Gaya Hidup

Metode Diet 16:8

Sesudah Lebaran apakah berat badan Anda bertambah? Hati-hati bila hal ini dibiarkan terus Anda dapat menderita obesitas alias kegemukan. Berbagai cara diet dapat dipilih. Di antaranya adalah membatasi waktu makan.

Menurut penelitian pembatasan waktu makan adalah cara efektif mengurangi berat badan dan menurunkan tekanan darah. Diet ini dinamai diet 16:8, yaitu 16 jam puasa dan 8 jam “pesta”. Maksudnya, antara jam 10.00 dan 18.00 pelaku diet bisa makan berbagai jenis makanan apa pun dengan jumlah yang diinginkan, tetapi selama 16 jam sisanya mereka hanya bisa minum air atau minuman bebas kalori.

Hal itu adalah hasil penelitian baru oleh tim peneliti Universitas Illinois di Chicago (UIC), Amerika Serikat, yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Healthy Aging.

Hasil penelitian tersebut juga disiarkan sciencedaily.com edisi 18 Juni 2018.Peneliti yang terlibat dalam penelitian ini adalah Krista Varady, Kelsey Gabel, Kristin Hoddy, Nicole Haggerty, Jeehee Song, Cynthia Kroeger dan John Trepanowski dari UIC, serta Satchidananda Panda dari Institut Studi Biologi Salk.

Penelitian ini, kata mereka, adalah studi pertama untuk menguji efek dari pembatasan waktu makan  yang membatasi konsumsi makanan dengan cara memilih jam setiap hari. Model puasa ini diterapkan untuk penurunan berat badan pada individu dengan obesitas atau kegemukan.

Untuk mempelajari efek dari jenis diet ini, peneliti bekerja dengan 23 sukarelawan obesitas berusia rata-rata 45 tahun dan indeks massa tubuh rata-rata atau BMI sebesar 35.

Pada sukarelawan antara jam 10.00 pagi dan 18.00 makan dengan jenis dan kuantitas makanan apa pun yang mereka inginkan. Akan tetapi selama 16 jam yang tersisa mereka hanya bisa minum air atau minuman bebas kalori. Penelitian ini diikuti para peserta selama 12 minggu.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa mereka yang mengikuti diet makan waktu terbatas mengkonsumsi lebih sedikit kalori, kehilangan berat badan dan mengalami perbaikan dalam tekanan darah. Rata-rata, peserta mengkonsumsi sekitar 350 kalori lebih sedikit, kehilangan sekitar 3 persen dari berat badan dan tekanan darah sistolik menurun sekitar 7 milimeter merkuri (mm Hg), ukuran standar tekanan darah.

“Pesan dari penelitian ini adalah bahwa ada pilihan untuk menurunkan berat badan yang tidak termasuk penghitungan kalori atau menghilangkan makanan tertentu,” kata Krista Varady, profesor kinesiologi dan nutrisi di Fakultas Ilmu Kesehatan Terapan UIC.Varady mengatakan, hasil penelitian itu sejalan dengan penelitian sebelumnya pada jenis diet puasa intermiten atau puasa selang-seling lainnya.

Namun salah satu manfaat dari diet 16: 8 mungkin adalah lebih mudah bagi orang untuk mempertahankan dietnya.“Kami mengamati bahwa lebih sedikit peserta yang keluar dari studi ini apabila dibandingkan dengan studi tentang diet puasa lainnya. Diet 16: 8 adalah cara lain untuk menurunkan berat badan dengan dukunganbukti ilmiah awal,” kata Varady.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS memperkirakan bahwa lebih dari sepertiga orang dewasa di AS obesitas. Obesitas sangat meningkatkan risiko penyakit metabolik seperti penyakit jantung koroner dan diabetes tipe 2. Di AS, obesitas umum terjadi di kalangan kulit hitam non-Hispanik dan orang dewasa paruh baya.Di Indonesia, obesitas juga terjadi pada usia paruh baya seperti yang diteliti di AS tersebut. Berdasarkan data Survei Indikator Kesehatan Nasional (Sirkesnas) Kementerian Kesehatan Tahun 2016, prevalensi obesitas, yaitu perbandingan jumlah orang dengan obesitas dan jumlah penduduk, secara nasional 27,2 persen.

