Universitas Pembangunan Jaya

Menjadi Pemuda Indonesia yang Anti Hoax

Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 atau tepatnya 90 tahun yang lalu menjadi momentum pemuda Indonesia untuk menunjukkan semangat persatuan dan kesatuan, bahkan sebelum kemerdekaan Indonesia. Semangat persatuan dan kesatuan ini harus terus dijaga dan digelorakan oleh pemuda Indonesia, tidak terkecuali di jaman sekarang ini.

Baca Juga: Mengenal Museum Sumpah Pemuda

Dalam psikologi, pemuda termasuk dalam tahap perkembangan remaja, yaitu usia 11 tahun hingga 22 tahun. Selain mempersiapkan untuk memasuki masa dewasa, remaja dianggap sudah memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik dibandingkan anak-anak. Pemuda merupakan kaum intelektual dan merekalah yang nantinya akan menjadi pemegang kekuasaan di masa depan. Tindakan pemuda saat ini akan menentukan bagaimana persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia di masa kini dan masa depan. Cara untuk dapat mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa adalah dengan melawan segala bentuk yang dapat menimbulkan perpecahan bangsa, salah satunya dengan melawan hoax.

Mengapa kita mudah mempercayai hoax?

Mempercayai hoaxadalah salah satu hasil dari cara berpikir yang heuristic. Cara berpikir heuristic adalah strategi yang mengabaikan informasi, untuk membuat keputusan dengan lebih cepat, hemat, dan atau lebih akurat dibandingkan metode lain yang lebih kompleks. Pengertian ‘lebih akurat’ disini bukan berarti dengan berpikir heuristicdipastikan keputusannya akan lebih akurat, namun akurat disini adalah dari sudut pandang si pembuat keputusan.

Dengan berpikir heuristic, kita akan “menelan mentah-mentah” (percaya begitu saja) informasi yang kita baca atau dengar, meskipun data atau fakta yang diberikan tidak sesuai atau bahkan tanpa adanya data atau fakta sama sekali. Selain heuristic, ada dua cara berpikir lainnya, yaitu berpikir logis dan berpikir statistik. Berpikir logis dan berpikir statistik berkaitan dengan penalaran rasional, sedangkan heuristicberkaitan dengan intuisi yang rentan akan kesalahan bahkan tidak rasional. Dengan kata lain, cara berpikir heuristic lebih mungkin menghasilkan kesimpulan atau keputusan yang tidak tepat.

Penggunaan berpikir heuristic dipengaruhi dua faktor, yaitu faktor situasional (misal tugas, tekanan waktu, bagaimana informasi ditampilkan, dan konteks) dan faktor personal (misal inteligensi dan kepribadian). Dengan banyaknya informasi yang beredar, terutama di internet dan media sosial, maka kita sering kali dituntut untuk mengambil keputusan dengan cepat; apakah percaya atau tidak percaya akan informasi tersebut.

Tidak jarang hoax memberikan judul yang bombastis atau dengan tampilan yang menarik perhatian, sehingga dengan cara berpikir heuristic membuat kita akan lebih cepat memutuskan untuk percaya tanpa berpikir panjangataupun memeriksa informasi-informasi lainnya. Hal ini disebut sebagai “recognition heuristic”, yaitu dimana kita hanya mengandalkan satu keping informasi dan mengabaikan informasi lainnya.

Baca Juga: BSD City Hadirkan Techpolitan Sebagai Sarana Berkreasi Anak Muda di Bidang Teknologi Digital

Bagaimana agar tidak mudah mempercayai hoax?

Gunakan berpikir kritis (critical thinking). Tentu saja ketika kita mendapatkan suatu informasi, kita tidak mengetahui apakah berita itu hoax atau bukan. Oleh karena itu, kita jangan terburu-buru untuk mempercayai semua informasi, apalagi yang kita belum tahu kebenarannya secara pasti.

Agar tidak mudah mempercayai hoax, kita dapat menggunakan cara berpikir kritis, yaitu:

