Komunitas Pendidikan Rehat

Mengisi Liburan Anak Dengan Cara Kreatif di Kandank Jurank Doank

Saat akhir minggu (weekend) merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh semua orang, termasuk anak-anak. Setelah 5 hari menjalankan berbagai aktivitas di sekolah, anak-anak memerlukan waktu untuk beristirahat dan melepaskan diri dari kepenatan dan ketegangan pikiran. Kita bisa memilih berbagai aktivitas untuk mengisi waktu liburan anak, dari mulai bermain di rumah, maupun mengajak anak berjalan-jalan ke suatu tempat, entah berbelanja atau berekreasi.

Ketimbang mengisi waktu liburan anak dengan hal-hal yang biasa, misalnya ke mall, mengapa tidak mencoba alternatif lain sangat menyenangkan, dan yang terlebih penting memiliki banyak manfaat bagi perkembangannya, yaitu dengan mengikuti berbagai aktivitas di Kandank Jurank Doank.

kandank_jurank_doank_info_bintaro
Lapank Doank (untuk futsal, outdoor games dan berbagai aktivitas)

Kandank Jurank Doank merupakan tempat wisata edukatif di alam terbuka yang didirikan oleh artis dan selebritis Dik Doank. Berlokasi di Komplek Pondok Sawah Indah (Alvita) Blok Q No. 14, Ciputat, Tangerang Selatan, Kandank Jurank Doank yang memiliki luas sekitar 2 hektar memang dimaksudkan Bang Dik, panggilan akrab Dik Doank, sebagai sarana pendidikan bagi anak-anak tidak mampu. Pendidikan disini merupakan pendidikan yang berkaitan dengan alam, dimana anak-anak diajarkan mengenai berbagai hal dari alam sekitarnya melalui hal-hal yang sederhana sehingga anak-anak mampu mengenal diri dan potensinya, untuk kemudian dikembangkan. Mereka bergaul dengan alam sekitar; pohon melambai, angin mendesau, lumpur sawah. Sekaligus memberikan pemahaman bahwa keindahan alam semata ciptaan Tuhan yang harus terus dijaga dan dilestarikan.

Dengan berjalannya waktu, Kandank Jurank Doank tidak hanya menjadi sarana edukasi bagi bagi anak-anak tidak mampu, melainkan juga semua anak-anak juga orang dewasa, bahkan berbagai sekolah dan perusahaan. Emma, seorang staf pengelola Kandank Jurank Doank menjelaskan, misi utama Kandank Jurank Doank tetap edukasi yang bersifat sosial bagi anak-anak dan masyarakat. Kegiatan di Kandank Jurank Doank terbagi 2 yaitu Kegiatan Sosial, yang merupakan aktivitas utama, tanpa ada biaya yang dipungut dari pengunjung, dan Kegiatan Komersil, yang bertujuan untuk mencukupkan dana bagi kebutuhan operasional Kandank Jurank Doank.

Di masa-masa awal berdirinya Kandank Jurank Doank, semua biaya operasionalnya bersumber dari kocek Bang Dik sendiri. Namun dengan berjalannya waktu, kebutuhan biaya pun meningkat sehingga Kandank Jurank Doank membuka kesempatan bagi berbagai pihak (dalam rombongan) yang ingin mengadakan aktivitas di alam terbuka. Biaya yang dibayarkan inilah yang digunakan untuk mencukupkan biaya yang diperlukan untuk menyokong berbagai kegiatan sosial yang diadakan serta untuk merawat berbagai sarana yang ada.

kandank_jurank_doank_info_bintaro_1
Slink (untuk acara musik, workshop, talkshow, dll)

Sebagai pusat dari Kegiatan Sosial dari Kandank Jurank Doank adalah Sekolah Alam. Di masa awalnya, Sekolah Alam ini hanya dilakukan pada hari Minggu, pukul 09.00-12.00. Saat ini Sekolah Alam diadakan setiap hari. Untuk Senin-Sabtu, Sekolah Alam berlangsung dari pukul 15.30-18.00, sedangkan pada hari Minggu dari pukul 09.00-12.00.

