Rab. Nov 20th, 2019

Mengingat Seperti Seekor Gajah : Seminar Student Memory Course

student_memory_course_seminar_bintaro_plaza_2905_1

Gajah sering dianggap sebagai hewan yang lambat, bahkan malas. Namun bukan berarti gajah adalah hewan yang bodoh. Hasil-hasil riset membuktikan bahwa gajah memiliki kemampuan mengingat yang jauh lebih baik dari kebanyakan manusia. Gajah dapat mengingat hal-hal detil yang seringkali bagi manusia, luput dari perhatian.

Kemampuan mengingat adalah satu bagian dari kecerdasan. Berapa banyak dari kita yang sering membanggakan kemampuan menganalisa dan kecepatan mencerna sesuatu hal yang baru, namun kita sering mengalami lupa dalam menaruh kunci rumah, atau mengingat nama sesorang yang pernah berkenalan dengan kita.

Perkembangan teknologi yang pesat belakangan ini memang memudahkan kehidupan kita, namun tanpa kita sadari ketergantungan akan teknologi semakin meningkat sehingga kita tidak terlatih untuk mengingat segala sesuatu. Semua informasi kita masukkan dalam smartphone, dari mulai nomor handphone teman, keluarga dan kenalan baru, sampai dengan agenda kegiatan, sampai dengan berbagai dokumen penting. Kita menjadi sangat tergantung dengan teknologi dan mempercayainya, padahal Tuhan menganugerahkan kemampuan dasar yang sebetulnya lebih baik daripada teknologi apa pun, yaitu kemampuan mengingat.

Kemampuan mengingat dapat ditingkatkan dengan latihan menggunakan metode-metode yang sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa pun, tidak peduli apakah seorang anak kecil, mau pun orang yang sudah berusia lanjut. Gramedia Academy, sebuah divisi di bawah Kompas – Gramedia Group untuk pendidikan dan pelatihan praktis mengadakan Seminar Student Memory Course di toko buku Gramedia, Bintaro Plaza, pada Minggu, 29 Mei 2016.

Seminar yang menampilkan narasumber Yudi Lesmana, seorang pakar memorizing di Indonesia dan salah satu dari segelintir orang di dunia pemegang gelar Grandmaster untuk memorizing, merupakan lanjutan dari seminar serupa yang sudah berlangsung di Gramedia World, Bintaro Emerald pada tanggal 22 Mei 2016 (baca juga : Penampilan Duel Otak Siswa Student Memory Course di Gramedia Emerald). Bintaro merupakan salah satu lokasi untuk mengikuti Student memory Course, disamping Kota Kasablanka (Kokas), Palmerah Barat, BSD, Jakarta Barat dan Bandung.

student_memory_course_seminar_bintaro_plaza_2905

Dalam paparannya, Yudi menjelaskan, pikiran manusia cenderung untuk mengingat hal-hal yang menarik perhatiannya dan melupakan hal-hal yang tidak menarik baginya. Salah satu hal yang bisa menarik perhatian manusia adalah warna. Yudi memberikan contoh dengan serangkaian gambar yang memiliki satu atau beberapa tanda warna yang jelas terlihat mau pun agak tersamar. Yudi mengajak peserta untuk mengingat ciri warna yang ada pada gambar-gambar itu, dan menguji daya ingat peserta setelah gambar-gambar tersebut dihilangkan dari layar projector. Selanjuytnya Yudi menunjukkan serangkaian kata-kata yang merupakan kata benda dalam kehidupan sehari-hari. Cara untuk mengingat kata-kata benda tersebut bukanlah dengan menghapal mati seperti yang biasa dilakukan oleh anak sekolah. Yudi mengajak peserta untuk membayangkan kata-kata itu menjadi rangkaian gambar yang mewakili kata-kata itu. Penggambaran seperti apa pun sah saja, bahkan untuk hal yang kelihatannya konyol sekali pun. Rangkaian gambar itu kemudian dirangkaikan dengan kata-kata menjadi sebuah cerita. Prinsip inilah yang digunakan dalam Student Memory Courses untuk melatih peserta dari mulai tingkat SD sampai SMA untuk dapat menerapkannya dalam pelajaran sekolahnya (baca juga : Meningkatkan Kemampuan Mengingat Anak Dengan Student Memory Course).

BACA JUGA  Apa Yang Paling Banyak Dicari Orang Indonesia di GOOGLE?

Berbagai metode digunakan dalam Student Memory Course untuk melatih pesertanya, seperti Chain, Association, Substitution, Location dan Imagination. Yudi menyatakan bahwa “memory is a skill”, namun karena kurangnya dilatih, kita seringkali mengalami kesulitan untuk mengingat nama orang yang panjang, kata-kata sulit dan angka. Untuk mempelajari dan berlatih untuk meningkatkan kemampuan mengingat, Yudi mempersilahkan para peserta seminar untuk membaca buku-bukunya yang didisplay pada meja di belakang lokasi seminar.

student_memory_course_seminar_bintaro_plaza_2905_2

Seminar diakhiri dengan sesi tanya jawab, beberapa peserta mengajukan pertanyaan-pertanyaan dengan antusias yang kemudian dijawab Yudi dengan sesekali memberikan contoh-contoh. Pada pukul 15.30, seminar berakhir dengan sebelumnya dilakukan sesi foto bersama.

student_memory_course_seminar_bintaro_plaza_2905_3

 

(ES)

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan