dikonsumsi dan berada di dalam ASI sekitar 15 menit kemudian, hingga berpotensi masuk ke dalam tubuh bayi yang masih menyusui. Untuk itu, disarankan untuk tidak mengonsumsi ramuan apapun pada periode awal menyusui. Konsumsi ramuan bisa dilakukan jika interval menyusui telah lebih dari 2 jam.
  3. Berkonsultasi dengan dokter atau ahli medis, untuk mengetahui kadar konsumsi ramuan yang tepat dan efek yang ditimbulkan jika dikombinasikan dengan obat konvensional, terutama jika ibu memiliki kondisi kesehatan bawaan tertentu dan memerlukan perhatian khusus.

“Bagi Combiphar, ibu memiliki peran kunci dalam menjaga kesehatan keluarga. Menciptakan generasi yang sehat sesuai visi Championing a Healthy Tomorrow, hanya bisa terwujud jika ibu membekali diri dengan pengetahuan tentang kesehatan dan menerapkannya tak hanya untuk keluarga namun juga bagi dirinya sendiri,” tutup Weitarsa.

(BON)

 

Baca Juga

  • Lexus RX 350L, Definisi Baru SUV Premium 7 Penumpang

    Lexus RX 350L, Definisi Baru SUV Premium 7 Penumpang

    Lexus Indonesia resmi meluncurkan Luxury Crossover SUV RX 350L pada Maret 2018. Seri Lexus RX L ini menghadirkan definisi baru dalam tatanan SUV premium dengan tiga baris kursi penumpang sehingga memperkuat nuansa kebersamaan berkendara, yang didukung oleh ketangguhan mesin V6 berkapasitas 3.500 cc dengan tenaga 295 horsepower. Kehadiran Lexus RX 350L membuat seluruh keluarga dapat […]
  • Pembelian Mobil Secara Online Meningkat, Honda Gandeng Situs e-Commerce dan Tawarkan Program Penjualan Menarik

    Pembelian Mobil Secara Online Meningkat, Honda Gandeng Situs e-Commerce dan Tawarkan Program Penjualan Menarik

    Sejalan dengan meningkatnya aktivitas masyarakat yang dilakukan secara online terutama dalam masa pandemi Covid-19 saat ini, PT Honda Prospect Motor meluncurkan program pembelian mobil online yang menawarkan berbagai kemudahan kepada konsumen. Tak hanya memberikan keuntungan lebih untuk konsumen, Honda juga menggandeng beberapa situs e-commerce untuk memudahkan pembelian secara online. Seiring dengan masa penerapan Pembatasan Sosial […]
  • One Championship dan Grab Rayakan Semangat Everyday Champions

    One Championship dan Grab Rayakan Semangat Everyday Champions

    Global sports media property terbesar dalam sejarah Asia, ONE Championship™ (ONE), mengumumkan kerja sama dengan Grab, online-to-offline (O2O) mobile platform terkemuka di Asia Tenggara, untuk merayakan semangat mitra pengemudi Grab yang menjadi andalan pengguna dalam melayani kebutuhan harian mereka (everyday champions). Kerja sama ini akan diluncurkan di Indonesia dan Filipina, karena riset menunjukkan bahwa ONE […]
  • Siap-siap! Meranoia Festival Kembali Menghibur Generasi Milenial

    Siap-siap! Meranoia Festival Kembali Menghibur Generasi Milenial

    Sukses dengan debutnya tahun lalu yang dihadiri belasan ribu penonton, Meranoia Festival akan kembali digelar selama dua hari, Sabtu-Minggu, 11-12 Juli 2020 di Istora Senayan Kompleks GBK, Senayan, Jakarta. Melihat penjualan tiket sold out tahun lalu yang cepat ludes sejak dibuka penjualan tiket perdana, penggemar Meranoia Festival dapat berburu tiket sejak Jumat, 14 Februari 2020, […]
  • Kolaborasi Fila X Vespa untuk Tampil Lebih Penuh Gaya dan Ikonik

    Kolaborasi Fila X Vespa untuk Tampil Lebih Penuh Gaya dan Ikonik

    Tepat pada tanggal 7 Desember 2019 lalu, telah resmi diluncurkan koleksi Fila x Vespa yang terdiri produk apparel dan merchandise yang kontemporer, unik, dan tentunya bisa dipersonalisasikan dengan gaya sehari-hari terutama saat mengendarai Vespa kesayangan. Fila x Vespa merupakan kolaborasi antara Piaggio & C. S.p.A sebagai pemilik merek Vespa, sebuah merek skuter ikonik premium dari […]
  • Coffee Week Festival, Ajang Berkumpulnya Penikmat Kopi Sejati

