Komunitas Pendidikan Rehat

Mengisi Liburan Anak Dengan Cara Kreatif di Kandank Jurank Doank

Saat akhir minggu (weekend) merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh semua orang, termasuk anak-anak. Setelah 5 hari menjalankan berbagai aktivitas di sekolah, anak-anak memerlukan waktu untuk beristirahat dan melepaskan diri dari kepenatan dan ketegangan pikiran. Kita bisa memilih berbagai aktivitas untuk mengisi waktu liburan anak, dari mulai bermain di rumah, maupun mengajak anak berjalan-jalan ke suatu tempat, entah berbelanja atau berekreasi.

Ketimbang mengisi waktu liburan anak dengan hal-hal yang biasa, misalnya ke mall, mengapa tidak mencoba alternatif lain sangat menyenangkan, dan yang terlebih penting memiliki banyak manfaat bagi perkembangannya, yaitu dengan mengikuti berbagai aktivitas di Kandank Jurank Doank.

kandank_jurank_doank_info_bintaro
Lapank Doank (untuk futsal, outdoor games dan berbagai aktivitas)

Kandank Jurank Doank merupakan tempat wisata edukatif di alam terbuka yang didirikan oleh artis dan selebritis Dik Doank. Berlokasi di Komplek Pondok Sawah Indah (Alvita) Blok Q No. 14, Ciputat, Tangerang Selatan, Kandank Jurank Doank yang memiliki luas sekitar 2 hektar memang dimaksudkan Bang Dik, panggilan akrab Dik Doank, sebagai sarana pendidikan bagi anak-anak tidak mampu. Pendidikan disini merupakan pendidikan yang berkaitan dengan alam, dimana anak-anak diajarkan mengenai berbagai hal dari alam sekitarnya melalui hal-hal yang sederhana sehingga anak-anak mampu mengenal diri dan potensinya, untuk kemudian dikembangkan. Mereka bergaul dengan alam sekitar; pohon melambai, angin mendesau, lumpur sawah. Sekaligus memberikan pemahaman bahwa keindahan alam semata ciptaan Tuhan yang harus terus dijaga dan dilestarikan.

Dengan berjalannya waktu, Kandank Jurank Doank tidak hanya menjadi sarana edukasi bagi bagi anak-anak tidak mampu, melainkan juga semua anak-anak juga orang dewasa, bahkan berbagai sekolah dan perusahaan. Emma, seorang staf pengelola Kandank Jurank Doank menjelaskan, misi utama Kandank Jurank Doank tetap edukasi yang bersifat sosial bagi anak-anak dan masyarakat. Kegiatan di Kandank Jurank Doank terbagi 2 yaitu Kegiatan Sosial, yang merupakan aktivitas utama, tanpa ada biaya yang dipungut dari pengunjung, dan Kegiatan Komersil, yang bertujuan untuk mencukupkan dana bagi kebutuhan operasional Kandank Jurank Doank.

Di masa-masa awal berdirinya Kandank Jurank Doank, semua biaya operasionalnya bersumber dari kocek Bang Dik sendiri. Namun dengan berjalannya waktu, kebutuhan biaya pun meningkat sehingga Kandank Jurank Doank membuka kesempatan bagi berbagai pihak (dalam rombongan) yang ingin mengadakan aktivitas di alam terbuka. Biaya yang dibayarkan inilah yang digunakan untuk mencukupkan biaya yang diperlukan untuk menyokong berbagai kegiatan sosial yang diadakan serta untuk merawat berbagai sarana yang ada.

kandank_jurank_doank_info_bintaro_1
Slink (untuk acara musik, workshop, talkshow, dll)

Sebagai pusat dari Kegiatan Sosial dari Kandank Jurank Doank adalah Sekolah Alam. Di masa awalnya, Sekolah Alam ini hanya dilakukan pada hari Minggu, pukul 09.00-12.00. Saat ini Sekolah Alam diadakan setiap hari. Untuk Senin-Sabtu, Sekolah Alam berlangsung dari pukul 15.30-18.00, sedangkan pada hari Minggu dari pukul 09.00-12.00.