Sekolah Alam merupakan kegiatan-kegiatan di alam terbuka yang dibagi menjadi kelas-kelas belajar. Ada 6 kelas yang rutin dilakukan, yaitu Kelas Gambar, Perkusi, Gitar, Kriya, Tari dan Perkusi. Siapapun boleh mengikuti kelas-kelas ini secara gratis. Pada kelas-kelas ini peserta akan diajarkan berbagai hal berkaitan dengan bidang dari kelas yang dipilihnya. Belajarnya pun bukan di kelas-kelas layaknya di sekolah-sekolah formal, melainkan dengan duduk di rerumputan sambil menikmati semilir angin yang sejuk dan suara burung yang masih banyak beterbangan. Pengajar-pengajarnya merupakan praktisi-praktisi di bidangnya. Khusus untuk Kelas Kriya yang merupakan kelas kreativitas terbagi 2, yaitu kelas anak-anak yang mempelajari Art & Craft dan kelas dewasa yang mempelajari jahit menjahit.

Tidak hanya Sekolah Alam, pada waktu-waktu tertentu Kandank Jurank Doank mengadakan berbagai acara edukatif yang bersifat praktis, misalnya belajar memotret menggunakan kamera Hp, dll. Dalam sesi khusus edukatif ini Bang Dik kerap menyempatkan diri menjadi pengajarnya. Acara-acara khusus seperti ini diselilingi dengan penampilan (performance) dari satu grup musik yang belajar untuk tampil di depan umum. Bang Dik memeberikan kesempatan kepada grup-grup musik ini untuk tampil sebagai sarana belajar bagi mereka. Sebulan sekali, Kandank Jurank Doank juga mengadakan acara unjuk kemampuan bagi grup-grup musik pendatang baru. Pada acara rutin bulanan ini, grup-grup musik yang tampil bukan cuma 1, namun beberapa grup musik tampil secara bergantian.

kandank_jurank_doank_info_bintaro_2
Ruank Dialog (untuk talkshow)

Peserta dari Sekolah Alam ini yang dinamakan Sahabat Kita, merupakan anggota dari Komunitas Kandank Jurank Doank. Untuk menjadi anggota Komintas Kandank Jurank Doank sangat mudah, cukup datang pada hari Minggu antara pukul 09.00-12.00 dan bertemu dengan salah satu pengajar dari kelas yang diminati dan menyampaikan keinginannya untuk bergabung di kelas tersebut. Dengan menjadi siswa di kelas tersebut (yang disebut dengan Sahabat Kita) otomatis menjadi anggota Komunitas Kandank Jurank Doank. Tidak ada biaya yang harus dibayarkan, yang dibutuhkan hanya komitmen untuk mengikuti sesi kelas secara rutin.

Di samping Kelas Alam, Kandank Jurank Doank juga membuka kesempatan kepada rombongan dari sekolah atau perusahaan untuk mengikuti paket-paket oubond yang disediakan oleh Kandank Jurank Doank. Di paket-paket outbond ini peserta dapat mengikuti berbagai aktivitas seperti menanam padi, memandikan kerbau, menangkap ikan, flying fox, fun games, team building dll selama 4-5 jam. Setiap paket memiliki aktivitas yang berbeda. Setiap paket terdiri dari 2 opsi yaitu jumlah peserta maksimum 30 orang dan 50 orang (lihat berbagai pilihan paket : https://www.blibli.com/wisata-domestik-lainnya/TI-1000001?c=LA-1000002&o=10&b=Kandank+Jurank+Doank/?a_blibid=576e6350952e6)

Paket-paket outbond dari Kandank Jurank Doank memiliki berbagai kelebihan, seperti:

  • Tidak berbarengan dengan rombongan lain. Kebijakan dari Kandank Jurank Doank tidak akan menerima 2 rombongan paket outbond pada hari yang sama. Pengecualian hanya hari Minggu, dimana pada Minggu pagi ada kegiatan Sekolah Alam yaitu Kelas Gambar. Untuk itu jika peserta rombongan memilih hari Minggu, disarankan untuk sudah tiba di Kandank Jurank Doank pada pukul 08.00, sebelum siswa Kelas Gambar datang.
  • Harga paket sudah termasuk semua kelengkapan acara seperti sound system, EO dari Kandank Jurank Doank dan berbagai perlengkapan permainan.
  • Turut mendukung aktivitas sosial yang dilakukan Kandank Jurank Doank (dapat menjadi bentuk CSR dari perusahaan sekaligus membuat acara menarik bagi karyawan).
  • Mendapatkan potongan harga menarik. Potongan harga ini berlaku untuk paket outbond dengan jumlah peserta maksimum 50 orang melalui pemesanan melalui Blibli.com (lihat detilnya di : https://www.blibli.com/wisata-domestik-lainnya/TI-1000001?c=LA-1000002&o=10&b=Kandank+Jurank+Doank/?a_blibid=576e6350952e6)

 

