Berita Utama

Mengenal Sistem Operasi Terbaru dari Huawei

Setelah diluncurkan di ajang Huawei Developer Conference beberapa minggu lalu, Huawei memperkenalkan sistem operasi terbarunya untuk diterapkan di berbagai perangkat dan skenario ke pasar Indonesia dalam sebuah acara workshop. Dua teknologi terbaru dari Huawei antara lain HarmonyOS dan EMUI10.

HarmonyOS adalah sistem operasi yang ringan dan ringkas dengan fungsi yang kuat, dan pertama-tama akan digunakan untuk perangkat pintar seperti jam tangan pintar, layar pintar, sistem di dalam kendaraan, dan speaker pintar.

Sementara EMUI10 adalah UI versi terbaru buatan Huawei ini yang dilengkapi berbagai pengembangan fitur untuk kebutuhan spesifik penggunanya, seperti suara dan panggilan antar-muka, pekerjaan antar perangkat, ataupun perangkat yang terpasang pada kendaraan.

James Lu sebagai Senior Manager EMUI Product Marketing di Huawei Consumer Business Group menjelaskan alasan dibalik peluncuran kedua sistem operasi ini, “Pesatnya perkembangan teknologi seperti 5G dan AI telah mendorong pertumbuhan industri IoT. Huawei telah memperjelas bahwa strategi kehidupan cerdas semua kebutuhan pengguna akan menjadi fokus strategi dalam 5 sampai 10 tahun ke depan. Oleh karena itu, sistem operasi terbaru diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dan mengatasi tantangan yang disajikan di era kebutuhan pengguna yang terintegrasi”.

HarmonyOS – Empat fitur teknis yang berbeda

Sebuah ciptaan yang mencakup segalanya, pengalaman cerdas dengan standar yang tinggi dalam hal konektivitas, HarmonyOS diciptakan dengan empat fitur teknis yang berbeda untuk membuktinya janjinya kepada konsumen.

Seamless: Sistem operasi perangkat pertama dengan arsitektur terdistribusi, menghadirkan pengalaman tanpa batas di seluruh perangkat
Dengan mengadopsi arsitektur terdistribusi dan teknologi virtual bus yang terdistribusi, HarmonyOS menawarkan wadah komunikasi bersama, manajemen data terdistribusi, jadwal tugas terdistribusi, dan peripheral virtual.

Dengan HarmonyOS, pengembang aplikasi tidak perlu berurusan dengan teknologi yang mendasari aplikasi terdistribusi, menjadikan mereka mampu tetap fokus terhadap logika servis individual yang ada.

Perkembangan

Smooth: Mesin Laten Deterministik dan performa tinggi IPC.

HarmonyOS akan mengatasi tantangan yang berkinerja buruk dengan Deterministic Latency Engine dan Inter Process Communication (IPC) berkinerja tinggi. Deterministic Latency Engine akan menetapkan prioritas dan batasan waktu pelaksanaan tugas untuk penjadwalan di awal.

Sumber daya akan cenderung mengarah ke tugas dengan prioritas lebih tinggi, mengurangi latensi respons aplikasi hingga mencapai 25,7%. Mikrokernel ini dapat membuat kinerja IPC hingga lima kali lebih efisien daripada sistem yang ada.

Secure: Arsitektur mikrokernel yang membentuk kembali keamanan dan kepercayaan dari bawah ke atas

Desain mikrokernel Harmony OS menggunakan metode verifikasi formal untuk membentuk kembali keamanan dan kepercayaan dari bawah ke atas di Trusted Execution Environment (TEE). HarmonyOS adalah OS pertama yang menggunakan verifikasi formal di perangkat TEE, yang secara signifikan meningkatkan keamanan.

Selain itu, karena mikrokernel HarmonyOS memiliki kode yang jauh lebih sedikit (kira-kira seperseribu jumlah kernel Linux), kemungkinan serangan menjadi sangat kecil.

