Rehat

Mengenal Museum Sumpah Pemuda

Belum lama ini kita memperingati hari Sumpah Pemuda. Sumpah pemuda ini dideklarasikan di Jalan Kramat Raya No. 106, Jakarta yang akrab disebut museum Sumpah Pemuda. Tulisan ini mengulas tentang sejarah museum ini.

Museum Sumpah Pemuda adalah sebuah museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia yang berada di Jalan Kramat Raya No. 106, Jakarta Pusat dan dikelola oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia. Museum ini dibuka untuk umum, setiap hari Selasa sampai dengan Jumat dari pukul 08.00 hingga 15.00, setiap Sabtu dan Minggu pada pukul 08.00—14.00 WIB, dan setiap hari Senin dan hari besar nasional, museum ini ditutup untuk umum.

Museum ini memiliki koleksi foto dan benda-benda yang berhubungan dengan sejarah Sumpah Pemuda 1928, serta kegiatan-kegiatan dalam pergerakan nasional kepemudaan Indonesia. Museum Sumpah Pemuda ini didirikan berdasarkan SK Gubernur DKI Jakarta pada tahun 1972 dan menjadi benda cagar budaya nasional.

Sejak 1925 gedung Kramat 106 menjadi tempat tinggal pelajar yang tergabung dalam Jong Java. Mereka kebanyakan pelajar Sekolah Pendidikan Dokter Hindia alias Stoviadan dari sekolah tinggi hukum RHS. Aktivis Jong Java menyewa bangunan 460 meter persegi ini karena kontrakan sebelumnya di Kwitang terlalu sempit untuk menampung kegiatan kepanduan, diskusi politik dan latihan kesenian Jawa. Anggota Jong Java dan mahasiswa lainnya menyebut gedung ini Langen Siswo.

Sejak 1926, penghuni gedung ini makin beragam. Mereka kebanyakan aktivis pemuda dari daerahnya masing-masing. Kegiatan penghuni gedung itu juga makin beragam. Selain kesenian, mahasiswa di gedung ini aktif dalam kepanduan dan olahraga. Gedung ini juga menjadi markas Perhimpunan Pelajar-pelajar Indonesia (PPPI), yang berdiri pada September 1926, usai kongres pemuda pertama. Penghuni kontrakan, dengan payung PPPI, sering mengundang tokoh seperti Bung Karno untuk berdiskusi. Para pelajar menyewa gedung itu dengan tarif 12,5 gulden per orang setiap bulan, atau setara dengan 40 liter beras waktu itu. Mereka memiliki pekerja yang mengurus rumah yang dikenal dengan nama Bang Salim.

Pemerintah Hindia Belanda selalu mengawasi dengan ketat kegiatan rapat pemuda. Pemerintah memang mengakui hak penduduk di atas 18 tahun mengadakan perkumpulan dan rapat. Namun bisa sewaktu-waktu memberlakukan vergader-verbod atau larangan mengadakan rapat, karena dianggap menentang pemerintah. Setiap pertemuan harus mendapat izin dari polisi. Setelah itu, rapat dalam pengawasan penuh Politieke Inlichtingen Dienst (PID), semacam dinas intelijen politik. Rumah 106 ini juga selalu dalam kuntitan dinas intelijen ini, termasuk rapat ketiga Kongres Pemuda II.

Di gedung ini juga muncul majalah Indonesia Raya, yang dikelola PPPI. Karena sering dipakai kegiatan pemuda yang sifatnya nasional, para penghuni menamakan gedung ini Indonesische Clubhuis, tempat resmi pertemuan pemuda nasional. Sejak 1927, mereka memasang papan nama gedung itu di depan. Padahal Gubernur Jenderal H.J. de Graff sedang menjalankan politik tangan besi.

Keturunan Tionghoa Dalam Sumpah Pemuda

Pemilik bangunan di Jalan Kramat Raya Nomor 106, yang menjadi tempat deklarasi Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 dibacakan, Sie Kok Liong, jarang disebutkan dalam buku sejarah. Namun Sie Kok Liong adalah “bapak kos” sejumlah pemuda yang mencatat namanya dalam sejarah dengan mendeklarasikan Sumpah Pemuda.

