Mengenali Diri Melalui Tulisan Tangan: Komunitas Grafologi

Saat kita menulis sebenarnya tangan kita hanya sebagai alat untuk memegang alat tulis. Gaya tulisan kita itu berasal dari pikiran bawah sadar kita. maka bisa dikatakan bahwa tulisan bisa mengungkapkan berbagai perasaan emosi si penulisnya. Tulisan tangan sebenarnya adalah tulisan dari otak manusia yang merupakan gambaran dari kepribadian setiap individu.

menulis_tangan_info_bintaro

Sama seperti bahasa tubuh, tulisan tangan dapat dianalisa untuk mengetahui/menilai karakter kepribadian seseorang. Ilmu membaca /menganalisa tulisan tangan dikenal dengan nama grafologi (graphology).

Untuk memberikan pemahaman mengenai peranan tulisan tangan dalam mengembangkan karakter seseorang, sejumlah praktisi grafologi menggagas terbentuknya Komunitas Grafologi. Komunitas yang terdiri dari berbagai latar belakang profesi ini terbentuk dari kesamaan pandangan bahwa dengan mengetahui karakter seseorang melalui tulisan tangannya, dapat dilakukan upaya-upaya untuk memperbaikinya.

Komunitas Grafologi telah berada di beberapa wilayah Jabodetabek dan kota di Indonesia, seperti Bintaro, Tebet, Pondok Gede, Bogor, Bandung, Semarang dan Yogyakarta. Menurut Dede AM, seorang profesional grafologi, yang juga merupakan salah seorang penggagas berdirinya komunitas ini, grafologis (istilah untuk praktisi grafologi) di Bintaro adalah yang terbanyak dan paling aktif dalam komunitas ini.

Untuk memperkenalkan grafologi, Komunitas Grafologi membuka booth di Bintaro Xchange Mall pada event Joy of Giving yang diadakan oleh Bank Permata, Sabtu dan Minggu, 24 & 25 September 2016. Selain itu, Komunitas Grafologi juga membuka booth pada saat berlangsungnya Car Free Day (CFD) Bintaro dan juga direncanakan untuk berpartisipasi pada CFD Sudirman.

komunitas_grafologi_info_bintaro

Tidak hanya itu, komunitas ini juga menggagas berdirinya Komunitas ‘Ayo Menulis’. Dede menjelaskan, ide awal berdirinya komunitas ini dikarenakan adanya keprihatinan semakin jarangnya menulis pada anak-anak. Anak-anak pada saat ini lebih terbiasa memegang gadget seperti handphone, menulis pun dilakukan pada gadget. Padahal, tulisan tangan memiliki peran besar dalam membentuk karakter. Seorang anak yang memiliki karakter-karakter positif dapat mengalami perubahan karakter jika ia banyak mengikuti tulisan teman-temannya.

“Komunitas Grafologi akan terus mengedukasi masyarakat mengenai peranan tulisan tangan dalam perkembangan seseorang dan perbaikan-perbaikan yang dilakukan melalui upaya-upaya praktis seperti cara berkomunikasi, sehingga seseorang dapat memandang dirinya dan lingkungan secara lebih positif,” tutup Dede.

 

(ES)

Leave a Comment