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

Kandank Jurank Doank
Komplek Pondok Sawah Indah (Alvita) Blok Q No. 14
Ciputat, Tangerang Selatan 15413
Telp. : 021 – 7463 1934
Email : kjd.office@gmail.com

Simak juga berbagai informasi dari Kandank Jurank Doank di Twitter(@kandankjurank, Instagram : @kandank_jurank_doank, Line : @kandank_jurank_doank

 

(ES)

Tags

 

Baca Juga

  • Halodoc dan Gojek Sediakan Rapid Test Covid-19 Drive Thru Gratis Bersama RS Mitra Keluarga

    Halodoc dan Gojek Sediakan Rapid Test Covid-19 Drive Thru Gratis Bersama RS Mitra Keluarga

    Kemenkes dan BNPB telah menunjuk Halodoc sebagai platform layanan kesehatan digital pertama yang meluncurkan akses ke tes cepat (rapid test) COVID-19 lewat mekanisme drive thru untuk masyarakat umum melakukan skrining awal. Sebagai bagian dari komitmen dan kepedulian Halodoc untuk menghadirkan solusi melalui berbagai inisiatif dan kolaborasi dalam membantu penanggulangan COVID-19 dari hulu ke hilir, inisiatif […]
  • Belajar dari Dongeng atau Cerita Rakyat Indonesia

    Belajar dari Dongeng atau Cerita Rakyat Indonesia

    Di jaman modern ini, kebanyakan anak melewatkan waktu luangnya dengan berinteraksi dengan gawai. Kesibukan orang tua dan berbagai hal yang modern membuat keberadaan cerita rakyat atau dongeng tergerus oleh modernisasi. Di sisi lain terdapat cerita rakyat atau dongeng yang merupakan cerita atau hikayat yang berkembang di suatu masyarakat dan memiliki nilai moral atau pelajaran tertentu. […]
  • Promo Ramadhan Best Denki BXC

    Promo Ramadhan Best Denki BXC

    THR sudah turun. Apakah Anda mau mengganti TV di rumah dengan yang baru? Best Denki bisa jadi pilihannya. Mungkin belum banyak warga Bintaro yang tahu bahwa Best Denki juga ada di wilayah Bintaro. Peritel elektronika Jepang ini telah merambah bisnisnya keluar Jepang seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, Taiwan dan Kuwait. Di Indonesia Best Denki telah berada […]
  • Royal Enfield, Sang Penakluk Himalaya

    Royal Enfield, Sang Penakluk Himalaya

    Pada ajang pameran otomotif GIIAS Expo 2016 (baca juga : Berniat Membeli Mobil/Motor? Datang Yuk ke GIIAS 2016) ada produk-produk yang lain dari yang lain. Umumnya produk-produk otomotif yang dipamerkan pada suatu pameran otomotif merupakan produk-produk dengan disain yang modern dan futuristik, namun jika kita menengok ke booth yang satu ini kita justru akan menemukan produk-produk […]
  • Jelang Liburan Akhir Tahun, Mister Aladin Gelar Travel Carnival

    Jelang Liburan Akhir Tahun, Mister Aladin Gelar Travel Carnival

    Mister Aladin mengadakan travel fair untuk ketiga kalinya dengan nama “Mister Aladin Travel Carnival” pada 30 September – 6 Oktober 2019. Tema carnival dipilih sebagai bentuk penyambutan terhadap kemeriahan masa liburan akhir tahun dan ragam produk Mister Aladin yang makin bertambah. Acara ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi online di aplikasi Mister Aladin pada […]
  • Mempercantik Kendaraan Dengan Hydrographics Printing

    Mempercantik Kendaraan Dengan Hydrographics Printing

    Kendaraan, baik mobil mau pun sepeda motor, saat ini bukan lagi berfungsi hanya sebagai alat transportasi bagi pemiliknya, namun juga telah menjadi prestise. Penampilan kendaraan yang menarik akan membuat pemiliknya merasa bangga dan lebih percaya diri, plus juga akan meningkatkan nilai jual dari kendaraan tersebut. Membuat penampilan kendaraan menjadi menarik dapat dilakukan dengan menambah aksesori […]
  • Teknologi Terbaru Apex 2020 Hadirkan Visi Futuristik Vivo