Sekolah Alam merupakan kegiatan-kegiatan di alam terbuka yang dibagi menjadi kelas-kelas belajar. Ada 6 kelas yang rutin dilakukan, yaitu Kelas Gambar, Perkusi, Gitar, Kriya, Tari dan Perkusi. Siapapun boleh mengikuti kelas-kelas ini secara gratis. Pada kelas-kelas ini peserta akan diajarkan berbagai hal berkaitan dengan bidang dari kelas yang dipilihnya. Belajarnya pun bukan di kelas-kelas layaknya di sekolah-sekolah formal, melainkan dengan duduk di rerumputan sambil menikmati semilir angin yang sejuk dan suara burung yang masih banyak beterbangan. Pengajar-pengajarnya merupakan praktisi-praktisi di bidangnya. Khusus untuk Kelas Kriya yang merupakan kelas kreativitas terbagi 2, yaitu kelas anak-anak yang mempelajari Art & Craft dan kelas dewasa yang mempelajari jahit menjahit.

Tidak hanya Sekolah Alam, pada waktu-waktu tertentu Kandank Jurank Doank mengadakan berbagai acara edukatif yang bersifat praktis, misalnya belajar memotret menggunakan kamera Hp, dll. Dalam sesi khusus edukatif ini Bang Dik kerap menyempatkan diri menjadi pengajarnya. Acara-acara khusus seperti ini diselilingi dengan penampilan (performance) dari satu grup musik yang belajar untuk tampil di depan umum. Bang Dik memeberikan kesempatan kepada grup-grup musik ini untuk tampil sebagai sarana belajar bagi mereka. Sebulan sekali, Kandank Jurank Doank juga mengadakan acara unjuk kemampuan bagi grup-grup musik pendatang baru. Pada acara rutin bulanan ini, grup-grup musik yang tampil bukan cuma 1, namun beberapa grup musik tampil secara bergantian.

BACA JUGA  Charles Francis Richter, Penemu Skala Gempa Bumi
kandank_jurank_doank_info_bintaro_2
Ruank Dialog (untuk talkshow)

Peserta dari Sekolah Alam ini yang dinamakan Sahabat Kita, merupakan anggota dari Komunitas Kandank Jurank Doank. Untuk menjadi anggota Komintas Kandank Jurank Doank sangat mudah, cukup datang pada hari Minggu antara pukul 09.00-12.00 dan bertemu dengan salah satu pengajar dari kelas yang diminati dan menyampaikan keinginannya untuk bergabung di kelas tersebut. Dengan menjadi siswa di kelas tersebut (yang disebut dengan Sahabat Kita) otomatis menjadi anggota Komunitas Kandank Jurank Doank. Tidak ada biaya yang harus dibayarkan, yang dibutuhkan hanya komitmen untuk mengikuti sesi kelas secara rutin.

Di samping Kelas Alam, Kandank Jurank Doank juga membuka kesempatan kepada rombongan dari sekolah atau perusahaan untuk mengikuti paket-paket oubond yang disediakan oleh Kandank Jurank Doank. Di paket-paket outbond ini peserta dapat mengikuti berbagai aktivitas seperti menanam padi, memandikan kerbau, menangkap ikan, flying fox, fun games, team building dll selama 4-5 jam. Setiap paket memiliki aktivitas yang berbeda. Setiap paket terdiri dari 2 opsi yaitu jumlah peserta maksimum 30 orang dan 50 orang (lihat berbagai pilihan paket : https://www.blibli.com/wisata-domestik-lainnya/TI-1000001?c=LA-1000002&o=10&b=Kandank+Jurank+Doank/?a_blibid=576e6350952e6)

Paket-paket outbond dari Kandank Jurank Doank memiliki berbagai kelebihan, seperti:

  • Tidak berbarengan dengan rombongan lain. Kebijakan dari Kandank Jurank Doank tidak akan menerima 2 rombongan paket outbond pada hari yang sama. Pengecualian hanya hari Minggu, dimana pada Minggu pagi ada kegiatan Sekolah Alam yaitu Kelas Gambar. Untuk itu jika peserta rombongan memilih hari Minggu, disarankan untuk sudah tiba di Kandank Jurank Doank pada pukul 08.00, sebelum siswa Kelas Gambar datang.
  • Harga paket sudah termasuk semua kelengkapan acara seperti sound system, EO dari Kandank Jurank Doank dan berbagai perlengkapan permainan.
  • Turut mendukung aktivitas sosial yang dilakukan Kandank Jurank Doank (dapat menjadi bentuk CSR dari perusahaan sekaligus membuat acara menarik bagi karyawan).
  • Mendapatkan potongan harga menarik. Potongan harga ini berlaku untuk paket outbond dengan jumlah peserta maksimum 50 orang melalui pemesanan melalui Blibli.com (lihat detilnya di : https://www.blibli.com/wisata-domestik-lainnya/TI-1000001?c=LA-1000002&o=10&b=Kandank+Jurank+Doank/?a_blibid=576e6350952e6)

