Sel. Des 10th, 2019

Mengenal Program Studi Hospitality and Tourism Management (HTM), Unika Atma Jaya

Saat ini kampus Atma Jaya juga membuka lokasi perkuliahan di daerah BSD City, tepatnya di Jalan Raya Cisauk, BSD City, Tangerang, Banten 15345. Di kampus baru tersebut ada beberapa jurusan di antaranya Program Studi Manajemen Hospitality dan Pariwisata (Hospitality and Tourism Management, selanjutnya disebut HTM).  Progam ini telah berdiri sejak tahun 2010. Sebelumnya program ini berawal dari Program Diklat bersertifikat di bidang pariwisata pada Pusat Pengembangan Pariwisata Atma Jaya (P3A). Berlanjut ke Program Diploma II di bidang pariwisata pada P3A.

Di sela-sela acara perlombaan latte art di Kampus Unika Atma Jaya BSD pada tanggal 16 September 2017, Info Bintaro berkesempatan mewawancarai Titis Puspitarini, S.Sos, MBA yang merupakan Kepala Lab HTM. Beliau menuturkan bahwa HTM ini bertujuan membentuk lulusan terdidik dan terampil dalam bidang manajemen HTM sehingga dapat memenuhi peluang dan tantangan pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang sedang gencar dicanangkan oleh Pemerintah RI. Sistem pengajaran di HTM didukung oleh tenaga pendidik yang berpengalaman, baik yang berasal dari kalangan akademisi maupun praktisi.

Kerjasama Dengan Perancis

HTM ini memiliki kerja sama dengan sekolah-sekolah perhotelan dan pariwisata di Prancis di antaranya dengan University of Anger, ESCP Europe School – Paris. Juga dibangun Warung Perancis di kampus Unika Atma Jaya Jakarta yang merupakan inisiatif pertama di Indonesia oleh Kedutaan Besar Perancis untuk memperkenalkan budaya, bahasa dan sekolah di Perancis.

Peminatan

Saat ini di HTM Unika Atma Jaya terdapat 2 peminatan yakni MICE/Event Management dan Akomodasi & Culinary. Di tahun ajaran 2018 mendatang akan dibagi menjadi 4 peminatan yakni: Tourism Destination Management, Culinary Arts & Kitchen Management, MICE/Event Management, Hotel Management.

Pada peminatan pertama, Tourism Destination Management, mahasiswa akan mempelajari proses dan usaha pengembangan lokasi yang potensial untuk dijadikan tempat tujuan wisata. Sedangkan pada peminatan kedua, Culinary Arts & Kitchen Management, mahasiswa akan mengembangkan keterampilan seni memasak dan ilmu manajemen dapur, serta mempelajari tren terbaru industri kuliner. Di peminatan MICE/Event Management, mahasiswa mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam merencanakan hingga melaksanakan beragam event. Selanjutnya di peminatan Hotel Management, mahasiswa akan mengembangkan pengetahuan ilmu dari kemampuan manajemen hotel dalam industri pariwisata.

Fasilitas Praktikum

Yang membedakan HTM Unika Atma Jaya dengan sekolah sejenis adalah pemberian teori di kelas dan praktek di fasilitas laboratorium atau praktikum kampus. Saat ini HTM Unika Atma Jaya memiliki fasilitas praktikum yang lengkap mulai dari Le Café, Front Office Simulation Lab, hotel room simulation lab, observatory room, laundry simulation lab hingga culinary art studio. Menurut Titis, jumlah mahasiswa yang diterima tiap tahun tidak banyak. Hanya sekitar 30 orang. Ini dimaksudkan agar semua mahasiswa dapat menjalani praktikum secara lengkap dan menyeluruh.

BACA JUGA  Books for Sale, Books for Sekolah Bisa

Le Cafe

Le Café merupakan café mini yang menjadi  tempat praktek para mahasiswa HTM baik untuk melatih kemampuan sebagai barista maupun pengelolaan coffee shop. Café ini dibuka untuk umum Senin-Jumat jam 8.30-14.30 sesuai jadwal perkuliahan di kampus. Ada beberapa mata kuliah yang terintegrasi dengan praktek di Le Café. Titis menjelaskan bahwa mahasiswa yang praktek di Le Café ini berasal dari berbagai tingkatan kuliah. Untuk mahasiswa senior dapat bertindak sebagai manajer cafe, sedangkan untuk mahasiswa yunior dapat berperan sebagai runner.