  1. Melihat informasi dari dua sisi. Misalnya, bila kita menerima informasi tentang suatu kelompok tertentu, carilah juga informasi dari sudut pandang kelompok tersebut. Jangan hanya mempercayai suatu hal hanya berdasarkan satu informasi saja.
  2. Terbuka pada informasi-informasi baru yang berlawanan dengan dugaan Anda. Misalnya, Anda tidak suka pada kelompok tertentu karena tindakan dilakukan kelompok tersebut. Namun, ternyata ada informasi-informasi baru yang menyatakan bahwa sebenarnya kelompok itu tidak melakukan tindakan yang dituduhkan tersebut. Oleh karena itu, Anda harus mampu mengubah pandangan Anda terhadap kelompok itu berdasarkan informasi yang baru tersebut.
  3. Melakukan penalaran tanpa reaksi emosional yang berlebihan. Misalnya saja, ketika baru membaca suatu judul berita, Anda langsung merasa senang atau marah. Ini berarti Anda menggunakan emosi Anda terlebih dahulu sebelum menyimpulkan atau bernalar. Ketika mendapatkan informasi baru,olahlah informasi-informasi tersebut tanpa terlalu melibatkan perasaan mendalam. Kesampingkan perasaan Anda ketika mengolah suatu informasi karena perasaan sering kali dapat menyebabkan kesimpulan yang keliru. Dengan kata lain, berpikirlah dengan kepala dingin.
  4. Membuat kesimpulan yang didasari dari bukti-bukti yang beragam dan dari dua sisi. Apalagi saat ini beragam informasi dapatAnda peroleh dengan mudah di internet dan media sosial.Carilah informasi-informasi dari sumber-sumber yang terpercaya, dan bila perlu dapatkan informasi yang berlawanan. Setelah itu, barulah membuat kesimpulan berdasarkan informasi-informasi tersebut.
BACA JUGA  Semua Berawal dari Rumah

Baca Juga: Cara Mudah dan Ramah Bermedia Sosial

Apakah berarti dengan berpikir kritis kita harus tidak mempercayai semua informasi yang diterima? Tidak. Apabila Anda tidak yakin dengan informasi tersebut, tundalah untuk membuat kesimpulan terhadap informasi tersebut, jangan terburu-buru, hingga Anda mendapatkan informasi yang cukup.

Berpikir kritis merupakan suatu kemampuan yang harus dilatih dan dibiasakan, terutama pada pemuda yang memang sudah memiliki kapasitas kognitif yang memadai. Berpikir kritis tidak hanya berguna untuk menangkal hoax saja, namun akan berguna pada banyak pekerjaan atau profesi yang memang mengharuskan Anda mengambil sebuah keputusan.

Kesimpulan

Untuk menjaga semangat persatuan dan kesatuan yang sudah diikrarkan oleh para pemuda Indonesia pada 90 tahun lalu, pemuda Indonesia saat ini harus mampu menjaga diri dan melawan hoax. Hindari untuk menggunakan berpikir heuristic ketika menghadapi suatu informasi yang Anda belum yakin kebenarannya atau belum memiliki pengetahuan yang cukup. Jangan terburu-buru untuk mempercayai suatu informasi, apalagi menyebarkannya, mungkin saja informasi tersebut adalah hoax.

Dengan berpikir kritis Anda akan terhindar dari kesimpulan yang keliruserta berguna pada aktivitas-aktivitas lainnya. Berpikir kritis harus dilatih dan dibiasakan. Jadi, para pemuda Indonesia lawanlah hoax dengan membiasakan berpikir kritis.

Penulis:

Aries Yulianto, S.Psi., M.Si
Dosen Program Studi Psikologi
Fakultas Humaniora dan Bisnis Universitas Pembangunan Jaya

Referensi:

Defining critical thinking. Diambil dari http://www.criticalthinking.org/pages/index-of-articles/defining-critical-thinking/766

del Campo, C., Pauser, S., Steiner, E., & Vetschera, R. (2016). Decision making styles and the use of heuristics in decision making. Journal of Business Economics, 86(4), 389-412.

Gigerenzer, G., & Gaissmaier, W. (2011). Heuristic decision making. Annual Review of Psychology, 62, 451–482.

Kalat, J. W. (2014). Introduction to psychology. Belmont, California: Wadworth Cengage Learning.

Moshman, D. (2005). Adolescent psychological development: Rationality, morality, and identity. Mahwah, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Our Concept and Definition of Critical Thinking. Diambil dari http://www.criticalthinking.org/pages/our-concept-and-definition-of-critical-thinking/411

Salkind, N. J. (2006). Encyclopedia of human development. Thousand Oaks, California: Sage Publications, Inc.

Scott, S. G., & Bruce, R. A. (1995). Decision-Making Style: The development and assessment of a new measure. Educational and Psychological Measurement,55(5), 818-831.

Willingham, D. T. (2008). Critical thinking: Why is it so hard to teach? Arts Education Policy Review, 109(4), 21-32.

