Mengenal Bintaro Bimmers Community, Komunitas Penggemar Mobil BMW Bintaro

Sebuah komunitas seringkali berdiri dengan diawali ketidaksengajaan. Kesamaan minat membuat orang-orang yang semula tidak saling mengenal kemudian merasakan kecocokan, hingga berakhir pada keinginan untuk membuat sebuah komunitas. Hal inilah yang terjadi pada Bintaro Bimmers Community (BBC), sebuah komunitas penggemar mobil BMW di Bintaro.

Taufik Obel, Ketua Komunitas BBC menceritakan, awal berdirinya komunitas ini dari seringnya para pemilik mobil BMW bertemu pada saat weekend di sebuah bengkel BMW, Bengkel Mandiri Motor, di Bintaro Trade Center (BTC) pada awal 2007. Semula kedatangan mereka hanya untuk melakukan service maupun sekedar melakukan modifikasi pada mobil-mobil kesayangannya, namun karena seringnya bertemu, lama kelamaan timbul ide untuk membuat komunitas. Hingga akhirnya pada 24 Maret 2010 berdirilah Komunitas BBC.

Setelah Komunitas BBC berdiri, tempat kumpulnya berubah, tidak lagi di BTC. Gerai Roti Bakar Eddy, di Sektor 9 maupun Bintaro People Market di Sektor 3A, merupakan tempat-tempat kumpul favoritnya. Anggotanya pun kemudian bertambah banyak, pada awal berdirinya anggota komunitas ini cuma 4 orang, sekarang sudah mencapai 30-an orang dari berbagai latar belakang profesi, seperti PNS, karyawan swasta maupun wirausaha. Kepengurusan pun sudah berganti sebanyak 4 periode.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan meliputi kopdar tidak rutin setiap bulannya yang biasanya diadakan pada minggu ke-3 atau ke-4. Karena sifatnya yang tidak wajib, pada setiap kopdar tidak rutin, rata-rata ada belasan anggota yang hadir. Setiap 3 bulan sekali diadakan kopdar rutin. Untuk kopdar rutin para anggota diwajibkan untuk hadir. Selain itu, setiap Bulan Ramadhan, Komunitas BBC rutin mengadakan acara yang bersifat sosial berupa santunan bagi anak yatim maupun baksos.

Menariknya, kegiatan santunan bagi anak yatim ini tidak berupa formalitas saja, panti yang dipilih sudah disurvey terlebih dahulu. Panti yang terpilih adalah panti-panti yang belum banyak tersentuh bantuan dari berbagai pihak. Setelah panti tujuan ditentukan, kemudian pihak Komunitas BBC akan mencari tahu apa yang menjadi kebutuhan dari panti tersebut. Pertimbangannya, kebutuhan tiap panti berbeda-beda. Taufik mencontohkan, sebelumnya Komunitas BBC melakukan santunan bagi sebuah panti di daerah Jombang, Ciputat. Ternyata yang menjadi kebutuhan panti tersebut adalah tempat tidur. Para anggota Komunitas BBC kemudian urunan mengumpulkan dana untuk membeli tempat tidur bagi panti tersebut.

Ketua Komunitas BBC, Taufik Obel

Taufik menjelaskan, di Komunitas BBC tidak ada pembatasan mobil bagi para anggotanya, baik berdasarkan tipe maupun tahun pembuatan. Asalkan mobilnya BMW, siapa pun dapat bergabung. Mobil paling tua adalah seri M40 yang bertahun pembuatan 1991, sedangkan yang terbaru seri M60 yang bertahun pembuatan sekitar tahun 2007-2008. Selain itu, siapa pun dapat bergabung sekali pun tidak bermukim di wilayah Bintaro. Anggota BBC ada yang berasal dari Serpong, Kebon Jeruk, Summarecon Serpong, bahkan Cinere, walaupun 80% anggota tinggal di wilayah Bintaro.

Taufik melanjutkan, untuk bergabung di Komunitas BBC syaratnya sangat mudah, calon anggota cukup mengetahui informasi rencana diadakannya kopdar tidak rutin yang dapat diketahui di Facebook Bintaro Bimmers Community. Setelah itu, calon anggota dapat hadir di kopdar ini. Tujuannya agar calon anggota bisa mendapatkan kecocokan sebelum menjadi anggota. Setelah 3x mengikuti kopdar, calon anggota membayar biaya keanggotaan yang nilainya hanya Rp. 25 ribu per bulannya dan mendapatkan seragam dan sticker tanda keanggotaan komunitas. Setelah itu, calon anggota secara resmi diterima sebagai anggota dan diinvite di grup Whatsapp Komunitas BBC.

Nah, bagi Anda yang memiliki mobil BMW, jangan ragu, yuk bergabung di Bintaro Bimmers Community.

 

(ES)

Leave a Comment