 

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

Kandank Jurank Doank
Komplek Pondok Sawah Indah (Alvita) Blok Q No. 14
Ciputat, Tangerang Selatan 15413
Telp. : 021 – 7463 1934
Email : kjd.office@gmail.com

Simak juga berbagai informasi dari Kandank Jurank Doank di Twitter(@kandankjurank, Instagram : @kandank_jurank_doank, Line : @kandank_jurank_doank

 

(ES)

 

Baca Juga

  • Sejarah Perayaan Tahun Baru

    Sejarah Perayaan Tahun Baru

    Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya hitungan tahun selanjutnya. Budaya yang mempunyai kalender tahunan semuanya mempunyai perayaan tahun baru. Hari tahun baru di Indonesia jatuh pada tanggal 1 Januari karena Indonesia mengadopsi kalender Gregorian, sama seperti mayoritas negara-negara di dunia. Sejarah Perayaan tahun baru […]
  • Mencicipi Nasi Goreng Aceh di Bintaro

    Mencicipi Nasi Goreng Aceh di Bintaro

    Masih ingat mantan presiden Amerika Serikat Obama menyebut beberapa makanan favoritnya pas berkunjung ke Jakarta tempo hari? Salah satu yang disebut adalah nasi goreng. Jenis makanan ini memang jadi makanan favorit orang Indonesia. Apalagi orang Indonesia selalu bilang belum makan, kalau belum menyantap nasi. Nasi goreng ada di segala lapisan masyarakat. Dari hotel bintang lima […]
  • Fotografi Ponsel Bisa Jadi Hobi yang Menghasilkan

    Fotografi Ponsel Bisa Jadi Hobi yang Menghasilkan

    Kata hobi sering jadi sinonim untuk bermain atau bersenang- senang. Kata hobi, juga dipandang sebagai kata yang sinonim dengan menghabiskan uang. Tetapi bagaimana kalau kali ini, kita membalikkan kondisi dan mindset itu 180 derajat, dan alih-alih mengeluarkan uang dari dompet untuk melakukan apa yang kita senangi, justru kita membangun situasi untuk memasukkan uang ke dalam […]
  • Manfaat Keju Bagi Pertumbuhan Anak

    Manfaat Keju Bagi Pertumbuhan Anak

    Bagi seorang ibu menyediakan camilan yang sehat untuk keluarga merupakan hal yang menjadi idaman bagi setiap ibu. Terkadang bila anak mengalami masalah susah makan, bunda harus pandai – pandainya mencari solusi makanan pengganti yang tidak hanya disukai si kecil tapi juga terdapat kandungan gizi dan kaya akan manfaat di dalamnya. Salah satu makanan yang di […]
  • Anggaran Ramadhan untuk Keluarga

    Anggaran Ramadhan untuk Keluarga

    Pada bulan Ramadhan, pengeluaran keuangan umumnya membengkak. Fenomena klasik ini sebenarnya agak bertentangan dengan fakta bahwa umat Islam tidak mengonsumsi makanan dan minuman selama 12 jam lebih dalam sehari. Meski demikian, pola konsumsi masih saja sama setiap tahun. Mengapa hal ini bisa terjadi? Simak tips dari Prita H. Ghozie berikut ini. Berdasarkan hasil riset, pola pengeluaran […]
  • 170 Ribu Kursi Promo Masih Tersedia pada Minggu Terakhir Periode GOTF Festival 2019

    170 Ribu Kursi Promo Masih Tersedia pada Minggu Terakhir Periode GOTF Festival 2019

    Maskapai nasional Garuda Indonesia melalui program “Garuda Indonesia Online Travel Fair (GOTF) Festival” terus menyediakan berbagai pilihan harga penawaran khusus (diskon tiket) dengan alokasi kursi tiket promo yang masih tersedia sebanyak 170 ribu kursi tiket promo pada periode minggu terakhir GOTF Festival dari tanggal 8 April hingga 12 April 2019 mendatang. Adapun total alokasi kursi […]
  • Manfaat Bunga Pepaya Untuk Tubuh