Baca Juga

  • Sold Out di Flash Sale Perdana, Infinix Hot S3X Kembali Ramaikan Harbolnas Bersama Lazada Indonesia

    Sold Out di Flash Sale Perdana, Infinix Hot S3X Kembali Ramaikan Harbolnas Bersama Lazada Indonesia

    Infinix, produsen smartphone asal Hong Kong, kembali meneruskan catatan penjualan luar biasa dalam flash sale yang mereka adakan di Lazada, Jumat (31/8) kemarin. Seluruh unit Infinix Hot S3X yang baru saja dirilis habis terjual. Flash sale Infinix Hot S3X merupakan salah satu cara Infinix dalam mengapresiasi antusiasme konsumen Lazada terhadap produk Infinix. Pada kuartal kedua […]
  • Oppo dan Instax Kolaborasi Hadirkan F11 Jewelry White Exclusive Bundling Package Spesial di Bulan Ramadan

    Oppo dan Instax Kolaborasi Hadirkan F11 Jewelry White Exclusive Bundling Package Spesial di Bulan Ramadan

    OPPO mengumumkan kolaborasi dengan instax, brand instant photo systems keluaran FUJIFILM, dalam menghadirkan F11 Jewelry White Exclusive Bundling Package. Paket berisi perangkat OPPO F11 varian warna baru Jewelry White, mini printer instax SHARE SP-2, dan satu set macaron film ini dijual secara ekslusif pada situs Blibli.com dengan harga Rp4.499.000. Pemesanan sudah dapat dilakukan sejak 8 […]
  • Lotte Corporation Dukung Pendidikan Indonesia melalui Lotte Beasiswa Juara 2019

    Lotte Corporation Dukung Pendidikan Indonesia melalui Lotte Beasiswa Juara 2019

    LOTTE Corporation, konglomerasi multinasional asal Korea, hari ini mengumumkan LOTTE Beasiswa Juara 2019, yaitu kompetisi pengetahuan berbasis online yang ditujukan bagi siswa-siswi SMA/sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Program ini juga merupakan bentuk dukungan LOTTE terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Jongmin, Yoon, President (CSO), LOTTE Corporation berkata “LOTTE berkomitmen untuk terus berkembang […]
  • DBS Dinobatkan Sebagai Bank Terbaik di Dunia

    DBS Dinobatkan Sebagai Bank Terbaik di Dunia

    Pertama kalinya bagi bank asal Singapura dan Asia, Bank DBS unggul dari bank-bank yang lebih besar dan lebih mapan untuk dinobatkan sebagai Best Bank in The World. Penghargaan tertinggi dan bergengsi ini diberikan kepada DBS oleh Global Finance dalam Penghargaan World’s Best Global Banks 2018. Menerima penghargaan sebagai Best Bank in the World menambah pengakuan […]
  • SPJ Gelar Global Entrepreneurship Week (GEW) 2019

    SPJ Gelar Global Entrepreneurship Week (GEW) 2019

    Sebagai sekolah umum swasta yang memiliki keunggulan pada penerapan pendidikan kewirausahaan (Entrepreneurship), Sekolah Pembangunan Jaya menyelenggarakan kegiatan Global Entrepreneurship Week (GEW) dengan tema “The Energy of Entrepreneurship” pada tanggal 11 – 16 November 2019 lalu. Menurut Karina Febriani, Ketua GEW 2019 yang juga menjadi Kepala Sekolah KB-TK Pembangunan Jaya rangkaian kegiatan dimulai dengan pengumpulan modal, […]
  • Menu Masakan Rumahan, Lapaknya Cah Pacitan di Prasmanan Djawa

    Menu Masakan Rumahan, Lapaknya Cah Pacitan di Prasmanan Djawa

    Perasaan senasib sepenanggungan di kalangan perantau asal satu daerah, seringkali bisa membuat suatu usaha menjadi lebih cepat berkembang. Hal inilah yang dirasakan oleh Aris, pemilik Prasmanan Djawa, sebuah gerai kuliner di Culture Kitchen, Bintaro Sektor 9. Aris yang berasal dari Pacitan melihat peluang banyak orang Pacitan yang merantau ke Jakarta dan daerah-daerah sekitarnya sering mengalami […]
  • GrabFood Rayakan Pencapaian Pertumbuhannya dengan Peluncuran GrabFood Signature di Indonesia

    GrabFood Rayakan Pencapaian Pertumbuhannya dengan Peluncuran GrabFood Signature di Indonesia

