Menhub Jamin Keamanan Jalur Mudik Merak-Bakauheni

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan jaminan keamanan bagi para pemudik yang akan menggunakan jasa penyeberangan PT ASDP Indonesia Ferry baik dari Merak ke Bakauheni maupun sebaliknya.

“Kami sudah tinjau Bakauheni serta sudah meminta kepolisian untuk mengamankan jalur mudik 24 jam non stop, sehingga masyarakat yang berpergian ke Sumatra baik pagi, siang, atau malam tetap aman,” kata Budi Karya Sumadi saat meninjau kesiapan Pelabuhan Merak menghadapi arus mudik di Merak, Cilegon, Banten, Sabtu.

Dalam peninjauan tersebut Menteri Perhubungan didampingi jajaran direksi PT ASDP Indonesia Ferry, Dinas Perhubungan Provinsi Banten, Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD), Kepolisan serta TNI.

Menteri perhubungan Budi Karya juga berkesempatan meninjau jalur loket untuk penumpang roda dua yang berlokasi di dermaga enam.

Didampingi Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi Menhub juga meminta supaya masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik, agar memanfaatkan layanan tiket penyebrangan yang dijual secara online.

Hal ini selain untuk mempercepat akses masuk ke pelabuhan, juga guna menghindari penumpukan di pintu pelabuhan, serta mengurangi pemudik yang melakukan perjalanan malam hari.

“Kami himbauan supaya masyarakat memanfaatkan layanan tiket yang dijual online. Supaya sampai pelabuhan bisa cepat masuk dermaga. Kami juga minta supaya diadakan doorprize untuk pembelian tiket online,” Jelas Budi.

Menhub juga menambahkan, pemanfaatan tiket online ini juga sebagai langkah untuk mengurangi angka pemudik yang melakukan perjalanan diwaktu malam.

Dia juga menegaskan pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian, untuk menjamin keamanan para pemudik di sepanjang jalur yang dilalui pemudik.

“Kami baru saja meninjau pelabuhan Bakauheuni, disana kami meminta pihak kepolisian mengamankan jalur mudik saat siang dan malam supaya tidak adalagi alasan masyarakat menyeberang malam hari dengan alasan keamanan, supaya sampai di Bakauheni pagi,” ujarnya menambahkan.

(Sumber : banten.antaranews.com)