Gaya Hidup Promo Acara

Mewarnai Bagi Orang Dewasa Dapat Meringankan Stress, Melatih Konsentrasi dan Ketekunan

Mewarnai kini bukan lagi kegiatan anak-anak. Orang dewasa juga beramai-ramai mengisi waktu luangnya dengan mewarnai. Konon kegiatan ini dapat menjadi terapi yang menyehatkan mental. Buku mewarnai dengan judul seperti “Johanna Basford’s Secret Garden” laris manis di pasaran. Ada beberapa seri buku menurut tema-tema, misalnya etnik, hewan, desain bunga, dan sebagainya yang ditujukan bagi orang dewasa. Tak ketinggalan, sejumlah pembuat pensil warna juga meluncurkan satu set alat mewarnai khusus untuk orang dewasa.

Tren mewarnai ini dimulai sekitar tahun 2014. Mulai dari peneliti di Johns Hopkins University sampai editor di jurnal Yoga juga sama-sama menyarankan kegiatan mewarnai sebagai alternatif meditasi.

Banyak orang menganggap kegiatan mewarnai sama dengan terapi seni. Tetapi sebenarnya berbeda. Menurut American Art Therapy Association, terapi seni merupakan suatu proses dalam membuat dan menciptakan hasil karya seni sambil menjelajah perasaan, mengumpulkan lagi konflik emosional, memupuk rasa self-awareness, mengembangkan keterampilan sosial, mengurangi kecemasan, dan banyak lagi.

Jadi, pada dasarnya terapi seni ini sama saja dengan terapi lain namun juga bisa menjadi media ekspresi personal.
Walau begitu, mengisi waktu dengan mewarnai tidak sama persis dengan mengikuti sesi terapi seni dengan lengkap. “Mewarnai tidak bisa disebut terapi seni karena terapi seni bergantung pada hubungan antara klien dan terapis,” kata Marygrace Berberian, terapi seni bersertifikat.

Terapi seni pertama kali dipraktikkan sekitar tahun 1940-an, sementara penelitian yang mengungkap manfaat dari mewarnai sebagai terapi baru dilakukan di pertengahan tahun 1990-an. Meski mewarnai dan terapi seni bukan sesuatu yang sama, tetapi kegiatan mewarnai bermanfaat bagi kesejahteraan mental. “Mewarnai juga memiliki efek terapeutik untuk mengurangi kecemasan, meningkatkan fokus atau membuat kita merasa lebih sadar,” kata Berberian.

Seperti halnya meditasi, mewarnai juga membantu mematikan otak dari pikiran yang bersliweran dan fokus pada momen saat ini. Kegiatan ini juga efektif bagi orang yang merasa tidak nyaman mengekspresikan perasaannya melalui bentuk seni.

Tetapi jika Anda memiliki masalah emosional atau mental yang lebih berat, terapi seni dinilai lebih efektif dibanding mewarnai seorang diri. Kegiatan mewarnai lebih cocok bagi mereka yang ingin merasa tenang.
Dalam situs ColoringBooks.net disebutkan, orang dewasa yang ingin mewarnai disarankan menggunakan pensil warna, bukannya crayon. Pensil warna lebih mudah dalam membentuk gradasi atau mencampurkan warna.

Simak beberapa manfaat dari mewarnai bagi orang dewasa:

  • Manfaat mewarnai yang pertama adalah dapat menghilangkan kejenuhan dan kebosanan.
  • Mewarnai mampu meningkatkan daya konsentrasi, mengasah otak, dan memancing kreativitas karena tidak adanya keterikatan dengan aturan tertentu, kita bebas menuangkan segala ide lewat pola, garis, detail pada lembar kertas mewarnai, serta dapat melakukan ekperimen aneka kombinasi warna, bahkan warna yang saling bertabrakan sekalipun.
  • Mewarnai pada orang dewasa juga mampu melatih ketekunan dan ketelatenan karena banyaknya pengulangan pola dan detail yang dilakukan saat mewarnai.
  • Manfaat mewarnai juga baik bagi kesehatan mental. Mewarnai mampu meredakan stres dan memberikan rasa ketenangan. Mewarnai juga dapat membantu mengatasi rasa takut, cemas, dan gelisah, karena mewarnai dapat mengistirahatkan sejenak kinerja Amyglada, yaitu salah satu bagian otak yang mengontrol emosi penyebab stress, cemas dan rasa takut.
  • Tak hanya keterampilan motorik anak-anak yang diasah, mewarnai pada orang dewasa juga dapat mengasah motorik agar selalu aktif sehingga memperlambat penurunan fungsi motorik akibat penuaan.
  • Manfaat mewarnai yang selanjutnya adalah membangkitkan energi positif pada orang dewasa karena mewarnai bisa mengingatkan kembali pada memori masa kecil yang menyenangkan, bebas dari kekhawatiran dan tekanan.

