Berita Utama

Mengenal Sistem Operasi Terbaru dari Huawei

Setelah diluncurkan di ajang Huawei Developer Conference beberapa minggu lalu, Huawei memperkenalkan sistem operasi terbarunya untuk diterapkan di berbagai perangkat dan skenario ke pasar Indonesia dalam sebuah acara workshop. Dua teknologi terbaru dari Huawei antara lain HarmonyOS dan EMUI10.

HarmonyOS adalah sistem operasi yang ringan dan ringkas dengan fungsi yang kuat, dan pertama-tama akan digunakan untuk perangkat pintar seperti jam tangan pintar, layar pintar, sistem di dalam kendaraan, dan speaker pintar.

Sementara EMUI10 adalah UI versi terbaru buatan Huawei ini yang dilengkapi berbagai pengembangan fitur untuk kebutuhan spesifik penggunanya, seperti suara dan panggilan antar-muka, pekerjaan antar perangkat, ataupun perangkat yang terpasang pada kendaraan.

James Lu sebagai Senior Manager EMUI Product Marketing di Huawei Consumer Business Group menjelaskan alasan dibalik peluncuran kedua sistem operasi ini, “Pesatnya perkembangan teknologi seperti 5G dan AI telah mendorong pertumbuhan industri IoT. Huawei telah memperjelas bahwa strategi kehidupan cerdas semua kebutuhan pengguna akan menjadi fokus strategi dalam 5 sampai 10 tahun ke depan. Oleh karena itu, sistem operasi terbaru diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dan mengatasi tantangan yang disajikan di era kebutuhan pengguna yang terintegrasi”.

HarmonyOS – Empat fitur teknis yang berbeda

Sebuah ciptaan yang mencakup segalanya, pengalaman cerdas dengan standar yang tinggi dalam hal konektivitas, HarmonyOS diciptakan dengan empat fitur teknis yang berbeda untuk membuktinya janjinya kepada konsumen.

Seamless: Sistem operasi perangkat pertama dengan arsitektur terdistribusi, menghadirkan pengalaman tanpa batas di seluruh perangkat
Dengan mengadopsi arsitektur terdistribusi dan teknologi virtual bus yang terdistribusi, HarmonyOS menawarkan wadah komunikasi bersama, manajemen data terdistribusi, jadwal tugas terdistribusi, dan peripheral virtual.

Dengan HarmonyOS, pengembang aplikasi tidak perlu berurusan dengan teknologi yang mendasari aplikasi terdistribusi, menjadikan mereka mampu tetap fokus terhadap logika servis individual yang ada.

Perkembangan

Smooth: Mesin Laten Deterministik dan performa tinggi IPC.

HarmonyOS akan mengatasi tantangan yang berkinerja buruk dengan Deterministic Latency Engine dan Inter Process Communication (IPC) berkinerja tinggi. Deterministic Latency Engine akan menetapkan prioritas dan batasan waktu pelaksanaan tugas untuk penjadwalan di awal.

Sumber daya akan cenderung mengarah ke tugas dengan prioritas lebih tinggi, mengurangi latensi respons aplikasi hingga mencapai 25,7%. Mikrokernel ini dapat membuat kinerja IPC hingga lima kali lebih efisien daripada sistem yang ada.

Secure: Arsitektur mikrokernel yang membentuk kembali keamanan dan kepercayaan dari bawah ke atas

Desain mikrokernel Harmony OS menggunakan metode verifikasi formal untuk membentuk kembali keamanan dan kepercayaan dari bawah ke atas di Trusted Execution Environment (TEE). HarmonyOS adalah OS pertama yang menggunakan verifikasi formal di perangkat TEE, yang secara signifikan meningkatkan keamanan.

Selain itu, karena mikrokernel HarmonyOS memiliki kode yang jauh lebih sedikit (kira-kira seperseribu jumlah kernel Linux), kemungkinan serangan menjadi sangat kecil.

