Mengintip Kegiatan School Science Center (SSC) SMA Plus Pembangunan Jaya : Pengamatan Super Blue Blood Moon di Langit Bintaro

Fenomena gerhana bulan total atau Super Blue Blood Moon sangat menghebohkan masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia dan di belahan dunia lainnya, tidak terkecuali di Bintaro. Betapa tidak, kejadian yang mengkombinasikan tiga fenomena alam secara bersamaan ini, yaitu blue moon (bulan biru), super moon (bulan super besar) dan total lunar eclipse (gerhana bulan total) sangat langka dan baru akan terulang kembali dalam kurun waktu 152 tahun yang akan datang.

Pada peristiwa ini terjadi peristiwa supermoon di mana ukuran bulan menjadi 14 persen lebih besar dari bulan yang biasa kita saksikan dan juga memiliki terang cahaya 30 persen lebih terang dari biasanya. Supermoon ini terjadi karena posisi bulan berada pada jarak terdekat dengan bumi, dikarenakan oleh posisi orbitnya yang oval, bukan berbentuk lingkaran. Pada saat yang hampir bersamaan terjadi peristiwa blue moon yang juga merupakan kejadian cukup langka karena ini merupakan bulan purnama kedua yang terjadi pada bulan Januari 2018. Fase kejadian ini tidak memiliki hubungan dengan warna biru dari bulan.

Tidak mau ketinggalan dengan eforia ini, Science School Center Pembangunan Jaya juga mengadakan kegiatan peneropongan pada Rabu malam, 31 Januari 2018. Sungguh beruntung cuaca malam itu di Bintaro sangat cerah sehingga tidak menghalangi niat para siswa untuk menyaksikan fenomena alam yang langka ini.

Bapak Sugimin, Kepala SMP Pembangunan Jaya, mengungkapkan ada 81 siswa SMP yang hadir malam ini. Kebanyakan dari mereka, diantar oleh para orang tua masing-masing. Acara berlangsung dari pk. 18.00 hingga 22.00.

Secara bergantian, para siswa naik ke lantai 4 gedung sekolah di mana terdapat 4 perangkat teleskop yang dimiliki oleh School Science Center SMA Plus Pembangunan Jaya. Acara ini juga dihadiri oleh Ibu Indira Sumito, Principal Executive Sekolah Pembangunan Jaya dan Kepala Sekolah SMA Plus PJ Ibu Evvie Farida, M.Pd serta Ibu Marini Diah N, Wakil Kepala Sekolah SMA Plus Pembangunan Jaya. Tidak hanya para siswa SMP Pembangunan Jaya yang begitu antusias untuk melihat peristiwa langka ini, beberapa siswa/i dari sekolah-sekolah yang berada di bawah lingkup Yayasan Pembangunan Jaya pun turut hadir pada malam itu. Mereka sangat antusias menunggu giliran mengamati proses gerhana bulan dari balik perangkat teleskop yang tersedia.

Baca Juga:

https://www.infobintaro.com/semerbak-nusantara-prestasi-membanggakan-sma-plus-pembangunan-jaya/
https://www.infobintaro.com/pernah-coba-pengharum-mobil-dari-aromaterapi/

Acara peneropongan gerhana bulan ini diprakarsai oleh School Science Center (SSC) yang ada di SMA Plus Pembangunan Jaya. Menurut Ibu Lily Endang Wulan Sari, Direktur SSC, Science School Center telah ada sejak tahun 2001.

School Science Center SMA Plus Pembangunan Jaya (SSC-SPJ) merupakan fasilitas pembelajaran yang dikembangkan sebagai bagian dari konsep keunggulan sekolah. SSC-SPJ diresmikan oleh Menteri Pendidikan Nasional RI saat itu Bapak Prof. Drs. Abdul Malik Fadjar, M.Sc  pada tanggal 27 September 2001. Lokasi  SSC-SPJ berada di kawasan pendidikan SMA Plus Pembangunan Jaya Sektor IX Bintaro Jaya – Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan.