Unified: Integrated Development Environment (IDE) multi-perangkat memungkinkan aplikasi dikembangkan dengan satu proses, lalu dapat digunakan di beberapa perangkat

Didukung oleh IDE multi-perangkat, kompilasi multi-bahasa, dan perangkat arsitektur terdistribusi, HarmonyOS secara otomatis beradaptasi dengan kontrol dan interaksi tata letak layar yang berbeda, mendukung kontrol “geser dan jatuhkan”, serta pemprograman visual yang berorientasi pada peninjauan.

Dengan IDE multi-perangkat, pengembang dapat membuat kode aplikasi mereka sekali dan menyebarkannya di beberapa perangkat, menciptakan ekosistem yang terintegrasi erat di semua perangkat pengguna.

EMUI10 memberikan tiga pembaharuan: desain UX, pengalaman terbaik untuk semua skenario, dan standar baru untuk operasional yang mulus.

Beberapa tahun ini, Huawei berinvestasi cukup banyak untuk riset dan pengembangan EMUI agar dapat terus meningkatkan performa sistem. Pada EMUI10 sejumlah fitur telah ditingkatkan untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna, seperti:

Teknologi GPU Turbo telah meningkatkan efisiensi pemrosesan grafis hingga sejumlah 60%, sementara teknologi agregasi jaringan Link Turbo memungkinkan smartphone untuk mengakses banyak jaringan, seperti 4G dan WiFi untuk kecepatan 70% lebih tinggi dibanding hanya menggunakan 4G.

Inovasi lain seperti EROFS super file system meningkatkan tingkat random read Android sebanyak 20%, dan juga Ark Compiler juga menghaluskan aplikasi pihak ketiga sebanyak 60%.

EMUI10 juga menambah moda gelap untuk memberikan visual yang lebih nyaman. Mode gelap mengoptimalkan kedua kontras warna di antara teks dan latar belakang gelap, serta warna teks dan ikon sistem. Hasil akhirnya memastikan konsistensi visual, kenyamanan, dan kejelasan.

EMUI10 mengadopsi teknologi terdistribusi yang revolusioner untuk mendukung video call resolusi HD antar banyak perangkat.

(EGA)

Tags

 

Baca Juga

  • Manjakan Wanita Indonesia, Gogobli Gelar Promo “Brand Day”

    Manjakan Wanita Indonesia, Gogobli Gelar Promo “Brand Day”

    Menurut sebuah survey oleh A.T. Kearney, kehadiran e-commerce di era digital ini telah mentransformasi kebiasaan masyarakat dalam berbelanja, termasuk dalam hal kecantikan. Dalam survey yang dilakukan terhadap 800 perempuan, ditemukan bahwa 55% merasa sangat nyaman berbelanja online untuk kebutuhan beauty dan personal care. Hal ini disebabkan oleh kemampuan untuk membandingkan harga, memanfaatkan promosi khusus, dan menemukan […]
  • Menjajal Ayam Goreng Korea di Chicken Chon

    Menjajal Ayam Goreng Korea di Chicken Chon

    Menu masakan Korea memang belum terlalu populer bagi masyarakat Indonesia. Hal ini bukan disebabkan kurangnya menu-menu Korea yang lezat, melainkan lebih karena gencarnya berbagai promosi yang dilakukan berbagai resto-resto dari berbagai negara. Korea pun memiliki berbagai pilihan menu yang tak kalah enaknya, ambil contoh seperti ayam goreng khas Korea yang dikenal dengan nama Yangnyeom Tongdak. Gerai […]
  • Makin Produktif dengan Layanan Ride-Hailing Go-Jek

    Makin Produktif dengan Layanan Ride-Hailing Go-Jek

    Rata-rata masyarakat Indonesia yang memanfaatkan kendaraan pribadi habiskan waktu hingga 4 jam perhari di jalan akibat kemacetan. Ini hasil survei internal yang dilakukan GO-JEK kepada lebih dari 1000 responden di 8 kota besar di Indonesia. Waktu tersebut bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal yang lebih produktif. Fakta tersebut yang mendasari GO-JEK sebagai pelopor penyedia layanan ride-hailing […]
  • Fitur Cerdas vivo Y51 Mendukung Aktivitas Harian Lebih Dinamis