Selain itu, secara psikologis, beberapa warna tertentu juga dapat membangkitkan energi positif, seperti warna merah, oranye, kuning yang bisa membangkitkan rasa semangat, optimisme, dan keceriaan, warna hijau maupun biru yang memberikan rasa ketenangan dan kesejukan, dan lain sebagainya.

Agar dapat mengenal lebih lanjut mengenai mewarnai bagi orang dewasa, Anda dapat mengikuti workshopnya di Gramedia World BSD pada hari Minggu, 8 Oktober 2017 jam 14.00-16.00 dengan membayar biaya pendaftaran Rp. 60.000, Anda juga akan mendapatkan buku mewarnai dan pensil warna.

Info lebih lanjut:
Gramedia World BSD
Ester: 0811-800-2417
Issan: 0812-8641-0269

 

(EGS)

Tags

 

Baca Juga

  • Komunitas Ayomain, Mengajak Keluarga Indonesia Untuk Bermain Bersama Buah Hati

    Komunitas Ayomain, Mengajak Keluarga Indonesia Untuk Bermain Bersama Buah Hati

    Ayomain adalah komunitas yang mengajak keluarga Indonesia untuk bermain bersama buah hati. Ayomain yakin anak akan mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan melalui bermain. Oleh karena itu, sebagai sebuah komunitas, Ayomain berusaha menjadi wadah dan fasilitator yang menemani orangtua dan keluarga Indonesia dalam memberikan salah satu hak dan fitrahnya anak-anak, yaitu bermain. Bermain adalah tentang eksplorasi, […]
  • Melihat Lebih Jauh Sekolah Bisa, Sekolah Gratis Bagi Anak-Anak Tidak Mampu di Bintaro

    Melihat Lebih Jauh Sekolah Bisa, Sekolah Gratis Bagi Anak-Anak Tidak Mampu di Bintaro

    Sekolah Bisa merupakan sekolah gratis bagi anak-anak tidak mampu yang didirikan oleh British International School (BIS) bersama The Body Shop. Sekolah yang mulai berdiri dari tahun 2011 dimaksudkan untuk memberikan kesempatan bagi anak-anak dari pemulung yang mencari nafkah di wilayah Bintaro. Anak-anak yang karena keterbatasan ekonomi orang tuanya harus mengalami putus sekolah dan membantu orang […]
  • Lazada Gandeng Gosend untuk Layanan Antar Segera (Instant Delivery)

    Lazada Gandeng Gosend untuk Layanan Antar Segera (Instant Delivery)

    Lazada umumkan kerjasama eksklusif dengan GoJek untuk layanan antar segera GoSend dan luncurkan kampanye “Belanja Hemat, Kirim Cepat” mulai tanggal 14 Mei 2020. Layanan antar segera dengan GoSend sudah aktif sejak bulan lalu yang diutamakan untuk layanan antar bahan makanan segar, salah satu kebutuhan penting di saat PSBB. Monika Rudijono, Chief Marketing Officer, Lazada Indonesia, […]
  • Bakmi Jawa Pa’ Pom, Tempat Menikmati Kuliner Khas Jawa

    Bakmi Jawa Pa’ Pom, Tempat Menikmati Kuliner Khas Jawa

    Siapa yang tidak mengenal bakmi Jawa? Bakmi Jawa atau mie Jawa adalah bakmi rebus (bahasa Jawa: bakmi godhog) yang dimasak dengan bumbu khas masakan Jawa. Kebanyakan bakmi Jawa adalah bakmi rebus, akan tetapi sebenarnya terdapat variasi mie goreng dari bakmi Jawa. Mie dimasak di atas tungku tanah liat (anglo) dan api arang. Meskipun banyak pembeli […]
  • XL Axiata Kerja Sama dengan Cloudera Tingkatkan Penggunaan Data Analitik untuk Dorong Kinerja Bisnis

    XL Axiata Kerja Sama dengan Cloudera Tingkatkan Penggunaan Data Analitik untuk Dorong Kinerja Bisnis

    Cloudera, Inc., (NYSE: CLDR). PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menjalin kerjasama dengan Cloudera.Inc., (NYSE: CLDR), perusahaan penyedia data cloud untuk enterprise, untuk meningkatkan penggunaan data analitik dalam upaya memaksimalkan kinerja bisnis. Dengan memanfaatkan platform manajemen data cloud-agnostic dari Cloudera, manajemen XL Axiata berharap dapat menggunakan teknologi data, analitik, machine learning (ML), dan artificial intelligent […]
  • Lembutnya Sate Kambing Muda di Sate Tegal Maklibul