Berdirinya SSC – SPJ sebagai bagian dari fasilitas pembelajaran di SMA Plus Pembangunan Jaya adalah usaha untuk melaksanakan proses pembelajaran yang lengkap mulai dari belajar teori, mengamati, mencoba, memahami, menganalisa, mengembangkan ide sampai dengan menghasilkan karya.

Tujuan didirikannya antara lain untuk merangsang rasa ingin tahu, memperkenalkan aplikasi teori dan konsep dasar keilmuan (sains), memberi kesempatan bereksperimen, membuat anak berani dan kreatif dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan serta mempertahankan pendapatnya.

SSC mengadakan program sains sebagai program reguler yang diadakan bagi siswa kelas 5 SD, kelas 8 SMP dan kelas 11 SMA. Bahkan untuk tahun ajaran mendatang bakal diadakan program sains bagi siswa TK Pembangunan Jaya.

Baca Juga: https://www.infobintaro.com/mengenal-kbtk-pembangunan-jaya/

Science Night

Salah satu program SSC adalah “Science Night” yang merupakan kegiatan astronomi yang dilaksanakan di School Science Center Sekolah Pembangunan Jaya, bekerjasama dengan himpunan pecinta astronomi Indonesia. Khusus untuk acara peneropongan gerhana bulan pada hari Rabu, 31 Januari 2018 SSC bekerja sama dengan Gamma Astronomy Club yang merupakan Komunitas Pecinta Astronomi dari UIN Ciputat. Klub ini dibimbing oleh salah satu dosen di UIN Ciputat. Kegiatan klub ini dapat diikuti dari akun instagramnya: @gammaastronomyclub. Malam ini kakak-kakak dari Gamma Astronomy Club memandu para siswa agar dapat mengamati gerhana bulan via perangkat teleskop dengan mudah.

Terbuka Bagi Kalangan Eksternal PJ

Menariknya program “Science Night” tidak hanya dapat diikuti oleh siswa-siswi tingkat SD, SMP, SMA Sekolah Pembangunan Jaya. Program ini pun terbuka bagi siswa sekolah di luar Pembangunan Jaya. Pelaksanaanya dilaksanakan secara berkala setiap bulannya sesuai tingkatan sekolah, yang dimulai dari hari Jumat malam sampai dengan Sabtu pagi.

Jenis kegiatannya sangat beragam, mulai dari peneropongan bintang, planet dan benda langit lainnya, workshop, pemutaran film astronomi, belajar mengenai astronomi dan eksplorasi galeri SSC. Program “Science Night” pun sudah menjadi agenda rutin SSC, baik untuk kalangan internal maupun ekternal Pembangunan Jaya.

Hingga akhir September 2017, sudah 3 kali diselenggarakan “Science Night” dari 13 kali yang direncanakan, Dua kali eksternal yang sudah terlaksana ( untuk tingkat SD pada tanggal 11 – 12 Agustus 2017 dan SMP tanggal 15 – 16 September 2017 ), sedangkan untuk internal baru satu kali dilaksanakan yaitu pada tanggal 29 – 30 September 2017 yang diikuti oleh siswa kelas 5 A dan 5 B SD Pembangunan Jaya.

SSC ini pun menyelenggarakan program pengamatan gerhana matahari pada tanggal 9 Maret 2016 yang diikuti oleh Kelompok Ilmiah Remaja SD, SMP dan SMA Plus Pembangunan Jaya.

Saat ini masih terbuka kesempatan bagi siswa dan siswi di wilayah Tangerang Selatan dan sekitarnya untuk mengikuti kegiatan ini. Untuk informasi pelaksanaan dapat menghubuni no telp : 7486-4885 atau email : sekolah_jaya@yahoo.com.

Info lebih lanjut:
School Science Center SMA Plus Pembangunan Jaya
Jl. Taman Makam Bahagia ABRI
Sektor 9 Bintaro Jaya
Pondok Aren – Tangerang Selatan
Telp/Fax : 021 74864885
Email : sekolah_jaya@yahoo.com
Website: ssc.jayaschool.org

(EGS)