Gaya Hidup

Menjaga Keamanan Siber Saat Beradaptasi Terhadap Pengaturan Kerja yang Fleksibel

Tren bekerja jarak jauh (Remote working) diperkirakan tetap akan meningkat kendati Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) telah memasuki masa transisi. Dengan mengadopsi teknologi cerdas, karyawan kini dapat berkolaborasi dan tetap produktif.

Dalam studi terbaru Lenovo yang berjudul “Technology and Evolving World of Work”, terungkap bagaimana karyawan di seluruh dunia merespon “normal baru” setelah mayoritas dari responden (72%) mengonfirmasi perubahan dinamika pekerjaan sehari-hari mereka dalam tiga bulan terakhir. Bahkan, menurut Bain & Company, kebijakan kerja dari rumah menjadi permanen di beberapa organisasi ternama, dengan 60% perusahaan besar menerapkan lingkungan kolaboratif virtual-fisik yang fleksibel pada tahun 2021.

Budi Janto, General Manager, Lenovo Indonesia menyatakan “2020 akan dikenang sebagai tahun saat dunia mengalami transisi cara kerja baru dengan sebagian besar masyarakat bekerja dari rumah. Pandemi global mengubah bisnis untuk memindahkan operasionalnya secara online dan beradaptasi dengan cara kerja baru; tenaga kerja yang tersebar.

Sayangnya, ketika karyawan tetap produktif selama masa transisi ini, begitu pula para penjahat siber. Ketidakpastian yang membayangi karyawan tentang keadaan global yang rumit dan dinamis, dikombinasikan dengan ketidaktahuan mereka dengan pengaturan cara kerja baru, menciptakan banyak peluang untuk serangan dunia siber. Penjahat siber memanfaatkan situasi ini untuk meluncurkan serangan mengatasnamakan COVID, upaya phishing, dan menyebarkan berita palsu. ”

Berangkat dari hal tersebut, Lenovo memaparkan beberapa hal yang perlu dipahami organisasi untuk melindungi keamanan karyawan dan perusahaan, sekaligus mendukung karyawan agar tetap produktif.

Bekerja secara fleksibel: Apa artinya dan apa yang perlu organisasi ketahui?

Perhatikan blind spot anda.Dengan karyawan mengakses data rahasia dari berbagai perangkat, lokasi, dan jaringan tidak aman, ini membuka lebih banyak end point dan kerentanan untuk serangan siber. Dalam dunia serba digital dan seluler, keamanan perangkat keras menjadi semakin penting, karena di seluruh dunia, setiap orang memiliki setidaknya 6,58 perangkat yang terhubung ke jaringan pada tahun 2020. Ini berarti bahwa jaringan, database, dan dokumen rahasia organisasi dapat diakses dari VPN yang tidak aman, jaringan tidak dikenal, dan akses keamanan yang rentan.

Mengadopsi pola pikir Zero Trust Tenaga kerja yang tersebar menghilangkan kemewahan identifikasi dan validasi tatap muka. Ini berarti bahwa organisasi harus meningkatkan upaya mereka dalam tata kelola kredensial dan akses, serta terus mengedukasi karyawan untuk mengidentifikasi dan menyingkirkan penipuan, peniruan identitas dan upaya phishing. Seiring kecanggihan peretas, organisasi dan karyawan harus mengambil sikap Zero Trust dan menganut pola pikir ‘bersalah sampai terbukti tidak bersalah’ dalam hal keamanan siber.

Memberdayakan tenaga kerja yang tersebar dengan keamanan siber

Transisi ke lingkungan kerja yang terdesentralisasi membuat tim TI harus memperluas visibilitas platform dan ekosistem digital organisasi untuk mengidentifikasi dan mengurangi potensi ancaman dengan lebih cepat. Organisasi juga harus menerima risiko yang menyertainya dan menerapkan tindakan dan solusi yang tepat untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kokoh bagi karyawan untuk beroperasi.

Sehingga, perlu ditekankan pentingnya peningkatan keamanan yang dibangun ke dalam perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan karyawan (termasuk penerapan, penyiapan, dan pemeliharaan) secepat mungkin dalam lingkungan kerja jarak jauh seperti sekarang ini.