    Lembutnya Sate Kambing Muda di Sate Tegal Maklibul

    Mendengar nama Tegal biasanya imajinasi kita langsung melayang ke warteg alias warung tegal. Memang nama tegal sangat identik dengan warteg karena menjamurnya warung makan sederhana murah meriah bernama warteg di berbagai pelosok wilayah di Indonesia. Namun Tegal ternyata bukan hanya warteg, belakangan ini sate kambing asal Tegal semakin populer. Kepopuleran ini dipicu penggunaan singkatan yang cukup […]
  • Dapatkan Double Promo dengan Layanan Pesan, Bayar, Antar dari Toko Buku Gramedia

    Dapatkan Double Promo dengan Layanan Pesan, Bayar, Antar dari Toko Buku Gramedia

    Memasuki era new normal, pandemi Covid -19 telah mengubah perilaku masyarakat dalam bertransaksi. Sejak pemerintah mengeluarkan aturan penjarakan fisik dalam imbauan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), transaksi daring kian jadi pilihan paling aman untuk digunakan. Sejalan dengan kebijakan tersebut, PT Gramedia Asri Media menghadirkan layanan Pesan, Bayar, Antar yang telah berjalan sejak peraturan penjarakan fisik […]
  • Cokelat Edisi Valentine Dari Dapur Cokelat Bintaro

    Cokelat Edisi Valentine Dari Dapur Cokelat Bintaro

    INFOBINTARO (IB) – Ada dua momen spesial selama bulan Februari 2016, Tahun Baru Imlek dan Hari Valentine. Apakah kamu merayakan dua momen tersebut atau salah satunya, seperti valentine? Nah, perayaan hari kasih sayang identik dengan memberi kado istimewa kepada pasangan. Kalau bingung memilih kado kamu bisa melirik menu Dapur Cokelat Bintaro ada edisi khusus Valentine. […]
  • Di Tengah Covid-19, Astra Life Maksimalkan Layanan dan Pemasaran Online

    Di Tengah Covid-19, Astra Life Maksimalkan Layanan dan Pemasaran Online

    Pandemi virus Corona masih belum mereda. Pertumbuhan jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang terus bertambah membuat diberlakukannya pembatasan pergerakan manusia untuk mengurangi pertambahan angkanya. Dampak pandemi ini juga sangat terasa di dunia bisnis dan ekonomi. Dalam waktu singkat, pola pemasaran pun berubah terlebih ketika mulai diberlakukan physical distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Astra […]
  • Apa Yang Harus Dibawa Saat Bencana?

    Apa Yang Harus Dibawa Saat Bencana?

    Siaga dalam keadaan apapun adalah hal yang diperlukan saat terjadi bencana. Salah satunya, bencana gempa bumi. Seringkali saat gempa terjadi, akan disusul dengan rangkaian gempa susulan lainnya yang mengharuskan kita untuk di evakuasi ke tempat yang lebih aman dan menunjang. Namun, karena terburu-buru, kadang kala kita melupakan barang-barang yang dibutuhkan saat mengungsi. Padahal, barang-barang tersebut […]
  • Kemenperin: Kompetisi Tudung Saji Nusantara Gali Inovasi dan Kreativitas Perajin

    Kemenperin: Kompetisi Tudung Saji Nusantara Gali Inovasi dan Kreativitas Perajin

    Kementerian Perindustrian bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan dan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menggelar kompetisi Tudung Saji Nusantara 2020. Tujuan kompetisi ini untuk melestarikan budaya bangsa dengan memperkenalkan kerajinan yang adiluhung serta menumbuhkan minat kaum muda dalam mendorong regenerasi perajin secara inovatif, kreatif dan ramah lingkungan. “Selain itu, kompetisi ini untuk mendukung Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia dalam rangka […]
  • Mengapa Mie Aceh Disukai Seluruh Nusantara?

    Mengapa Mie Aceh Disukai Seluruh Nusantara?

    Mie Aceh adalah masakan mie pedas khas Aceh di Indonesia.  Namun saat ini sudah banyak orang Indonesia senusantara yang menyukai mie ini. Hal ini disebabkan cita rasanya yang sangat kuat dan khas Indonesia dengan berbagai kandungan bumbu rempah di dalamnya. Mie Aceh sendiri terbagi tiga, Mie Aceh goreng, Mie Aceh tumis dan Mie Aceh rebus. […]
  • Coffee Week Festival, Ajang Berkumpulnya Penikmat Kopi Sejati

    Coffee Week Festival, Ajang Berkumpulnya Penikmat Kopi Sejati

    Pada waktu belakangan ini tren minum kopi semakin meningkat. Bila dulu kopi dianggap minuman kelas 2 yang hanya diminum oleh golongan orang tua atau minuman kelas bawah, sekarang minum kopi menjadi bagian dari gaya hidup oleh kaum muda. Minum kopi yang dulunya dianggap tidak baik bagi kesehatan atau minuman untuk menahan kantuk, sekarang malahan menjadi […]
  • PSI UPJ Tuan Rumah Sumpah Profesi Psikolog Klinis Banten

