Gaya Hidup Promo Acara

Mewarnai Bagi Orang Dewasa Dapat Meringankan Stress, Melatih Konsentrasi dan Ketekunan

Mewarnai kini bukan lagi kegiatan anak-anak. Orang dewasa juga beramai-ramai mengisi waktu luangnya dengan mewarnai. Konon kegiatan ini dapat menjadi terapi yang menyehatkan mental. Buku mewarnai dengan judul seperti “Johanna Basford’s Secret Garden” laris manis di pasaran. Ada beberapa seri buku menurut tema-tema, misalnya etnik, hewan, desain bunga, dan sebagainya yang ditujukan bagi orang dewasa. Tak ketinggalan, sejumlah pembuat pensil warna juga meluncurkan satu set alat mewarnai khusus untuk orang dewasa.

Tren mewarnai ini dimulai sekitar tahun 2014. Mulai dari peneliti di Johns Hopkins University sampai editor di jurnal Yoga juga sama-sama menyarankan kegiatan mewarnai sebagai alternatif meditasi.

Banyak orang menganggap kegiatan mewarnai sama dengan terapi seni. Tetapi sebenarnya berbeda. Menurut American Art Therapy Association, terapi seni merupakan suatu proses dalam membuat dan menciptakan hasil karya seni sambil menjelajah perasaan, mengumpulkan lagi konflik emosional, memupuk rasa self-awareness, mengembangkan keterampilan sosial, mengurangi kecemasan, dan banyak lagi.

Jadi, pada dasarnya terapi seni ini sama saja dengan terapi lain namun juga bisa menjadi media ekspresi personal.
Walau begitu, mengisi waktu dengan mewarnai tidak sama persis dengan mengikuti sesi terapi seni dengan lengkap. “Mewarnai tidak bisa disebut terapi seni karena terapi seni bergantung pada hubungan antara klien dan terapis,” kata Marygrace Berberian, terapi seni bersertifikat.

Terapi seni pertama kali dipraktikkan sekitar tahun 1940-an, sementara penelitian yang mengungkap manfaat dari mewarnai sebagai terapi baru dilakukan di pertengahan tahun 1990-an. Meski mewarnai dan terapi seni bukan sesuatu yang sama, tetapi kegiatan mewarnai bermanfaat bagi kesejahteraan mental. “Mewarnai juga memiliki efek terapeutik untuk mengurangi kecemasan, meningkatkan fokus atau membuat kita merasa lebih sadar,” kata Berberian.

Seperti halnya meditasi, mewarnai juga membantu mematikan otak dari pikiran yang bersliweran dan fokus pada momen saat ini. Kegiatan ini juga efektif bagi orang yang merasa tidak nyaman mengekspresikan perasaannya melalui bentuk seni.

Tetapi jika Anda memiliki masalah emosional atau mental yang lebih berat, terapi seni dinilai lebih efektif dibanding mewarnai seorang diri. Kegiatan mewarnai lebih cocok bagi mereka yang ingin merasa tenang.
Dalam situs ColoringBooks.net disebutkan, orang dewasa yang ingin mewarnai disarankan menggunakan pensil warna, bukannya crayon. Pensil warna lebih mudah dalam membentuk gradasi atau mencampurkan warna.

Simak beberapa manfaat dari mewarnai bagi orang dewasa:

  • Manfaat mewarnai yang pertama adalah dapat menghilangkan kejenuhan dan kebosanan.
  • Mewarnai mampu meningkatkan daya konsentrasi, mengasah otak, dan memancing kreativitas karena tidak adanya keterikatan dengan aturan tertentu, kita bebas menuangkan segala ide lewat pola, garis, detail pada lembar kertas mewarnai, serta dapat melakukan ekperimen aneka kombinasi warna, bahkan warna yang saling bertabrakan sekalipun.
  • Mewarnai pada orang dewasa juga mampu melatih ketekunan dan ketelatenan karena banyaknya pengulangan pola dan detail yang dilakukan saat mewarnai.
  • Manfaat mewarnai juga baik bagi kesehatan mental. Mewarnai mampu meredakan stres dan memberikan rasa ketenangan. Mewarnai juga dapat membantu mengatasi rasa takut, cemas, dan gelisah, karena mewarnai dapat mengistirahatkan sejenak kinerja Amyglada, yaitu salah satu bagian otak yang mengontrol emosi penyebab stress, cemas dan rasa takut.
  • Tak hanya keterampilan motorik anak-anak yang diasah, mewarnai pada orang dewasa juga dapat mengasah motorik agar selalu aktif sehingga memperlambat penurunan fungsi motorik akibat penuaan.
  • Manfaat mewarnai yang selanjutnya adalah membangkitkan energi positif pada orang dewasa karena mewarnai bisa mengingatkan kembali pada memori masa kecil yang menyenangkan, bebas dari kekhawatiran dan tekanan.