Tercatat Muhammad Yamin, Aboe Hanifah, Amir Sjarifuddin, A.K. Gani, Mohammad Tamzil, dan Assaat dt Moeda pernah tinggal di sana. “Perlu keberanian luar biasa untuk menyediakan tempat buat kelompok pergerakan pada masa itu,” kata Ketua Umum Suara Kebangsaan Tionghoa Indonesia, Eddie Kusuma, dalam artikel Jejak Samar Bapak Kos Dokter Politik dari Timur di majalah Tempo, 2 November 2008.

Tak banyak cerita tentang si pemilik gedung. Yang jelas Sie Kok Liong tak keberatan miliknya dijadikan semacam markas pergerakan para pemuda. Termasuk ketika menjadi tempat perhelatan besar, Kongres Pemuda II yang menghasilkan “Sumpah Pemuda 1928”.

Selain Sie Kok Liong, ada empat pemuda keturunan Tionghoa yang menjadi bagian Sumpah Pemuda 1928. Mereka adalah Kwee Thiam Hong, Ong Kay Sing, Liauw Tjoan Hok dan Tjio Djin Kwie.

Kwee Thiam Hong adalah angggota Jong Sumatra, berpendidikan HCS (SD Tionghoa), MULO (Sekolah Menengah) dan ditambah dua tahun di Sekolah Dagang Tinggi (Hogere Handels School).

Sebagai pemuda keturunan, Kwee Thiam Hong memang tertarik dengan bisnis dagang, tapi ia juga aktif mengikuti pergerakan. Sehingga ia cukup dikenal di kalangan tokoh pemuda lain.

Saat Sumpah Pemuda 1928, ia mengajak tiga rekannya, Ong Kay Sing, Liauw Tjoan Hok dan Tjio Djin Kwie.

Sebuah artikel yang ditulis Tjamboek Berdoeri, wartawan yang profilnya masih misterius hingga kini, mengungkapkan, Kwee Thiam Hong baru berusia 19 tahun saat menghadiri Kongres Sumpah Pemuda II. Ketika ia masih duduk di bangku Eerste Gouvernement MULO (Sekolah Menengah Negeri I) Batavia.

Karena ia kelahiran Palembang, ia merasa lebih dekat dengan para pemuda sedaerahnya, maka ia bergabung ke Jong Sumatra. Di sana ia menjabat Komisaris Resort. Selain itu dia ia aktif di Kepanduan (pramuka-red) sebagai Patrouile Leider (Pemimpin Regu), merangkap pula sebagai penabuh genderang.

Tjamboek Berdoeri sendiri pernah mewawancarai Kwee Thiam Hong tahun 1979 di rumahnya di kawasan Taman Sari Jakarta Barat. Setelah tak aktif lagi di dunia pergerakan, Kwee Thiam Hong bekerja di Lever Bros, Good Year Tire & Rubber Co dan sempat dagang bawang dan buka usaha binatu. (Dikutip dari berbagai sumber)

Info lebih lanjut

Museum Sumpah Pemuda
Jalan Kramat Raya No.106, Kwitang, Senen, RT.2/RW.9,
Kwitang, Senen, Jakarta Pusat 10420

Jam Operasional
Rabu : 8.00-16.00
Kamis : 8.00-16.00
Jumat : 8.00-16.30
Sabtu : 8.00-16.00
Minggu : 8.00-16.00
Senin : Tutup
Selasa : 8.00-16.00

Telp: (021) 310 3217
Website: www.museumsumpahpemuda.go.id

 

(EGS)

 

Tags

 

Baca Juga

  • Kini Para Pengguna Huawei Bisa Berbelanja dan Melakukan Pembayaran dengan Mudah

    Kini Para Pengguna Huawei Bisa Berbelanja dan Melakukan Pembayaran dengan Mudah

    Dengan populasi lebih dari 260 juta, peningkatan masyarakat kelas menengah, dan masyarakat yang semakin sadar teknologi digital, Indonesia merupakan salah satu pasar internet paling penting di dunia. Hal Ini telah menyebabkan pergeseran paradigma di sektor perbankan dan ritel. Pelanggan sudah mulai mengubah cara mereka bertransaksi dan berbelanja. Selain itu, meningkatnya popularitas e-commerce di Indonesia telah […]
  • Viennetta Berbagi Kebahagiaan