“Sekarang, keamanan siber tidak bisa hanya berfokus pada produk – hal ini membutuhkan solusi end-to-end, pendekatan menyeluruh yang lebih ketat dan penuh perhitungan untuk perangkat Anda. Ini menjadi hal penting di era remote working yang membuat pekerjaan tidak lagi terbatas hanya saat kita berada di kantor, dan saat ancaman siber semakin menguat.” Budi menambahkan, “Di Lenovo, kami menyarankan organisasi bersikap proaktif dalam memastikan solusi keamanan memenuhi kebutuhan operasional bisnis mereka.”

Berikut adalah empat solusi keamanan yang dapat menjadi pertimbangan organisasi:

Keamanan perangkat

Penjahat siber semakin menargetkan rantai pasokan untuk memasukkan kerentanan ke dalam perangkat selama proses manufaktur hingga sebelum pengiriman. Karenanya penting untuk memilih mitra yang tepat yang dapat menyediakan perangkat yang diamankan langsung dari lapisan pertama rantai pasokan.

Keamanan identitas

Sekitar 81% dari pelanggaran data melibatkan kata sandi yang lemah, kata sandi default atau dicuri, dan serangan phishing telah meningkat 65% tahun ke tahun. Perizinan identitas melalui lapisan otentikasi, login tanpa kata sandi yang aman dan pemindai sidik jari adalah cara baru untuk memastikan keamanan identitas pengguna tanpa kerumitan. Memiliki otentikasi bawaan untuk PC yang mematuhi standar Aliansi FIDO (Fast Identity Online) adalah keuntungan tambahan untuk mengamankan perangkat Anda.

Keamanan online

Koneksi yang tidak aman mengundang pencuri, membuka pintu perangkat Anda – dan perusahaan Anda – ke serangan dahsyat. Lengkapi perangkat Anda dengan solusi seperti Virtual Private Network (VPN), yang dapat mendeteksi ancaman dan memberi tahu pengguna ketika mereka akan terhubung ke jaringan nirkabel yang tidak aman.

Keamanan data

Di setiap pelanggaran keamanan, ada banyak yang dipertaruhkan: miliaran rupiah, reputasi organisasi, dan bahkan pekerjaan Anda. Melindungi data di era baru membutuhkan solusi keamanan yang menyeluruh dan terukur agar selangkah lebih maju dari para penjahat siber.

Bagaimana organisasi bisa membantu karyawan?

Hal penting lainnya adalah mempertimbangkan penawaran layanan pengguna karena responden secara global merasa lebih bergantung pada komputer kerja mereka untuk menjadi lebih produktif. Selain itu, sebanyak 79% responden setuju bahwa mereka harus memiliki kemampuan TI saat bekerja dari rumah. Mayoritas dari mereka yang disurvei percaya bahwa organisasi harus lebih banyak berinvestasi pada pelatihan teknologi untuk mendukung bekerja jarak jauh di masa depan. Lenovo membantu organisasi memberdayakan karyawan dengan menawarkan layanan yang mendukung kerja jarak jauh.

Untuk karyawan yang tidak memiliki akses ke helpdesk TI, Lenovo Premier Support memungkinkan akses langsung 24/7 ke teknisi-teknisi pilihan dari Lenovo yang menyediakan diagnosis permasalahan yang tak terencana dan dukungan komprehensif untuk perangkat keras dan perangkat lunak. Ini menghasilkan downtime yang lebih sedikit bagi pengguna ketika terjadi kesalahan, memungkinkan staf TI untuk fokus pada upaya strategis perusahaan.

“Sangat penting bagi bisnis untuk segera mengambil tindakan, memastikan mereka memiliki pendekatan dan solusi keamanan yang tepat dan strategis untuk melengkapi karyawan dengan baik di tempat kerja modern. Hanya dengan upaya tersebut, organisasi dan karyawan dapat memperoleh manfaat penuh dari tenaga kerja yang tersebar, dan membangun fondasi digital yang lebih kuat agar secara efektif menavigasi dan beroperasi di dunia kerja yang baru ini,” tutup Budi.

(AB)

 

Baca Juga

  • Resolusi 2018: Mau Naik Jabatan Tahun ini?

    Resolusi 2018: Mau Naik Jabatan Tahun ini?