Program Beasiswa

Bagi mahasiswa berprestasi akan disediakan beragam program beasiswa berupa potongan uang kuliah sampai 50% per semester. Di samping itu tersedia program beasiswa dari Yayasan Unika Atma Jaya, Pemerintah, Keuskupan, Perusahaan, Alumni dan lain lain.

Internship & Peluang Kerja

Program Studi Manajemen Hospitality dan Pariwisata terdiri dari 7 semester berupa sistem pengajaran di kelas dan 1 semester berupa magang. Dan selama magang 6 bulan, 8 jam per hari. Sistem monitoring magang ini sangat ketat, di mana setiap bulannya mahasiswa harus membuat laporan bulanan ke kampus. Ini dimaksudkan agar para dosen dapat memantau perkembangan mahasiswanya selama magang.

Para mahasiswa semester 8 pada Program Studi Manajemen Hospitality dan Pariwisata akan menjalani program internship serta mendapatkan peluang bekerja di beberapa hotel ternama di Jakarta seperti Raffles, The Ritz Carlton, The Westin, Pullman, JW Marriott dll. Di saat magang tersebut sebagian besar mahasiswa mengambil topik skripsinya di tempat magangnya masing-masing.

Pendampingan Karir Mahasiswa (PKM)

PKM ini adalah wadah di mana para alumni berbagi pengalaman terkait bidang kerja masing-masing, serta mendampingi mahasiswa tingkat akhir dalam membangun karis sesuai minat. Biasanya PKM ini dilaksanakan selama weekend di mana para alumni yang sudah bekerja, dapat meluangkan waktu berbagi pengalamannya kepada para mahasiswa di kampus.

BACA JUGA  Pendaftaran 25.000 Beasiswa Digital Talent Scholarship 2019 Dibuka

Info lebh lanjut:
Program Studi Manajemen Hospitality dan Pariwisata Unika Atma Jaya
Zsarin: 0812 8299 0181 (WA Only)
E-mail: zsarin.astria@atmajaya.ac.id

Twitter: @UnikaAtmaJaya
Facebook: Unika Atma Jaya
Website: http://www.atmajaya.ac.id

 

(EGS)

 

Baca Juga

You may have missed

Dalam rangka merayakan Hari Belanja Nasional (Harbolnas), Bukalapak meluncurkan kampanye bertajuk Kalap 12.12. Kampanye yang berlangsung 1-15 Desember 2019 ini mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk kalap berbelanja di Bukalapak karena diskon yang diberikan mencapai total Rp 50 Miliar, ditambah beragam promo, mulai dari diskon langsung, voucher diskon, gratis ongkir, Flash Deal Rp 12, Cashback 99%, hingga kesempatan untuk mendapatkan barang-barang luar biasa seperti Mobil Toko, Ruko, hingga Kos-Kosan seharga Rp 12.000 saja di program Serbu Seru Kalap. “Setiap orang pada dasarnya butuh pelampiasan untuk menyalurkan emosi dan keinginan, termasuk di dalamnya keinginan dan napsu belanja. Oleh karena itu, di momen Harbolnas ini, momen yang sudah menjadi tradisi di dunia belanja online dan selalu ditunggu-tunggu, kami memberikan kesempatan pada seluruh masyarakat Indonesia untuk melampiaskan napsu belanjanya hingga kalap, karena asik menikmati semua promo dan penawaran spesial di Kalap 12.12”, ujar Erick Wicaksono, VP of Marketing Bukalapak. “Untuk menambah semangat agar semakin kalap, Kalap 12.12 juga menghadirkan Serbu Seru Kalap mulai tanggal 10 Desember, di mana para pengguna Bukalapak bisa menyerbu Mobil Toko, Ruko, hingga Kos-Kosan yang tidak hanya luar biasa dan berbeda dari tahun sebelumnya, tapi juga bisa mendorong para penyerbu yang berhasil untuk memulai usaha dan meningkatkan kualitas hidup mereka”, tambah Erick. Informasi lebih lanjut mengenai promo KALAP 12.12 bisa dilihat di bukalapak.com.