Selain itu, secara psikologis, beberapa warna tertentu juga dapat membangkitkan energi positif, seperti warna merah, oranye, kuning yang bisa membangkitkan rasa semangat, optimisme, dan keceriaan, warna hijau maupun biru yang memberikan rasa ketenangan dan kesejukan, dan lain sebagainya.

Agar dapat mengenal lebih lanjut mengenai mewarnai bagi orang dewasa, Anda dapat mengikuti workshopnya di Gramedia World BSD pada hari Minggu, 8 Oktober 2017 jam 14.00-16.00 dengan membayar biaya pendaftaran Rp. 60.000, Anda juga akan mendapatkan buku mewarnai dan pensil warna.

Info lebih lanjut:
Gramedia World BSD
Ester: 0811-800-2417
Issan: 0812-8641-0269

 

(EGS)

Tags

 

Baca Juga

  • Vivo Raih Posisi Top 2 di Pasar Smartphone Indonesia

    Vivo Raih Posisi Top 2 di Pasar Smartphone Indonesia

    vivo terus memperkuat posisinya sebagai salah satu brand teknologi smartphone terbesar secara global, maupun Indonesia. Data terbaru oleh lembaga International Data Corporation (IDC) Indonesia menunjukkan, vivo kembali menempati posisi ke-2 dalam market share berdasarkan pengiriman unit pada kuartal 4 2019. Dalam skala lebih luas, data oleh Counterpoint Research* di periode yang sama juga menunjukkan vivo […]
  • OPPO A53 Resmi Diperkenalkan: Bawa Keunggulan Layar 90 Hz , Prosesor Snapdragon 460, dan Pengisian Cepat 18W

    OPPO A53 Resmi Diperkenalkan: Bawa Keunggulan Layar 90 Hz , Prosesor Snapdragon 460, dan Pengisian Cepat 18W

    Semakin lama semakin tinggi kebutuhan konsumen terhadap fitur terkini pada perangkat smartphone. Tuntutan konsumen terhadap teknologi terbaru pada perangkat kelas atas untuk diadopsi di lini seri dibawahnya pun selalu dikemukakan. Tentunya, hal ini ditangkap OPPO dengan menghadirkan perangkat terbaru A53.OPPO A53 hadir dengan fitur kelas atas seperti kehadiran layar Neo-Display 90hz. “OPPO A53 hadir sebagai […]
  • Minyak Kutus Kutus, Minyak Herbal Multi Khasiat Untuk Berbagai Pengobatan

    Minyak Kutus Kutus, Minyak Herbal Multi Khasiat Untuk Berbagai Pengobatan

    Minyak kutus kutus adalah minyak obat yang di buat secara alami serta memiliki fungsi untuk menyembuhkan beberapa penyakit degeneratif. Kutus sendiri di ambil dari bahasa Bali, yang memiliki arti delapan (8). Angka delapan adalah angka yang secara grafis berupa aliran tak terputus. Makna tidak terputus inilah yang menjadi gambaran khasiat serta manfaat dari minyak kutus kutus […]
  • Foto : Kidcity Transmart Graha Raya, Surganya si Kecil Bermain

    Foto : Kidcity Transmart Graha Raya, Surganya si Kecil Bermain

    Bertambah satu lagi arena bermain bagi si kecil di wilayah Bintaro, Graha Raya dan Serpong dengan kehadiran Kidcity. Kidcity merupakan arena bermain keluarga di Transmart Graha Raya yang dilengkapi dengan berbagai wahana permainan yang sangat menarik. Hadir dengan tema kota New York dan Golden Gate San Francisco serta dinosaurus yang digemari anak-anak dan dewasa. Kidcity […]
  • Shopee Ajak Generasi Muda Berkreasi lewat Waktu Indonesia Bikin Konten

    Shopee Ajak Generasi Muda Berkreasi lewat Waktu Indonesia Bikin Konten

    Meningkatnya kemajuan teknologi dari waktu ke waktu mendorong lahirnya berbagai profesi baru, salah satunya adalah content creator. Membuat konten melalui social media sedang digemari oleh masyarakat khususnya generasi muda. Fakta ini ditandai dengan semakin maraknya kehadiran konten video menarik dan kreatif yang membahas seputar traveling, tech review, kuliner, make-up bahkan keseharian para content creator. Hal […]
  • Seminar Social Media Influencer Universitas Pembangunan Jaya

    Seminar Social Media Influencer Universitas Pembangunan Jaya

    Perkembangan social media yang begitu pesat belakangan ini membutuhkan kematangan dalam menyikapinya. Social media bisa digunakan untuk berbagai hal, dari sekedar menunjukkan eksistensi diri, promosi sampai dengan menyebar kebencian. Untuk itu pengguna social media perlu memahami cara menggunakan social media secara tepat, sehingga social media dapat mendatangkan manfaat minimal bagi diri sendiri. Hal ini mengemuka […]
  • Perluas Akses Pengiriman Cepat dan Handal bagi UMKM, Lion Parcel Turunkan Harga Onepack hingga Setara Layanan Reguler