    Fitur Cerdas vivo Y51 Mendukung Aktivitas Harian Lebih Dinamis

    Memasuki tahun 2021, melakukan aktivitas jarak jauh secara daring dari rumah masih dianjurkan. Bukan hanya untuk bekerja, belajar, atau berkegiatan sosial, kegiatan dari rumah juga diisi dengan aktivitas virtual lain, seperti streaming drama serial favorit, media sosial, bahkan bermain game online. Pada situasi saat ini, smartphone menjadi perangkat yang diandalkan agar tetap terhubung secara efektif […]
  • Yuk Ikutan KALCare Baby’s Day Out! #2

    Yuk Ikutan KALCare Baby’s Day Out! #2

    Setelah sukses di event pertama, KALCare kembali mengadakan event seru untuk Ayah, Bunda dan Si Kecil, yaitu Baby’s Day Out! #2 di dua outlet KALCare Bintaro dan Puri Indah. Di Bintaro, acara ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 Februari 2017. Sedangkan di Puri Indah, akan diadakan di KALCare Puri, Lippo Mall Puri pada hari […]
  • Grabexpress Ajak Keluarga Indonesia Tunjukkan Kasih Sayang Kepada Para Ibu Melalui Program #1000kadodihariibu

    Grabexpress Ajak Keluarga Indonesia Tunjukkan Kasih Sayang Kepada Para Ibu Melalui Program #1000kadodihariibu

    Hari Ibu tanggal 22 Desember menjadi sebuah momen tepat bagi setiap anak untuk mengungkapkan kasih sayang dan rasa terima kasih kepada sang Ibu. Menyambut momen spesial ini, Grab, Online-to-Offline (O2O) mobile platform terkemuka di Asia Tenggara mempersembahkan 1000 kado istimewa untuk para ibu melalui peluncuran kampanye #1000KadoDiHariIbuyang didukung oleh layanan kurir instan, GrabExpress. Program ini diadakan serentak di 4 […]
  • Hotel Santika Premiere Bintaro Turut Meriahkan HUT Tangsel

    Hotel Santika Premiere Bintaro Turut Meriahkan HUT Tangsel

    26 November 2016 kali ini Kota Tangerang Selatan merayakan hari jadinya yang ke-8. Hotel Santika Premiere Bintaro akan turut memeriahkan dengan menghadirkan berbagai promo menarik. 26 – 28 November 2016, menginap di Hotel Santika Premiere Bintaro tersedia mulai harga Rp. 728,000,-, sudah termasuk sarapan pagi untuk dua orang, diskon 15% untuk Food & Beverage di […]
  • TaniHub Group Berkolaborasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan Beserta Platform Digital

    TaniHub Group Berkolaborasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan Beserta Platform Digital

    TaniHub Group, startup pertanian terdepan di Indonesia, kembali melakukan kolaborasi yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada Rabu, 19/08/2020, bersamaan dengan soft launching Pasar Laut Indonesia di Auditorium Tuna, Gedung Mina Bahari IV KKP, Jakarta Pusat. Sedikit berbeda dengan kerja sama lainnya yang sudah pernah dilakukan […]
  • Ajang Pelestarian Budaya Betawi Melalui Festival Bintaro 3

    Ajang Pelestarian Budaya Betawi Melalui Festival Bintaro 3

    Perkembangan kehidupan modern dan percampuran antar budaya seringkali menggerus budaya-budaya asli setempat yang sesungguhnya menjadi identitas daerah itu. Untuk itu berbagai kebudayaan lokal perlu selalu dijaga melalui berbagai kegiatan untuk menampilkan ‘wajah’ budaya lokal itu sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat yang belum mengenalnya. Dalam menyambut HUT DKI ke-490 sekaligus mengenalkan dan melestarikan kebudayaan Betawi, Forum Komunikasi Anak […]
  • Mencapai 2000 Pengiriman, Mobilkamu Merayakan Momen Spesial Bersama Konsumen ke Dufan

