Pendidikan

Mengintip Kegiatan School Science Center (SSC) SMA Plus Pembangunan Jaya : Pengamatan Super Blue Blood Moon di Langit Bintaro

Fenomena gerhana bulan total atau Super Blue Blood Moon sangat menghebohkan masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia dan di belahan dunia lainnya, tidak terkecuali di Bintaro. Betapa tidak, kejadian yang mengkombinasikan tiga fenomena alam secara bersamaan ini, yaitu blue moon (bulan biru), super moon (bulan super besar) dan total lunar eclipse (gerhana bulan total) sangat langka dan baru akan terulang kembali dalam kurun waktu 152 tahun yang akan datang.

Pada peristiwa ini terjadi peristiwa supermoon di mana ukuran bulan menjadi 14 persen lebih besar dari bulan yang biasa kita saksikan dan juga memiliki terang cahaya 30 persen lebih terang dari biasanya. Supermoon ini terjadi karena posisi bulan berada pada jarak terdekat dengan bumi, dikarenakan oleh posisi orbitnya yang oval, bukan berbentuk lingkaran. Pada saat yang hampir bersamaan terjadi peristiwa blue moon yang juga merupakan kejadian cukup langka karena ini merupakan bulan purnama kedua yang terjadi pada bulan Januari 2018. Fase kejadian ini tidak memiliki hubungan dengan warna biru dari bulan.

Tidak mau ketinggalan dengan eforia ini, Science School Center Pembangunan Jaya juga mengadakan kegiatan peneropongan pada Rabu malam, 31 Januari 2018. Sungguh beruntung cuaca malam itu di Bintaro sangat cerah sehingga tidak menghalangi niat para siswa untuk menyaksikan fenomena alam yang langka ini.

Bapak Sugimin, Kepala SMP Pembangunan Jaya, mengungkapkan ada 81 siswa SMP yang hadir malam ini. Kebanyakan dari mereka, diantar oleh para orang tua masing-masing. Acara berlangsung dari pk. 18.00 hingga 22.00.

Secara bergantian, para siswa naik ke lantai 4 gedung sekolah di mana terdapat 4 perangkat teleskop yang dimiliki oleh School Science Center SMA Plus Pembangunan Jaya. Acara ini juga dihadiri oleh Ibu Indira Sumito, Principal Executive Sekolah Pembangunan Jaya dan Kepala Sekolah SMA Plus PJ Ibu Evvie Farida, M.Pd serta Ibu Marini Diah N, Wakil Kepala Sekolah SMA Plus Pembangunan Jaya. Tidak hanya para siswa SMP Pembangunan Jaya yang begitu antusias untuk melihat peristiwa langka ini, beberapa siswa/i dari sekolah-sekolah yang berada di bawah lingkup Yayasan Pembangunan Jaya pun turut hadir pada malam itu. Mereka sangat antusias menunggu giliran mengamati proses gerhana bulan dari balik perangkat teleskop yang tersedia.

Baca Juga:

https://www.infobintaro.com/semerbak-nusantara-prestasi-membanggakan-sma-plus-pembangunan-jaya/
https://www.infobintaro.com/pernah-coba-pengharum-mobil-dari-aromaterapi/

Acara peneropongan gerhana bulan ini diprakarsai oleh School Science Center (SSC) yang ada di SMA Plus Pembangunan Jaya. Menurut Ibu Lily Endang Wulan Sari, Direktur SSC, Science School Center telah ada sejak tahun 2001.

School Science Center SMA Plus Pembangunan Jaya (SSC-SPJ) merupakan fasilitas pembelajaran yang dikembangkan sebagai bagian dari konsep keunggulan sekolah. SSC-SPJ diresmikan oleh Menteri Pendidikan Nasional RI saat itu Bapak Prof. Drs. Abdul Malik Fadjar, M.Sc  pada tanggal 27 September 2001. Lokasi  SSC-SPJ berada di kawasan pendidikan SMA Plus Pembangunan Jaya Sektor IX Bintaro Jaya – Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan.

Berdirinya SSC – SPJ sebagai bagian dari fasilitas pembelajaran di SMA Plus Pembangunan Jaya adalah usaha untuk melaksanakan proses pembelajaran yang lengkap mulai dari belajar teori, mengamati, mencoba, memahami, menganalisa, mengembangkan ide sampai dengan menghasilkan karya.

