Menikmati Sate Tulang di Bebek SBY

Mendengar nama sate tulang, mungkin sebagian dari kita akan mengerutkan kening dan berpikir, tulang kok dijadikan sate. Sate tulang mungkin kurang populer dibandingkan sate ayam atau sate kambing yang notabene merupakan daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk dan dibakar.

bebek_sby
Sate Tulang Banjar

Sate tulang sendiri bukanlah tulang yang dijadikan sate, melainkan terbuat dari daging ayam yang dipotong kecil-kecil bersama tulang yang menempel pada dagingnya. Biasanya yang dijadikan sate adalah bagian punggung ayam yang tulangnya relatif lebih lunak. Sate tulang sendiri ada yang berasal dari Banjar, Kalimantan Selatan dan juga dari Yogyakarta. Perbedaan dari sate tulang dari kedua daerah ini adalah cara pengolahannya, dimana pada sate tulang Banjar, potongan sate disajikan dengan bumbu sate yang terpisah, seperti pada sate Madura atau sate Padang. Sedangkan pada sate Tulang Yogyakarta umumnya disajikan tanpa bumbu yang terpisah. Perbedaan lainnya tentu saja pada komposisi bumbunya, dimana sate tulang Banjar lebih menonjolkan rasa asem manis dari tomat, sedangkan rasa sate tulang Yogya merupakan perpaduan manis pedas yang berasal dari merica dan cabe.

Jika Anda ingin mencicipi lezatnya sate tulang khas Banjar, Anda bisa mendatangi gerai Bebek SBY pada bazaar Ramadhan Culinary Journey di Bintaro Xchange Mall yang sedang berlangsung sampai dengan tanggal 3 Juli 2016. Gerai Bebek SBY memiliki menu-menu andalan seperti Sate Tulang, Sate Kulit dan Sate Brutu, disamping menu-menu bebek seperti Bebek Siram, Bebek Cabe Ijo dan Bebek Penyet Goreng/Bakar.

bebek_sby_1

Saat menikmati Sate Tulang, Anda akan merasakan serunya sensasi mengunyah daging yang bercampur tulang yang dicocol dengan bumbu sate yang rasa asam manis. Sambil memilih daging untuk dikunyah, Anda juga harus memilah-milah tulang ayam supaya tidak tertelan, sambil merasakan sumsum ayam dan tulang rawan dari ayam.

Jika ingin merasakan sate yang ‘mudah’ untuk dikunyah, Anda dapat memilih menu Sate Kulit. Sate Kulit berasal dari Yogyakarta, menggunakan kulit ayam yang ditusuk-tusuk menjadi sate dan dibakar. Komposisi bumbunya mirip seperti sate tulang Yogyakarta, cuma penyajiannya umumnya dengan menggunakan bumbu yang terpisah. Sensasi kenikmatannya tentu saja berbeda dengan sate tulang, dimana pada sate kulit Anda dapat menikmati renyahnya kulit ayam yang bercampur dengan lemak ayam yang dibakar yang dimakan dengan bumbu yang kental. Sedap…

bebek_sby_2
Sate Kulit

Bila Anda memilih menu bebek di Bebek SBY ini, Anda dapat memilih apakah akan menggunakan sambel merah atau sambel ijo. Bagi Anda yang menggemari terasi, Anda juga bisa meminta sambalnya menggunakan, atau bila Anda tidak menggemari terasi, Anda boleh memesan sambal tanpa terasi. Pilihan rasanya pun dapat Anda sesuaikan dengan selera Anda, apakah pedas, sedang atau manis.

Gerai Bebek SBY berlokasi di Serpong, yaitu di Pasar Modern BSD, Pintu Selatan 43-43A dan di ITC BSD Lantai 2 Blok B3A. Untuk delivery order, Anda dapat menghubungi 0859 6674 6672.

 

(ES)

 

Leave a Comment