Kesehatan

Menjaga Kesehatan pada Anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), di Masa New Normal

PT Johnson & Johnson Indonesia secara konsisten melakukan berbagai inisiatif untuk mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai perawatan dan pengobatan pasien dengan gangguan jiwa di tengah pandemi virus corona (COVID-19). Sejak April 2020, perusahaan telah menggelar serangkaian edukasi tentang kesehatan jiwa baik kepada masyarakat maupun tenaga kesehatan. Dan pada kesempatan kali ini, Johnson & Johnson Indonesia kembali menghadirkan web-seminar (webinar) awam yang bertemakan Menjaga Kesehatan Pada Anak dengan ADHD, di Masa New Normal.

ADHD atau attention deficit hyperactivity disorder merupakan gangguan perkembangan otak yang dapat mengakibatkan seorang anak sulit untuk memusatkan perhatiannya, serta memiliki perilaku impulsif dan hiperaktif. Pada umumnya, ADHD menyerang pada masa kanak – kanak, namun gejala yang ditimbulkan dapat terjadi secara terus menerus hingga masa remaja atau dewasa.

Seringkali orang – orang di sekitar anak dengan ADHD tidak menyadari bahwa anak tersebut memiliki gangguan, dan menilainya sebagai anak nakal dan malas karena tidak dapat berkonsentrasi (memusatkan perhatian pada suatu hal) dan tidak mau diam.  Padahal sikap tersebut merupakan beberapa gejala dari gangguan ADHD. Adapun gejala – gejala lain dari ADHD yang dapat terlihat yaitu sulit berkonsentrasi atau memusatkan perhatian, berperilaku impulsif dan hiperaktif, tidak bisa diam dan selalu ingin bergerak.

Devy Yheanne, Country Leader of Communications & Public Affairs, PT Johnson & Johnson Indonesia mengatakan, ”Di Johnson & Johnson, kesehatan jiwa (mental health) merupakan salah satu fokus utama kami di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Pandemi global virus corona menyebabkan banyak ketidakpastian yang dapat menyebabkan masyarakat Indonesia menjadi lebih cemas, terutama orangtua yang memiliki anak dengan kondisi tertentu, seperti ADHD.

Melihat hal tersebut, kami sadar bahwa para orangtua tersebut membutuhkan dukungan lebih, dalam hal informasi yang jelas dan benar untuk membantu mereka menjaga anak selama masa pandemi. Maka dari itu, sebagai perusahaan perawatan kesehatan yang memprioritaskan kesehatan jiwa, sampai saat ini kami telah mengadakan rangkaian kegiatan edukasi mengenai kesehatan jiwa.

Dan hari ini, kami kembali mengadakan webinar awam untuk memberikan informasi kepada masyarakat umum, baik pasien maupun keluarga ODGJ mengenai apa yang harus dilakukan bagi seseorang dengan ADHD selama masa pandemi, terutama dalam menghadapi kondisi ‘new normal’ atau dikenal juga dengan Adaptasi Kebiasaan Baru.”

Hingga saat ini penyebab dari ADHD belum diketahui secara pasti, namun menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan, sejumlah kasus ADHD menunjukkan adanya beberapa bagian otak berukuran lebih kecil dan metabolisme di otaknya mengalami penurunan di daerah tertentu.

Selain itu juga mengalami kekurangan beberapa bahan kimia di otak, seperti dopamin atau norepinefrin dan serotonin.[1] Selain itu, keterlambatan maturasi otak dan disfungsi pada sirkuit otak tertentu juga merupakan salah satu penyebab utamanya sehingga dapat mengganggu kognitif, perhatian, dan fungsi eksekutif. Selain itu, beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko seseorang memiliki ADHD adalah faktor genetik dan lingkungan.

Pada umumnya, ADHD memberikan dampak negatif pada prestasi anak di sekolah dan juga kehidupan sosialnya. Berbagai karakteristik kehidupan seorang anak dengan ADHD di sekolah yang dapat dilihat adalah kinerja akademik rendah (misalnya matematika, membaca), meskipun mendapat bantuan atau kelas tambahan; berbicara sangat banyak; berlarian di dalam kelas; tidak memiliki teman meskipun berpartisipasi pada kegiatan ekstrakurikuler; kehidupan sosial terbatas; tidak memiliki hobi atau ketertarikan pada aktivitas rekreasional; dan seringkali bertengkar dengan anggota keluarga. Sedangkan karakteristik pribadi seorang anak ADHD dapat dilihat bahwa perhatiannya sangat mudah teralihkan; tidak menyukai pertanyaan matematika, memecahkan masalah, dan bacaan yang panjang; seringkali menginterupsi guru dan teman sekelas saat berbicara; dan memiliki kepercayaan diri yang rendah.

