Mengisi Liburan Anak Dengan Cara Kreatif di Kandank Jurank Doank

Saat akhir minggu (weekend) merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh semua orang, termasuk anak-anak. Setelah 5 hari menjalankan berbagai aktivitas di sekolah, anak-anak memerlukan waktu untuk beristirahat dan melepaskan diri dari kepenatan dan ketegangan pikiran. Kita bisa memilih berbagai aktivitas untuk mengisi waktu liburan anak, dari mulai bermain di rumah, maupun mengajak anak berjalan-jalan ke suatu tempat, entah berbelanja atau berekreasi.

Ketimbang mengisi waktu liburan anak dengan hal-hal yang biasa, misalnya ke mall, mengapa tidak mencoba alternatif lain sangat menyenangkan, dan yang terlebih penting memiliki banyak manfaat bagi perkembangannya, yaitu dengan mengikuti berbagai aktivitas di Kandank Jurank Doank.

kandank_jurank_doank_info_bintaro
Lapank Doank (untuk futsal, outdoor games dan berbagai aktivitas)

Kandank Jurank Doank merupakan tempat wisata edukatif di alam terbuka yang didirikan oleh artis dan selebritis Dik Doank. Berlokasi di Komplek Pondok Sawah Indah (Alvita) Blok Q No. 14, Ciputat, Tangerang Selatan, Kandank Jurank Doank yang memiliki luas sekitar 2 hektar memang dimaksudkan Bang Dik, panggilan akrab Dik Doank, sebagai sarana pendidikan bagi anak-anak tidak mampu. Pendidikan disini merupakan pendidikan yang berkaitan dengan alam, dimana anak-anak diajarkan mengenai berbagai hal dari alam sekitarnya melalui hal-hal yang sederhana sehingga anak-anak mampu mengenal diri dan potensinya, untuk kemudian dikembangkan. Mereka bergaul dengan alam sekitar; pohon melambai, angin mendesau, lumpur sawah. Sekaligus memberikan pemahaman bahwa keindahan alam semata ciptaan Tuhan yang harus terus dijaga dan dilestarikan.

Dengan berjalannya waktu, Kandank Jurank Doank tidak hanya menjadi sarana edukasi bagi bagi anak-anak tidak mampu, melainkan juga semua anak-anak juga orang dewasa, bahkan berbagai sekolah dan perusahaan. Emma, seorang staf pengelola Kandank Jurank Doank menjelaskan, misi utama Kandank Jurank Doank tetap edukasi yang bersifat sosial bagi anak-anak dan masyarakat. Kegiatan di Kandank Jurank Doank terbagi 2 yaitu Kegiatan Sosial, yang merupakan aktivitas utama, tanpa ada biaya yang dipungut dari pengunjung, dan Kegiatan Komersil, yang bertujuan untuk mencukupkan dana bagi kebutuhan operasional Kandank Jurank Doank.

Di masa-masa awal berdirinya Kandank Jurank Doank, semua biaya operasionalnya bersumber dari kocek Bang Dik sendiri. Namun dengan berjalannya waktu, kebutuhan biaya pun meningkat sehingga Kandank Jurank Doank membuka kesempatan bagi berbagai pihak (dalam rombongan) yang ingin mengadakan aktivitas di alam terbuka. Biaya yang dibayarkan inilah yang digunakan untuk mencukupkan biaya yang diperlukan untuk menyokong berbagai kegiatan sosial yang diadakan serta untuk merawat berbagai sarana yang ada.

kandank_jurank_doank_info_bintaro_1
Slink (untuk acara musik, workshop, talkshow, dll)

Sebagai pusat dari Kegiatan Sosial dari Kandank Jurank Doank adalah Sekolah Alam. Di masa awalnya, Sekolah Alam ini hanya dilakukan pada hari Minggu, pukul 09.00-12.00. Saat ini Sekolah Alam diadakan setiap hari. Untuk Senin-Sabtu, Sekolah Alam berlangsung dari pukul 15.30-18.00, sedangkan pada hari Minggu dari pukul 09.00-12.00.

Sekolah Alam merupakan kegiatan-kegiatan di alam terbuka yang dibagi menjadi kelas-kelas belajar. Ada 6 kelas yang rutin dilakukan, yaitu Kelas Gambar, Perkusi, Gitar, Kriya, Tari dan Perkusi. Siapapun boleh mengikuti kelas-kelas ini secara gratis. Pada kelas-kelas ini peserta akan diajarkan berbagai hal berkaitan dengan bidang dari kelas yang dipilihnya. Belajarnya pun bukan di kelas-kelas layaknya di sekolah-sekolah formal, melainkan dengan duduk di rerumputan sambil menikmati semilir angin yang sejuk dan suara burung yang masih banyak beterbangan. Pengajar-pengajarnya merupakan praktisi-praktisi di bidangnya. Khusus untuk Kelas Kriya yang merupakan kelas kreativitas terbagi 2, yaitu kelas anak-anak yang mempelajari Art & Craft dan kelas dewasa yang mempelajari jahit menjahit.

