Menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-72, CIMB Niaga Bersama Artidentity Menggelar Pameran Lukisan Kemerdekaan

Siang itu terlihat RB. Ali mengambil beberapa batang kuas dan cat berwarna merah yang kemudian ia tuangkan ke dalam sebuah ember plastik bekas biskuit. Sejenak ia memandang ke kanvas putih besar di hadapannya, sebelum mulai mengaduk-aduk cat di dalam ember tersebut dengan sebuah batang kayu. Beberapa saat kemudian ia mulai mengarahkan kuasnya ke kanvas dan mulai menggoreskan kuasnya dalam arah yang tidak beraturan. Sambil berjongkok, terlihat keseriusan di wajah pria kurus dengan rambut dikuncir ini.

Tidak cukup dengan cat berwarna merah, giliran cat berwarna putih dan hitam ia sapukan dengan kuas yang berbeda. Sesekali ia mencelupkan jempol jarinya ke dalam ember cat dan kemudian menempelkannya pada kanvas dengan jarak tertentu membentuk pola melengkung teratur. Walaupun jam telah menunjukkan pukul 12.30, ia tetap asyik melukis, seolah perutnya tidak merasakan lapar.

RB. Ali merupakan salah seorang dari 17 perupa Tangerang Selatan yang mempertunjukkan keterampilannya pada sesi Live Painting yang berlangsung pada hari Selasa, 14 Agustus 2017. Live Painting ini sendiri merupakan bagian dari event Pameran Lukisan yang bertema “Kemerdekaan”. Pameran lukisan ini merupakan kerjasama dari Artidentity, sebuah kelompok seniman Tangerang Selatan, dan PT. Niaga Manajemen Citra selaku pengelola gedung Griya CIMB Niaga Bintaro dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-72.

Kurator Artidentity yang juga merupakan seorang seniman, Dik Doank terlihat melakukan pengecekan persiapan yang sudah dilakukan sebelum dimulainya acara yang dimulai pada pukul 11.30 ini. Pameran Lukisan Kemerdekaan yang berlangsung dari tanggal 14-25 Agustus 2017 ini merupakan lanjutan dari kegiatan serupa yang berlangsung pada Juni lalu di Balaikota Pemkot Tangerang Selatan.

Setelah persembahan tari, para hadirin yang terdiri dari para karyawan CIMB Niaga Bintaro dan para nasabah diajak menyanyikan lagu Indonesia Pusaka. Lobby Griya CIMB Niaga 2 pun dipenuhi suara para hadirin yang bernyanyi dengan hikmat.

Staf khusus Menteri Pemuda dan Olah Raga Bidang Kepemudaan, Zainul Munasichin, yang mewakili Menpora, dalam sambutannya menyampaikan penghargaannya atas inisiatif penyelenggaraan acara ini yang dikatakannya merupakan salah satu dari sedikit kegiatan seni yang berlangsung di gedung perkantoran. Ia juga menyampaikan harapannya agar kegiatan ini juga bisa mendorong berbagai kegiatan lainnya, tidak saja di Tangerang Selatan, namun di berbagai wilayah lain di Indonesia.

Memang kegiatan ini, seperti yang disampaikan Dik Doank merupakan salah satu cara untuk mengangkat seniman-seniman di wilayah Tangerang Selatan. Ke 17 perupa Tangsel ini meruapakan seniman yang sudah tidak asing lagi di kawasan Jabodetabek, bahkan beberapa diantaranya sudah sering melakukan pameran lukisan tunggal.

Kurator Artidentity, Dik Doank (no.2 dari kiri), bersama Staf khusus Menteri Pemuda dan Olah Raga Bidang Kepemudaan, Zainul Munasichin (no.2 dari kanan)

Rencananya, lukisan-lukisan yang dibuat pada sesi Live Painting ini akan dipamerkan dan dijual langsung kepada umum. Para seniman ini pun akan membawa dan memamerkan lukisan-lukisan hasil karyanya yang lain selama berlangsungnya Pameran Lukisan Kemerdekaan ini.

Pameran lukisan ini juga akan berlangsung pada tanggal 17 Agustus, saat peringatan hari kemerdekaan RI. Pada tanggal 17 Agustus nanti, rencananya kegiatan pameran akan didahului dengan kegiatan upacara CIMB Niaga. Setiap harinya Pameran Lukisan Kemerdekaan akan berlangsung dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00.

 

(ES)