Menguasai Musik Klasik Adalah Jalan Masuk Untuk Menguasai Jenis Musik Lainnya – Talkshow Bersama Ananda Sukarlan

Pada Talkshow bersama Ananda Sukarlan yang diadakan oleh Petrof Piano House Bintaro, Sabtu, 12 November 2016  di Kidscenter Bintaro (baca juga: Manfaat Musik Klasik Bagi Anak-Anak : Talkshow, Seminar & Master Class Bersama Ananda Sukarlan), salah satu pertanyaan yang mengemuka dari pengunjung adalah apakah dengan mempelajari musik klasik akan membuat anak sulit untuk menguasai jenis musik lainnya. Tidak heran timbul pertanyaan ini karena persepsi orang tentang musik klasik adalah musik yang sulit dan kaku, disamping tentunya berbagai stereotip lainnya seperti musik yang borju dan hanya disukai kalangan orang tua.

Acara talkshow ini berlangsung di Kidscenter Studio, Bintaro Sektor 9, dimulai pada pukul 13.00 sampai dengan pukul 17.30, terdiri dari 2 sesi. Sesi pertama adalah talkshow yang berlangsung dari pukul 13.00-15.00. Sesi kedua merupakan Master Class yang berlangsung dari pukul 15.30-17.30.

talkshow_ananda_sukarlan_info_bintaro

Ananda membuka sesi talkshow dengan pertanyaan, apakah peserta talkshow percaya ada hubungan antara musik dengan inteligensi seseorang. Pertanyaan ini langsung dijawab oleh Ananda bahwa pengaruh musik bagi seseorang berkaitan dengan ketenangan dan konsentrasi. Ananda melanjutkan, walaupun begitu belajar musik juga melatih inteligensi sesorang. Hal ini terlihat saat seseorang mempelajari musik diperlukan koordinasi antara membaca dan memainkan instrumen musik.

Tidak hanya itu, Ananda menjelaskan dalam memainkan musik, seorang pemain musik harus dapat mengekspresikan apa yang terjadi dan apa yang dirasakannya, sehingga musik yang dimainkan akan lebih ‘berbicara’. Ananda memberikan contoh dengan terlebih dahulu mengilustrasikan tentang kesedihan anaknya tatkala melihat seorang ibu yang berjalan bersama anjingnya yang diikat dengan tali. Karena anjing tersebut berukuran kecil, anjing tersebut kesulitan mengikuti langkah tuannya namun tidak dapat berbuat apa-apa karena lehernya terikat dengan tali dan terus ditarik oleh tuannya. Untuk itu, Ananda menciptakan sebuah lagu bagi anaknya yang menggambarkan langkah ibu tersebut dan juga apa yang dirasakan oleh anjingnya.

Saat sesi tanya jawab, peserta yang mayoritas merupakan orang tua siswa dengan antusias mengajukan berbagai pertanyaan. Salah satu pertanyaan ynag cukup menggelitik saat seorang peserta mengajukan pertanyaan, apakah dengan mempelajari musik klasik akan membuat anaknya akan mengalami kesulitan saat akan berpindah ke musik lain.

BACA JUGA  Workshop Photo Story on Social Media

Ananda menjelaskan, musik klasik memiliki ratusan accord, jauh lebih banyak dibandingkan dengan musik pop yang cuma memiliki 4 accord. Dengan 4 accord saja, seseorang dapat memainkan berbagai lagu-lagu pop. Kalau boleh dikatakan, belajar musik klasik itu sulit di awalnya, namun nantinya akan memudahkan seseorang untuk berpindah aliran musik. Ananda juga menunjukkan banyak musik pop yang berasal dari musik klasik, contohnya Go West dari Pet Shop Boys yang berakar dari musik klasik.

talkshow_ananda_sukarlan_info_bintaro_2

Setelah break selama 30 menit, acara berlanjut dengan sesi Master Class. 5 orang peserta tampil membawakan lagu-lagu klasik yang telah dipersiapkannya. Di setiap akhir dari sesi permainan piano dari masing-masing peserta, Ananda menyampaikan saran untuk perbaikan. Saran perbaikan yang diberikan Ananda berkaitan dengan teknik permainan namun Ananda pun tidak lupa untuk menyampaikan pentingnya penjiwaan dari musik yang dimainkan. Hal yang tak kalah penting adalah memahami lagu secara keseluruhan, bukan semata-mata membaca not balok yang tertulis dan memainkannya. Dengan memahami satu lagu secara keseluruhan akan berpengaruh terhadap teknik permainan musik seseorang.

Seluruh rangkaian acara berakhir pada pukul 17.30. Acara akan berlanjut pada tanggal 29 November 2016 yang berisi Seminar, dengan topik ‘Belajar Musik Klasik untuk Pemula’ dan Master Class.

 

(ES)

Tags

Baca Juga

Leave a Reply