    Manfaat Bunga Pepaya Untuk Tubuh

    Kandungan bunga pepaya sendiri sangat beragam dan banyak nutrisi di dalamnya. Misalnya saja kandungan senyawa Alkaloid Capein, yang menyebabkan rasa pahit pada bunga pepaya. Rasa pahit itu akan bisa hilang jika orang yang mengolahnya untuk menjadi masakan pandai dalam menghilangkannya. Kandungan yang terdapat di dalam bunga pepaya dalam membantu dalam melancarkan pencernaan yang ada didalam […]
  • Training Kepemimpinan Bagi Rektor dan Dekan PTS Indonesia Melalui Pendanaan Jerman

    Training Kepemimpinan Bagi Rektor dan Dekan PTS Indonesia Melalui Pendanaan Jerman

    Tiga gabungan PTS yaitu Universitas Surabaya (UBAYA, Surabaya), Universitas Ma Chung (UMC, Malang) dan Universitas Pembangunan Jaya (UPJ, Bintaro-Tangsel) memenangkan proposal internasional dan menerima hibah penyelenggaraan National Multiplication Training (NMT) dari DAAD dan German Rectors’ Conference (HRK) Jerman. Pendanaan hibah diperoleh dari the Federal Ministry for Economic Cooperation and Development (BMZ) Jerman.  Hanya 10 proposal dari […]
  • Johnson & Johnson Indonesia Hadirkan Lensa Kontak Photochromic Pertama di Dunia

    Johnson & Johnson Indonesia Hadirkan Lensa Kontak Photochromic Pertama di Dunia

    PT Johnson & Johnson Indonesia (Johnson & Johnson Indonesia) hari ini bertempat di Ciputra Artpreneur Jakarta, secara resmi meluncurkan ACUVUE® OASYS with Transitions™ di Indonesia, lensa kontak photocromic pertama di dunia yang dapat beradaptasi pada cahaya. Dinobatkan oleh Majalah TIME sebagai salah satu Best Inventions di tahun 2018, ACUVUE® OASYS with Transitions™ dikembangkan dengan teknologi […]
  • Level Up Your Ramadhan, BNI Syariah Gelar Serangkaian Kegiatan dan Promo

    Level Up Your Ramadhan, BNI Syariah Gelar Serangkaian Kegiatan dan Promo

    BNI Syariah senantiasa berkomitmen untuk menjadi Hasanah Banking Partner bagi para nasabah dan masyarakat. Untuk itu, selama bulan suci ini, BNI Syariah menggelar serangkaian kegiatan dengan tema “#JalanKebaikan Level Up Your Ramadhan” untuk meraih Ramadhan Berkualitas. Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo mengatakan tema pada bulan Ramadhan 1441 H ini adalah #JalanKebaikan Level Up […]
  • Foto : Seminar International 15th Economix Global Economic Challenges FEB UI

    Foto : Seminar International 15th Economix Global Economic Challenges FEB UI

    Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Kanopi (Kajian Ekonomi dan Pembangunan Indonesia) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEBUI) menggelar sebuah seminar internasional untuk berbagi, berdiskusi dan menemukan solusi berbagai isu ekonomi global terkini. Seminar yang bertajuk “The Resurgence of Neo-Protectionism: A changing world” ini merupakan bagian dari 15th Economix Global Economic Challenges, yang tahun ini memasuki […]
  • Buy First. Think Later

    Buy First. Think Later

    Akhir bulan lalu PT Piaggio Indonesia resmi meluncurkan Vespa GTS Super Tech 300. Dengan peningkatan hampir pada semua aspek, mulai dari desain yang menawan, mesin baru yang lebih bertenaga, serta teknologi termutakhir, menjadikan Vespa GTS Super Tech 300 tidak hanya sekadar model baru, namun juga yang tercanggih yang pernah ada. Dengan mesin tercanggih yang pernah […]
  • Wuling Motors Pamerkan Unit Khusus di GIIAS 2017

    Wuling Motors Pamerkan Unit Khusus di GIIAS 2017

    Selain membawa serta produk pertamanya, seri Confero, Wuling Motors (Wuling) turut menampilkan tiga mobil istimewanya dalam perhelatan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Adapun unit khusus tersebut terdiri dari Wuling Mobile Service, Confero S Cutting Unit, dan Confero S Sport Family Van yang dapat dikunjungi di booth 6A Hall 6 ICE – BSD City, […]
  • AirAsia Indonesia Layani Penerbangan Sewa Angkut Kargo dan Bantuan