    Mencapai 2000 Pengiriman, Mobilkamu Merayakan Momen Spesial Bersama Konsumen ke Dufan

    Selama 3 tahun berjalan sejak didirikan pada tahun 2016, Mobilkamu telah berkembang pesat dengan pencapaiannya selama ini. Mobilkamu berawal dari sebuah ide yang dicetuskan oleh Wilton Halim (CEO), Kalen Iselt (COO) dan Caue Motta (CCO) untuk mendirikan sebuah perusahaan penjualan mobil baru berbasis teknologi yang dapat menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia. Dalam perjalanannya, Mobilkamu telah […]
  • T-Week Latte Art Competition Unika Atma Jaya Serpong, Ajang Melatih Kemampuan Para Barista Profesional

    T-Week Latte Art Competition Unika Atma Jaya Serpong, Ajang Melatih Kemampuan Para Barista Profesional

    Pekerjaan seorang barista (peracik kopi) sebagian merupakan seni. Betapa tidak, selain dituntut memiliki pengetahuan yang mumpuni mengenai berbagai macam kopi dan karakternya, seorang barista juga harus bisa menggunakan berbagai teknik dan peralatan dengan menggabungkan pengetahuan dan skill-nya untuk menghasilkan kopi yang nikmat. Namun, kenikmatan dari kopi saja belum cukup, pada waktu belakangan ini berkembang tren […]
  • Mercedes-Benz Weekend Test Drive 2019: Merasakan Langsung Efisiensi dan Teknologi EQ Boost

    Mercedes-Benz Weekend Test Drive 2019: Merasakan Langsung Efisiensi dan Teknologi EQ Boost

    Setelah memulai tahun 2019 dengan catatan positif, MercedesBenz menjadi tuan rumah acara tahunan WEEKEND TEST DRIVE yang ke-5 untuk merasakan performa dan kemewahan dari berbagai pilihan Sedan, Compact Car, Dream Car, SUV dan Vans terbaru. Pada WEEKEND TEST DRIVE 2019, yang diadakan dari 7 hingga 10 Februari, Mercedes-Benz menampilkan 10 mobil dan menawarkan 15 kendaraan […]
  • Citibank N.A., Indonesia Membukukan Laba Bersih Rp 3 Triliun di Tahun 2019

    Citibank N.A., Indonesia Membukukan Laba Bersih Rp 3 Triliun di Tahun 2019

    Citibank N.A., Indonesia membukukan laba bersih sebesar Rp 3 triliun di tahun 2019, termasuk peningkatan pendapatan bunga bersih dan pendapatan operasional bersih. Pendapatan bunga bersih tumbuh 5% dari tahun lalu menjadi Rp 4,4 Triliun karena peningkatan rata-rata kredit dan bank secara aktif telah meningkatkan rasio dana murah. Peningkatan pendapatan operasional bersih terutama berasal dari pendapatan […]
  • Bukalapak Diakui Financial Times Sebagai Salah Satu High Growth Companies di Asia Pasifik 2020

    Bukalapak Diakui Financial Times Sebagai Salah Satu High Growth Companies di Asia Pasifik 2020

    Satu dekade menjadi bagian dari kemajuan ekonomi Indonesia sebagai tech-commerce, Bukalapak diakui oleh Financial Times sebagai perusahaan dengan tingkat pertumbuhan tertinggi ke-14 di Asia Pasifik atau ke-2 di Indonesia dengan laju pertumbuhan majemuk tahunan (Compound Annual Growth Rate / CAGR) sebesar 255.5% dan tingkat pertumbuhan pendapatan (Absolute Revenue Growth Rate) sebesar 4,393.2% dalam kurun waktu […]
  • Soft Launching Apartemen Bintaro Mansion

