Menu Aceh Kekinian di KRAH COFFEE

Kota Langsa adalah salah satu kota di Aceh, Indonesia, berada kurang lebih 400 km dari kota Banda Aceh. Kota Langsa terkenal sebagai kota pendidikan, kota perdagangan, kota kuliner/makanan, dan kota wisata. Lokasi Kota Langsa sangat dekat dengan Medan, ibu kota Provinsi Sumatera Utara, sehingga menempatkan Kota Langsa sebagai kota yang strategis dan ramai imigran.

KRAH COFFEE

Café ini baru dibuka bulan Mei 2017. Dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda yang kangen dengan kuliner Aceh di kota Langsa, di Krah Coffee yang berada di kawasan Tegal Rotal, Bintaro. Pemilik Café ini, Alwan Raihan Rabbani yang berasal dari kota Langsa, menjelaskan sejarah dipilihnya nama KRAH. Dalam bahasa Aceh, Krah memiliki arti mengerahkan orang untuk berkumpul. Paman Alwan, Fahmi Ridwan menuturkan bahwa semua bahan menu makanan dan minuman dibawa langsung dari Aceh. Bahkan tukang buat kopinya pun didatangkan langsung dari kota Langsa.

Café yang menempati ruko 4 lantai ini memiliki ruang indoor yang dikhususkan bagi non perokok di lantai 1. Sedangkan di lantai 2 diperuntukan bagi perokok. Di lantai 2 café terdapat balkon yang sangat bagus view-nya. Kita dapat melihat kesibukan jalan raya di pertigaan Tegal Rotan. Benar-benar tempat nongkrong Bintaro yang asyik! Bagi kantor yang mau mengadakan business meeting, dapat bebas menggunakan LCD projector yang disediakan Krah Coffee di lantai 3 rukonya.

Menu Andalan

Krah Coffee menyajikan beberapa menu Aceh dan Barat bagi para pengunjung. Satu hal yang khas dari masakan Aceh adalah kaya akan rempah dan bumbu. Uniknya rempah dan bumbu tersebut digiling. Rasanya mirip-mirip dengan masakan Melayu dan India. Menu roti channai pun tersedia di Krah Coffee. Tak heran, ada pelanggan orang India yang pernah mengajak teman-temannya sesama orang India untuk mencicipi hidangan di café ini.

Mie Aceh dan roti channai termasuk menu laris yang banyak dipesan pengunjung. Info Bintaro sempat mencicipi menu andalan ini. Anda yang suka menu yang spicy akan menyukai menu ini. Disajikan dengan irisan jeruk nipis, emping dan potongan bawang merah mentah plus cabe rawit membuat badan terasa segar kembali. Patut dicatat, bahwa mie Aceh di sana, dibuat sendiri oleh Krah Coffee lho…!. Sudah tentu bebas bahan pengawet.

Nasi Gampong dan Sate “Matang”

Menu Aceh yang lain adalah Nasi Gampong. Ini merupakan jenis nasi goreng yang tidak menggunakan bumbu, dengan demikian penampilannya tidak berwarna seperti umumnya nasi goreng. Namun rasanya tetap gurih dan lezat disantap. Dengan garam, kacang tanah dan teri medan membuat nasi goreng ini sangat recommended. Sedangkan Sate “Matang” terdiri dari dua pilihan yakni ayam atau sapi.

Matang di sini bukan sama seperti WELL DONE dalam steak. Matang merupakan nama tempat di kota Langsa, Aceh Timur. Ada daerah Matang Ceungai, Matang Panyang dan Matang Seutui di sana. Keistimewaan sate “Matang” ini adalah sate ayam atau sate sapi yang disajikan dengan bumbu kacang seperti sate madura dan kuah sop.

Kopi dan Teh Kocok Stasiun

Minuman andalan di Krah Coffee adalah Kopi Kocok dan teh kocok yang bahannya juga didatangkan langsung dari Aceh. Mengapa nama menunya ada kata STASIUN? Jaman dulu banyak kedai kopi di sekitar stasiun kereta api di kota Langsa. Namun sejak KA berhenti beroperasi dan stasiun tersebut ditutup di tahun 1980, para kedai kopi tersebut direlokasi pemerintah ke tempat lain.

Ciri khas dari Kopi Kocok Stasiun atau Teh Kocok Stasiun ini adalah penyajiannya dengan kuning telor ayam kampung mentah. Hebatnya bau amis dari telor tersebut tidak terasa sama sekali. Barista menyiapkan kopi/teh kocok ini cukup lama. Paling tidak butuh waktu 15 menit bagi barista mengocok kuning telor di kopi/teh tersebut hingga kuning telor benar-benar menyatu dengan kopi atau teh.

Uniknya kuning telor diaduk bukan dengan sendok atau garpu melainkan dengan lidi halus. Hebat ya…Dan aroma kayu manis pun lamat-lamat terasa di minuman andalan ini. Barista yang ada di Krah Coffee ini merupakan keluarga dari salah satu pemilik kedai kopi di stasiun KA Langsa. Resepnya diwariskan turun temurun dari keluarganya. Jadi dijamin rasanya masih sama seperti kopi/teh leluhurnya.

Profil Pengunjung

Beragam profil pengunjung café ini. Dari mulai ibu-ibu yang menunggu anaknya di Highscope maupun para pegawai kantoran yang mengadakan meeting di Krah Coffee. Di saat bulan puasa kemarin, banyak pengunjung yang memesan tempat untuk acara buka bersama. Café ini pun sanggup menampung 60-70 orang untuk private party.

Rencana ke Depan

Pemilik Café ini Sdr. Alwan Raihan Rabbani menjelaskan bahwa dalam waktu dekat di lantai 3 akan dibangun semi perpus. Mirip perpustakaan, di mana pengunjung dapat menikmati bacaan ringan dan musik yang teduh. Sedangkan di lantai IV akan dibangun sarana dining di rooftop.Keren, kan?

Kabar gembira yang lain, mulai 11 Juli 2017 Krah Coffee akan buka mulai jam 7 pagi dan menyajikan menu sarapan bagi para pengunjungnya. Dan bagi Anda yang sibuk, tersedia layanan GO FOOD mulai tanggal 5 Juli 2017.

Info lebih lanjut:

KRAH Coffee & Cuisine 
Jl. Tegal Rotan Raya Blok Annur No.9, Sebelah Gedung Data On.
Jam operasional: 10.00-24.00 (Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis)
Jam operasional: 10.00-01.00 (Jumat, Sabtu)
Telp 0811 1112 687
Instagram : @krah.coffee

Daftar menu KRAH COFFEE:

krah_coffee_menu_info_bintaro

 

(EGS)

Leave a Comment