Universitas Pembangunan Jaya

Menjadi Pemuda Indonesia yang Anti Hoax

Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 atau tepatnya 90 tahun yang lalu menjadi momentum pemuda Indonesia untuk menunjukkan semangat persatuan dan kesatuan, bahkan sebelum kemerdekaan Indonesia. Semangat persatuan dan kesatuan ini harus terus dijaga dan digelorakan oleh pemuda Indonesia, tidak terkecuali di jaman sekarang ini.

Baca Juga: Mengenal Museum Sumpah Pemuda

Dalam psikologi, pemuda termasuk dalam tahap perkembangan remaja, yaitu usia 11 tahun hingga 22 tahun. Selain mempersiapkan untuk memasuki masa dewasa, remaja dianggap sudah memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik dibandingkan anak-anak. Pemuda merupakan kaum intelektual dan merekalah yang nantinya akan menjadi pemegang kekuasaan di masa depan. Tindakan pemuda saat ini akan menentukan bagaimana persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia di masa kini dan masa depan. Cara untuk dapat mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa adalah dengan melawan segala bentuk yang dapat menimbulkan perpecahan bangsa, salah satunya dengan melawan hoax.

Mengapa kita mudah mempercayai hoax?

Mempercayai hoaxadalah salah satu hasil dari cara berpikir yang heuristic. Cara berpikir heuristic adalah strategi yang mengabaikan informasi, untuk membuat keputusan dengan lebih cepat, hemat, dan atau lebih akurat dibandingkan metode lain yang lebih kompleks. Pengertian ‘lebih akurat’ disini bukan berarti dengan berpikir heuristicdipastikan keputusannya akan lebih akurat, namun akurat disini adalah dari sudut pandang si pembuat keputusan.

Dengan berpikir heuristic, kita akan “menelan mentah-mentah” (percaya begitu saja) informasi yang kita baca atau dengar, meskipun data atau fakta yang diberikan tidak sesuai atau bahkan tanpa adanya data atau fakta sama sekali. Selain heuristic, ada dua cara berpikir lainnya, yaitu berpikir logis dan berpikir statistik. Berpikir logis dan berpikir statistik berkaitan dengan penalaran rasional, sedangkan heuristicberkaitan dengan intuisi yang rentan akan kesalahan bahkan tidak rasional. Dengan kata lain, cara berpikir heuristic lebih mungkin menghasilkan kesimpulan atau keputusan yang tidak tepat.

Penggunaan berpikir heuristic dipengaruhi dua faktor, yaitu faktor situasional (misal tugas, tekanan waktu, bagaimana informasi ditampilkan, dan konteks) dan faktor personal (misal inteligensi dan kepribadian). Dengan banyaknya informasi yang beredar, terutama di internet dan media sosial, maka kita sering kali dituntut untuk mengambil keputusan dengan cepat; apakah percaya atau tidak percaya akan informasi tersebut.

Tidak jarang hoax memberikan judul yang bombastis atau dengan tampilan yang menarik perhatian, sehingga dengan cara berpikir heuristic membuat kita akan lebih cepat memutuskan untuk percaya tanpa berpikir panjangataupun memeriksa informasi-informasi lainnya. Hal ini disebut sebagai “recognition heuristic”, yaitu dimana kita hanya mengandalkan satu keping informasi dan mengabaikan informasi lainnya.

Baca Juga: BSD City Hadirkan Techpolitan Sebagai Sarana Berkreasi Anak Muda di Bidang Teknologi Digital

Bagaimana agar tidak mudah mempercayai hoax?

Gunakan berpikir kritis (critical thinking). Tentu saja ketika kita mendapatkan suatu informasi, kita tidak mengetahui apakah berita itu hoax atau bukan. Oleh karena itu, kita jangan terburu-buru untuk mempercayai semua informasi, apalagi yang kita belum tahu kebenarannya secara pasti.