    Perluas Akses Pengiriman Cepat dan Handal bagi UMKM, Lion Parcel Turunkan Harga Onepack hingga Setara Layanan Reguler

    Lion Parcel (PT. Lion Express), perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia, terus memperluas akses layanan pengiriman cepat dan handal bagi para pengguna, bisnis, dan UMKM di tengah tingginya tren belanja online saat ini. Kali ini, berinovasi melalui layanan unggulannya “ONEPACK” yang dapat dinikmati mulai 1 Desember 2020, dengan harga yang lebih ekonomis, setara dengan harga […]
  • Ingin Memberikan Kejutan Menyenangkan Untuk si Kecil? Berikan Saja Bolu Gulung Karakter

    Ingin Memberikan Kejutan Menyenangkan Untuk si Kecil? Berikan Saja Bolu Gulung Karakter

    Bingung memilih kado ulang tahun bagi si kecil yang sebentar lagi berulang tahun? Umumnya anak-anak memiliki tokoh-tokoh kartun favorit, mengapa tidak diberikan kado yang bergambar tokoh kesukaannya itu? Bolu gulung karakter bisa menjadi alternatif. Disamping penampilannya lucu, tentu saja bolu gulung karakter ini sangat enak untuk dimakan. Pada dasarnya bolu gulung karakter ini tidak berbeda […]
  • Geprek Bensu, Ini Aslinya Ayam Geprek Milik Ruben Onsu

    Geprek Bensu, Ini Aslinya Ayam Geprek Milik Ruben Onsu

    Ayam geprek, siapa yang tidak kenal dengan nama menu makanan satu ini? Nama ayam geprek begitu populernya terutama di kalangan anak muda yang menggemari menu kuliner kekinian. Tengok saja, di berbagai tempat kita dengan mudah menemukan gerai kuliner yang menyajikan ayam geprek sebagai menu andalannya atau sekedar menjadi menu sampingan. Ayam geprek adalah ayam goreng […]
  • Taktik Meninggalkan Ruang Rapat Lebih Awal

    Taktik Meninggalkan Ruang Rapat Lebih Awal

    Banyak orang percaya bahwa “komunikasi” memiliki nilai penting untuk tim kerja. Oleh karena itu, mereka merasa perlu mengadakan pertemuan dengan keyakinan bahwa berbicara di dalam rapat sama dengan bekerja. Mereka terus melakukannya meskipun rapat tidak menghasilkan kesimpulan dan mencapai sasaran. Selain itu, ada orang yang memanfaatkan momen rapat sebagai cara untuk membangun otoritas. Mereka selalu […]
  • Telkomsel Persembahkan Ribuan Hadiah Spesial untuk Pelanggan

    Telkomsel Persembahkan Ribuan Hadiah Spesial untuk Pelanggan

    Menjelang akhir tahun 2018, Telkomsel kembali memanjakan pelanggan yang selama ini telah setia menggunakan produk dan layanan Telkomsel melalui program Pesta Akhir Tahun. Sebagai tanda terima kasih kepada pelanggan, Telkomsel memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk bisa memperoleh ribuan hadiah spesial, di antaranya  hadiah utama berupa satu unit mobil Mercedes-Benz CLA Class dan dua unit mobil […]
  • UNIKA Atma Jaya Kembali Hadirkan Peraih Nobel Laureate Bidang Kedokteran

    UNIKA Atma Jaya Kembali Hadirkan Peraih Nobel Laureate Bidang Kedokteran

    UNIKA Atma Jaya tahun ini kembali menjadi salah satu tuan rumah untuk kegiatan ASEAN “Bridges – Dialogues Towards a Culture of Peace” 2019. Pada kesempatan kali ini, UNIKA Atma Jaya mendapat kesempatan menghadirkan salah satu penerima penghargaan Nobel Laureate Prof. Sir. Paul Nurse. Prof. Sir. Paul Nurse adalah menerima hadiah Nobel di bidang Kedokteran pada […]
  • Tempat Nongkrong di Bintaro – Burger N’ Grill Ubah Konsep

    Tempat Nongkrong di Bintaro – Burger N’ Grill Ubah Konsep

    INFOBINTARO (IB) – Saat ini, tempat jajanan kuliner yang ramai bisa berfungsi ganda sebagai tempat nongkrong. Salah satu contohnya adalah Bintaro Peoples Market (BPM) yang kini jadi tempat nongkrong di Bintaro yang banyak dikunjungi untuk kongkow-kongkow bersama teman ataupun keluarga. Tempat Nongkrong di Bintaro dengan Inovasi Baru Tempat nongkrong identik dengan banyaknya pengunjung berkumpul menghabiskan […]
  • Lazada Gandeng Gosend untuk Layanan Antar Segera (Instant Delivery)