Tujuan didirikannya antara lain untuk merangsang rasa ingin tahu, memperkenalkan aplikasi teori dan konsep dasar keilmuan (sains), memberi kesempatan bereksperimen, membuat anak berani dan kreatif dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan serta mempertahankan pendapatnya.

SSC mengadakan program sains sebagai program reguler yang diadakan bagi siswa kelas 5 SD, kelas 8 SMP dan kelas 11 SMA. Bahkan untuk tahun ajaran mendatang bakal diadakan program sains bagi siswa TK Pembangunan Jaya.

Baca Juga: https://www.infobintaro.com/mengenal-kbtk-pembangunan-jaya/

Science Night

Salah satu program SSC adalah “Science Night” yang merupakan kegiatan astronomi yang dilaksanakan di School Science Center Sekolah Pembangunan Jaya, bekerjasama dengan himpunan pecinta astronomi Indonesia. Khusus untuk acara peneropongan gerhana bulan pada hari Rabu, 31 Januari 2018 SSC bekerja sama dengan Gamma Astronomy Club yang merupakan Komunitas Pecinta Astronomi dari UIN Ciputat. Klub ini dibimbing oleh salah satu dosen di UIN Ciputat. Kegiatan klub ini dapat diikuti dari akun instagramnya: @gammaastronomyclub. Malam ini kakak-kakak dari Gamma Astronomy Club memandu para siswa agar dapat mengamati gerhana bulan via perangkat teleskop dengan mudah.

BACA JUGA  Hati-Hati Paedofil Dapat Ada di Sekitar Anda

Terbuka Bagi Kalangan Eksternal PJ

Menariknya program “Science Night” tidak hanya dapat diikuti oleh siswa-siswi tingkat SD, SMP, SMA Sekolah Pembangunan Jaya. Program ini pun terbuka bagi siswa sekolah di luar Pembangunan Jaya. Pelaksanaanya dilaksanakan secara berkala setiap bulannya sesuai tingkatan sekolah, yang dimulai dari hari Jumat malam sampai dengan Sabtu pagi.

Jenis kegiatannya sangat beragam, mulai dari peneropongan bintang, planet dan benda langit lainnya, workshop, pemutaran film astronomi, belajar mengenai astronomi dan eksplorasi galeri SSC. Program “Science Night” pun sudah menjadi agenda rutin SSC, baik untuk kalangan internal maupun ekternal Pembangunan Jaya.

Hingga akhir September 2017, sudah 3 kali diselenggarakan “Science Night” dari 13 kali yang direncanakan, Dua kali eksternal yang sudah terlaksana ( untuk tingkat SD pada tanggal 11 – 12 Agustus 2017 dan SMP tanggal 15 – 16 September 2017 ), sedangkan untuk internal baru satu kali dilaksanakan yaitu pada tanggal 29 – 30 September 2017 yang diikuti oleh siswa kelas 5 A dan 5 B SD Pembangunan Jaya.

SSC ini pun menyelenggarakan program pengamatan gerhana matahari pada tanggal 9 Maret 2016 yang diikuti oleh Kelompok Ilmiah Remaja SD, SMP dan SMA Plus Pembangunan Jaya.

Saat ini masih terbuka kesempatan bagi siswa dan siswi di wilayah Tangerang Selatan dan sekitarnya untuk mengikuti kegiatan ini. Untuk informasi pelaksanaan dapat menghubuni no telp : 7486-4885 atau email : sekolah_jaya@yahoo.com.

Info lebih lanjut:
School Science Center SMA Plus Pembangunan Jaya
Jl. Taman Makam Bahagia ABRI
Sektor 9 Bintaro Jaya
Pondok Aren – Tangerang Selatan
Telp/Fax : 021 74864885
Email : sekolah_jaya@yahoo.com
Website: ssc.jayaschool.org

(EGS)

 

Baca Juga

  • PT Piaggio Indonesia Perluas Jaringan Diler Baru di Sleman Yogyakarta

    PT Piaggio Indonesia Perluas Jaringan Diler Baru di Sleman Yogyakarta

    PT Piaggio Indonesia berkolaborasi dengan CV Kharisma Motor memperluas jaringan diler di Sleman, Yogyakarta dengan meresmikan diler ke-4 dari CV Kharisma Motor sejak kolaborasi pertama di 2015. Peresmian diler baru ini untuk menghadirkan solusi mobilitas premium melalui produk Piaggio dan Vespa di Yogyakarta, serta menyediakan standar layanan berkualitas terbaik untuk menghadirkan pengalaman premium ala Italia […]
  • Menikmati Sate Tulang di Bebek SBY