    Sekarang baru kita memasuki hari-hari pertama di tahun 2018. Bagaimana jika kita meninjau karier kita selama selama 2017, apakah kita sudah mencapai target promosi atau naik jabatan? Jika belum, seberapa jauh kita tertinggal? Untuk menghindari kegagalan dalam mencapai tujuan karier di tahun depan, ada baiknya memulai pemetaan langkah-langkah menuju puncak karier. Simak lima hal yang […]
  • Bagi Anda Yang membutuhkan Makanan Praktis dan Berkualitas : IsDeli

    Bagi Anda Yang membutuhkan Makanan Praktis dan Berkualitas : IsDeli

    Banyaknya aktivitas sehari-hari yang harus dilakukan seringkali membuat ibu-ibu kesulitan menyiapkan makanan yang bergizi dan lengkap bagi keluarganya. Kehidupan didominasi berbagai hal yang harus dilakukan dan terkadang sangat mendesak, dari mulai mengurus anak, rumah, pekerjaan dan pergaulan sosial, sering menyita waktu dari pagi hingga malam hari. Solusi yang sering dilakukan adalah menyerahkan urusan makanan kepada asisten […]
  • Ovo Tandatangani Kerja Sama Dengan Telkomsel Dan Kisel

    Ovo Tandatangani Kerja Sama Dengan Telkomsel Dan Kisel

    Presiden Direktur OVO Adrian Suherman bersama Direktur Utama Koperasi Telekomunikasi Selular (Kisel) Suryo Hadiyanto, serta VP Integrated Sales Channel Management Telkomsel, M Syawaluddin menandatangani kerja sama untuk menghadirkan produk Telkomsel seperti pulsa dan paket data secara resmi di aplikasi OVO, yang diproses melalui Kisel. Dengan kerja sama ini, produk Telkomsel di aplikasi OVO tersedia dengan […]
  • Apakah Anda Sedang Mencari Pekerjaan? Yuk Menjadi Marketing Properti

    Apakah Anda Sedang Mencari Pekerjaan? Yuk Menjadi Marketing Properti

    Apakah Anda tertarik untuk menjadi Marketing properti? Yang menarik dengan menjadi marketing propreti, Anda tidak pelu harus punya modal yang besar untuk mulai menjadi marketing properti. Hanya dengan keinginan yang kuat, mau bekerja keras, dan pantang menyerah. Ini sudah menjadi modal yang kuat. Apabila Anda tekun dan telah menjadi orang yang ahli dalam memasarkan properti, […]
  • Transaksi Aman dan Sehat di Masa New Normal, CIMB Niaga Dorong Masyarakat Gunakan Scan QRIS Octo Mobile

    Transaksi Aman dan Sehat di Masa New Normal, CIMB Niaga Dorong Masyarakat Gunakan Scan QRIS Octo Mobile

    PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mendorong nasabah untuk bertransaksi menggunakan metode pembayaran Scan Quick Response Indonesian Standard (QRIS) OCTO Mobile, khususnya dalam mengantisipasi masa New Normal. Pasalnya, metode pembayaran tanpa kontak fisik (nirsentuh) tersebut dapat menjadi solusi transaksi yang aman dan sehat untuk memenuhi kebutuhan perbankan nasabah saat ini. Guna menambah kemudahan dan […]
  • Huawei Resmikan High-End Experience Store di Summarecon Mall Serpong

    Huawei Resmikan High-End Experience Store di Summarecon Mall Serpong

    Untuk menambah jaringan tempat pelayanan bagi konsumennya, Huawei menghadirkan Huawei High-end Experience Store (HES) di Summarecon Mall Serpong. Tidak hanya dapat mencoba secara langsung produk ekosistem dari Huawei, konsumen juga sudah dapat menikmati berbagai macam program promo yang akan diadakan mulai tanggal 19 Juni 2020. Dalam memasuki New Normal pun konsumen tidak perlu khawatir karena HES […]
  • Tempat Makan di Bintaro Sektor 9 : PSY Steamboat Yakiniku

    Tempat Makan di Bintaro Sektor 9 : PSY Steamboat Yakiniku

    INFOBINTARO (IB) – Kita kembali ingin mengulas salah satu tempat makan di Bintaro Sektor 9 nih sobat IB. Restoran yang kali ini ingin kita angkat adalah restoran favoritnya mereka yang suka makan steamboat, hayo siapa mereka? Yup, mereka adalah PSY Steamboat Yakiniku! Tempat Makan di Bintaro Sektor 9 Bagi Mereka Yang Suka Steamboat & Yakiniku […]
  • Ajang Pelestarian Budaya Betawi Melalui Festival Bintaro 3