Agar tidak mudah mempercayai hoax, kita dapat menggunakan cara berpikir kritis, yaitu:

  1. Melihat informasi dari dua sisi. Misalnya, bila kita menerima informasi tentang suatu kelompok tertentu, carilah juga informasi dari sudut pandang kelompok tersebut. Jangan hanya mempercayai suatu hal hanya berdasarkan satu informasi saja.
  2. Terbuka pada informasi-informasi baru yang berlawanan dengan dugaan Anda. Misalnya, Anda tidak suka pada kelompok tertentu karena tindakan dilakukan kelompok tersebut. Namun, ternyata ada informasi-informasi baru yang menyatakan bahwa sebenarnya kelompok itu tidak melakukan tindakan yang dituduhkan tersebut. Oleh karena itu, Anda harus mampu mengubah pandangan Anda terhadap kelompok itu berdasarkan informasi yang baru tersebut.
  3. Melakukan penalaran tanpa reaksi emosional yang berlebihan. Misalnya saja, ketika baru membaca suatu judul berita, Anda langsung merasa senang atau marah. Ini berarti Anda menggunakan emosi Anda terlebih dahulu sebelum menyimpulkan atau bernalar. Ketika mendapatkan informasi baru,olahlah informasi-informasi tersebut tanpa terlalu melibatkan perasaan mendalam. Kesampingkan perasaan Anda ketika mengolah suatu informasi karena perasaan sering kali dapat menyebabkan kesimpulan yang keliru. Dengan kata lain, berpikirlah dengan kepala dingin.
  4. Membuat kesimpulan yang didasari dari bukti-bukti yang beragam dan dari dua sisi. Apalagi saat ini beragam informasi dapatAnda peroleh dengan mudah di internet dan media sosial.Carilah informasi-informasi dari sumber-sumber yang terpercaya, dan bila perlu dapatkan informasi yang berlawanan. Setelah itu, barulah membuat kesimpulan berdasarkan informasi-informasi tersebut.

Baca Juga: Cara Mudah dan Ramah Bermedia Sosial

Apakah berarti dengan berpikir kritis kita harus tidak mempercayai semua informasi yang diterima? Tidak. Apabila Anda tidak yakin dengan informasi tersebut, tundalah untuk membuat kesimpulan terhadap informasi tersebut, jangan terburu-buru, hingga Anda mendapatkan informasi yang cukup.

Berpikir kritis merupakan suatu kemampuan yang harus dilatih dan dibiasakan, terutama pada pemuda yang memang sudah memiliki kapasitas kognitif yang memadai. Berpikir kritis tidak hanya berguna untuk menangkal hoax saja, namun akan berguna pada banyak pekerjaan atau profesi yang memang mengharuskan Anda mengambil sebuah keputusan.

Kesimpulan

Untuk menjaga semangat persatuan dan kesatuan yang sudah diikrarkan oleh para pemuda Indonesia pada 90 tahun lalu, pemuda Indonesia saat ini harus mampu menjaga diri dan melawan hoax. Hindari untuk menggunakan berpikir heuristic ketika menghadapi suatu informasi yang Anda belum yakin kebenarannya atau belum memiliki pengetahuan yang cukup. Jangan terburu-buru untuk mempercayai suatu informasi, apalagi menyebarkannya, mungkin saja informasi tersebut adalah hoax.

Dengan berpikir kritis Anda akan terhindar dari kesimpulan yang keliruserta berguna pada aktivitas-aktivitas lainnya. Berpikir kritis harus dilatih dan dibiasakan. Jadi, para pemuda Indonesia lawanlah hoax dengan membiasakan berpikir kritis.

Penulis:

Aries Yulianto, S.Psi., M.Si
Dosen Program Studi Psikologi
Fakultas Humaniora dan Bisnis Universitas Pembangunan Jaya

Referensi:

Defining critical thinking. Diambil dari http://www.criticalthinking.org/pages/index-of-articles/defining-critical-thinking/766

del Campo, C., Pauser, S., Steiner, E., & Vetschera, R. (2016). Decision making styles and the use of heuristics in decision making. Journal of Business Economics, 86(4), 389-412.

Gigerenzer, G., & Gaissmaier, W. (2011). Heuristic decision making. Annual Review of Psychology, 62, 451–482.

Kalat, J. W. (2014). Introduction to psychology. Belmont, California: Wadworth Cengage Learning.

Moshman, D. (2005). Adolescent psychological development: Rationality, morality, and identity. Mahwah, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Our Concept and Definition of Critical Thinking. Diambil dari http://www.criticalthinking.org/pages/our-concept-and-definition-of-critical-thinking/411

Salkind, N. J. (2006). Encyclopedia of human development. Thousand Oaks, California: Sage Publications, Inc.

Scott, S. G., & Bruce, R. A. (1995). Decision-Making Style: The development and assessment of a new measure. Educational and Psychological Measurement,55(5), 818-831.

Willingham, D. T. (2008). Critical thinking: Why is it so hard to teach? Arts Education Policy Review, 109(4), 21-32.

Tags

Baca Juga

  • Astra X IdeaFest Lebih Luas Lagi Jangkau Anak Muda

    Astra X IdeaFest Lebih Luas Lagi Jangkau Anak Muda

    Pada pelaksanaan 9th SATU Indonesia Awards 2018, PT Astra International Tbk untuk pertama kalinya berkolaborasi dengan IdeaFest agar dapat menginspirasi anak muda Indonesia lebih banyak dan lebih luas lagi. Sebagai festival kreatif tahunan di Indonesia yang akan diadakan untuk keenam kalinya pada 26–27 Oktober 2018 di Jakarta Convention Center, Senayan, IdeaFest mempertemukan profil-profil kreatif lintas […]
  • Lebaran, Kualitas Udara Ibukota Semakin Membaik

    Lebaran, Kualitas Udara Ibukota Semakin Membaik

    Libur Idul Fitri membuat kualitas udara Jakarta semakin membaik. Jika sebelumnya kualitas udara Ibukota telah menunjukan tren membaik selama penerapan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB), selama libur Hari Raya data menunjukan kualitas udara semakin baik lagi. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Andono Warih memaparkan, saat hari H Idul Fitri 2020 (24/5), konsentrasi PM2,5 di semua lokasi […]
  • Sambut Hari Valentine, Berikut Rekomendasi Destinasi Wisata Paling Romantis dari Booking.com Menurut Para Traveler

    Sambut Hari Valentine, Berikut Rekomendasi Destinasi Wisata Paling Romantis dari Booking.com Menurut Para Traveler

    Booking.com, platform destinasi wisata digital terkemuka yang menghubungkan para wisatawan dengan memberikan berbagai macam pilihan tempat-tempat unik, rangkaian pengalaman liburan yang wajib dilakukan, dan pilihan transportasi yang mudah, merekomendasikan beberapa destinasi romantis untuk merayakan hari Valentine tahun 2020 yang jatuh di akhir pekan ini. Booking.com telah melakukan eksplorasi mendalam mengenai destinasi paling romantis di tahun […]
  • Tiket.com Luncurkan Online Tiket Week Lokal dengan Diskon Gledek Buat Sobat Tiket

    Tiket.com Luncurkan Online Tiket Week Lokal dengan Diskon Gledek Buat Sobat Tiket

    Mulai pada tanggal 23 November, tiket.com kembali menggelar Online Tiket Week (OTW), pesta diskon akbar tahunan milik tiket.com. Pada tahun ini, tiket.com secara khusus memodifikasi nama OTW menjadi OTW LOKAL dengan fokus 100% mendorong popularitas destinasi wisata domestik dalam rangka pemulihan industri pariwisata nasional. Hadir selama 8 hari penuh hingga 30 November, Sobat Tiket dapat […]
  • Telkomsel Serahkan Lebih dari 700 Ekor Hewan Kurban

    Telkomsel Serahkan Lebih dari 700 Ekor Hewan Kurban

    Pada Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1439 Hijriyah Tahun 2018, Telkomsel memberikan bantuan hewan kurban sejumlah 740 ekor, yang terdiri dari 118 ekor sapi dan 622 ekor kambing. Hewan kurban tersebut akan disampaikan kepada lebih dari 42.000 penerima manfaat di ratusan titik di berbagai wilayah Indonesia. Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan mengatakan, “Telkomsel menyerahkan […]
  • Tempat Nongkrong di Bintaro : Waroeng Zuta BarBalap

    Tempat Nongkrong di Bintaro : Waroeng Zuta BarBalap

    INFOBINTARO – Mencari tempat nongkrong di Bintaro yang asik dan mengenyangkan? Maka jawabannya adalah Waroeng Zuta Barbalap. Yap, ini adalah tempat nongkrong yang menyediakan berbagai menu mulai dari makanan ringan hingga berat. Waroeng Zuta Barbalap Sering Jadi Tempat Nongkrong di Bintaro Malam Hari Kedai ini sering dijadikan sasaran hang out oleh warga Bintaro khususnya mereka […]
  • Memperingati Hari Anak Internasional, Giant Menggelar Puncak Acara Giant Faunatic Drawing Competition

    Memperingati Hari Anak Internasional, Giant Menggelar Puncak Acara Giant Faunatic Drawing Competition