    Viennetta Berbagi Kebahagiaan

    Wall’s, brand es krim yang memiliki purpose #SemuaJadiHappy percaya bahwa kebahagiaan adalah milik semua orang, tanpa terkecuali. Wall’s kembali berbagi kebahagiaan kali ini dengan menghadirkan kembali Viennetta di Indonesia. Ini adalah berkat besarnya animo masyarakat akan #KembalikanViennetta di media sosial yang dimulai oleh satu orang dengan petisi online di Change.org dan sebuah cuitan di Twitter […]
  • Foto : Wisuda Sarjana ke-5 dan Dies Natalis ke-8 Universitas Pembangunan Jaya

    Foto : Wisuda Sarjana ke-5 dan Dies Natalis ke-8 Universitas Pembangunan Jaya

    Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Universitas Pembangunan Jaya kembali menggelar acara wisuda sarjana dan dies natalis. Wisuda kali ini merupakan wisuda sarjana ke-5, sementara dies natalis ini merupakan dies natalis ke-8. Wisuda dan dies natalis ini berlangsung pada Sabtu, 24 Agustus 2019. Acara wisuda yang mengambil tema Bakti Bagi Negeri ini dihadiri sekitar 150 wisudawan/wisudawati beserta […]
  • Cicipi Bebek Kekinian Dengan Sambal yang Heboh di Bebek Ja N da

    Cicipi Bebek Kekinian Dengan Sambal yang Heboh di Bebek Ja N da

    Bebek Ja N da merupakan singkatan Jawa dan Sunda. Di sini Anda dapat menikmati perpaduan cita rasa dari bumbu khas Jawa N Sunda yang menyatu di setiap gigitan, yang akan buat ketagihan dan tidak akan merasa bosan. Keunggulan dari tempat kuliner ini adalah bebek gorengnya yang makyus. Biasanya bebek goreng yang lezat dimasak dengan daun salam, […]
  • Di KidzArt BSD, Kemajuan Individu Setiap Anak Dalam Menggambar Menjadi Perhatian Utama

    Di KidzArt BSD, Kemajuan Individu Setiap Anak Dalam Menggambar Menjadi Perhatian Utama

    Dalam proses pendidikan, setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menyerap berbagai pengetahuan yang didapatnya. Namun sayangnya tidak semua lembaga pendidikan mampu memberikan perhatian yang berbeda-beda bagi setiap anak didiknya. Seringkali pendidikan menjadi satu ajang perlombaan, sehingga yang lebih dinilai adalah hasil akhirnya. Bagi seorang anak didik, dorongan untuk berkompetisi dari lingkungannya dapat membuatnya menjadi […]
  • Perkuat Maxi Yamaha Series, Varian Baru All New NMAX 155 Connected Resmi Meluncur

    Perkuat Maxi Yamaha Series, Varian Baru All New NMAX 155 Connected Resmi Meluncur

    Tak pernah berhenti berinovasi untuk menjawab kebutuhan mobilitas pelanggan Indonesia yang terus bergerak dinamis, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. meluncurkan varian terbaru di kelas skutik premium 150 – 155cc yaitu All New NMAX 155 Connected (Standard upgrade) pada Sabtu, 21 November 2020. Hadirnya varian terbaru ini akan semakin melengkapi line up keluarga Maxi Yamaha series […]
  • Dapur Icut Menyediakan Layanan Katering Berkualitas

    Dapur Icut Menyediakan Layanan Katering Berkualitas

    Dalam bisnis apapun, kualitas pelayanan merupakan hal penting dan tidak bisa ditawar. Sebagai contoh, dalam bisnis katering, faktor-faktor penting meliputi kualitas makanan yang disajikan dan kualitas pelayanan merupakan ukuran yang dinilai oleh pelanggan. Kelangsungan suatu bisnis akan bergantung kepada tingkat kepercayaan pelanggan-pelanggannya. Kekecewaan pelanggan akan cepat sekali menurunkan penjualan, ditambah citra buruk yang akan dengan […]
  • Diskon Hingga 97 Persen 75 E-Commerce pada Mayday Madness 2018