Tidak hanya Sekolah Alam, pada waktu-waktu tertentu Kandank Jurank Doank mengadakan berbagai acara edukatif yang bersifat praktis, misalnya belajar memotret menggunakan kamera Hp, dll. Dalam sesi khusus edukatif ini Bang Dik kerap menyempatkan diri menjadi pengajarnya. Acara-acara khusus seperti ini diselilingi dengan penampilan (performance) dari satu grup musik yang belajar untuk tampil di depan umum. Bang Dik memeberikan kesempatan kepada grup-grup musik ini untuk tampil sebagai sarana belajar bagi mereka. Sebulan sekali, Kandank Jurank Doank juga mengadakan acara unjuk kemampuan bagi grup-grup musik pendatang baru. Pada acara rutin bulanan ini, grup-grup musik yang tampil bukan cuma 1, namun beberapa grup musik tampil secara bergantian.

kandank_jurank_doank_info_bintaro_2
Ruank Dialog (untuk talkshow)

Peserta dari Sekolah Alam ini yang dinamakan Sahabat Kita, merupakan anggota dari Komunitas Kandank Jurank Doank. Untuk menjadi anggota Komintas Kandank Jurank Doank sangat mudah, cukup datang pada hari Minggu antara pukul 09.00-12.00 dan bertemu dengan salah satu pengajar dari kelas yang diminati dan menyampaikan keinginannya untuk bergabung di kelas tersebut. Dengan menjadi siswa di kelas tersebut (yang disebut dengan Sahabat Kita) otomatis menjadi anggota Komunitas Kandank Jurank Doank. Tidak ada biaya yang harus dibayarkan, yang dibutuhkan hanya komitmen untuk mengikuti sesi kelas secara rutin.

Di samping Kelas Alam, Kandank Jurank Doank juga membuka kesempatan kepada rombongan dari sekolah atau perusahaan untuk mengikuti paket-paket oubond yang disediakan oleh Kandank Jurank Doank. Di paket-paket outbond ini peserta dapat mengikuti berbagai aktivitas seperti menanam padi, memandikan kerbau, menangkap ikan, flying fox, fun games, team building dll selama 4-5 jam. Setiap paket memiliki aktivitas yang berbeda. Setiap paket terdiri dari 2 opsi yaitu jumlah peserta maksimum 30 orang dan 50 orang (lihat berbagai pilihan paket : https://www.blibli.com/wisata-domestik-lainnya/TI-1000001?c=LA-1000002&o=10&b=Kandank+Jurank+Doank/?a_blibid=576e6350952e6)

Paket-paket outbond dari Kandank Jurank Doank memiliki berbagai kelebihan, seperti:

  • Tidak berbarengan dengan rombongan lain. Kebijakan dari Kandank Jurank Doank tidak akan menerima 2 rombongan paket outbond pada hari yang sama. Pengecualian hanya hari Minggu, dimana pada Minggu pagi ada kegiatan Sekolah Alam yaitu Kelas Gambar. Untuk itu jika peserta rombongan memilih hari Minggu, disarankan untuk sudah tiba di Kandank Jurank Doank pada pukul 08.00, sebelum siswa Kelas Gambar datang.
  • Harga paket sudah termasuk semua kelengkapan acara seperti sound system, EO dari Kandank Jurank Doank dan berbagai perlengkapan permainan.
  • Turut mendukung aktivitas sosial yang dilakukan Kandank Jurank Doank (dapat menjadi bentuk CSR dari perusahaan sekaligus membuat acara menarik bagi karyawan).
  • Mendapatkan potongan harga menarik. Potongan harga ini berlaku untuk paket outbond dengan jumlah peserta maksimum 50 orang melalui pemesanan melalui Blibli.com (lihat detilnya di : https://www.blibli.com/wisata-domestik-lainnya/TI-1000001?c=LA-1000002&o=10&b=Kandank+Jurank+Doank/?a_blibid=576e6350952e6)

 

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

Kandank Jurank Doank
Komplek Pondok Sawah Indah (Alvita) Blok Q No. 14
Ciputat, Tangerang Selatan 15413
Telp. : 021 – 7463 1934
Email : kjd.office@gmail.com

Simak juga berbagai informasi dari Kandank Jurank Doank di Twitter(@kandankjurank, Instagram : @kandank_jurank_doank, Line : @kandank_jurank_doank

 

(ES)

Leave a Comment