Jika jumlah penduduk Indonesia tahun 2016 sebanyak 261,1 juta jiwa, maka jumlah orang gemuk di Indonesia sebenyak  71.019.200 jiwa. Jumlah orang gemuk di Indonesia itu lebih banyak daripada jumlah penduduk Perancis yang sebanyak 67 juta jiwa. Obesitas terbanyak terjadi pada usia 40 – 44 tahun yaitu sebesar 25 persen.

Prevalensi obesitas pada laki-laki di Indonesia sebesar 13,1 persen, sedangkan pada perempuan 27,2 persen. Artinya perempuan lebih banyak yang kegemukan dibanding laki-laki di Indonesia tahun 2016.Dari data Sirkesnas 2016 tersebut terlihat bahwa obesitas lebih banyak terjadi di kota dibanding di desa. Prevalensi obesitas di kota sebesar 24,3 persen, sedangkan di desa 17,1 persen. Penganggur lebih banyak yang obesitas yaitu 22 persen, sedangkan obesitas di kalangan buruh, nelayan, dan petani hanya 7,8 persen.

Dokter Samsuridjal Djauzi dalam rubrik Kesehatan di Harian Kompas 1 Juli 2017 membahas khusus topik “Bahaya Obesitas”. Menurut Samsuridjal, pada prinsipnya terapi obesitas dilakukan dengan kombinasi beberapa cara.Cara yang tersedia adalah diet rendah kalori, rendah lemak, kegiatan olahraga yang teratur, terapi perubahan perilaku, penggunaan obat penurun berat badan, serta tindakan operasi.

Terapi obesitas melalui dua tahap, yaitu tahap pertama penilaian beratnya obesitas serta penyakit lain yang menyertai, tahap kedua menurunkan berat badan serta tindakan terapi lain untuk mengatasi penyakit penyerta. Jadi, sebenarnya penatalaksanaan obesitas tidaklah sesederhana menurunkan berat badan. Tujuan akhir tetap adalah menjaga kesehatan. Mungkin saja berat badan turun secara cepat, tetapi jika akibat penurunan cepat tersebut timbul gangguan kesehatan, tentu tidak kita inginkan.

“Motivasi pasien amat penting untuk penatalaksanaan obesitas. Pemahaman mengenai bahaya obesitas terhadap kesehatan dapat merupakan salah satu faktor dalam meningkatkan motivasi untuk menurunkan berat badan,” kata Samsuridjal menjawab pertanyaan tertulis pembaca Harian Kompas.

Pengalaman masa lalu, kegagalan dalam menurunkan berat badan, atau berat badan berhasil turun namun meningkatkan kembali juga memengaruhi motivasi pasien. Dukungan keluarga dan teman sudah tentu juga akan meningkatkan motivasi.

“Nah, kepedulian keluarga Anda untuk memperoleh berat badan normal merupakan modal yang bagus. Tinggal melakukan identifikasi berbagai kebiasaan yang kurang mendukung, termasuk makan di restoran serta hobi istri memasak. Anda dan keluarga tentu dapat meneruskan kebiasaan tersebut, tetapi dengan kesadaran akan tetap memelihara berat badan yang normal,” kata Samsuridjal.

Kesimpulannya, berat badan Anda akan turun jika otak Anda menginginkan penurunan berat badan. Jadi, motivasilah diri sendiri untuk menurunkan berat badan. Mudah, bukan?

(EGS)

Tags

 

Baca Juga

  • Telkomsel Umumkan Pemenang Dunia Games League dan Dunia Games Campus League

    Telkomsel Umumkan Pemenang Dunia Games League dan Dunia Games Campus League

    Telkomsel melalui Dunia Games mengumumkan juara yang berkompetisi dalam grand final Dunia Games League dan Dunia Games Campus League yang berlangsung pada tanggal 9-10 Maret 2019 di Dunia Games Esport Stadium, Jakarta. Sedangkan grand final Dunia Games Pro League akan diadakan pada bulan April mendatang. Para pemenang dalam turnamen liga eSport terbesar di Indonesia ini […]
  • Gandeng Komunitas UKM Promosikan Produk, Kemendag Gelar Lomba Video Pernak-pernik Unik Bangga Buatan Indonesia

    Gandeng Komunitas UKM Promosikan Produk, Kemendag Gelar Lomba Video Pernak-pernik Unik Bangga Buatan Indonesia