    Giant, salah satu unit bisnis dari PT Hero Supermarket Tbk., menggelar puncak acara Giant Faunatic Drawing Competition, sebuah lomba gambar anak-anak yang digelar dalam rangka Hari Anak Internasional. Acara yang berlangsung pada hari Rabu, 22 November 2017 di Giant Ekstra Bintaro ini diisi dengan diskusi parenting dan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba menggambar “Faunatic”. […]
  • Grab Luncurkan Kampanye SiapAntarRamadanmu untuk Penuhi Kebutuhan Masyarakat Indonesia Saat Ramadhan

    Grab Luncurkan Kampanye SiapAntarRamadanmu untuk Penuhi Kebutuhan Masyarakat Indonesia Saat Ramadhan

    Bulan suci Ramadan adalah bulan yang paling ditunggu oleh seluruh umat Muslim di dunia. Namun, tahun ini Ramadan akan hadir dengan nuansa yang berbeda, seiring masyarakat Indonesia harus tetap diam di rumah untuk menghentikan penyebaran COVID-19. Untuk merayakan kebersamaan dan mengantarkan kehangatan Ramadan bagi semua masyarakat sambil tetap menjaga jarak aman, Grab, telah meluncurkan kampanye […]
  • T-Week Latte Art Competition Unika Atma Jaya Serpong, Ajang Melatih Kemampuan Para Barista Profesional

    T-Week Latte Art Competition Unika Atma Jaya Serpong, Ajang Melatih Kemampuan Para Barista Profesional

    Pekerjaan seorang barista (peracik kopi) sebagian merupakan seni. Betapa tidak, selain dituntut memiliki pengetahuan yang mumpuni mengenai berbagai macam kopi dan karakternya, seorang barista juga harus bisa menggunakan berbagai teknik dan peralatan dengan menggabungkan pengetahuan dan skill-nya untuk menghasilkan kopi yang nikmat. Namun, kenikmatan dari kopi saja belum cukup, pada waktu belakangan ini berkembang tren […]
  • Ikuti ASA LEAGUE 2017 Universitas Prasetiya Mulya

    Ikuti ASA LEAGUE 2017 Universitas Prasetiya Mulya

    ASA LEAGUE adalah kompetisi olahraga yang diadakan oleh Accounting Students Association, sebuah Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Prasetiya Mulya yang akan diadakan pada tanggal 3-12 April 2017. ASA LEAGUE menghadirkan 4 cabang olahraga yaitu futsal putra, basket 5×5, basket 3×3 putra dan basket 3×3 putri. Kompetisi dengan tagline “Respect All, Fear None” ini akan diikuti lebih […]
  • Penjelasan Lion Air Group Mengenai Penetapan Harga Jual Tiket Pesawat Udara pada Penerbangan Penumpang Berjadwal Domestik

    Penjelasan Lion Air Group Mengenai Penetapan Harga Jual Tiket Pesawat Udara pada Penerbangan Penumpang Berjadwal Domestik

    Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group memberikan keterangan mengenai penetapan tarif atau harga jual tiket pesawat udara penumpang berjadwal kelas ekonomi pada layanan angkutan udara niaga dalam negeri (domestik). Lion Air Group tetap menjual harga tiket pesawat udara masih dan sesuai dengan […]
  • Memahami Stres Kerja

    Memahami Stres Kerja

    Salah satu tren positif yang terjadi belakangan ini adalah tingginya antusias sebagian masyarakat untuk bekerja. Pekerjaan merupakan bagian yang memegang peranan penting bagi kehidupan manusia, yaitu dapat memberikan kepuasan, tantangan, bahkan dapat pula menjadi gangguan dan ancaman. Terjadinya gangguan kesehatan akibat lingkungan kerja fisik yang buruk  seperti beban kerja yang berlebihan, merupakan faktor-faktor yang dapat […]
  • IM3 Ooredoo Sambut Ramadan dengan Kampanye Tidak Ada yang Lebih Penting dari Silaturahmi

    IM3 Ooredoo Sambut Ramadan dengan Kampanye Tidak Ada yang Lebih Penting dari Silaturahmi

    Untuk pertama kalinya, masyarakat Indonesia akan menyambut dan menjalani bulan Ramadan dalam suasana berbeda seiring dengan pandemi Covid-19. Melihat kondisi saat ini, momen Ramadan yang biasanya akan diisi dengan kegiatan “ngabuburit”, buka puasa bersama, hingga perjalanan mudik saat Lebaran dihimbau agar tidak dilakukan, guna untuk mendukung kebijakan physical distancing sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 […]
  • Tips untuk Bekerja atau Belajar dari Rumah