    Teknologi Terbaru Apex 2020 Hadirkan Visi Futuristik Vivo

    vivo memperkenalkan generasi ketiga dari smartphone purwarupa APEX, yaitu APEX 2020. Dikenal sebagai purwarupa smartphone dengan fitur revolusioner, APEX 2020 melengkapi rangkaian teknologi APEX generasi sebelumnya, sekaligus menjadi manifestasi komitmen vivo dalam inovasi yang berkelanjutan. Mewakili wawasan vivo yang komprehensif akan konsumen dan industri smartphone, APEX 2020 menampilkan terobosan dalam visual desain smartphone masa depan […]
  • Kopi Cukil, Komunitas Pencukil Kayu

    Kopi Cukil, Komunitas Pencukil Kayu

    Tahukah Anda, gambar-gambar pada t-shirt bisa dihasilkan dari kayu? Bagaimana caranya? Mungkin itu pertanyaan yang muncul di pikiran Anda. Memang kita umum mengetahui, gambar-gambar yang tercetak di t-shirt dihasilkan dari pencetakan (printing), atau sablon. Komunitas Kopi Cukil merupakan salah satu komunitas yang mempopulerkan seni cukil kayu untuk kemudian dipindahkan ke berbagai media, salah satunya bahan […]
  • Sucofindo Sukses Raih Dua Penghargaan di Ajang 9TH Anugerah BUMN 2020

    Sucofindo Sukses Raih Dua Penghargaan di Ajang 9TH Anugerah BUMN 2020

    PT SUCOFINDO (Persero) sukses raih penghargaan pada kategori Perusahaan BUMN (Non Tbk) Pengembangan SDM Terbaik ke-2 di malam Anugerah BUMN 2020 Tahun ke-9. Pada kesempatan yang sama Direktur Utama SUCOFINDO Bachder Djohan Buddin meraih penghargaan pada kategori CEO BUMN (Non Tbk) sebagai CEO Driving Execution Perusahaan BUMN Terbaik. Penghargaan CEO Driving Execution Perusahaan BUMN Terbaik […]
  • Weekend Program: Memanjakan diri di Martha Tilaar Salon Day Spa Bintaro

    Weekend Program: Memanjakan diri di Martha Tilaar Salon Day Spa Bintaro

    Setelah lelah bekerja Senin-Jumat, tidak ada salahnya memanjakan diri di Martha Tilaar Salon Day Spa Bintaro. Anda akan dilayani oleh para terapis profesional yang telah dilatih di pusat training Martha Tilaar yang ada di Bali. Simak video pelatihannya di https://www.youtube.com/watch?v=4YGjtzbngZg Beragam perawatan dapat Anda jumpai di sini. Perawatan yang menjadi signaturenya adalah aneka spa tradisional […]
  • Anda Harus Memahami Ini, Jika Akan Membeli Ban Kendaraan

    Anda Harus Memahami Ini, Jika Akan Membeli Ban Kendaraan

    Jika anda memiliki rencana untuk mengganti ban kendaraan kesayangan anda dalam waktu dekat, anda perlu mengetahui mengenai angka-angka yang tertera pada ban. Jika anda membeli ban, tentunya si penjual berusaha untuk menjual ban yang paling menguntungkannya, bukan yang paling anda butuhkan. Anda sebagai konsumen harus kritis dengan penawaran yang diberikan. Mari kita simak beberapa hal […]
  • Memasak dan Tugas Perkembangan Anak Usia Prasekolah dan Sekolah

    Memasak dan Tugas Perkembangan Anak Usia Prasekolah dan Sekolah

    Usia prasekolah adalah di umur 4-5 tahun dengan tahapan yang dikenal sebagai Initiative (Inisiatif) vs. Guilt (Perasaan Bersalah). Pada tahap ini, anak membangun diri dengan mengembangkan berbagai kecakapan. Kecakapan yang ia miliki membuat anak memberanikan diri untuk berinisiatif (initiative) melakukan aneka kegiatan. Apabila inisiatif tersebut gagal membuahkan hasil, maka terdapat kemungkinan bahwa anak merasa bersalah […]
  • Agen Pos RIDI, Pengiriman Barang Tanpa Repot

    Agen Pos RIDI, Pengiriman Barang Tanpa Repot

    Bagi usaha-usaha yang memerlukan pengiriman barang atau dokumen dengan frekuensi yang cukup tinggi, proses pengiriman ini cukup menyita waktu. Apalagi kalau pengirimannya ke berbagai kota di Indonesia. Kebanyakan jasa pengiriman barang hanya menerima barang yang diantar ke kantornya untuk dilakukan proses pengiriman. Namun, untuk mengantarkan barang atau dokumen mungkin Anda terkendala dengan waktu. Mengapa tidak mencoba […]
  • ITDC Gelar Pelatihan Online Berjualan Efektif dari Rumah

