Mengendalikan Diabetes Pada Saat Sakit

Cuaca akhir-akhir ini tidak menentu. Siang panas terik. Sore atau malam hari hujan deras membuat Anda demam, batuk, pilek, muntah/mencret serta sakit lainnya. Keadaan tersebut dapat “menaikkan” kadar gula dalam darah diabetisi (sebutan bagi penderita diabetes).

Penting diketahui bahwa kadar gula darah yang tinggi akan memperlambat proses penyembuhan, bahkan dapat memperberat perjalanan penyakit yang belum sembuh tersebut.

Apabila Anda mengidap penyakit diabetes, lakukan hal-hal berikut ini:

  1. Periksalah kadar gula darah (Pemantauan Gula Darah Mandiri/PGDM) lebih sering dari biasanya, misalnya setiap 4 jam dan catatlah hasilnya.
  2. Teruslah memakai insulin dan tablet obat diabetes. Meskipun Anda mengalami kesulitan makan, Anda tetap memerlukan pengobatan diabetes.
  3. Minumlah minimal 1 gelas air (tanpa kalori dan kafein) setiap 4 jam, atau 1.500 cc/hari, kecuali jika punya masalah dengan jantung.
  4. Bila Anda tidak dapat makan seperti biasanya, cobalah minum jus atau makanlah biskuit crackers dan sop.
  5. Bila Anda tidak dapat makan sama sekali atau sulit menelan, minumlah makanan cair atau teh manis (dengan gula, bukan pemanis)
  6. Bila memungkinkan, periksalah zat keton dalam air kencing, khususnya bila gula darah Anda lebih dari 240 mg/dl dan apabila Anda tidak dapat makan dan minum.
  7. Segeralah temui dokter apabila:
    1. Kadar gula darah Anda tetap lebih dari 240 mg/dl pada hari berikutnya
    2. Ditemukan adanya zat keton dalam pemeriksaaan air kencing Anda.
    3. Merasa lebih ngantuk/lemah daripada biasanya
    4. Merasa sesak nafas.
    5. Tidak dapat berpikir secara jernih
    6. Muntah lebih dari sekali
    7. Mencret masih berlanjut, dalam waktu lebih dari 6 jam
    8. Demam yang belum mereda setelah 2 x 24 jam.
  8. Informasikan kepada dokter bahwa Anda adalah diabetisi dan beritahukan obat-obatan yang sedang dikonsumsi. Untuk menghemat biaya, Anda dapat ke RS IMC Bintaro. Selain ke dokter, Anda pun dapat menjalani tes laboratorium dengan harga terjangkau.

Promo RS IMC Bintaro

Saat ini sedang berlangsung promo Paket Pemeriksaaan Diabetes Melitus yang meliputi gula darah puasa, gula darah 2 jam PP, HbAA1C serta konsultasi dokter plus gratis snack. Semuanya termasuk di dalam paket seharga Rp. 235.000. Promo ini akan berlaku sampai tanggal 31 Desember 2017.

Informasi lebih lanjut:

RS IMC Bintaro  
Jl. Raya Jombang No. 56
Jombang, Tangerang Selatan 15414
Telp: 021 – 745 6379

 

(EGS)

Leave a Comment