    Coffee Week Festival, Ajang Berkumpulnya Penikmat Kopi Sejati

    Pada waktu belakangan ini tren minum kopi semakin meningkat. Bila dulu kopi dianggap minuman kelas 2 yang hanya diminum oleh golongan orang tua atau minuman kelas bawah, sekarang minum kopi menjadi bagian dari gaya hidup oleh kaum muda. Minum kopi yang dulunya dianggap tidak baik bagi kesehatan atau minuman untuk menahan kantuk, sekarang malahan menjadi […]
  • Mengapa Cantrang Sempat Dilarang

    Mengapa Cantrang Sempat Dilarang

    Setelah beberapa waktu dilarang, penggunaan cantrang akhirnya diperbolehkan pemerintah RI. Simak beritanya di https://www.youtube.com/watch?v=HO-ufFmhXRA Pemerintah melunak soal penggunaan alat penangkap ikan jenis cantrang. Sempat dilarang keras dan akhirnya menuai protes dari kelompok nelayan Indonesia, khususnya di Pantai Utara Jawa, cantrang akhirnya diperbolehkan digunakan dengan syarat dan batasan. Perjalanan Polemik Cantrang Polemik cantrang berawal dari dikeluarkannya […]
  • TokoCabang Bantu Penjual Tokopedia Kelola Lonjakan Pesanan Saat Pandemi

    TokoCabang Bantu Penjual Tokopedia Kelola Lonjakan Pesanan Saat Pandemi

    Pandemi COVID-19 membuat mobilitas menjadi sangat terbatas, termasuk dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pola belanja cenderung bergeser dari offline ke online. Jumlah penjual online pun meningkat. Menurut data internal, pada Februari 2020, ada lebih dari 7,3 juta penjual di Tokopedia, sedangkan pada Mei 2020, terjadi penambahan lebih dari satu juta penjual baru menjadi total 8,3 juta […]
  • Dorong Literasi, BNI Syariah Gelar Webinar dengan Mitra Pondok Pesantren

    Dorong Literasi, BNI Syariah Gelar Webinar dengan Mitra Pondok Pesantren

    BNI Syariah menggelar Webinar Kegiatan Edukasi dan Literasi Keuangan Syariah kepada  pimpinan, pengurus dan guru Pondok Pesantren Mitra BNI Syariah, Jumat (5/11). Acara ini bertujuan sebagai sarana implementasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah berbasis ekosistem pondok pesantren yang telah diluncurkan pemerintah.  Selain itu dengan acara ini diharapkan dapat meningkatkan inklusi dan literasi keuangan syariah, serta […]
  • Kinerja Keuangan Indofood untuk Periode yang Berakhir pada tanggal 30 September 2020

    Kinerja Keuangan Indofood untuk Periode yang Berakhir pada tanggal 30 September 2020

    PT Indofood Sukses Makmur Tbk (“Indofood” atau “Perseroan”) mengumumkan kinerja keuangan untuk periode yang berakhir pada tanggal 30 September 2020. Perseroan membukukan kenaikan penjualan neto konsolidasi sebesar 2% menjadi Rp58,78 triliun dibandingkan Rp57,85 triliun tahun lalu. Laba usaha naik 21% menjadi Rp8,63 triliun dari Rp7,15 triliun, dan marjin laba usaha meningkat menjadi 14,7% dari 12,4%. […]
  • Tips: Liburan Nyaman, Kantong Tetap Aman

    Tips: Liburan Nyaman, Kantong Tetap Aman

    Menurut beberapa survei, bagi anak-anak muda berlibur merupakan salah satu kebutuhan prioritas. Hal ini terlihat juga dari pertumbuhan pesat pada industri yang terkait gaya hidup seperti makanan dan liburan. Menurut Forbes, 20 persen pelancong di dunia adalah anak muda. Mempersiapkan liburan jauh hari juga bukan gaya anak muda zaman sekarang. Menurut data Travel and Tech […]
  • Wings Air Melakukan Proving Flight Tanjung Karang ke Krui

    Wings Air Melakukan Proving Flight Tanjung Karang ke Krui

    Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Air Group menyampaikan perkembangan terkini sehubungan dengan pelaksanaan uji coba terbang awal (proving flight) pada hari ini telah berlangsung secara tepat, baik dan berjalan lancar. Operasional tetap mengedepankan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan (safety, security, comfort first). Wings Air mengoperasikan salah satu armada tipe ATR 72-600, […]
  • Seminar Parenting: How to Start Effective Communication with Children Through Books

    Seminar Parenting: How to Start Effective Communication with Children Through Books

    Hubungan yang dekat antara orang tua dan buah hatinya perlu dibangun melalui komunikasi yang intens, sehingga anak tidak merasa canggung dan berjarak dengan orang tuanya.Kesibukan para orangtua seringkali membuat orangtua jarang bertemu dengan anaknya sehingga anak pun tumbuh dengan tidak memiliki kedekatan dengan anak-anaknya. Problem ini umum terjadi pada masyarakat yang tinggal di perkotaan. Untuk […]
  • Serbu Daging Sapi Asap di Se’i Sapi Kana, Graha Bintaro