    Kementerian Perdagangan menggandeng komunitas usaha kecil dan menengah (UKM) mempromosikan produk-produk UKM di tengah pandemi Covid-19. Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mendorong promosi UKM, salah satunya melalui ajang Lomba Video Pernak-Pernik Unik Bangga Buatan Indonesia (BBI). Sosialisasi lomba berlangsung di auditorium Kementerian Perdagangan, di Jakarta, hari ini, Senin (12/10) dan ditayangkan secara virtual. Melalui lomba video […]
  • Nikmati Nuansa 90-an di Rame Rame Jajan Kuliner “Rindu Rasa Lama”Sambil Berbagi Bersama Anak-anak Pejuang Kanker

    Nikmati Nuansa 90-an di Rame Rame Jajan Kuliner “Rindu Rasa Lama”Sambil Berbagi Bersama Anak-anak Pejuang Kanker

    Event kuliner tahunan Rame Rame Jajan Kuliner (RJK) kembali hadir di Tangcity Mall, dengan menyuguhkan pengalaman wisata kuliner dan rekreasi yang berbeda sejak 19 September hingga 13 Oktober 2019. Bertajuk Rame Rame Jajan Kuliner “Rindu Rasa Lama”, RJK diresmikan lewat Opening Ceremony pada Sabtu (21/9/2018). Sejumlah pengisi acara memeriahkan Opening Ceremony yang dimulai pada pukul […]
  • MAXstream Rilis Serial Orisinal Isyarat, Angkat Kisah Nyata Perjuangan Pendiri Thisable Enterprise

    MAXstream Rilis Serial Orisinal Isyarat, Angkat Kisah Nyata Perjuangan Pendiri Thisable Enterprise

    MAXstream kembali merilis konten orisinal yang dikemas dalam bentuk serial drama keluarga dengan judul Isyarat. Serial tersebut akan mulai tersedia pada 19 Desember 2019 hanya di aplikasi MAXstream dari Telkomsel. Cerita di dalam serial Isyarat diangkat dari kisah nyata perjuangan Angkie Yudistia, pendiri sekaligus CEO Thisable Enterprise, perusahaan penyedia sumber daya manusia (SDM) disabilitas profesional. […]
  • Crowde, Menyabet Salah Satu Penghargaan Pada Kompetisi Business Pitching Pada Indonesia Fintech Forum 2019

    Crowde, Menyabet Salah Satu Penghargaan Pada Kompetisi Business Pitching Pada Indonesia Fintech Forum 2019

    CROWDE terpilih sebagi juara dua pada kompetisi pitching Indonesia Fintech Forum 2019 oleh Kafegama, dengan ide pitching berupa ekosistem finansial yang ramah petani melalui program permodalan peer-to-peer. Selain menghubungkan antara petani dan pemodal, CROWDE juga mengintegrasikan seluruh ekosistem pertanian mulai dari suppliers sampai dengan pembeli melalui teknologi, sehingga metode pembayaran yang digunakan bisa berjalan cashless […]
  • Makanan Terbaik untuk Membentuk Otot Tubuh

    Makanan Terbaik untuk Membentuk Otot Tubuh

    Sekarang sudah akhir Juli, bagaimana target kesehatan Anda? Menjadi bugar mungkin salah satunya. Atau pengen memiliki tubuh lebih berotot? Selain latihan, apa yang harus dilakukan untuk membentuk otot lebih cepat? Yaitu adalah dengan menjaga asupan nutrisi yang terbaik. Latihan, baik itu latihan beban maupun latihan kardio adalah faktor utama dalam pembentukan otot. Ketika ingin menambah […]
  • Mercedes-Benz Meluncurkan Tiga Model Baru di Pameran Virtual Pertama, Mercedes-Benz Virtual Expo

    Mercedes-Benz Meluncurkan Tiga Model Baru di Pameran Virtual Pertama, Mercedes-Benz Virtual Expo

    Mercedes-Benz memperkenalkan tiga model terbaru kepada publik melalui pameran virtual pertamanya, Mercedes-Benz Virtual Expo 2020. Dalam merayakan ulang tahunnya yang ke-50 di Indonesia, Mercedes-Benz meluncurkan dua model baru edisi peringatan 50 tahun secara khusus – New S 450 AMG Edition 50 dan New Mercedes-AMG G 63 Edition 50, serta model yang dirakit secara lokal – […]
  • Pentingnya Membangun Kebiasaan Baik dan Citra Diri Positif Demi Meraih Kesuksesan Berkarir di Segala Bidang

    Pentingnya Membangun Kebiasaan Baik dan Citra Diri Positif Demi Meraih Kesuksesan Berkarir di Segala Bidang