    Ajang Pelestarian Budaya Betawi Melalui Festival Bintaro 3

    Perkembangan kehidupan modern dan percampuran antar budaya seringkali menggerus budaya-budaya asli setempat yang sesungguhnya menjadi identitas daerah itu. Untuk itu berbagai kebudayaan lokal perlu selalu dijaga melalui berbagai kegiatan untuk menampilkan ‘wajah’ budaya lokal itu sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat yang belum mengenalnya. Dalam menyambut HUT DKI ke-490 sekaligus mengenalkan dan melestarikan kebudayaan Betawi, Forum Komunikasi Anak […]
  • Apakah Anda Generasi Milenial Hypebeast? (Dalam Rangka Hari Konsumen Nasional 20 April)

    Apakah Anda Generasi Milenial Hypebeast? (Dalam Rangka Hari Konsumen Nasional 20 April)

    Pernahkah Anda mendengar kata hypebeast? Hypebeast diartikan sebagai slang bagi mereka yang terobsesi (beast) dengan segala sesuatu yang kekininan (hype), khususnya untuk urusan penampilan (fashion). Hypebeast sebenarnya dikaitkan dengan tren berpakaian yang mengenakan brand-brand ternama dan harus original seperti merek streetwear yang digemari remaja di urutan teratas yaitu Supreme yang didirikan pada tahun 1994 oleh […]
  • Prosperity Shopping Sale Comes Together

    Prosperity Shopping Sale Comes Together

    Membuka rangkaian program awal tahun 2019 yang bertepatan dengan hari raya Imlek, Summarecon Mall Bekasi menghadirkan program belanja dan hiburan yang bertajuk “Prosperity Shopping Sale Comes Together” yang berlangsung mulai 24 Januari – 17 Februari 2019 dan akan diisi dengan sejumlah booth pameran, penampilan artis serta atraksi barongsai yang menarik. Ugi Cahyono selaku Center Director […]
  • BRI Gandeng Mercedes-Benz, Berikan Penawaran Bunga Murah KKB BRI

    BRI Gandeng Mercedes-Benz, Berikan Penawaran Bunga Murah KKB BRI

    PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk selalu berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan bagi nasabahnya, baik melalui produk simpanan maupun pembiayaan pinjaman. Sebagai tindak lanjut dari komitmen tersebut, kali ini PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk bersama PT Mercedes Benz Distribution Indonesia menandatangani komitmen kerja sama strategis pemasaran mobil Mercedes-Benz melalui Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) BRI.  Acara […]
  • Grand Launching Student Company Roxio SMK Bina Informatika

    Grand Launching Student Company Roxio SMK Bina Informatika

    SMK Bina Informatika sebuah sekolah menengah vokasi di bidang teknologi infomasi mengadakan grand launching Student Company Roxio pada Sabtu, 22 April 2017 di ruang pertemuan SMK Bina Informatika, Jl. Cendrawasih Raya No. 9A, Sawah Baru, Bintaro. Student company merupakan program simulasi bisnis untuk mengajarkan siswa untuk membentuk perusahaan yang menjalankan sebuah bisnis. Dengan mencoba membuat sebuah […]
  • Tips Merawat Handuk Yang Benar

    Tips Merawat Handuk Yang Benar

    Handuk adalah salah satu perlengkapan rumah tangga yang hampir di setiap rumah ada. Ini merupakan sejenis kain tebal yang mudah menyerap air digunakan untuk mengeringkan kulit sehabis mandi, berenang, atau  keringat. Bila kita kurang baik merawatnya maka handuk akan bau, berjamur, dan menjadi sumber penyakit kulit. Agar terhindar dari semua itu simaklah tips perawatannya berikut […]
  • Rumah Sakit Hewan Jakarta Sangat Membantu Penyayang Hewan

    Rumah Sakit Hewan Jakarta Sangat Membantu Penyayang Hewan

    Warga Bintaro, para pencinta hewan seringkali merasa bingung bila hewan kesayangan kita jatuh sakit. Kini tidak perlu khawatir lagi. Sudah ada rumah sakit hewan di Jakarta yang buka 24 jam termasuk akhir pekan dan tanggal merah. Rumah sakit ini diresmikan oleh alm. Ibu Tien Soeharto, istri Presiden RI kedua pada tahun 1993. Rumah Sakit Hewan […]
  • Memaafkan: Sebuah Upaya Merawat Kesehatan Mental