    Diskon Hingga 97 Persen 75 E-Commerce pada Mayday Madness 2018

    Pesta diskon online Mayday Madness 2018 kembali akan berlangsung dan memanjakan para shopper dengan diskon yang fantastis, mencapai 97 persen. Kegiatan yang telah berlangsung untuk keempat kalinya ini memiliki banyak penawaran untuk berbagai jenis produk dari berbagai macam kategori, dengan diskon hingga 97%. Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari yaitu 30 April – 2 […]
  • Nuansa Kuliner Medan di Lontong Medan 1000 Dinar

    Nuansa Kuliner Medan di Lontong Medan 1000 Dinar

    Medan terkenal sebagai salah satu pusat kuliner enak di Indonesia. Siapa tidak kenal dengan Bika Ambon Medan? Atau seperti Lontong Medan, Mie Gomak atau Arsik Ikan Mas. Sayangnya, walaupun Medan terkenal memiliki berbagai kuliner andalan, dan di Medan sendiri banyak sekali tempat-tempat yang menyediakan berbagai kuliner, namun di Bintaro tidak banyak tempat makan yang menyajikan […]
  • Ajak Masyarakat Beralih ke Non Tunai, Cashlez Hadir di Car Free Day Jakarta

    Ajak Masyarakat Beralih ke Non Tunai, Cashlez Hadir di Car Free Day Jakarta

    Dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang dicanangkan Bank Indonesia, Cashlez hadir di Car Free Day Jakarta mengajak masyarakat untuk beralih ke non tunai pada hari Minggu, 28 Juli 2019. Tan Leny Yonathan selaku Chief Revenue Officer (CRO) Cashlez mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan bertujuan agar masyarakat mengetahui kelebihan dan keuntungan dari penggunaan […]
  • Pameran Virtual Indobuildtech 2020 resmi dibuka

    Pameran Virtual Indobuildtech 2020 resmi dibuka

    Di tengah masa pandemic yang sangat menantang, berbagai sektor dunia usaha mengalami penurunan, mulai dari sektor ekonomi informal skala mikro UMKM hingga skala industri besar, termasuk dunia konstruksi, dimana banyak tenaga kerja berada di lingkungan yang sama. Oleh karenanya, perlu dilakukan upaya-upaya inovatif agar dapat menjaga kondisi ekonomi dan sosial masyarakat, tanpa mengurangi fokus dan […]
  • Festival Jajanan Bango 2019 Satukan Semangat Puluhan Ribu Pecinta Kuliner untuk Dukung Regenerasi Pelestarian Kelezatan

    Festival Jajanan Bango 2019 Satukan Semangat Puluhan Ribu Pecinta Kuliner untuk Dukung Regenerasi Pelestarian Kelezatan

    Kecap Bango produksi PT Unilever Indonesia Tbk. kembali menghadirkan perhelatan kuliner akbar tahunan yang selalu dinanti puluhan ribu pecinta kuliner, yaitu Festival Jajanan Bango 2019 tanggal 16 – 17 Maret 2019 bertempat di di Area Parkir Squash, Gelora Bung Karno Senayan. Tahun ini, FJB 2019 yang bertema “Kelezatan Asli, Lintas Generasi” menyajikan kelezatan asli dari […]
  • Memperkenalkan Batu Alam Kepada Masyarakat, Fagetti Mengadakan Pameran Eksklusif “Stone Forest”

    Memperkenalkan Batu Alam Kepada Masyarakat, Fagetti Mengadakan Pameran Eksklusif “Stone Forest”

    Batu alam telah lama dikenal sebagai satu jenis bahan yang sering digunakan untuk memberikan sentuhan keindahan bagi sebuah bangunan atau ruangan. Keindahan dan kekuatan batu alam memang tidak terbantahkan. Sebuah bangunan yang memiliki unsur batu alam pada komponen-komponen di dalamnya mampu memberikan nuansa mewah dan eksklusif, sekaligus suasana nyaman. Untuk memperkenalkan batu alam sebagai alternatif bahan interior sebuah bangunan kepada […]
  • Penawaran Terbaik Piaggio dan Vespa di Bulan Suci Ramadan

