Mengisi Liburan Anak dengan Kegiatan Bermain dan Belajar Melalui Holiday Program Sekolah Highscope Bintaro

Di masa liburan sekolah, para orang tua sering bingung mengisi aktivitas liburan bagi putra/putrinya. Apalagi bila sang orang tua sibuk bekerja dan tidak bisa mendampingi mereka mengisi liburannya.

Info Bintaro meliput kegiatan Holiday Program Week 1 yang berlangsung tanggal 10-14 Juli 2017. Ada 18 anak yang mengikuti program ini, setengahnya merupakan siswa Highscope Bintaro, selebihnya adalah siswa dari luar Highscope yang berasal dari Bintaro, Ciputat, BSD dan bahkan dari luar kota.

Menurut Ms. Boki Anggitha, Teacher Coordinator of Early Educational Program, kegiatan ini merupakan program tahunan pengisi masa liburan sekolah anak-anak yang dirancang menjadi sarana belajar sambil bermain melalui berbagai aktivitas indoor dan outdoor yang menyenangkan. Jangan khawatir basah, tiap anak diwajibkan membawa baju ganti dan sepatu cadangan. Mereka dapat berganti baju dan sepatu bila diperlukan.

Menariknya di program ini anak-anak akan diajak mempelajari berbagai hal dengan suasana yang menyenangkan. Walau pun sebagian waktunya dilaksanakan di Sekolah Highscope Bintaro, namun suasananya sangat jauh dari suasana belajar mengajar di sekolah. Anak-anak akan bermain, bersosialisasi mempelajari berbagai hal dalam kehidupan nyata yang tentunya akan membuat mereka gembira. “Anak-anak senang bertemu dengan rekan sebayanya. Menurut pengamatan saya, bila makan pun, akan kelihatan lahap karena mereka bersama-sama dengan teman-temannya,” ujar Ms. Boki.

Ada pembagian kelas untuk kelompok umur tertentu. Pertama, kelompok anak berusia 1,5 – 2,5 tahun. Kedua, kelompok anak berusia 2,5 – 5 tahun. “Sebenarnya sampai saat ini banyak yang menanyakan program holiday untuk anak SD, namun saat ini kami hanya menyediakan program holiday untuk anak hingga usia 5 tahun.

K. Maisari, yang akrab dipanggil Sari, Staf Marketing dari Sekolah Highscope Bintaro ini menyatakan, “Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Holiday Program tahun ini diisi dengan berbagai aktivitas yang berbeda setiap harinya.”

Untuk minggu 1, bentuk dan tema acaranya adalah : Senin : Music Day “Acoustic Kids”, di mana ada seorang guru musik yang memperkenalkan alat musik akustik seperti piano dan gitar kepada anak-anak. Pada hari berikutnya mereka belajar menghias pouch dengan pernak pernik kreasi sendiri. Di program holiday ini, anak-anak mengikuti kegiatan Field Trip “Grocery Store” ke salah satu supermarket di BSD. Di sini mereka belajar menjadi seorang smart shopper.

Pada waktu Info Bintaro meliput, peserta holiday program sedang menghias biskuit marie dengan selai kacang dan gula. Menarik bukan. Dan di hari terakhir, mereka mengadakan swimming day “Water Pinata”.

Lebih lanjut Sari menambahkan, “Berbeda dengan program belajar di sekolah, pada Holiday Program ini suasana yang dibangun adalah suasana liburan, bukan suasana belajar di sekolah. Kalau pada program belajar di sekolah, ada urutan-urutan proses yang dilakukan, misalkan memasuki kelas, greeting, membuka buku, membaca dst, ada urutan aktivitas di situ. Pada Holiday Program dari mulai greeting berbeda, anak-anak akan langsung diajak melakukan aktivitas dengan dipandu oleh pembimbing-pembimbing yang berasal dari guru-guru Sekolah Highscope.”

Setiap harinya Holiday Program akan berlangsung dari pukul 09.00-12.00. Selain kegiatan bermain di dalam ruangan, Holiday Program juga akan mengundang pihak-pihak dari luar, misalnya musisi, yang akan bercerita tentang pengalamannya dan juga kegiatan outbond.

Salah satu kegiatan outbond yang sangat menarik adalah aktivitas berbelanja di sebuah supermarket besar di Alam Sutera. Anak-anak akan diajak untuk merencanakan kegiatan belanja yang akan dilakukannya. Bila bersama orang tua, anak akan mengambil barang-barang yang disukainya dan memasukkannya ke trolley, pada kegiatan belanja ini anak akan diajarkan cara berbelanja, cara merencanakan barang yang akan dibelinya disesuaikan dengan uang yang dimilikinya, kemudian membayarnya. Untuk makanan anak, jangan khawatir mereka merasa lapar karena tiap hari pukul 10 pagi, anak-anak akan diberikan snack ringan.

Program berikutnya:

Pada tanggal 17-21 Juli 2017 akan diadakan batch ke dua dari program liburan Highscope Bintaro. Aktivitas yang diisi di antaranya Senin : Little Einstein “Snake Bubbles”, Selasa : Book Day “Fun Thinkers with Book”, Rabu : Math Day “Giant Outdoor Memory Game” dan “Sponge Bullseye”, Kamis : Field Trip “Nature Connect” dan Jumat : Splash Day “Water Pipe Fun”. Masih terbuka kesempatan untuk Anda mendaftarkan putra/putri Anda.

Info lebih lanjut, hubungi:

Sekolah Highscope Bintaro
Jl. Tegal Rotan Raya No. 100
Bintaro, Tangerang Selatan
Telp. : 021 – 7486 4640 / 41, 0815 1671 451

Cek juga berbagai update Holiday Program Sekolah Highscope Bintaro pada:
Facebook : Sekolah Highscope Bintaro
Instagram : @highscopebintaro

 

(EGS)

Leave a Comment