    Menikmati Sate Tulang di Bebek SBY

    Mendengar nama sate tulang, mungkin sebagian dari kita akan mengerutkan kening dan berpikir, tulang kok dijadikan sate. Sate tulang mungkin kurang populer dibandingkan sate ayam atau sate kambing yang notabene merupakan daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk dan dibakar. Sate tulang sendiri bukanlah tulang yang dijadikan sate, melainkan terbuat dari daging ayam yang dipotong kecil-kecil bersama […]
  • Dapur Ni Huta, Tempat Memuaskan Rasa Rindu Dengan Masakan Ompung di Kampung

    Dapur Ni Huta, Tempat Memuaskan Rasa Rindu Dengan Masakan Ompung di Kampung

    Bagi orang-orang yang sudah lama merantau, tidak ada yang bisa mengalahkan masakan asal kampung halaman. Betapa pun lezatnya masakan-masakan di perantauan, namun tetap tidak bisa mengalahkan masakan tradisional daerahnya. Kerinduan ini sering ditunjukkan dengan mencari tempat-tempat makan yang menyediakan menu-menu khas daerah asalnya betapa pun jauhnya. Bagi kaum perantau asal Tapanuli, ada kabar gembira, telah […]
  • DFSK Perkuat Bisnis di Jantung Pemukiman Banten

    DFSK Perkuat Bisnis di Jantung Pemukiman Banten

    DFSK terus melakukan sejumlah strategi untuk bisa terus memperkenalkan dan menyebarkan beragam kendaraan berkualitas tinggi kepada seluruh masyarakat di Indonesia. Kali ini giliran Kota Serang, Banten, yang menjadi salah satu tujuan perluasan bisnis DFSK di Indonesia karena memiliki potensi yang cukup besar untuk perkembangan bisnis DFSK di masa mendatang. Serang merupakan sebuah Kota yang berfungsi […]
  • Solusi Kebutuhan Internet Simple dan Bebas Khawatir, IM3 Ooredoo Hadirkan Paket Freedom Internet

    Solusi Kebutuhan Internet Simple dan Bebas Khawatir, IM3 Ooredoo Hadirkan Paket Freedom Internet

    Sejalan dengan visi menjadi perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, Indosat Ooredoo melalui IM3 Ooredoo menghadirkan keseruan internetan terbaru dengan meluncurkan paket Freedom Internet. Paket ini sejalan dengan D strategi LEAD, yaitu mendapatkan kepercayaan pelanggan dengan memberikan layanan dengan harga dan kualitas yang sepadan. Dengan peluncuran paket ini, IM3 Ooredoo menjawab semua keluh kesah pelanggan […]
  • Vivo S1 Pro Fancy Sky Sudah Bisa Dipesan Mulai Hari Ini

    Vivo S1 Pro Fancy Sky Sudah Bisa Dipesan Mulai Hari Ini

    Setelah mengonfirmasi kehadiran varian baru dari vivo S1 Pro, vivo membuka Pre-Order vivo S1 Pro New Color secara online eksklusif di e-commerce partner Lazada mulai hari ini. Hadir dengan harga Rp 3,999,9999,- konsumen dapat mengikuti Pre-Order vivo S1 Pro New Color hingga 9 Januari mendatang. “Melanjuti antusiasme dan respon positif konsumen Indonesia terhadap vivo S1 […]
  • Tips Menjamu Tamu di Rumah

    Tips Menjamu Tamu di Rumah

    Di masyarakat Timur seperti Indonesia, kita akan sering mendapat kunjungan baik dari saudara dekat maupun saudara jauh. Teman pun kerap mampir ke rumah kita untuk bersilahturahim. Nah, apakah Anda suka bingung menyambut tamu? Simak beberapa tip praktis berikut ini. Gunakan gelas ukuran kecil saja saat menyajikan minuman untuk tamu. Bukan bermaksud pelit. Tapi ingat, tamu […]
  • Citilink Sediakan Layanan Rapid Test Gratis Tawarkan Kemudahan bagi Pelanggan