dr. Herbowo Agung F Soetomenggolo, Sp.A (K), Dokter Spesialis Anak mengatakan,”Baik orangtua, keluarga, guru, maupun pengasuh dari anak dengan ADHD membutuhkan pengetahuan serta bimbingan agar dapat membantu anak tersebut mengendalikan gejala – gejala ADHD dan menerapkan pola hidup sehat pada anak. Maka dari itu, penting untuk diberikan berbagai program pelatihan dan kegiatan edukasi yang dapat mendukung kesiapan mereka dalam mendampingi anak dengan ADHD.”

Anak dengan ADHD tidak dapat sembuh secara total, namun jika didiagnosis sejak dini dan diiberikan perawatan dan terapi yang tepat, maka anak dengan ADHD dapat beradaptasi dan menjalankan aktvitasnya, baik di sekolah maupun kehidupan sehari – hari secara normal. Maka dari itu, penting untuk melakukan edukasi kepada orangtua dan keluarga pasien mengenai tata laksana yang tepat bagi anak dengan ADHD dan juga tidak kalah pentingnya adalah penanganan sejak dini.

BACA JUGA  Telkomsel Dukung Program Operasi Penanganan dan Pencegahan Covid-19 oleh PMI melalui Penyediaan Solusi IoT

“Berbagai tata laksana untuk ADHD hanya dapat dilakukan secara efektif dengan dukungan dan bantuan dari keluarga dan orang – orang di sekitarnya. Intervensi perilaku beserta farmakoterapi adalah terapi yang baik bagi ADHD. ADHD adalah kelainan organik dengan gangguan neurotransmisi otak, dimana dapat dibantu dengan medikasi, yaitu dengan memberikan obat – obatan yang secara efektif dapat membantu mengendalikan gejala ADHD. Sementara intervensi perilaku yang dilakukan dengan mengoreksi perilaku bermasalah melalui pelatihan, dapat dilakukan untuk membantu memperbaiki fungsi sehari – hari dan sosial. Maka dari itu, baik keluarga maupun lingkungan sekitar memiliki peran yang sangat penting dalam pengobatan dan terapi yang efektif bagi penderita ADHD,” jelas dr.Herbowo

“Namun, jika ADHD tidak dirawat atau diberikan tatalaksana yang tepat, dapat menyebabkan anak tersebut menderita luka berat saat masa kanak-kanak, kemungkinan menyalahgunakan obat/alkohol atau merokok, dan lebih dari satu kali kejadian dengan polisi saat remaja,” tambah dr. Herbowo.

Pada kesempatan kali ini, PT Johnson & Johnson Indonesia menggandeng Rumah Sakit Hermina Jatinegara dalam mengadakan webinar seminar awam. Sebagaimana informasi, dalam menjalankan rangkaian kegiatan edukasi yang telah dilakukan sejak Bulan April 2020 bulan lalu, PT Johnson & Johnson Indonesia bekerja sama dengan sejumlah mitra dan para pemangku kepentingan terkait, seperti Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI), Indonesia Neuroscience Institute, Bipolar Care Indonesia, Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof.Dr.dr.Mahar Mardjono Jakarta, Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk, Rumah Sakit Jiwa Islam Klender dan sebagainya.

“Melalui kegiatan web-seminar (webinar) awam hari ini, kami dapat membantu orangtua Indonesia untuk mendapatkan informasi yang tepat dan akurat mengenai penanganan anak dengan ADHD, sehingga dapat membantu orangtua di Indonesia untuk mendampingi keluarganya, terutama anak-anak mereka di tengah – tengah pandemi ini,” jelas Devy.

Dukungan bagi tenaga kesehatan.

Di samping melakukan edukasi kepada masyarakat awam, pada Hari Sabtu (18/7), Johnson & Johnson Indonesia juga bekerja sama dengan Asosiasi Rumah Sakit ‘Aisyiyah Muhammadiyah (ARSAMU) mengadakan web-seminar (webinar) yang bertemakan “Peran Tenaga Kesehatan dalam Penanganan Gangguan Jiwa Berat, Pengobatan dan Pengembangan Layanan Jiwa di Rumah Sakit”.