    PSI UPJ Tuan Rumah Sumpah Profesi Psikolog Klinis Banten

    Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya (PSI UPJ) menjadi tuan rumah pelaksanaan sumpah profesi Psikolog Klinis dengan 17 orang psikolog yang berada di bawah keanggotaan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Banten, bekerjasama dengan Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Banten. Pengambilan sumpah ini berlangsung pada Sabtu, 7 April 2018 di Kampus UPJ dengan dihadiri oleh Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia […]
  • Kemendikbud Gandeng Telkomsel Sediakan Akses Internet Terjangkau

    Kemendikbud Gandeng Telkomsel Sediakan Akses Internet Terjangkau

    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) bekrja sama dengan PT. Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) menyediakan akses internet terjangkau bagi civitas akademika dalam rangka mendukung pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Penandatanganan nota kesepahaman tersebut dilakukan secara virtual oleh Sekretaris Ditjen Dikti, Paristiyanti Nurwardani dengan Senior Vice President Enterprise Telkomsel, Dharma Simorangkir […]
  • Dukung Ekonomi Kreatif Indonesia, Bodrex Tumbuhkan Semangat Kolaborasi Generasi Muda melalui #Kolabodrex

    Dukung Ekonomi Kreatif Indonesia, Bodrex Tumbuhkan Semangat Kolaborasi Generasi Muda melalui #Kolabodrex

    Bodrex, merek obat analgesik nomor satu untuk mengatasi sakit kepala di Indonesia selalu berupaya untuk menghadirkan inisiatif-inisiatif agar lebih dekat dan terlibat dengan seluruh kalangan masyarakat, tak terkecuali generasi muda. Melalui kegiatan #kolabodrex, Bodrex bekerjasama dengan tiga pionir street style di Indonesia, yakni Never Too Lavish, Urban Sneaker Society, dan Stayhoops untuk membuat produk streetwear […]
  • Meriahkan Kemerdekaan Indonesia ke-74 dengan Berbagai Produk Lokal dari Shopee Kreasi Nusantara

    Meriahkan Kemerdekaan Indonesia ke-74 dengan Berbagai Produk Lokal dari Shopee Kreasi Nusantara

    Bersamaan dengan momentum Hari Kemerdekaan Indonesia ke-74, Shopee menggelar kampanye spesial Shopee Kreasi Nusantara dimana pengguna di seluruh Indonesia dapat menikmati diskon hingga 74% pada 74 produk lokal terkurasi melalui Kreasi Nusantara. Hal ini diinisiasi oleh Shopee, sebagai platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, guna memperkuat komitmennya untuk terus mendukung karya kreasi produk […]
  • Cara Jitu Dagangan Buka Puasamu Dilirik Konsumen dengan Galaxy M31

    Cara Jitu Dagangan Buka Puasamu Dilirik Konsumen dengan Galaxy M31

    Tidak terasa bulan Ramadhan akan segera tiba, tentunya banyak hal yang telah dinantikan dalam menyambut bulan suci. Salah satunya, pilihan menu berbuka puasa. Ya, berburu menu berbuka puasa adalah hal yang di gemari oleh masyarakat di bulan Ramadhan. Apalagi dengan bantuan teknologi, kini aktivitas berburu jajanan pun dapat dilakukan dengan mudah. Para konsumen memiliki opsi […]
  • Kemenpar Jadikan Ujung Kulon Sebagai Geopark Nasional

    Kemenpar Jadikan Ujung Kulon Sebagai Geopark Nasional

    Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI akan menjadikan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) yang berada di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, sebagai Geopark Nasional. “Geopark adalah menyatukan tiga potensi yaitu geologi, biologi, budaya. Untuk menjadi Geopark Nasional perlu pembentukan badan pengelola yang mengawal Geopark agar berkembang,” kata Assisten Deputi  Pengembangan Wisata Alam dan Buatan Kemenpar RI, Alexander Reyaan […]
  • Hati-Hati…!!! Modus Baru Penyadapan Nomor Pin ATM

    Hati-Hati…!!! Modus Baru Penyadapan Nomor Pin ATM

    Modus kejahatan berkembang dari waktu ke waktu, para pelaku kriminal berusaha menggunakan berbagai cara untuk melaksanakan aksi jahatnya, bahkan menggunakan teknologi. Salah satu modus yang banyak disasar adalah pada mesin ATM. Modus-modus lama yang sudah biasa digunakan adalah dengan memasang pengganjal yang biasanya berupa kartu seukuran kartu ATM atau tusuk gigi dengan tujuan untuk menghambat […]