Unified: Integrated Development Environment (IDE) multi-perangkat memungkinkan aplikasi dikembangkan dengan satu proses, lalu dapat digunakan di beberapa perangkat

Didukung oleh IDE multi-perangkat, kompilasi multi-bahasa, dan perangkat arsitektur terdistribusi, HarmonyOS secara otomatis beradaptasi dengan kontrol dan interaksi tata letak layar yang berbeda, mendukung kontrol “geser dan jatuhkan”, serta pemprograman visual yang berorientasi pada peninjauan.

Dengan IDE multi-perangkat, pengembang dapat membuat kode aplikasi mereka sekali dan menyebarkannya di beberapa perangkat, menciptakan ekosistem yang terintegrasi erat di semua perangkat pengguna.

EMUI10 memberikan tiga pembaharuan: desain UX, pengalaman terbaik untuk semua skenario, dan standar baru untuk operasional yang mulus.

Beberapa tahun ini, Huawei berinvestasi cukup banyak untuk riset dan pengembangan EMUI agar dapat terus meningkatkan performa sistem. Pada EMUI10 sejumlah fitur telah ditingkatkan untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna, seperti:

Teknologi GPU Turbo telah meningkatkan efisiensi pemrosesan grafis hingga sejumlah 60%, sementara teknologi agregasi jaringan Link Turbo memungkinkan smartphone untuk mengakses banyak jaringan, seperti 4G dan WiFi untuk kecepatan 70% lebih tinggi dibanding hanya menggunakan 4G.

Inovasi lain seperti EROFS super file system meningkatkan tingkat random read Android sebanyak 20%, dan juga Ark Compiler juga menghaluskan aplikasi pihak ketiga sebanyak 60%.

EMUI10 juga menambah moda gelap untuk memberikan visual yang lebih nyaman. Mode gelap mengoptimalkan kedua kontras warna di antara teks dan latar belakang gelap, serta warna teks dan ikon sistem. Hasil akhirnya memastikan konsistensi visual, kenyamanan, dan kejelasan.

EMUI10 mengadopsi teknologi terdistribusi yang revolusioner untuk mendukung video call resolusi HD antar banyak perangkat.

(EGA)

Tags

 

Baca Juga

  • Tempat Menjual Makanan Enak di Bintaro yang Menawarkan Dessert Khas Taiwan

    Tempat Menjual Makanan Enak di Bintaro yang Menawarkan Dessert Khas Taiwan

    INFO BINTARO (IB) – Hidangan penutup atau dessert adalah salah satu jenis makanan yang disukai oleh banyak orang, lewat rasa manis dan sensasi dingin yang dirasa ketika melumatnya seketika dapat menjadi mood boosterbagi yang sedang memakannya. Jika Anda salah satu penyuka hidangan ini mari kita langsung menuju tempat yang menjual makanan enak di Bintaro. Blackball […]
  • Tahukah Anda Bahwa Menu Fish and Chips Berasal dari Inggris?

    Tahukah Anda Bahwa Menu Fish and Chips Berasal dari Inggris?

    Awalnya hidangan Fish and Chips merupakan hidangan sederhana bagi kelas pekerja di Inggris. Sesuai namanya, fish and chips ini adalah kombinasi antara ikan dan kentang goreng. Ikan yang digunakan pun sudah bersih dari tulang dan dibalur oleh adonan tepung, kemudian digoreng. Sejarah dari fish and chips sendiri diperkirakan dimulai di Inggris sekitar tahun 1830. Kekayaan […]
  • Melatih Ketahanan Mental, Disiplin, dan Mempererat Tali Persaudaraan Siswa, KB/TK Pembangunan Jaya Menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

    Melatih Ketahanan Mental, Disiplin, dan Mempererat Tali Persaudaraan Siswa, KB/TK Pembangunan Jaya Menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

    Saat seorang anak mulai memasuki dunia pendidikan adalah masa-masa yang sangat penting. Pada saat ini, seorang anak akan mulai mengenal dunia pendidikan dari sebelumnya sang anak menghabiskan sebagian besar waktunya dengan bermain. Karena pentingnya masa awal ini, banyak sekolah menyelenggarakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta […]
  • Kemendag Gandeng Bukalapak Gelar Lokakarya Peluang Pasar Singapura dan Malaysia

