Jum. Des 13th, 2019

Mengenal Roti Jala, Roti Khas Asal Jambi

Kita beruntung tinggal di Indonesia yang memiliki beragam budaya dan beragam kuliner yang tidak akan habis dicoba dalam satu tahun. Dalam Festival Budaya Nusantara UMN 2017 yang digelar di kampus Universitas Multimedia Nusantara tanggal 11-15 September lalu terdapat anjungan Jambi. Di sana dipamerkan aneka ragam kerajinan Jambi dan referensi kulier khas Jambi. Di antaranya adalah roti jala. Roti jala ini sebenarnya makanan khas Melayu yang banyak dijual saat Ramadhan.

Kuliner ini sebenarnya adalah jenis kuliner yang berasal dari India atau Timur Tengah yang diadopsi oleh indonesia dan menjadi roti jala. Selain di Tanjung Pinang, roti jala juga dikenal oleh warga Aceh dan biasanya warga Aceh menggunakan kari kambing dan buah nanas sebagai teman makan roti ini. Mau mencoba membuatnya sendiri di rumah?

Bahan-bahan membuat roti jala:

  • 1 kg tepung terigu
  • 3 butir telor ayam
  • Garam secukupnya
  • Minyak sayur

Cara Membuatnya:

Tepung diaduk dengan air, kemudian masukkan telor dan aduk sampai rata dan ditambah air sedikit demi sedikit sampai cair. Panaskan wajan yang diolesi dengan minyak sayur. Kemudian adonan tadi dituangkan sedikit demi sedikit sehingga membentuk lingkaran yang berlubang-lubang kemudian ditutup. Setelah masak, dilipat menjadi sepertiga, dihidangkan dengan kari kambing atau kari ayam. Gampang kan?


Simak video cara membuat roti jala di https://www.youtube.com/watch?v=HCMrudOt5Jc

 

(EGS)

 

Baca Juga