    Serbu Daging Sapi Asap di Se’i Sapi Kana, Graha Bintaro

    Apa istimewanya daging asap khas dari Nusa Tenggara Timur? Kuliner Bintaro Se’i Sapi Kana yang baru dibuka tanggal 6 Juni 2020 lalu terletak di kawasan yang sangat strategis, tepat di sebelah Pompa Bensin Graha Raya. Menempati lantai atas dari mini market Indomaret dan di dekatnya ada tempat cuci mobil. Bila Anda datang di malam hari […]
  • Level Up Your Ramadhan, BNI Syariah Gelar Serangkaian Kegiatan dan Promo

    Level Up Your Ramadhan, BNI Syariah Gelar Serangkaian Kegiatan dan Promo

    BNI Syariah senantiasa berkomitmen untuk menjadi Hasanah Banking Partner bagi para nasabah dan masyarakat. Untuk itu, selama bulan suci ini, BNI Syariah menggelar serangkaian kegiatan dengan tema “#JalanKebaikan Level Up Your Ramadhan” untuk meraih Ramadhan Berkualitas. Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo mengatakan tema pada bulan Ramadhan 1441 H ini adalah #JalanKebaikan Level Up […]
  • Mari Mengenal Penyakit Demensia

    Mari Mengenal Penyakit Demensia

    Hampir setiap minggu ada berita orang lanjut usia yang  hilang. Sanak saudaranya memposting berita kehilangan kerabatnya di sosmed. Di antara orang lanjut usia yang hilang tersebut menderita  demensia. Apa ciri-cirinya? Dia lupa nama dirinya. Lupa alamat tempat tinggalnya sehingga orang yang menemukan bingung mau mengantarkannya ke mana. Demensia bukanlah sebuah penyakit namun merupakan suatu gejala yang disebabkan oleh penyakit atau […]
  • Grab Luncurkan Grab Ventures dengan Investasi Rp 3 Triliun (US$250 Juta) Sebagai Wujud Komitmen bagi Startup-startup In

    Grab Luncurkan Grab Ventures dengan Investasi Rp 3 Triliun (US$250 Juta) Sebagai Wujud Komitmen bagi Startup-startup In

    Grab, mobile platform O2O (online-to-offline) terdepan di Asia Tenggara, hari ini meluncurkan Grab Ventures di Indonesia yang merupakan perpanjangan tangan dari inovasi terbaru perusahaan, dengan investasi senilai Rp 3 triliun (US$250 juta) bagi para startup Tanah Air. Grab Ventures bertujuan untuk membantu startup-startup Indonesia pilihan untuk tumbuh lebih cepat di tingkat nasional dan juga Asia […]
  • Hadapi New Normal, Telkom Hadirkan Beragam Solusi ICT bagi Korporasi

    Hadapi New Normal, Telkom Hadirkan Beragam Solusi ICT bagi Korporasi

    Menghadapi era new normal, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menawarkan beragam solusi ICT yang dapat memudahkan pelaku bisnis dalam menjalankan operasional bisnis, meningkatkan upaya pemasaran hingga untuk keamanan lingkungan kerja. Beberapa solusi yang bisa dimanfaatkan pelanggan di antaranya mulai dari CCTV Thermal, Tablet Camera Thermal, aplikasi AdsQoo serta layanan Shared Service. Dengan semangat sinergi, […]
  • Telkomsel Berangkatkan 1.940 Peserta Mudik Bareng

    Telkomsel Berangkatkan 1.940 Peserta Mudik Bareng

    Telkomsel memberangkatkan 1.940 pemudik yang terdiri dari pelanggan dan petugas outlet Telkomsel beserta keluarganya, serta masyarakat umum. Para peserta dalam program Mudik Bareng Telkomsel ini kembali ke kampung halaman menggunakan bus, pesawat, dan kapal laut. Di Jakarta, Telkomsel memudikkan 1.350 orang menggunakan bus dan pesawat. Sebanyak 1.000 orang di area Silang Monas Jakarta diberangkatkan pada […]
  • Manfaat Edukasi Dalam Permainan Lego

    Manfaat Edukasi Dalam Permainan Lego

    Lego – kita semua tahu itu. Sebagian besar dari kita tumbuh dengan itu. Ini adalah salah satu merek terbesar di dunia, langsung dikenali dan memiliki basis penggemar yang sangat besar. Pernahkah Anda memikirkan manfaat pendidikan Lego?  Telah banyak guru dan pakar pendidikan yang membawa lego ke dalam proses pendidikan di kelas. Simak video berikut. [embedyt] […]

Tinggalkan Balasan