Menginterpretasikan Kehidupan Melalui Photo Painting, Dik Doank Art Studio

Bagi setiap orang, kehidupan ibarat kanvas luas tidak bertepi yang bisa dilukis berbagai hal sepanjang hidupnya. Keindahan lukisan yang dihasilkan bergantung kemampuan setiap orang menggoreskan kuas dan catnya ke atas permukaan kanvas, yang dipengaruhi hubungannya dengan Sang Pencipta. Bagi seorang seniman seperti Dik Doank, seni adalah bagian dari menerjemahkan kehidupan menjadi suatu hasil karya indah yang mampu ‘menyampaikan’ pesan dari Sang Khalik kepada dunia.

“Tuhan adalah sumber dari segala seni dan keindahan.” demikian yang dijelaskan Dik Doank kepada Info Bintaro saat menyambangi stan yang ditempati Dik Doank Art Studio pada Bazaar UKM Griya CIMB Niaga Bintaro yang berlangsung di lobby Griya CIMB Niaga 2 dari tanggal 17-28 Juli 2017. Berbeda dari stan-stan lain yang menampilkan berbagai busana hasil karya para UKM peserta bazaar. Dik Doank Art Studio menampilkan hasil karya Photo Painting dari Dik Doank.

Photo Painting adalah satu cabang seni lukis yang mengaplikasikan hasil cetak foto digital menjadi goresan-goresan seni pada berbagai media. Bila berbagai outlet digital printing hanya sekedar memindahkan foto/gambar digital pada berbagai media, photo painting menampilkan goresan-goresan artistik dari senimannya. Pada bazaar ini, Dik mendemonstrasikan goresan-goresan yang dibuatnya pada cetakan kasar (raster) menjadi hasil karya seni yang indah.

Dik menjelaskan, “Awal saya mengembangkan seni ini karena saya selalu membawa smartphone, saya ingin smartphone ini bisa digunakan lebih dari sekedar cara-cara konvensional. Saya menggunakan smartphone untuk merekam berbagai hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari melalui foto-foto. Foto-foto itu kemudian saya ubah menjadi lukisan-lukisan.” Sebagai informasi, beberapa waktu yang lalu Dik Doank pernah ‘blusukan’ ke Pasar Jombang, Tangerang Selatan dan merekam berbagai realita yang ada di pasar tersebut dengan smartphone-nya yang kemudian diubahnya menjadi lukisan (Baca juga : ”Photo Painting” ala Dik Doank). Melalui lukisan-lukisan yang dikreasikannya, Dik mengungkapkan keprihatinannya akan kondisi sosial-ekonomi yang terkait dengan kebijakan yang diambil pemangku kepentingan.

Namun hasil photo painting dari Dik Doank Art Studio tidak melulu berkaitan pemandangan umum yang kita lihat, Dik banyak menampilkan foto-foto para tokoh terkenal yang diubahnya menjadi lukisan melalui teknik photo painting.

Kita bisa memesan berbagai hasil karya seni indah dari Dik Doank Art Studio yang menampilkan foto wajah kita, keluarga, dan orang lain untuk dibuat menjadi lukisan indah yang dikreasikan dari tangan Dik Doank sendiri. Dik menjelaskan, “Lukisan-lukisan foto ini bisa diaplikasikan pada kertas, plastik, kayu serta bahan-bahan lain. Anda bisa membuat sebuah cover buku dengan sentuhan artistik yang akan meningkatkan nilai jual buku tersebut, sebelum di-launching.” Pada bazaar ini Dik Doank Art Studio menampilkan mug, pin, buku, dll yang menampilkan foto wajah seseorang yang telah dilukis dengan warna-warni menarik.

Jika Anda ingin memesan lukisan-lukisan photo painting, Anda cukup mengirimkan file digital foto Anda dengan kualitas yang baik. Selanjutnya Anda tinggal menunggu lukisan yang Anda pesan selesai. Waktu penyelesaian yang dibutuhkan tidak lama, menurut Dik, ia bisa menyelesaikan sebuah lukisan dalam waktu sekitar 1 jam.

Berbagai ukuran lukisan bisa dipesan. Standarnya ada 3 ukuran lukisan: kecil, sedang dan besar. Ukuran kecil berukuran sekitar ¾ kertas A4, ukuran sedang kurang lebih besar dari A4, sedang ukuran besar kurang lebih seukuran dengan A3. Namun Dik tidak membatasi ukuran lukisan yang dibuatnya, “Jika perlu, saya bisa membuat lukisan seukuran lapangan bola.” kata Dik sambil tertawa.

Harga yang dibanderol untuk ukuran kecil-besar cukup terjangkau, ada pada rentang Rp. 300-500 ribu. Harga ini sudah termasuk frame dan aksesorisnya,

Untuk pemesanan lukisan-lukisan seperti ini bisa menghubungi ke 0822 1100 0780 atau melalui email : dikdoankstudio@yahoo.com, atau melalui direct message Instagram @dikdoankstudio. Jika Anda ingin melihat hasil-hasil lukisan Dik Doank lainnya, bisa mengakses Tumblr www.dikdoankstudio.tumblr.com.

 

(ES)

Leave a Comment