    Kemendag Gandeng Bukalapak Gelar Lokakarya Peluang Pasar Singapura dan Malaysia

    Di tengah kondisi COVID-19, Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Ditjen PEN) bekerja sama dengan Bukalapak menyelenggarakan lokakarya dengan tema “Peluang Pasar Singapura dan Malaysia di tengah Pandemi” di Jakarta pada Senin (27/4). Lokakarya dilakukan secara virtual bagi pelapak binaan Bukalapak dari beberapa daerah di Indonesia. “Lokakarya merupakan upaya Kementerian Perdagangan dalam memberikan […]
  • AirAsia Akan Pindahkan Penerbangan Internasional di Jakarta ke Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta

    AirAsia Akan Pindahkan Penerbangan Internasional di Jakarta ke Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta

    AirAsia akan memindahkan operasional penerbangan internasional dari Terminal 3 ke Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta mulai 12 Desember 2018 pukul 03.00 pagi WIB. Nantinya seluruh penerbangan AirAsia rute domestik maupun internasional akan beroperasi di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Sehubungan dengan perpindahan ini, jadwal penerbangan AirAsia tidak mengalami perubahan. Namun, demi kenyamanan, kami mengimbau penumpang […]
  • BFI RUN 2018: Usung Konsep Yang Lebih Segar Dengan Total Hadiah Hingga Rp250 Juta

    BFI RUN 2018: Usung Konsep Yang Lebih Segar Dengan Total Hadiah Hingga Rp250 Juta

    Jelang pelaksanaan lomba yang semakin dekat, PT BFI Finance Indonesia Tbk (“BFI Finance”) mengumumkan lokasi BFI RUN 2018 yang akan diselenggarakan di Scientia Square Park, Gading Serpong, Tangerang, pada Minggu, 8 April 2018, dengan total hadiah mencapai Rp250 juta. Rute baru lomba pun sudah disiapkan untuk keempat kategori lari, termasuk kategori 10K Corporate Challenge. Selain […]
  • Tiga Tahun Wuling Motors Melangkah Bersama Indonesia

    Tiga Tahun Wuling Motors Melangkah Bersama Indonesia

    Pada Sabtu lalu (11/7), Wuling Motors (Wuling) genap memasuki tahun ketiga dalam perjalanannya di industri otomotif Tanah Air. Wuling memulai langkahnya sejak ground-breaking fasilitas pabrik dan supplier park seluas 60 hektar di Greenland International Center (GIIC), Cikarang, Jawa Barat, pada Agustus 2015. Kemudian pada 11 Juli 2017 pabrik Wuling resmi beroperasi dan menjadikan tanggal tersebut sebagai peringatan hari jadinya di Indonesia. […]
  • Pentingnya Perawatan Kulit di Era New Normal

    Pentingnya Perawatan Kulit di Era New Normal

    Memasuki tatanan kehidupan baru atau new normal, berarti kita harus menyesuaikan diri dengan perubahan rutinitas dan aktivitas harian seperti pergi bekerja. Kementerian Kesehatan Indonesia juga telah menganjurkan pemakaian masker hingga sosialisasi kampanye Dinas Kesehatan untuk Gerakan (3M); Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan sebagai protokol kesehatan mandiri. Menggunakan masker dalam waktu lama dan berulang […]
  • Gojek Percepat Digitalisasi UMKN dengan Gratiskan Biaya Transaksi Online lewat Midtrans

    Gojek Percepat Digitalisasi UMKN dengan Gratiskan Biaya Transaksi Online lewat Midtrans

    Gojek, super-app terdepan di Asia Tenggara, terus konsisten mendukung jutaan UMKM untuk beradaptasi dan tumbuh selama periode pandemi lewat upaya digitalisasi. Kali ini, Gojek membebaskan biaya transaksi online khusus untuk para merchant baru (Merchant Discount Rate) lewat salah satu ekosistemnya, yaitu payment gateway Midtrans. Pembebasan biaya transaksi ini berlaku untuk total transaksi hingga Rp 500 […]
  • Saat Tetap Harus Bekerja di Tengah Pandemi Covid-19: Perlu Lindungi Diri dengan Asuransi Kecelakaan