    Memaafkan: Sebuah Upaya Merawat Kesehatan Mental

    Hari Lebaran, bagi masyarakat Indonesia, biasanya menjadi momentum yang tepat untuk saling bersilaturahmi dan memaafkan. Memaafkan saudara, memaafkan rekan kerja, memaafkan sahabat, memaafkan tetangga atau memaafkan orang lain yang telah membuat kesalalahan, kekhilafan dan kekeliruan. Tradisi memaafkan di hari Lebaran ini merupakan sesuatu yang unik dan khas budaya Indonesia sebagai simbol dan perayaan bahwa kita […]
  • Avrist Assurance Peringati 45 Tahun Menemani & Melindungi Masyarakat Indonesia

    Avrist Assurance Peringati 45 Tahun Menemani & Melindungi Masyarakat Indonesia

    PT Avrist Assurance (Avrist Assurance) tengah merayakan hari jadinya yang ke 45 sebagai perusahaan asuransi Indonesia dengan misi untuk menyediakan satu polis bagi setiap rumah tangga di Indonesia. Secara serentak, Avrist Assurance berbagi kebahagiaan kepada masyarakat prasejahtera di 11 kota Indonesia, yaitu Jakarta, Bogor, Bandung, Medan, Padang, Bengkulu, Manado, Balikpapan, Palu, Yogyakarta dan Semarang. Selama […]
  • Canon Gelar Program Spesial di Hari Pelanggan Nasional 2019

    Canon Gelar Program Spesial di Hari Pelanggan Nasional 2019

    Menyambut Hari Pelanggan Nasional (HARPELNAS) 2019, Canon dan pt. Datascrip menyelenggarakan program “Semarak HARPELNAS bersama Canon”, yang terdiri dari beragam kegiatan khusus bagi para pengguna produk kamera Canon maupun konsumen umum, mulai dari layanan Free Sensor Cleaning, Photo Sharing/Hunting bersama Fotografer Profesional, Gathering & Dinner, Lelang Produk Canon, hingga berbagai Promo Penjualan yang menarik. Program […]
  • Kado Akhir Tahun dari Vivo

    Kado Akhir Tahun dari Vivo

    Akhir tahun identik dengan perayaan kegembiraan dan hari libur, yang seringkali disertai dengan pemberian kado untuk seseorang yang dianggap istimewa. Kado berupa smartphone vivo cukup tepat karena penerima dapat menggunakannya sebagai alat komunikasi dan peranti pendukung kerja, selain berguna untuk mengabadikan momen menarik selama vacation atau liburan akhir tahun. Berdasarkan hasil Priceza Insight mengenai Spesifikasi Smartphone Terpopuler di Indonesia selama 3 tahun terakhir, […]
  • Keamanan dan Kenyamanan Berbelanja untuk Lansia di Hero Supermarket dan Giant Saat Wabah Covid-19

    Keamanan dan Kenyamanan Berbelanja untuk Lansia di Hero Supermarket dan Giant Saat Wabah Covid-19

    PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group) melalui unit bisnisnya Hero Supermaket dan Giant menginisasi jam berbelanja khusus bagi orang lanjut usia (lansia) dalam menghadapi wabah COVID-19 di tiap hari Selasa dan Kamis dengan membuka satu jam lebih awal dari waktu normal. Tidak itu saja, Hero Supermarket dan Giant juga memastikan adanya penanganan cepat pada proses […]
  • Merayakan International Women’s Day, Chevrolet Mengingatkan Kembali Pentingnya Defensive Driving bagi Kaum Perempuan

    Merayakan International Women’s Day, Chevrolet Mengingatkan Kembali Pentingnya Defensive Driving bagi Kaum Perempuan

    Hari Perempuan Internasional (International Women’s Day) dirayakan setiap tanggal 8 Maret di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Hari ini diperingati sebagai hari istimewa bagi kaum perempuan sebagai bentuk ‘pengakuan’ dunia internasional atas peran perempuan dalam pembentukan peradaban dunia. Di tahun 2019 ini, Hari Perempuan Internasional mengangkat tema #BalanceforBetter yang mengajak para perempuan di seluruh dunia untuk […]

Tinggalkan Balasan