    Soft Launching Apartemen Bintaro Mansion

    Pada Minggu, 9 Oktober 2016, bertempat di Santika Premiere Bintaro dilakukan soft launching Apartemen Bintaro Mansion. Soft launching ini menandai dimulainya penjualan unit-unit apartemen yang dipasarkan oleh PT. Gaharu 88, sebagai pengelola Apartemen Bintaro Mansion. Apartemen Bintaro Mansion yang berlokasi di Jl. Raya Jombang merupakan apartemen strata title yang terdiri dari 2 tower, 15 lantai […]
  • Patroli Gabungan Berupaya Cegah Perampokan di Rumah Kosong

    Patroli Gabungan Berupaya Cegah Perampokan di Rumah Kosong

    Patroli bersama  Polrestro Tangerang Kota,  TNI, dan  satpam dilakukan di kawasan permukiman dan perumahan di wilayah  Kota Tangerang  hingga Senin (18/6/2018). Patroli dilakukan untuk mengawasi rumah kosong yang ditinggal mudik Lebaran oleh pemiliknya. ”Patroli dilakukan untuk mengantisipasi dari tindakan kriminal. Apalagi rumah kosong akan menjadi sasaran tindak kejahatan konvensional pada saat penghuninya mudik ke kampung […]
  • 9 Kesalahan Saat Packing dan Cara Mengatasinya

    9 Kesalahan Saat Packing dan Cara Mengatasinya

    Percaya atau tidak, proses packing atau berkemas-kemas sebelum traveling itu perlu trik tersendiri. Packing itu susah-susah gampang. Terlebih jika Anda bepergian dengan budget airlines dan tidak memilih opsi pembelian bagasi, cara packing yang benar akan menentukan sekali. Berikut beberapa kesalahan packing yang kerap terjadi dan cara mengatasinya: Membawa Cairan Dalam Wadah Lebih Dari 100 ml […]
  • 12 Promo Spesial Dalam Puncak Shopee 12.12 Birthday Sale

    12 Promo Spesial Dalam Puncak Shopee 12.12 Birthday Sale

    Shopee platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan bersiap memanjakan seluruh penggunanya lewat deretan promo fantastis dalam hari puncak kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale. Bertepatan dengan hari ulang tahunnya, Shopee akan menghadirkan rangkaian promo serta acara menarik yang juga akan berlangsung  di tanggal 12 Desember. Promo hari puncak akan dimulai tepat pada pukul 00.00 […]
  • Apa Yang Paling Banyak Dicari Orang Indonesia di GOOGLE?

    Apa Yang Paling Banyak Dicari Orang Indonesia di GOOGLE?

    Banyak peristiwa penting yang terjadi di tahun 2017, yang membuat kita terus bertanya. Namun bukan hanya untuk mengetahui apa yang terjadi, tapi untuk mengetahui apa yang bisa kita lakukan sebagai manusia dan membuat dunia menjadi lebih baik. Berikut adalah ulasan tentang Year In Search 2017. Seperti sebelum-sebelumnya, menjelang akhir tahun, Google Indonesia merilis daftar Year in Search 2017 berisi […]
  • Hyundai dan Armada Khusus Transportasi Grab Sediakan Ioniq Electric untuk Tingkatkan Mobilitas Tenaga Kesehatan

    Hyundai dan Armada Khusus Transportasi Grab Sediakan Ioniq Electric untuk Tingkatkan Mobilitas Tenaga Kesehatan

    Sebagai kelanjutan dari dukungannya untuk tenaga kesehatan dalam melawan pandemi COVID-19, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) kembali memberikan bantuan dengan bersama Armada Khusus Transportasi Grab menyediakan Hyundai IONIQ Electric bagi tiga rumah sakit rujukan COVID-19. Hyundai IONIQ Electric, yang dapat dikendarai hingga 373 KM dengan kapasitas baterai penuh, akan digunakan sebagai moda transportasi tenaga kesehatan […]

Tinggalkan Balasan