    Saat Tetap Harus Bekerja di Tengah Pandemi Covid-19: Perlu Lindungi Diri dengan Asuransi Kecelakaan

    Virus COVID-19 sudah menjadi pandemi. Itu sebabnya, pemerintah senantiasa mengimbau masyarakat untuk menjaga jarak saat beraktivitas (physical distancing). Masyarakat juga disarankan untuk menghindari tempat keramaian dan tidak bepergian jika bukan untuk urusan yang sangat penting. Adapun pembatasan fisik setidaknya 1 meter berulang kali dianjurkan karena hal ini sangat penting untuk mengurangi risiko tertular, terutama yang […]
  • Allianz Indonesia Berikan Pelatihan Perencanaan Keuangan kepada Lebih dari 15.000 Pelajar

    Allianz Indonesia Berikan Pelatihan Perencanaan Keuangan kepada Lebih dari 15.000 Pelajar

    Akhir tahun 2018 lalu, Allianz Indonesia baru saja menyelesaikan program Corporate Social Responsibility (CSR) My Finance Coach (MFC), program literasi keuangan yang diprakarsai oleh Allianz Group pada tahun 2010 dan telah diimplementasikan oleh kantor Allianz di berbagai negara, serta mulai dijalankan oleh Allianz Indonesia sejak tahun 2011. Menurut data yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan […]
  • Hadirkan Reality Show Baru Unprofessional Cooking Show, GoPlay Ajak Selebriti Unjuk Kebolehan Memasak dengan Cara Seru

    Hadirkan Reality Show Baru Unprofessional Cooking Show, GoPlay Ajak Selebriti Unjuk Kebolehan Memasak dengan Cara Seru

    Acara memasak yang dipandu oleh chef ternama mungkin sudah biasa. Namun, bagaimana kalau pembawa acaranya justru tidak bisa masak? Di sinilah letak keseruan reality show terbaru GoPlay Original berjudul Unprofessional Cooking Show. Dikemas dengan konsep casual, GoPlay Original Unprofessional Cooking Show mewujudkan angan-angan seorang penyanyi, penyiar radio, dan presenter, Ary Kirana untuk memiliki program acara […]
  • Tips Hadapi Resesi bagi Milenial Ala Generasi Djempolan Kredivo

    Tips Hadapi Resesi bagi Milenial Ala Generasi Djempolan Kredivo

    Pandemi COVID-19 berimbas kepada seluruh aspek kehidupan, baik kesehatan, gaya hidup kita, dan pastinya ekonomi masyarakat. Roda ekonomi yang melambat di tengah kondisi ketidakpastian membuat setiap individu harus beradaptasi, menerapkan pada pola penerapan keuangan yang lebih cerdas. Hal ini yang dirasakan oleh Alexander Thian, penulis dan konten kreator yang juga dikenal sebagai Amrazing saat ditemui […]
  • Mari Memasak Ayam Goreng Saus Telur Asin

    Mari Memasak Ayam Goreng Saus Telur Asin

    Ada banyak olahan kuliner di dunia yang berbahan dasar telur. Salah satu yang paling populer dan jadi favorit adalah telur asin. Ya, telur yang melalui proses perendaman dalam air garam dengan berbagai bahan pengawet alami lainnya ini, punya citarasa khas yang gurih dan sangat nikmat. Sebetulnya, telur asin sudah nikmat dimakan begitu saja setelah direbus. […]
  • Sambut Ramadhan, MAXstream, Melon dan E-Motion Luncurkan Serial “Negeri 5 Menara”

    Sambut Ramadhan, MAXstream, Melon dan E-Motion Luncurkan Serial “Negeri 5 Menara”