Sebanyak kurang lebih 200 orang tenaga kesehatan yang terdiri dari psikiater, dokter yang menjalani pendidikan spesialis psikiatri, dokter umum dan perawat yang berasal dari berbagai rumah sakit di Indonesia turut hadir dan menjadi peserta dalam seminar yang dilakukan secara maya (virtual) tersebut. Selain itu, dr. Metta Desvini PS, Sp.KJ yang berasal dari Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih juga turut hadir sebagai salah satu narasumber pada seminar tersebut.

(BON)
 

Baca Juga

  • Puncak Big Ramadhan Sale 2018, Shopee Targetkan 1 Juta Order Setiap Hari

    Puncak Big Ramadhan Sale 2018, Shopee Targetkan 1 Juta Order Setiap Hari

    Shopee, perusahaan e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan melihat adanya pertumbuhan signifikan selama bulan Ramadhan. Selama kampanye Big Ramadhan Sale, Shopee mencatatkan peningkatan transaksi hingga 3 kali lipat bahkan sejak awal minggu Ramadhan dimulai tahun ini dibandingkan tahun lalu. Dengan peluncuran in-app game ‘Goyang Hujan Emas’, Shopee mencatatkan peningkatan traffic tertinggi hingga lima kali […]
  • Galaxy Note10 L 10+ Buat Para Powerful Generation Melakukan Pekerjaan dan Passion Beragam Lebih Sempurna

    Galaxy Note10 L 10+ Buat Para Powerful Generation Melakukan Pekerjaan dan Passion Beragam Lebih Sempurna

    Resmi diluncurkan hari Rabu lalu, Galaxy Note10+ telah menjadi smartphone andalan Benhard Suryaningrat, yang dikenal sebagai pembuat peta Indonesia untuk jaket Presiden RI, mulai dari mencari inspirasi sampai menjalankan bisnisnya. Ini berkat keunggulan fitu-fitur Galaxy Note10|10+ untuk berkreasi dan bekerja yang dikemas dengan desain Infinity-O Display dan warna yang memukau, serta ditenagai prosesor terbaru 7nm […]
  • Mudik Happy dan Bebas Khawatir Bersama HappyOne.id

    Mudik Happy dan Bebas Khawatir Bersama HappyOne.id

    Kebahagiaan selalu menyelimuti perasaan jika sudah dekat dengan Hari Raya Idul Fitri, karena itu berarti semakin dekat waktunya untuk mudik ke kampung halaman dan berkumpul dengan sanak saudara. Tetapi, saat mudik, banyak risiko kerugian yang bisa terjadi kapanpun dan dimanapun, untuk itu kita harus bisa mengelola dan mengantisipasi agar tidak terjadi kerugian lebih besar yang […]
  • Peringati HUT DKI Jakarta, TIKI Berikan Diskon 49,2 Persen

    Peringati HUT DKI Jakarta, TIKI Berikan Diskon 49,2 Persen

    TIKI, perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia, memberikan diskon 49,2 persen untuk memperingati Hari Ulang Tahun DKI Jakarta ke-492 pada tanggal 22 Juni 2019 mendatang. Diskon berlaku selama satu hari untuk transaksi pengiriman dengan menggunakan produk layanan regular untuk dari DKI Jakarta dan tujuan JABODETABEK. Titi Oktarina, President Director TIKI mengatakan “TIKI telah hadir melayani […]
  • Semarak Bola di Layar Besar Bersama BenQ 4K UHD HDR TK800 Home Entertainment Projector

    Semarak Bola di Layar Besar Bersama BenQ 4K UHD HDR TK800 Home Entertainment Projector

    Larut dalam kemeriahan suasana pertandingan sepak bola dunia yang sedang berlangsung di Rusia, maka BenQ Indonesia menggelar acara Semarak Bola di Layar Besar bersama TK800 di salah satu sportbar ternama di daerah Senayan, Jakarta Pusat. TK800  4K UHD HDR Home Entertainment Projector merupakan produk terbaru dari BenQ yang telah di rilis pada awal tahun 2018 […]
  • KidzArt, Kursus Menggambar Anak Yang Mengajarkan Proses

    KidzArt, Kursus Menggambar Anak Yang Mengajarkan Proses

    Bagi seorang anak menggambar adalah salah satu bagian dari aktivitas menyenangkan yang sangat penting dalam proses pertumbuhannya. Dengan menggambar seorang anak dapat belajar berbagai hal yang menjadi dasar untuk memahami sesuatu maupun berimajinasi untuk mengembangkan ide-idenya. Namun, kegiatan menggambar yang baik tidak sesederhana yang mungkin dibayangkan sebagian orang tua. Ada tahapan-tahapan yang harus diikuti sehingga […]
  • Menikmati Karya Seniman Kelas Dunia di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta

    Menikmati Karya Seniman Kelas Dunia di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta

    Dulu lukisan hanya bisa dinikmati kalangan tertentu. Hasil karya seni ini kerap kali dibanderol dengan harga selangit di setiap pameran dan hanya bisa dibeli orang berduit. Namun kini, lukisan bisa dinikmati berbagai kalangan masyarakat tanpa perlu pergi ke galeri. Lukisan saat ini dipajang di beberapa fasilitas publik dan bisa dinikmati secara gratis. Seperti tampak di […]
  • Foto : Tanah Tingal, Destinasi Wisata Keluarga di Tangerang Selatan

    Foto : Tanah Tingal, Destinasi Wisata Keluarga di Tangerang Selatan

    Hutan Kota Tanah Tingal sepetak keindahan di tengah sumpeknya kota. Ya, Hutan Kota Tanah Tingal merupakan lokasi yang bisa dijadikan alternatif wisata keluarga di akhir minggu. Dengan kehijauan tumbuh-tumbuhan di dalamnya, kita masih bisa mendengar suara burung, aroma daun-daunan dan suara gesekan batang bambu di pinggir sungai kecil sambil bermain kano. Tanah Tingal yang dimiliki […]
  • Canon Pixma TR150 Printer Portabel Penunjang Kegiatan Bisnis di Mana Pun

    Canon Pixma TR150 Printer Portabel Penunjang Kegiatan Bisnis di Mana Pun

    Di tengah pandemi Covid-19, para pelaku usaha tetap optimis dan berusaha maksimal untuk menjalankan aktivitas bisnisnya. Protokol kesehatan di tatanan normal baru ini harus dipatuhi, salah satunya menjaga jarak di mana pun beraktivitas. Bagi eksekutif dan pebisnis yang bekerja dengan mobilitas tinggi, memiliki printer sendiri yang dapat dibawa ke mana-mana menjadi sebuah kebutuhan penting. Melihat […]
  • Mengenal Batik Etnik Tangerang Selatan: Batik Ethnic Sekar Purnama

    Mengenal Batik Etnik Tangerang Selatan: Batik Ethnic Sekar Purnama

    Batik telah menjadi kekayaan budaya Bangsa Indonesia yang diakui dunia. Batik telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia dari Indonesia. Sejarah panjang keberadaan batik di Indonesia serta pasang surut perkembangannya hingga saat ini memberikan bukti bahwa batik telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan bangsa Indonesia sendiri. Wilayah Tangerang Selatan pun memiliki batik-batik khas […]
  • BNI Syariah Mulai Pasarkan KPR Subsidi FLPP Sejahtera Syariah

    BNI Syariah Mulai Pasarkan KPR Subsidi FLPP Sejahtera Syariah

    BNI Syariah mulai memasarkan KPR Subsidi Syariah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dengan produk KPR Sejahtera Syariah. Hal ini setelah BNI Syariah resmi ditunjuk sebagai bank penyalur KPR Syariah FLPP tahun 2020 oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Direktur Bisnis Ritel & Jaringan BNI Syariah Iwan Abdi mengatakan bahwa penyaluran pembiayaan rumah subsidi […]
  • Dukung Ekonomi Kreatif Indonesia, Bodrex Tumbuhkan Semangat Kolaborasi Generasi Muda melalui #Kolabodrex

    Dukung Ekonomi Kreatif Indonesia, Bodrex Tumbuhkan Semangat Kolaborasi Generasi Muda melalui #Kolabodrex

    Bodrex, merek obat analgesik nomor satu untuk mengatasi sakit kepala di Indonesia selalu berupaya untuk menghadirkan inisiatif-inisiatif agar lebih dekat dan terlibat dengan seluruh kalangan masyarakat, tak terkecuali generasi muda. Melalui kegiatan #kolabodrex, Bodrex bekerjasama dengan tiga pionir street style di Indonesia, yakni Never Too Lavish, Urban Sneaker Society, dan Stayhoops untuk membuat produk streetwear […]
  • CIMB Niaga Raih Penghargaan The Most Helpful Bank During Covid-19 In Indonesia dari The Asian Banker

    CIMB Niaga Raih Penghargaan The Most Helpful Bank During Covid-19 In Indonesia dari The Asian Banker

    PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mendapatkan penghargaan ‘The Most Helpful Bank during COVID-19 in Indonesia’ dari The Asian Banker. Pengakuan dari lembaga riset terkemuka dan bereputasi internasional itu diberikan berdasarkan feedback dari nasabah terkait engagement, pengalaman dan kepuasan terhadap layanan ritel, serta pendapat sehubungan dengan inisiatif yang disediakan oleh bank selama pandemi virus […]
  • Bakso Ikan Telur Asin Ahan, Bakso Ikan Ala Pontianak Dengan Rasa Istimewa

