Sab. Okt 19th, 2019

Menjajal Aneka Produk Hasil Laut Korea Di Lotte Mall Bintaro

Ini merupakan kali kedua K-Fish Festival digelar di Indonesia pada tanggal 30 September dan 1 Oktober 2017. Acara ini memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk turut serta memberikan penilaian atau survei singkat tentang produk olahan laut Korea Selatan agar mengetahui potensi pasar di Indonesia.

K-Fish Festival ini digelar di Hotel Grand Hyatt Jakarta dan Lottemart Bintaro pada 29 September sampai 1 Oktober 2017. Ada sekitar 10 perusahaan Korea yang bergerak di bidang produk laut olahan mulai dari kepiting, udang, ikan, ikan panggang kemasan, dan lain-lain.

Saat Info Bintaro berkunjung ke Lotte Mart Bintaro pada hari Sabtu, 30 September 2017 suasana supermarket saat ramai. Di samping ramainya orang berbelanja, juga di satu sudut terdapat gerai K-Fish Festival. Dengan ukuran 5 meter x 5 meter, gerai tersebut dipenuhi dengan aneka sampel makanan hasil laut Korea yang dapat Anda cicipi secara gratis. Di samping itu ada open kitchen yang mengolah makanan kemasan hasil laut yang didatangkan langsung dari Korea.

Produk-produk yang dipajang di sana belum dipasarkan secara komersial di Indonesia. KITA (Korea International Trade Association) yang berada di Jakarta berupaya mendatangkan beberapa pengusaha Korea untuk memperkenalkan produk makanan buatannya. Ada berbagai produk hasil laut seperti rumput laut, fish cake yang mirip otak-otak dan aneka snack buatan Korea.

Menurut Nofia Kartikasari, Marketing Manager dari KITA, masih panjang perjalanan produk-produk makanan tersebut untuk sampai ke tangan konsumen di Indonesia. “Barangkali perlu waktu 6 bulan sesudah acara ini, produk-produk tersebut dapat dijual secara komersial di Indonesia. Produk makanan harus diuji oleh BPOM dan mendapat sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia.

Khusus untuk hasil laut, harus mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap yakni Sertifikat Hasil Tangkapan Ikan (SHTI). Penerapan SHTI sejak tahun 2016 juga bertujuan untuk mendukung komitmen nasional dalam mengimplementasikan ketentuan pengelolaan sumber daya perikanan yang berkelanjutan, dan membantu pemberantasan IUU Fishing serta traceability (rekam jejak mengenai asal muasal ikan tersebut) hasil perikanan laut Indonesia.

BACA JUGA  Xiaomi Redmi Note 7 Hadir Pertama Kalinya Secara Eksklusif di Lazada dan JD.ID

Nofia selanjutnya mengungkapkan bahwa ini adalah penyelenggaraan yang kedua kalinya. Tahun lalu di  acara Korea Festival 2016 di Indonesia, Korea International Trade Association (KITA) yang berpusat di Jakarta telah menggelar acara serupa di Lottemart Kelapa Gading pada 1-2 Oktober 2016 di Lottemart Kelapa Gading. Kementrian Kelautan dan Perikanan Korea Selatan beserta Lottemart Indonesia menjadi penyelenggara acara ini. Antusiasme pengunjung sangat besar. Dari target 800 kuesioner yang disebar, terkumpul sampai 3.000 kuesioner dalam waktu 2 hari.

Event seperti ini digelar untuk mempromosikan produk-produk laut olahan Korea Selatan ke pasar Indonesia. Memiliki cita rasa kuat, pedas dan diolah hingga masak, masakan hasil olahan laut Korea Selatan ini akan cocok dengan selera orang Indonesia.

Di Lotte Mart Bintaro saat ini ada sekitar 10 perusahaan Korea yang bergerak di bidang kelautan yang memamerkan sekitar 30 jenis produk laut. Seperti produk olahan rumput laut seperti lembaran rumput laut, makanan ringan dalam berbagai rasa dan kemasan, ikan olahan,  produk laut olahan dalam bumbu pedas, gurita, makanan siap saji dari produk laut, dan lainnya.

Pengunjung akan diberi lembar kuesioner untuk memberi penilaian bagi makanan yang dicicipinya. Serta menempel stiker berwarna orange untuk rasa yang disukai. Dengan demikian para perusahaan Korea akan mengetahui rasa mana yang disukai konsumen Indonesia.

Tidak perlu khawatir, semua produk makanan ini halal. Rugi bila tidak mencicipinya. Setiap pengunjung yang mengisi kuesioner secara lengkap akan mendapat souvenir menarik dari panitia. So, tunggu apa lagi? Acara yang hanya ada setahun sekali ini dimulai dari pukul 09.00-21.00. Yuk, ke Lotte Mart.

 

(EGS)

 

Baca Juga