    Kesuksesan adalah sebuah titik yang ingin dicapai oleh semua orang dalam hidupnya. Walau begitu, kesuksesan memiliki makna dan pemahaman yang berbeda-beda, karena hampir setiap orang memiliki beragam pandangan terkait pencapaian akan kesuksesan. Seiring perkembangan dunia dari berbagai sisi, mulai dari pendidikan, sosial hingga teknologi, Wanita di masa kini mulai berani memiliki beragam mimpi untuk mencapai […]
  • 5.364 SID Baru Tercipta di 10 Days Challenge 2020 Periode Pertama

    5.364 SID Baru Tercipta di 10 Days Challenge 2020 Periode Pertama

    Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) demi meminimalisasi penularan COVID-19 tidak menyurutkan upaya PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama dengan beberapa Perusahaan Efek yang menjadi Anggota Bursa Mitra Galeri Investasi (GI) BEI untuk terus melakukan sosialisasi, edukasi, dan menambah jumlah investor di Pasar Modal Indonesia. Melalui program 10 Days Challenge 2020 periode pertama, sebanyak 5.364 single […]
  • Traveloka Tambahkan Layanan Rental Mobil Guna Memudahkan Pelanggan Dalam Merencanakan Perjalanan

    Traveloka Tambahkan Layanan Rental Mobil Guna Memudahkan Pelanggan Dalam Merencanakan Perjalanan

    Traveloka, perusahaan teknologi penyedia jasa travel dan lifestyle booking terdepan untuk destinasi lokal dan internasional, secara resmi merilis versi beta layanan terbarunya yang dapat diakses secara langsung melalui Traveloka App, Rental Mobil. Menghadirkan berbagai kebutuhan traveling yang terintegrasi dalam satu aplikasi, kini memesan layanan sewa mobil semudah membeli tiket pesawat maupun berbagai kebutuhan traveling lainnya. […]
  • Festival Belanja Lazada 11.11 Catat Rekor Baru

    Festival Belanja Lazada 11.11 Catat Rekor Baru

    Perusahaan eCommerce terkemuka di Asia Tenggara, Lazada, menutup Festival Belanja 11.11 dengan rekor baru, lebih dari 20 juta pembeli di Asia Tenggara yang menelusuri dan mendapatkan penawaran terbaik melalui website dan aplikasi Lazada selama pesta diskon 24 jam berlangsung. Brand paling populer yang berhasil masuk ke Brand paling diminati antara lain : Realme, Xiaomi, Samsung, […]
  • Tokopedia Hadirkan Fitur Berbagi Rekomendasi Produk Favorit, Tokopedia ByMe

    Tokopedia Hadirkan Fitur Berbagi Rekomendasi Produk Favorit, Tokopedia ByMe

    Perusahaan teknologi Indonesia Tokopedia hari ini (22/4/2019) secara resmi meluncurkan fitur terbaru dan pertama di Indonesia yang memungkinkan siapapun memberikan dan mendapatkan rekomendasi produk favorit, serta memperoleh berbagai keuntungan. Fitur terbaru dan pertama di Indonesia, Tokopedia ByMe, akan mempermudah berbagai pihak, baik pembeli, Tokopedia ByMe Influencer (sebutan untuk siapapun yang merekomendasikan produk favoritnya di Tokopedia, […]
  • Aneka Pempek Khas Palembang di Pempek Prima

    Aneka Pempek Khas Palembang di Pempek Prima

    Siapa tidak tahu pempek, makanan khas Palembang, ‘fishcake’ tradisional Indonesia terbuat dari tepung sagu dan ikan yang menjadi favorit banyak orang sekalipun bukan berasal dari Sumatera Selatan. Sangking populernya pempek, di berbagai tempat kita bisa menemukan gerai kuliner yang menyajikan pempek sebagai menu utama yang terkadang baik pelayannya dan/atau pemiliknya sama sekali bukan orang Palembang, atau […]
  • L’oréal Professionnel Luncurkan Koleksi Tren Warna Rambut “Parisian Cool Balayage” di Jakarta Fashion Week 2019

    L’oréal Professionnel Luncurkan Koleksi Tren Warna Rambut “Parisian Cool Balayage” di Jakarta Fashion Week 2019