    Menyambut Ramadhan dan Idul Fitri 1440H, Telkomsel melalui aplikasi video streaming MAXstream berkolaborasi dengan Melon dan rumah produksi E-Motion meluncurkan serial drama religi berjudul “Negeri 5 Menara” untuk menemani para pelanggan. Serial yang dikemas dalam 30 episode mulai tayang perdana per episode nya setiap hari selama bulan Ramadhan pada pukul 17:00 WIB. Diangkat dari kisah […]
  • Foto : Kegiatan Pengamatan Benda Langit Gamma Astronomy Club (GAC), Memberikan Kesadaran Akan Kebesaran Sang Pencipta

    Foto : Kegiatan Pengamatan Benda Langit Gamma Astronomy Club (GAC), Memberikan Kesadaran Akan Kebesaran Sang Pencipta

    Pada Jumat-Sabtu, 12-13 April 2019 Gamma Astronomy Club (GAC) menjadi narasumber dalam Malam Bina dan Takwa (Mabit) di Madrasah Pembangunan UIN Jakarta. Rangkaian acara ini terdiri dari materi, pengamatan bulan dan planet Jupiter, pengenalan AR Solar System dan Stellarium, serta games yang dihadiri 198 siswa. Bapak Iwan Permana Suwarna, M.Pd, pembina GAC berharap GAC dapat […]
  • Insto Official Eye Drop Piala Presiden E-Sports 2020

    Insto Official Eye Drop Piala Presiden E-Sports 2020

    INSTO turut mendukung Piala Presiden E-Sports 2020 yang diselenggarakan oleh IESPL, sebagai lanjutan dari kampanye INSTO Dry Eyeducation yang dimulai sejak 2019. Edukasi dan dukungan kepada para gamers diharapkan dapat membantu masyarakat Indonesia, khususnya para gamers untuk mengenali gejala-gejala mata kering yang mungkin dialami akibat fokus menatap layar. INSTO sebagai market leader yang sudah dipercaya […]
  • Tebing Tinggi Tuan Rumah Maxi Yamaha Day Akhir Pekan Ini

    Tebing Tinggi Tuan Rumah Maxi Yamaha Day Akhir Pekan Ini

    Ajang kumpul penggemar skutik MAXI Yamaha berlanjut akhir pekan ini. Usai digelar di Cibinong dan Palembang, giliran Tebing Tinggi jadi tempat ketiga pelaksanaan MAXI Yamaha Day 2019. Tebing Tinggi terletak di provinsi Sumatera Utara. Wilayah Sumut menjadi langganan dihelatnya MAXI Yamaha Day dalam tiga tahun terakhir. Sebelumnya diadakan di Pantai Bali Lestari dan Paropo. Dan […]
  • Investasi 2018 : Menguji Kepercayaan Pada Bitcoin

    Investasi 2018 : Menguji Kepercayaan Pada Bitcoin

    Sepanjang 2017, nilai bitcoin meroket dari sekitar 900 dollar AS pada awal tahun hingga menembus 19.000 dollar AS pada Desember. Roller coaster nilai uang virtual ini berputar kencang. Dalam satu bulan terakhir, nilai bitcoin sempat terpangkas separuh, anjlok hingga mendekati 9.000 dollar AS. Menurut data Coinbase, Jumat (26/1), nilai bitcoin bergerak naik-turun pada kisaran 10.432 dollar AS […]
  • Myenterprise, Terobosan Layanan Telkomsel MyBusiness untuk Permudah Akses Produk Solusi Bisnis bagi Pelanggan Korporasi

    Myenterprise, Terobosan Layanan Telkomsel MyBusiness untuk Permudah Akses Produk Solusi Bisnis bagi Pelanggan Korporasi

    Telkomsel melalui unit bisnis Telkomsel myBusiness meluncurkan platform myenterprise sebagai solusi terbaru bagi pelanggan segmen korporasi (enterprise) atau business-to-business (B2B). Hadir dalam format self-service platform, layanan myenterprise memberikan kemudahan bagi pelanggan korporasi untuk mengakses berbagai produk solusi bisnis korporasi yang ditawarkan oleh Telkomsel. Solusi tersebut menjadi bentuk perwujudan komitmen perusahaan untuk terus memperkuat prinsip customer-centric […]

Tinggalkan Balasan