    ITDC Gelar Pelatihan Online Berjualan Efektif dari Rumah

    PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola destinasi pariwisata The Nusa Dua, Bali dan The Mandalika, NTB, mengadakan kegiatan pelatihan online tentang digital marketing “Berjualan Efektif dari Rumah” yang ditujukan bagi Paguyuban di Kawasan Pariwisata The Nusa Dua, Bali. Bertempat di Wantilan Kantor The Nusa Dua, Bali, kegiatan pelatihan […]
  • Baby’s Day Out 2016 Hadir  di KALCare

    Baby’s Day Out 2016 Hadir di KALCare

    KALCare kembali mengadakan event Baby’s Day Out 2016, pada hari Sabtu, 27 Agustus 2016. Acara yang akan berlangsung di outlet Kalcare Bintaro, Bintaro Jaya XChange Mall, Lantai 1 ini akan dimulai dari pukul 10.00-16.00 WIB. Dalam acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai lomba seperti Ayah memasang popok & bayi merangkak, lomba dances, lomba stroller hias, […]
  • Komitmen Traveloka untuk Cegah Penyebaran Covid-19 melalui Kolaborasi dengan Para Mitra

    Komitmen Traveloka untuk Cegah Penyebaran Covid-19 melalui Kolaborasi dengan Para Mitra

    Sebagai respon terhadap situasi pandemi COVID-19, Traveloka, perusahaan teknologi penyedia layanan perjalanan dan gaya hidup berbasis digital terkemuka di Asia Tenggara, terus-menerus secara aktif melakukan berbagai inisiatif guna menyediakan ragam kebutuhan masyarakat dalam situasi saat ini. Berkolaborasi dengan beberapa mitra, Traveloka turut berkontribusi dalam program-program, seperti gerakan Indonesia PASTI BISA (yang diinisiasi oleh East Ventures), […]
  • Menteri BUMN Kick Off PaDi UMKM, BUMN Rangkul Pelaku Bisnis Lokal melalui Pasar Digital

    Menteri BUMN Kick Off PaDi UMKM, BUMN Rangkul Pelaku Bisnis Lokal melalui Pasar Digital

    Bertempat di Kementerian BUMN, Menteri BUMN Erick Thohir, Senin (15/6), secara resmi melakukan kick off program PaDi UMKM (Pasar Digital UMKM) dengan menggunakan aplikasi video conference CloudX. Acara ini diikuti oleh Direktur Utama dari BUMN yang terlibat dalam program tersebut, di mana dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk dihadiri oleh Direktur Utama, Ririek Adriansyah dan […]
  • Bintaro Dog Lovers, Wadah Pecinta Anjing di Bintaro dan Sekitarnya

    Bintaro Dog Lovers, Wadah Pecinta Anjing di Bintaro dan Sekitarnya

    Anjing adalah binatang peliharaan yang dikenal setia. Tingkah polah anjing yang lucu menyebabkan anjing merupakan binatang peliharaan favorit. Hasil survey kepemilikan hewan peliharaan di Amerika Serikat pada tahun 2007-2008 menunjukkan popularitas anjing sebagai hewan peliharaan sebesar 38,7% yang tertinggi dibanding semua jenis hewan peliharaan. Pada waktu belakangan ini, tren untuk memelihara anjing semakin meningkat di […]
  • J&T Express Sukses Raih Penghargaan Indonesia Go Asean Champion

    J&T Express Sukses Raih Penghargaan Indonesia Go Asean Champion

    J&T Express yang telah melebarkan bisnisnya ke beberapa negara di Asia Tenggara berhasil meraih penghargaan bergengsi Indonesia Go Asean Champion 2019 yang diselenggarakan oleh Markplus Inc pada 5 September 2019. Acara penghargaan yang diselenggarakan di Ritz Carlton Pacific Place Jakarta ini diterima oleh Bapak Iwan Senjaya selaku Key Account Manager J&T Express. Penghargaan yang diterima […]
  • Tips Liburan: Memilih Barang Bawaan & Packing

    Tips Liburan: Memilih Barang Bawaan & Packing

    Banyak sekali wisatawan yang kaget ketika menyadari betapa banyak barang yang harus dibawa. Memang diperlukan pengalaman untuk menjadi efisien dalam menentukan barang apa saja yang dibawa dan seni mengepak barang ke dalam tas. Untuk Anda yang berlibur dengan menggunakan kendaraan umum, hal ini akan menjadi penting karena barang bawaan bisa mengganggu perjalanan liburan Anda. Berikut […]

Tinggalkan Balasan