    GrabFood, layanan pesan-antar makanan dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia, menandai pencapaian bisnis terbarunya sebagai platform pesan-antar makanan terbesar berdasarkan total nilai penjualan atau GMV (gross merchandise value) dan platform pesan-antar makanan #1 yang paling sering digunakan di Indonesia. Dalam survei konsumen yang dilakukan oleh Kantar, sebuah perusahaan riset global, 58% konsumen di Indonesia mengatakan GrabFood […]
  • Keren, Yuk Nonton Festival Musik dan Seni Futuristik Wave of Tomorrow

    Keren, Yuk Nonton Festival Musik dan Seni Futuristik Wave of Tomorrow

    Digelar untuk kedua kalinya, festival musik dan seni berbasis teknologi masa depan, Wave of Tomorrow (WoT), telah resmi kembali dibuka pada Jumat, 20 Desember 2019, di Gedung Tribatra, Jalan Wijaya, Dharmawangsa, Jakarta Selatan. Festival musik dan pameran seni ini akan berlangsung hingga Minggu, 29 Desember 2019. Antrian penonton yang hendak masuk ke ruang pameran tampak […]
  • Gandeng Modal Saham dan Baba Rafi Enterprise, Hipmi Ciptakan 1 Juta Pengusaha Muda untuk Indonesia Berdaulat

    Gandeng Modal Saham dan Baba Rafi Enterprise, Hipmi Ciptakan 1 Juta Pengusaha Muda untuk Indonesia Berdaulat

    Salah satu komitmen Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) adalah mengembangkan dan mewujudkan peran serta dalam membangun jiwa kewirausahaan di kalangan generasi muda. Salah satu langkah untuk mewujudkan misi tersebut adalah dengan menciptakan wirausaha muda baru dari kalangan mahasiswa. CEO ModalSaham, Muhammad Reza Alkhawarismi mengatakan, problem utama mahasiswa yang ingin mulai berbisnis saat ini adalah akses […]
  • Sosialisasi Amnesti Pajak KPP Pratama Pondok Aren

    Sosialisasi Amnesti Pajak KPP Pratama Pondok Aren

    Program Amnesti Pajak yang diluncurkan pemerintah semenjak 1 Juli 2016 belum sepenuhnya dipahami oleh segenap anggota masyarakat. Hal ini tergambar dari belum sesuainya target pemerintah dengan realisasi dana masyarakat yang telah masuk melalui Amnesti Pajak sampai dengan saat ini. Di sisi lain, dalam komunikasi sehari-hari seperti di kantor, kampus, komunitas warga maupun di media sosial seperti di […]
  • Teknik Komputer UMN Digandeng Kementerian Pertanian Ciptakan Smart Farming System

    Teknik Komputer UMN Digandeng Kementerian Pertanian Ciptakan Smart Farming System

    Sebagai negara agrikultur, Indonesia memiliki potensi besar apabila berbagai integrasi teknologi terbaru seperti internet of things (IoT) dapat diimplementasikan dalam meningkatkan kualitas pertanian di negeri ini. Oleh karena itu, Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) Kementerian Pertanian menggandeng program studi (prodi) Teknik Komputer Universitas Multimedia Nusantara (UMN) untuk bersinergi dalam mewujudkan pertanian cerdas di […]
  • Bersama Rayakan Kemenangan

    Bersama Rayakan Kemenangan

    Ramadan yang sedang berjalan dan hari raya yang akan segera menjelang identik dengan acara kumpul dengan sanak keluarga dan kerabat. Momen kebersamaan dan kehangatan selama hari-hari spesial berlangsung akan semakin seru saat diabadikan dengan kamera 32MP Pop-Up Camera atau AI Triple Rear Camera di vivo V15 series. Untuk menyambut momen berharga tersebut, vivo menggelar promo […]
  • 8 Tips Sesuaikan Fitur Bawaan di Vivo V11 dan V11 Pro

    8 Tips Sesuaikan Fitur Bawaan di Vivo V11 dan V11 Pro

    Vivo V11 Pro, ponsel cerdas flagship keluaran Vivo Smartphone telah dilengkapi dengan sejumlah fitur canggih dan teknologi terkini, di antaranya adalah Screen Touch ID, Ultra All-Screen, AI Camera, dan Dual Engine Fast Charging. Namun demikian bagi sebagian pengguna, fitur-fitur yang ada jarang dimaksimalkan sehingga penggunaan Vivo V11 Pro menjadi kurang optimal. Vivo memiliki 8 (delapan) […]
  • Mobilkamu Mengadakan Showroom Event Secara Serempak di 4 Kota