    Citilink Sediakan Layanan Rapid Test Gratis Tawarkan Kemudahan bagi Pelanggan

    Maskapai Citilink bekerja sama dengan jaringan klinik Homecare24 menyediakan layanan khusus gratis Rapid Test COVID-19 bagi pelanggan Citilink yang melakukan pembelian tiket melalui website dan mobile apps Citilink pada periode 5-9 Agustus 2020. “Layanan gratis Rapid Test ini merupakan upaya dan komitmen Citilink dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan bepergian di masa adaptasi kebiasaan […]
  • Kekerasan Anak dan Peran Tenaga Kesehatan untuk Menanganinya

    Kekerasan Anak dan Peran Tenaga Kesehatan untuk Menanganinya

    Kasus kekerasan pada anak akhir-akhir ini makin marak terdengar. Menurut data dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) terjadi kasus kekerasan anak sebanyak 22.109 kasus yang terjadi antara tahun 20112016. Dengan latar belakang inilah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan IMC Bintaro mengadakan seminar kesehatan “Peran Orang Tua dan Tenaga Kesehatan untuk Menghindari Kekerasan Pada Anak” pada hari […]
  • Kepingin Makan Masakan Korea? The Bulgogi Tempatnya, Dijamin Kepingin Balik Lagi…

    Kepingin Makan Masakan Korea? The Bulgogi Tempatnya, Dijamin Kepingin Balik Lagi…

    Bagi penggemar masakan Korea di Bintaro, tidak mudah menemukan gerai kuliner yang menyajikan menu-menu asal negeri ginseng tersebut. Memang di Indonesia masakan-masakan Korea belum setenar masakan-masakan dari Jepang, China, Eropa dan Amerika. Mungkin salah satu penyebabnya adalah nama-nama menunya yang masih relatif asing di telinga orang Indonesia. Padahal Korea memiliki segudang menu-menu masakan yang tidak kalah enak […]
  • Lenovo Rayakan Hari Lingkungan Dunia dengan Meluncurkan Ransel Laptop Baru yang Terbuat dari 34 Botol Plastik Daur Ulang

    Lenovo Rayakan Hari Lingkungan Dunia dengan Meluncurkan Ransel Laptop Baru yang Terbuat dari 34 Botol Plastik Daur Ulang

    Dalam perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni, Lenovo, produsen PC dan perangkat pintar terkemuka di dunia, meluncurkan ransel edisi terbatas yang bahan dasarnya dirancang dan dibuat secara berkelanjutan. Ransel ini mengandung lebih dari 83 persen bahan daur ulang, dan diproduksi dengan polyester daur ulang (setara dengan 34 botol air plastik). Ransel ini juga […]
  • Ingin Berolah Raga Sambil Main Game? Yuk Ikutan Danz Base

    Ingin Berolah Raga Sambil Main Game? Yuk Ikutan Danz Base

    Siang itu di sebuah mall di Jakarta terlihat seorang gadis tengah bersiap di depan sebuah mesin yang terdiri dari layar TV besar yang menampilkan beberapa karakter yang sedang bersiap melakukan dance di atas sebuah panggung serta beberapa speaker. Sejenak sang gadis berkonsentrasi memandang layar TV, sambil mengatur posisi. Sesekali ia mengayunkan kedua tangannya pada beberapa […]
  • Senam Bersama Berti Tilarso di Plaza Bintaro Jaya

    Senam Bersama Berti Tilarso di Plaza Bintaro Jaya

    Bagi Anda penyuka senam kebugaran dan ingin mendapat pelajaran berharga dari maestro Berti Tilarso, datang saja ke Plaza Bintaro Jaya setiap hari Minggu pagi, di Food Pavilion. Ini merupakan kerjasama antara Plaza Bintaro Jaya dengan Majelis Taqlim Raudhatul Jannah (MTRJ) Masjid Assalaam, Sektor 3A. Berti Tilarso memberikan kelas kebugaran, mulai dari senam, zumba, pilates, dan […]
  • Perkuat Roadmap Menuju 5G, Telkomsel Hadirkan VoLTE

    Perkuat Roadmap Menuju 5G, Telkomsel Hadirkan VoLTE

    Telkomsel sebagai leading digital telco company berkomitmen untuk terus bergerak maju memimpin perkembangan inovasi teknologi seluler di Indonesia. Komitmen tersebut kali ini diwujudkan melalui soft launch layanan voice over Long Term Evolution (VoLTE), yang sekaligus menjadi salah satu milestone Telkomsel dalam memperingati usia ke-25 pada tahun ini. Layanan VoLTE merupakan layanan telepon dengan basis jaringan […]
  • TADA, Gojek, dan Moka Luncurkan Gerakan SupportLocalBrandsID Dukung Merek Lokal