    Bakso Ikan Telur Asin Ahan, Bakso Ikan Ala Pontianak Dengan Rasa Istimewa

    Pontianak memang dikenal sebagai gudangnya kuliner istimewa. Bagi Anda yang pernah tinggal maupun singgah di Pontianak, Anda pasti tahu aneka kuliner enak bisa ditemukan di berbagai sudut kotanya. Salah satu kuliner yang populer di Pontianak adalah bakso. Namun berbeda dengan di daerah lain, di Pontianak bakso ikan cukup populer. Salah satu gerai kuliner yang menyajikan […]
  • Diskusi Perubahan Dunia Menuju Era Neo-Proteksionisme5th: Economix International Seminar FEBUI

    Diskusi Perubahan Dunia Menuju Era Neo-Proteksionisme5th: Economix International Seminar FEBUI

    Seminar International 15th Economix merupakan agenda pembuka dari rangkaian acara 15th Economix. Tahun ini, 15th Economix mengusung tema besar yaitu “The Resurgence of Neo-Protectionism: A changing world”, yang mendiskusikan tentang perubahan dunia menuju era neo-proteksionisme. Seminar Internasional 15th Economix terdiri dari tiga sesi – satu sesi keynote speaker dan dua sesi seminar. Di setiap sesi, 15th Economix akan mengundang pembicara yang kompeten dan terkemuka dari berbagai […]
  • Bakoel Mama, Memenuhi Berbagai Kebutuhan Catering Anda

    Bakoel Mama, Memenuhi Berbagai Kebutuhan Catering Anda

    Apakah saat ini Anda sedang mencari catering untuk acara kantor yang akan berlangsung dalam waktu dekat? Atau mungkin kantor Anda akan mengadakan syukuran pembukaan kantor cabang baru? Mungkin Anda sedang melakukan diet dan sedang mempertimbangkan untuk memesan catering ketimbang mengalami kerepotan dalam mempersiapkan menu yang akan dibawa ke kantor. Atau, di rumah tidak ada asisten rumah tangga, […]
  • Halodoc Gandeng POGI Hadirkan Telekonsultasi Khusus Kandungan

    Halodoc Gandeng POGI Hadirkan Telekonsultasi Khusus Kandungan

    Berkolaborasi dengan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Halodoc menambahkan kanal layanan konsultasi khusus kehamilan dan kesehatan reproduksi di layanan chat with doctor di platform Halodoc, melalui penandatanganan perjanjian kerja sama yang diresmikan hari ini (7/4) di Sekretariat POGI Jaya, Jakarta. Melalui kolaborasi ini, Halodoc dan POGI berkomitmen untuk melindungi masyarakat, terutama ibu hamil, agar […]
  • Susu Sehat ya Susu Almond dari Toko Gembili

    Susu Sehat ya Susu Almond dari Toko Gembili

    Susu memang minuman sehat yang terbukti memiliki nutrisi yang tinggi. Rasanya yang enak membuat susu juga banyak digemari. Ada berbagai jenis susu pada saat ini, susu yang berasal dari sapi merupakan susu yang paling banyak kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tidak semua orang mau minum susu sapi dengan berbagai pertimbangan. Yang paling sering menimbulkan […]
  • Cantiknya Mukena Silky Premium dari Kreasi Anglo

    Cantiknya Mukena Silky Premium dari Kreasi Anglo

    Bagi seorang wanita muslim, mukena adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena pentingnya mukena bagi seorang wanita, tidak heran mukena merupakan salah satu benda yang wajib ada di dalam tas/perlengkapan yang dibawa seorang wanita dalam berbagai aktivitasnya. Namun terkadang mukena menyita bagian yang cukup besar dari tas seorang wanita, sehingga dibutuhkan tas terpisah untuk […]
  • Batik Air Menerima A320neo Pertamanya

    Batik Air Menerima A320neo Pertamanya

    Batik Air, maskapai full-service milik Lion Group Indonesia, menyambut kedatangan A320neo pertamanya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten. Pesawat ini adalah pesawat Airbus ke-46 dalam armada Batik Air yang saat ini terdiri dari 44 pesawat Keluarga A320 dan satu pesawat A330-300. Pesawat baru ini memiliki 156 kursi (12 kursi di kelas bisnis dan 144 […]

Tinggalkan Balasan