    Lazada Gandeng Gosend untuk Layanan Antar Segera (Instant Delivery)

    Lazada umumkan kerjasama eksklusif dengan GoJek untuk layanan antar segera GoSend dan luncurkan kampanye “Belanja Hemat, Kirim Cepat” mulai tanggal 14 Mei 2020. Layanan antar segera dengan GoSend sudah aktif sejak bulan lalu yang diutamakan untuk layanan antar bahan makanan segar, salah satu kebutuhan penting di saat PSBB. Monika Rudijono, Chief Marketing Officer, Lazada Indonesia, […]
  • Emirates Memindahkan Operasinya ke Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta

    Emirates Memindahkan Operasinya ke Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta

    Sebagai upaya untuk terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggannya di Indonesia, Emirates dengan bangga mengumumkan perpindahan operasinya di Jakarta ke Terminal 3 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Langkah ini secara resmi ditandai pada 7 Januari 2019, dengan kedatangan penerbangan Emirates EK356 di Gate 9 pukul 15.45. Turut menyambut kedatangan penerbangan perdana Emirates di terminal baru yakni perwakilan […]
  • Grab dan Kementerian Pariwisata Genjot Pariwisata Lokal dengan Moda Transportasi Ikonik

    Grab dan Kementerian Pariwisata Genjot Pariwisata Lokal dengan Moda Transportasi Ikonik

    Grab, everyday super app terkemuka di Asia Tenggara, bersama Kementerian Pariwisata meluncurkan terobosan moda transportasi lokal ikonik di Indonesia. Saat ini moda transportasi lokal ikonik ini sudah tersedia di tiga kota, yaitu GrabBajay di Jakarta, GrabBetor di Medan, dan GrabBentor di Gorontalo. Terobosan ini merupakan bagian dari kerja sama berkelanjutan antara Grab dan Kementerian Pariwisata […]
  • Melatih Ketahanan Mental, Disiplin, dan Mempererat Tali Persaudaraan Siswa, KB/TK Pembangunan Jaya Menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

    Melatih Ketahanan Mental, Disiplin, dan Mempererat Tali Persaudaraan Siswa, KB/TK Pembangunan Jaya Menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

    Saat seorang anak mulai memasuki dunia pendidikan adalah masa-masa yang sangat penting. Pada saat ini, seorang anak akan mulai mengenal dunia pendidikan dari sebelumnya sang anak menghabiskan sebagian besar waktunya dengan bermain. Karena pentingnya masa awal ini, banyak sekolah menyelenggarakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta […]
  • Universitas Luar Negeri Pertama di Indonesia, Monash University Hadir di BSD City

    Universitas Luar Negeri Pertama di Indonesia, Monash University Hadir di BSD City

    BSD City telah dikenal sebagai tempat dari berbagai sekolah, lembaga pendidikan informal, hingga perguruan tinggi di Indonesia. Tahun depan, BSD City akan kembali mendapatkan kehormatan dengan menjadi tuan rumah bagi Monash University sebagai perguruan tinggi luar negeri pertama yang akan beroperasi di Indonesia. Monash University merupakan institusi pendidikan tinggi yang berdiri pada 1958 di Melbourne, […]
  • XL Axiata Kerja Sama dengan Cloudera Tingkatkan Penggunaan Data Analitik untuk Dorong Kinerja Bisnis

    XL Axiata Kerja Sama dengan Cloudera Tingkatkan Penggunaan Data Analitik untuk Dorong Kinerja Bisnis

    Cloudera, Inc., (NYSE: CLDR). PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menjalin kerjasama dengan Cloudera.Inc., (NYSE: CLDR), perusahaan penyedia data cloud untuk enterprise, untuk meningkatkan penggunaan data analitik dalam upaya memaksimalkan kinerja bisnis. Dengan memanfaatkan platform manajemen data cloud-agnostic dari Cloudera, manajemen XL Axiata berharap dapat menggunakan teknologi data, analitik, machine learning (ML), dan artificial intelligent […]
  • Grab Gandeng Sejasa.com Luncurkan Layanan ‘Clean & Fix’

    Grab Gandeng Sejasa.com Luncurkan Layanan ‘Clean & Fix’

    Di akhir hari yang panjang, kita pulang kerja dan berharap untuk bersantai bersama keluarga di rumah yang sejuk, bersih, dan nyaman. Tetapi bagaimana jika AC panas, mesin cuci rusak dan rumah pun kotor? Soal perawatan rumah, mungkin sulit untuk memesan penyedia jasa layanan yang baik ketika Anda membutuhkannya. Melalui fitur Clean & Fix, pengguna Grab […]