    TADA, Gojek, dan Moka Luncurkan Gerakan SupportLocalBrandsID Dukung Merek Lokal

    TADA, platform retensi konsumen, Gojek, super app terdepan di Asia Tenggara, dan Moka, penyedia aplikasi sistem kasir digital, baru-baru ini meluncurkan gerakan dukung merek lokal atau #supportlocalbrandsID. Gerakan ini mengajak masyarakat yang #dirumahaja selama masa pandemi COVID-19 untuk mendukung keberlangsungan merek-merek karya anak bangsa favorit mereka di masa penuh tantangan ini. Adapun kolaborasi ketiga perusahaan […]
  • Keren, Yuk Nonton Festival Musik dan Seni Futuristik Wave of Tomorrow

    Keren, Yuk Nonton Festival Musik dan Seni Futuristik Wave of Tomorrow

    Digelar untuk kedua kalinya, festival musik dan seni berbasis teknologi masa depan, Wave of Tomorrow (WoT), telah resmi kembali dibuka pada Jumat, 20 Desember 2019, di Gedung Tribatra, Jalan Wijaya, Dharmawangsa, Jakarta Selatan. Festival musik dan pameran seni ini akan berlangsung hingga Minggu, 29 Desember 2019. Antrian penonton yang hendak masuk ke ruang pameran tampak […]
  • Bank Commonwealth Menduduki Peringkat Teratas Sebagai Bank Terbaik Dalam Pelayanan Prima

    Bank Commonwealth Menduduki Peringkat Teratas Sebagai Bank Terbaik Dalam Pelayanan Prima

    PT Bank Commonwealth (Bank Commonwealth) berhasil meningkatkan kualitas layanannya dan menduduki peringkat teratas sebagai Bank Terbaik dalam Pelayanan Prima 2018. Hasil tersebut berdasarkan survei “Bank Service Excellence Monitor” (BSEM) 2018 yang diselenggarakan oleh Marketing Research Indonesia (MRI) bekerja sama dengan Infobank. Presiden Direktur Bank Commonwealth Lauren Sulistiawati mengatakan, “Kami sangat bangga karena upaya berkelanjutan kami […]
  • Ajak Masyarakat Beralih ke Non Tunai, Cashlez Hadir di Car Free Day Jakarta

    Ajak Masyarakat Beralih ke Non Tunai, Cashlez Hadir di Car Free Day Jakarta

    Dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang dicanangkan Bank Indonesia, Cashlez hadir di Car Free Day Jakarta mengajak masyarakat untuk beralih ke non tunai pada hari Minggu, 28 Juli 2019. Tan Leny Yonathan selaku Chief Revenue Officer (CRO) Cashlez mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan bertujuan agar masyarakat mengetahui kelebihan dan keuntungan dari penggunaan […]
  • Sate Maranggi Uwa Arya, Sate Lezat Harga Bersahabat

    Sate Maranggi Uwa Arya, Sate Lezat Harga Bersahabat

    Sate Maranggi adalah sate khas Purwakarta, Jawa Barat, biasanya terbuat dari daging kambing atau daging sapi. Selain dari Purwakarta, Sate Maranggi banyak dijajakan juga di daerah sekitarnya, hingga daerah Cianjur. Yang membedakan Sate Maranggi dengan sate lainnya adalah proses perendaman daging dalam bumbu (marination), sebelum dibuat menjadi sate dan dimasak. Karena proses pembumbuan inilah, maka […]
  • Steak Kotak Kingdom, Snack Inovatif yang Melanglang Buana ke Mancanegara

    Steak Kotak Kingdom, Snack Inovatif yang Melanglang Buana ke Mancanegara

    Pepatah mengatakan ada hikmah di balik setiap kegagalan, hal itu dibuktikan oleh Andy Setyawan, seorang dosen mata kuliah New Product Development dan Creative Marketing di Sekolah Bisnis Umar Usman, Pejaten. Berniat membangun usaha kuliner yang menawarkan menu steak, usaha ini harus berganti haluan. Andy yang saat itu membuka gerai steak di Pamulang dan Ciputat bersama mahasiswanya […]