Mengembangkan Bakat Bermusik Sang Buah Hati di Willy Soemantri Music School Bintaro

Dalam perkembangan seorang anak, bakat merupakan salah satu hal terpenting yang harus mendapat perhatian dari orang tuanya. Seringkali bakat ini tidak langsung terlihat, namun biasanya ada kecenderungan-kecenderungan yang mengindikasikan anak tersebut memiliki bakat tertentu. Tugas orang tua adalah menemukan bakat sang buah hati dan memfasilitasinya agar bakat itu dapat berkembang. Tentunya setiap orang tua memiliki keterbatasan, disinilah peranan pihak-pihak yang dapat membantu mengembangkan bakat anak, termasuk di antaranya adalah lembaga-lembaga pendidikan non formal.

Namun, menemukan lembaga-lembaga seperti ini tidaklah mudah, walaupun dimana-mana kita akan dengan mudah menemukan kursus-kursus, pelatihan dan sejenisnya. Persaingan bisnis seringkali membuat lembaga-lembaga kursus/pelatihan hanya berorientasi kepada uang. Willy Soemantri Music School Bintaro adalah salah satu pengecualian.

Kelas Piano Pop

Willy Soemantri Music School (WSMS) adalah lembaga kursus musik yang didirikan oleh Willy Soemantri, seorang musisi senior tanah air. Willy Soemantri yang telah malang melintang sebagai penata musik bagi berbagai musisi ternama, di masa tuanya ingin membagikan ilmu dan pengalamannya untuk mengembangkan talenta-talenta musik anak-anak melalui WSMS.

WSMS Bintaro berlokasi di Ruko Bintaro 9 Walk, Blok B9 No. E5, Bintaro Sektor 9. Kendati usianya masih sangat muda (grand opening pada 7 Maret 2017) namun keberadaan lembaga kursus musik ini segera menarik perhatian banyak orang untuk mendaftarkan buah hatinya untuk belajar musik di sini. Hanya dalam tempo kurang lebih 1 bulan sejak dibuka, jumlah siswanya telah mencapai 39 orang. Hal ini agaknya tidak terlepas dari konsep yang dibangun oleh Willy Soemantri terhadap WSMS: WSMS merupakan tempat belajar musik yang menyenangkan. Hal ini terlihat dari setiap kegiatan belajar mengajarnya, setiap anak terlihat menikmati waktu belajarnya. Sang pengajar pun akan dengan sabar membantu si anak untuk menguasai alat musik yang dipilihnya.

Dalam kegiatan belajar mengajarnya, WSMS menggunakan kurikulum tersendiri yang merupakan perpaduan dari kurikulum yang dikembangkan oleh WSMS sendiri dengan kurikulum dari ABRSM (Association of British Royal School of Music). Kurikulum ini mulai digunakan sejak tahun 2010.Sedangkan untuk buku-buku pengajarannya, WSMS bekerjasama dengan sebuah penerbit asal Malaysia.

Ada berbagai program yang tersedia di WSMS Bintaro, seperti Piano/Keyboard (Ckassic, Pop, Rohani, Gospel dan Jazz), Guitar Accoustic/Electric (Classic, Pop, Rohani, Jazz, Rock dan Blue), Electric Bass Guitar, Vocal, Drum, Strings Orchestra (Violin, Viola, Cello dan Contra Bass), Flute (Saxophone, Trumpet), Worship Leader/MC. Ke depannya WSMS Bintaro berencana akan membuka 2 program baru yaitu Dance dan Band.

Saat seorang siswa mulai belajar di WSMS Bintaro, ia akan dikenalkan dahulu dengan not balok. Memang siswa-siswa yang belajar di sini usianya masih sangat dini, dengan rentang 6,5-14 tahun, tentunya siswa-siswa ini harus terlebih dahulu bisa membaca not balok. Jika siswa sudah menguasai not balok, barulah ia bisa memilih program pengkhususan, misalnya klasik atau pop.

Dengan jumlah pengajar mencapai 12 orang, WSMS Bintaro seperti juga di WSMS lainnya menerapkan sistem 1 on 1, maksudnya satu pengajar – satu siswa alias privat. Dengan hanya mengajar 1 siswa pada satu waktu, hal ini membuat pengajarnya dapat mengetahui secara detil perkembangan siswanya.

Hampir semua program di WSMS menerapkan sistem grade, yaitu dari Basic – Grade 8. Lamanya belajar dalam satu grade berkisar 6 bulan – 1 tahun. Pada akhir dari masa belajar di setiap grade dilakukan ujian yang diadakan 2x dalam setahunnya. Sistemnya adalah ujian masal, dimana pada satu waktu, seluruh siswa diuji kemampuannya secara perorangan. Lokasi ujian adalah di WSMS Bintaro dengan penguji didatangkan dari WSMS pusat. Untuk program Worship Leader tidak ada ujian seperti program lainnya.

Tidak hanya proses belajar di kelas, untuk mengembangkan kemampuan siswa, setidaknya setahun sekali, WSMS Bintaro bekerjasama dengan WSMS BSD dan Alam Sutera mengadakan konser (resital). Tidak semua siswa dapat mengikuti resital ini, melainkan siswa-siswa yang terpilihlah yang berhak tampil pada resital. Sebelumnya WSMS masing-masing lokasi mengadakan proses seleksi di cabangnya masing-masing. Setelah terpilih yang mewakili cabang, kemudian siswa-siswa ini beradu kembali dengan siswa-siswa terpilih dari BSD dan Alam Sutera. Siswa yang terpilih pada tahap inilah yang berhak tampil pada resital yang biasanya berlangsung saat Natal, Tahun Baru atau momen-momen lainnya.

Hari belajar WSMS Bintaro adalah Senin-Sabtu. Untuk Senin-Jumat dari pukul 09.00 – 20.00, sedangkan pada hari Sabtu jam belajar dari pukul 09.00 – 18.00.

Nah tunggu apalagi? Daftarkan putra/i Anda belajar musik di WSMS Bintaro. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi 0821 1202 7228.

 

(ES)

Leave a Comment