    AirAsia Indonesia Layani Penerbangan Sewa Angkut Kargo dan Bantuan

    Sehubungan dengan peraturan pemerintah terkait pembatasan penerbangan komersial berjadwal sampai dengan 31 Mei 2020, AirAsia Indonesia untuk sementara waktu akan memfokuskan layanannya pada penerbangan sewa (charter) untuk melayani pengiriman barang logistik dan bantuan untuk pemulihan COVID-19, serta kebutuhan lainnya yang telah memperoleh izin dari pemerintah setempat dan otoritas terkait, selain membantu misi repatriasi. Direktur Utama […]
  • Gandeng Modal Saham dan Baba Rafi Enterprise, Hipmi Ciptakan 1 Juta Pengusaha Muda untuk Indonesia Berdaulat

    Gandeng Modal Saham dan Baba Rafi Enterprise, Hipmi Ciptakan 1 Juta Pengusaha Muda untuk Indonesia Berdaulat

    Salah satu komitmen Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) adalah mengembangkan dan mewujudkan peran serta dalam membangun jiwa kewirausahaan di kalangan generasi muda. Salah satu langkah untuk mewujudkan misi tersebut adalah dengan menciptakan wirausaha muda baru dari kalangan mahasiswa. CEO ModalSaham, Muhammad Reza Alkhawarismi mengatakan, problem utama mahasiswa yang ingin mulai berbisnis saat ini adalah akses […]
  • Berburu Gudeg di Bintaro: Gudeg Jogja Bu Umi

    Berburu Gudeg di Bintaro: Gudeg Jogja Bu Umi

    Nampaknya gudeg merupakan salah satu kuliner favorit di Bintaro. Hal ini terlihat dari banyaknya gerai kuliner yang menyajikan gudeg di daftar menunya. Jika kita menelusiri wilayah Bintaro dari mulai Tanah Kusir sampai dengan Graha Raya, hampir bisa dipastikan kita akan menemukan gerai yang menyajikan gudeg. Tentunya hal ini tidak terlepas dari banyaknya penggemar gudeg di Bintaro. […]
  • Siapa Bilang Anak PKN STAN Cuma Paham Perpajakan?

    Siapa Bilang Anak PKN STAN Cuma Paham Perpajakan?

    Kesan mahasiswa PKN STAN yang cuma paham perpajakan langsung menghilang ketika menyaksikan pementasan para mahasiswa jurusan pajak pada hari Minggu, 24 September 2017 ini merupakan rangkaian kegiatan tahunan dari mahasiswa jurusan Pajak di mana kampus melepas calon wisudawan dan menyambut para mahasiswa baru. Rangkaian kegiatan ini dinamakan OLYMPUS 2017: REVOLUTION BEYOND LIMIT!. Yang menjadi panitia […]
  • Seleksi Nasional IdenTIK 2020 Resmi Dibuka

    Seleksi Nasional IdenTIK 2020 Resmi Dibuka

    Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika, resmi mengumumkan pendaftaran Seleksi Nasional Produk TIK atau IdenTIK yang dibuka mulai tanggal 10 Februari 2020. IdenTIK merupakan kepanjangan dari Indonesia Enterpreneur TIK yang merupakan program tahunan. Tahun 2020 ini, IdenTIK mengusung tema Complete and Grow. “Seleknas ini merupakan sarana dan ajang kompetisi teknologi informasi […]
  • Warung Jajan Veteran, Tempat Nongkrong Murmer Yang Tidak Murahan

    Warung Jajan Veteran, Tempat Nongkrong Murmer Yang Tidak Murahan

    Bersosialisasi merupakan bagian keseharian kita sebagai makhluk sosial. Setiap orang membutuhkan waktu untuk bersama rekan mau pun keluarga baik sekedar untuk ngobrol santai sampai dengan membicarakan hal seperti urusan sekolah, pekerjaan atau bisnis. Namun sayangnya, tidak semua tempat pertemuan untuk bersosialisasi (baca : tempat nongkrong) terjangkau bagi kantong kebanyakan orang, khususnya bagi anak muda yang […]
  • Keamanan dan Kenyamanan Berbelanja untuk Lansia di Hero Supermarket dan Giant Saat Wabah Covid-19

    Keamanan dan Kenyamanan Berbelanja untuk Lansia di Hero Supermarket dan Giant Saat Wabah Covid-19

    PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group) melalui unit bisnisnya Hero Supermaket dan Giant menginisasi jam berbelanja khusus bagi orang lanjut usia (lansia) dalam menghadapi wabah COVID-19 di tiap hari Selasa dan Kamis dengan membuka satu jam lebih awal dari waktu normal. Tidak itu saja, Hero Supermarket dan Giant juga memastikan adanya penanganan cepat pada proses […]

Tinggalkan Balasan