    Mobilkamu Mengadakan Showroom Event Secara Serempak di 4 Kota

    Mobilkamu kembali membuat kegiatan yang dapat dihadiri masyarakat dari banyak kota dengan mengadakan offline event bertema Mobilkamu Showroom Event. Dimana pada event ini, pengunjung dapat langsung melakukan konsultasi harga dan pembelian mobil All Brand dengan Sales Executive Mobilkamu sambil melihat display dan melakukan test drive kepada unit yang telah disediakan pada Mobilkamu Showroom Event. Mobilkamu […]
  • Ayam Bakar Madu si Bangkong, Ayam Bakar Spesial Bagi Pecinta Kuliner Berbasis Daging Ayam

    Ayam Bakar Madu si Bangkong, Ayam Bakar Spesial Bagi Pecinta Kuliner Berbasis Daging Ayam

    Yuhuuuu……, para pecinta ayam bakar madu, ada kabar gembira nih.Ayam Madu si Bangkong buka cabang ke-12 di PHX BINTARO, pusat kuliner yang ada di Jl. Senayan Utama Blok HJ1 No. 1A, Bintaro Sektor 9 Jangan lewatkan promo 500 porsi free paket ayam madu si bangkong goreng. Cuma di tanggal 11-12 Janusri 2020, bayar 20.000 dapet […]
  • Cinépolis Bermitra dengan Lippo Group untuk Mengembangkan Jaringan Bioskop Cinemaxx

    Cinépolis Bermitra dengan Lippo Group untuk Mengembangkan Jaringan Bioskop Cinemaxx

    Lippo Group, grup perusahaan layanan konsumen terkemuka di Indonesia, dan anak perusahaannya, PT Cinemaxx Global Pasifik (“Cinemaxx”), secara resmi bermitra dengan Cinépolis, operator bioskop terbesar kedua di dunia dari segi jumlah penonton bioskop. Melalui investasi strategis ini, Cinépolis akan memiliki saham minoritas Cinemaxx dalam jumlah yang signifikan. Tujuan dari kerjasama ini adalah untuk mendorong pertumbuhan […]
  • Mari Mengenal Batik Jambi, Lacak dan Tengkuluk

    Mari Mengenal Batik Jambi, Lacak dan Tengkuluk

    Kekayaan budaya dan tradisi Jambi tidak lepas dari keunikan baik Jambi yang mempunyai kekhasan motif dan warna yang pada umumnya berwarna dasar cerah seperti merah, biru, hijau dan kuning. Motif khas batik Jambi memiliki karakter yang berbeda dari batik yang ada di nusantara, motif-motifnya yang terkenal antara lain: Kapal Sanggat, Durian Pecah, Bunga Matahari, Sungai […]
  • Grand Opening Supermarket Tanaman & Trubus Fresh – Toko Trubus Bintaro

    Grand Opening Supermarket Tanaman & Trubus Fresh – Toko Trubus Bintaro

    Kehadiran Toko Trubus di wilayah Bintaro telah cukup lama, namun kehadirannya selama ini belum banyak diketahui oleh masyarakat. Kalaupun ada sebagian warga yang mengetahui keberadaan Toko Trubus, namun baru sebatas tempat berbelanja bibit tanaman buah. Padahal wilayah Bintaro memiliki potensi besar karena banyak warga yang menanam pohon buah-buahan di halaman rumahnya. Namun terkadang bibit-bibit tanaman tersebut […]
  • Ray White Emerald Bintaro Meraih Penghargaan Top 1 Bodetabek Office

    Ray White Emerald Bintaro Meraih Penghargaan Top 1 Bodetabek Office

    Ray White Indonesia kembali menyelenggarakan acara “ 2nd Triannual Ray White Awards  2018 pada tanggal 12 Oktober 2018 di hotel Ayana Mid Plaza Soedirman Jakarta. Acara penghargaan ini dihadiri oleh sekitar 400 peserta yang terdiri dari para principals, marketing dan  administrator dari kantor-kantor Ray White di seluruh Indonesia. Baca Juga: Apakah Anda Sedang Mencari Pekerjaan? Yuk Menjadi […]
  • Maxstream Rilis Serial dengan Fitur Interaktif Pertama di Indonesia, Cerita Kamu

    Maxstream Rilis Serial dengan Fitur Interaktif Pertama di Indonesia, Cerita Kamu

    MAXstream Original kembali merilis konten serial terbaru yang berjudul Cerita Kamu. Berbeda dari konten yang lain, serial komedi romantis ini menghadirkan sebuah fitur interaktif yang diberi nama ‘Cerita Kamu’ dimana penonton disajikan berbagai pilihan untuk menentukan alur cerita hingga akhir kisahnya. Cerita Kamu terdiri dari tujuh episode dengan judul yang berbeda di setiap episodenya dan […]