    Penawaran Terbaik Piaggio dan Vespa di Bulan Suci Ramadan

    Dalam rangka bulan suci Ramadan, PT Piaggio Indonesia memberikan penawaran terbaik bagi para pelanggan setia produk premium khas Italia dengan program Piaggio Vespa Ramadan Promo 2019. Program ini berlaku selama periode 1 – 30 Mei 2019 untuk setiap pembelian unit Piaggio dan Vespa. Program khusus ini merupakan salah satu upaya dari PT Piaggio Indonesia di […]
  • Gojek X Pasarpolis Luncurkan Gosure, Solusi Beraktivitas Tanpa Resah

    Gojek X Pasarpolis Luncurkan Gosure, Solusi Beraktivitas Tanpa Resah

    Gojek, platform teknologi pelopor konsep super app karya anak bangsa, luncurkan inovasi layanan terbaru bernama GoSure. Bekerja sama dengan PasarPolis, penyedia platform asuransi digital inovatif terdepan di Indonesia. GoSure merupakan salah satu wujud komitmen Gojek untuk selalu memberikan solusi teknologi yang memudahkan keseharian pelanggan. Bertujuan membantu pelanggan beraktivitas tanpa resah, GoSure hadir dengan tiga keunggulan […]
  • Galaxy Note10 Lite: Langkah Jitu Samsung Hadirkan Ponsel Produktivitas Kelas Flagship bagi Kalangan yang Lebih Luas

    Galaxy Note10 Lite: Langkah Jitu Samsung Hadirkan Ponsel Produktivitas Kelas Flagship bagi Kalangan yang Lebih Luas

    Samsung Electronics Indonesia memastikan ketersediaan ponsel pendukung produktivitas kategori flagship untuk lebih banyak pengguna, dengan menghadirkan Galaxy Note10 Lite yang membawa fitur-fitur premium nan khas dari gawai seri Note. Teknologi kamera terkini, S Pen berfitur paling mutakhir, layar immersive dan baterai lebih bertenaga, menjadi beberapa keunggulan kunci. Galaxy Note10 Lite akan resmi tersedia di Indonesia […]
  • Penawaran Terbaik Jakmall di Hari Belanja Online Nasional

    Penawaran Terbaik Jakmall di Hari Belanja Online Nasional

    Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak kalangan. Momen ini menjadi ajang berbagai e-commerce maupun marketplace memberikan penawaran menarik dan menguntungkan bagi pelanggan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Jakmall.com kembali akan memberikan penawaran terbaik di momen Harbolnas 2019 dengan tajuk “Semangat Belanja Online Terbesar”. Harbolnas 2019 Jakmall.com telah berlangsung mulai tanggal 25 November […]
  • Telkomsel Hadirkan to The POIN Festival

    Telkomsel Hadirkan to The POIN Festival

    Menjelang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Telkomsel kembali memberikan program spesial kepada seluruh pelanggan setia dengan menggelar program To the POIN Festival. Program Telkomsel POIN yang berlangsung hingga 31 Desember 2020 ini diadakan sebagai bentuk komitmen Telkomsel dalam memberikan apresiasi serta pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan dengan mengedepankan prinsip customer-centric terutama di tengah […]
  • Halal Bihalal Komunitas Juragan Kuliner & Juragan Fashion & Craft

    Halal Bihalal Komunitas Juragan Kuliner & Juragan Fashion & Craft

    Untuk mempererat tali silaturahmi yang telah terjalin selama ini, Komunitas Juragan Kuliner (JK) dan Komunitas Juragan Fashion & Craft (JFC) mengadakan halal bihalal pada Minggu, 16 Juli 2017. Acara yang mengambil tempat di Hotel Santika BSD, Kawasan Teras Kota, Serpong dihadiri para anggota dari kedua komunitas ini dan para undangan dari perwakilan instansi Pemkot Tangerang […]
  • Tiga Tahun Wuling Motors Melangkah Bersama Indonesia

    Tiga Tahun Wuling Motors Melangkah Bersama Indonesia

    Pada Sabtu lalu (11/7), Wuling Motors (Wuling) genap memasuki tahun ketiga dalam perjalanannya di industri otomotif Tanah Air. Wuling memulai langkahnya sejak ground-breaking fasilitas pabrik dan supplier park seluas 60 hektar di Greenland International Center (GIIC), Cikarang, Jawa Barat, pada Agustus 2015. Kemudian pada 11 Juli 2017 pabrik Wuling resmi beroperasi dan menjadikan tanggal tersebut sebagai peringatan hari jadinya di Indonesia. […]