    L’Oréal Professionnel meluncurkan tren warna dan tatanan rambut terkini: Parisian Cool Balayage – dengan dominasi warna rambut bernuansa dingin pada panggung Jakarta Fashion Week 2019 sekaligus untuk ketujuh kalinya memberikan dukungan sebagai Official Backstage Partner di Jakarta Fashion Week (JFW) 2019 yang berlangsung pada 20-26 Oktober 2018. “Jakarta Fashion Week selalu menjadi ajang yang paling […]
  • JOOX dan Airasia Menghadirkan Musik Tanpa Internet di Pesawat

    JOOX dan Airasia Menghadirkan Musik Tanpa Internet di Pesawat

    JOOX, penyedia layanan musik digital daring terdepan di Indonesia menjalin kesepakatan dengan maskapai AirAsia Group Indonesia untuk menghadirkan progam Lebaran untuk seluruh penumpang AirAsia. Dua perusahaan besar Asia di bidangnya masing-masing ini bekerja sama untuk mengolaborasikan dua unsur penting yang sedang diminati dan saling melengkapi, yaitu musik dan travel. Melalui kolaborasi ini, para penumpang AirAsia […]
  • Vivo Buka Super Selling Day V11 Pro & V11

    Vivo Buka Super Selling Day V11 Pro & V11

    Vivo mulai menggelar program Super Selling Day atau penjualan langsung perangkat V-Series terbaru, seri V11 Pro dan V11 ke seluruh Indonesia. Program Super Selling Day ini akan berlangsung dari 20-30 September 2018 melalui seluruh jaringan Vivo Store dan retail partner, serta 5 e-Commerce terkemuka yang telah menjadi rekan vivo. “Hari ini kami menutup sesi pre-order […]
  • Cashlez dan Visa Mudahkan Bisnis untuk Mengelola Pembayaran Online

    Cashlez dan Visa Mudahkan Bisnis untuk Mengelola Pembayaran Online

    Sesuai dengan komitmen Cashlez untuk menjadi solusi pembayaran nontunai terintegrasi untuk pemilik bisnis, Cashlez sebagai perusahaan fintech di bidang payment gateway yang sudah memiliki izin resmi dari Bank Indonesia, berkolaborasi dengan Visa menjadi penyedia layanan Visa Business Payment Solution Providers (BPSP) yang pertama di Indonesia. Mengelola arus kas adalah salah satu tantangan terbesar bagi bisnis […]
  • Pucung Gabus, Makanan Langka Khas Betawi Yang Kembali Naik Daun

    Pucung Gabus, Makanan Langka Khas Betawi Yang Kembali Naik Daun

    Mendengar nama masakan pucung gabus, mungkin sebagian dari kita merasa asing. Mungkin kita pernah mendengar secara sepintas nama masakan khas Betawi ini, namun kita tidak sepenuhnya paham mengenai bentuk dan rasanya, paling di pikiran kita terbayang ikan gabusnya saja. Tidak mengherankan, karena kita jarang sekali bisa menemukan nama kedai makan Betawi bertuliskan menu pucung gabus […]
  • Mercedes-Benz E 350 E EQ Power Memenangkan Dua Penghargaan ‘Best Electric Vehicle’ dan ‘Best Sedan’ Pada Ajang IIMS 2018

    Mercedes-Benz E 350 E EQ Power Memenangkan Dua Penghargaan ‘Best Electric Vehicle’ dan ‘Best Sedan’ Pada Ajang IIMS 2018

    Ajang otomotif bergengsi, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 menjadi catatan positif dan membawa kesuksesan bagi Mercedes-Benz Indonesia. Pada event yang digelar dari tanggal 19 hingga 29 April 2018 di Jakarta International Expo, Kemayoran ini Mercedes-Benz E 350 e EQ Power berhasil menyabet dua penghargaan sekaligus yakni kategori Best Electric Vehicle dan Best Sedan. Pada […]
  • Dapur Icut Menyediakan Layanan Katering Berkualitas

    Dapur Icut Menyediakan Layanan Katering Berkualitas

    Dalam bisnis apapun, kualitas pelayanan merupakan hal penting dan tidak bisa ditawar. Sebagai contoh, dalam bisnis katering, faktor-faktor penting meliputi kualitas makanan yang disajikan dan kualitas pelayanan merupakan ukuran yang dinilai oleh pelanggan. Kelangsungan suatu bisnis akan bergantung kepada tingkat kepercayaan pelanggan-pelanggannya. Kekecewaan pelanggan akan cepat sekali menurunkan penjualan, ditambah citra buruk yang akan dengan […]