    Tips untuk Bekerja atau Belajar dari Rumah

    Kerja dan Belajar dari Rumah (work from home, school from home) menjadi tren global beberapa waktu terakhir ini. Berkaitan dengan situasi global saat ini, pemerintah Indonesia pun sudah mengeluarkan himbauan untuk meniadakan pertemuan face to face dan melakukan segala aktivitas di rumah, termasuk bekerja, belajar, dan bahkan beribadah. Logitech sebagai brand teknologi peripherals dunia, ingin […]
  • Zap Clinic – Rangkaian Perawatan Kulit Wajah Dengan Tiga Teknologi Modern : Photo Facial

    Zap Clinic – Rangkaian Perawatan Kulit Wajah Dengan Tiga Teknologi Modern : Photo Facial

    Kulit wajah yang cantik dan sehat merupakan idaman setiap wanita. Namun panas, debu, kosmetik, ruangan ber-AC dan usia menyebabkan kesegaran kulit menurun. Untuk menutupi kulit wajah yang sudah tidak segar, sebagian wanita menggunakan kosmetik yang justru akan memperburuk kondisi kulit wajah. Zap Clinic, sebuah klinik kecantikan di Bintaro Xchange Mall dengan pelayanan hotel bintang 5 […]
  • MW Bootcamp, Membentuk Tubuh Sehat dengan Cara Menyenangkan

    MW Bootcamp, Membentuk Tubuh Sehat dengan Cara Menyenangkan

    Kita sering mendengar orang berkata, “yang penting selalu sehat”. Memang kesehatan menjadi faktor penting dalam kehidupan semua orang. Tercukupinya berbagai kebutuhan jasmani menjadi tidak berarti tanpa diimbangi dengan kesehatan tubuh. Bayangkan, bila ditengah-tengah berbagai kelimpahan kita menderita berbagai penyakit yang menyebabkan kita tidak bisa menikmati semua itu. Salah kunci penting untuk memiliki tubuh yang sehat […]
  • Momen Dua Dekade Sang Master of Torque

    Momen Dua Dekade Sang Master of Torque

    Yamaha Indonesia mengawali tahun 2019 dengan kembali menghadirkan kejutan kepada para pecinta motor sport di tanah air melalui peluncuran produk anyar yaitu MT-15 di Four Seasons Hotel, Jakarta. Ajang peluncuran produk baru tersebut menjadi semakin menarik karena turut dihadiri oleh pembalap MotoGP Yamaha yaitu Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Momen peluncuran MT-15 yang merupakan pelengkap […]
  • Permudah Belanja Bulanan, Ini 4 Keuntungan Belanja Online

    Permudah Belanja Bulanan, Ini 4 Keuntungan Belanja Online

    Kewajiban belanja bulanan yang dilakukan setiap akhir atau awal bulan biasanya dapat memakan waktu dan energi yang cukup besar. Dengan peningkatan tren belanja online, kini kita dapat dengan mudah mencari rangkaian produk kebutuhan sehari – hari yang dibutuhkan dalam rumah tangga dan tidak perlu khawatir menghabiskan waktu di jalan atau kesulitan membawa banyak barang. Shopee, […]
  • Trik Tak Terjebak Diskon Abal-Abal Saat Harbolnas 2017

    Trik Tak Terjebak Diskon Abal-Abal Saat Harbolnas 2017

    Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) akan kembali digelar 12 Desember mendatang. Ada 254 e-commerce yang ikut berpartisipasi memeriahkan hari bertabur potongan harga itu. Tapi tak sedikit yang pesimis dengan diskon- diskon yang ditawarkan di hari itu. Tahun lalu misalnya, pengguna menemukan bahwa diskon yang diberikan di salah satu e-commerce termyata hanya “gimmick” belaka. Sebab harga […]
  • ShopeePay Gandeng KFC Perluas Adopsi Pembayaran Non-Tunai

    ShopeePay Gandeng KFC Perluas Adopsi Pembayaran Non-Tunai

    ShopeePay, penyedia layanan pembayaran digital yang mudah, aman, dan memuaskan, terus berupaya menjamin ketersediaan pembayaran digital di seluruh Indonesia untuk memenuhi kebutuhan berbagai transaksi. Mendukung komitmen ini, ShopeePay menggandeng KFC, jaringan restoran cepat saji terdepan di Indonesia, untuk memberikan kemudahan akses pembayaran digital kepada pelanggan di lebih dari 700 gerai KFC. Kolaborasi ini diinisiasi untuk […]