Pendidikan Profil

Mengedukasi Anak Melalui Dongeng di Kampung Dongeng Indonesia

Banyak riset yang menyebutkan bahwa mendongeng begitu penting dan memiliki dampak besar bagi tumbuh kembang anak-anak. Mendongeng kepada anak memiliki banyak manfaat  Paling utama adalah sebagai media edukasi yang tidak membosankan, selain itu mendongeng juga bisa menjadi media untuk membangun karakter positif, seperti selalu minta izin kepada orang tua, jujur, mau mengantri, disiplin, dan lainnya. Namun sayangnya, di zaman modern ini mendongeng kepada anak sudah sangat langka ditemukan. Padahal, bercerita atau mendongeng sendiri adalah bentuk tertua dari kegiatan mengajar. Namun syukurlah, di era jaman now ini masih ada segelintir orang yang peduli terhadap dongeng. Salah satunya bisa kita temukan di Kampung Dongeng Indonesia.

Kampung Dongeng Indonesia berada di Jl. Musyawarah RT.04/01, No. 99, Kampung Sawah, Ciputat. Bangunannya terdiri atas pelataran yang luas dan dilengkapi panggung di salah satu sisi. Di atas panggung ada kamar panggung untuk menginap para relawan pendongeng.

Sejarah Kampung Dongeng dimulai pada tahun 1998 oleh Mochammad Awam Prakoso. Kala itu ia mengalami PHK dari bank tempatnya bekerja karena terjadinya krisis moneter yang melanda Indonesia. Sulitnya mencari pekerjaan pada saat itu membuat Awam harus memutar otak mencari sumber pendapatan lain. Ia pun lantas teringat pengalamannya mendongeng bagi keponakan-keponakannya, rupanya hal ini menginspirasinya untuk menggunakan apa yang dimilikinya sekalipun hal yang paling sederhana: bercerita, dengan mulai menekuni kegiatan mendongeng.

Sebagai calon konsumen yang disasarnya adalah siswa-siswa sekolah yang berada tidak jauh dari tempat tinggalnya. Tidak mudah, pada awalnya ia harus ‘jemput bola’ dengan mendata satu per satu TK, SD, dan taman pendidikan Alquran di kawasan Ciputat. Dari situ ia mulai mengirimi surat ke semua sekolah itu, yang isinya permohonan agar diberi kesempatan mendongeng kepada para siswanya.

Berawal dari kesempatan yang diberikan sebagian sekolah yang dia kirimi surat tersebut, Awam pun kian dikenal sebagai pendongeng ulung. Awam mulai menerima banyak panggilan untuk mendongeng dan terus berkembang. Saat ini jadwal mendongengnya sangat padat, tidak hanya di seputar Ciputat, melainkan ke berbagai wilayah di Indonesia.

Pada awalnya Awam hanya bercerita dan mencoba membuat ceritanya semenarik mungkin. Dengan kemampuan teatrikal yang dimilikinya, ia mencoba menggambarkan segala sesuatu dengan gerakan yang mudah dipahami anak-anak, namun ternyata itu saja belum cukup. Lambat laun, Awam pun mulai mengembangkan kemampuan meniru berbagai bunyi secara otodidak. Sampai saat ini, Awam menguasai lebih dari 150 karakter suara, dari mulai hewan, tokoh kartun, hingga berbagai suara aneh lain. Kemampuan inilah yang menjadi modal utama Awam untuk mendukung kisah yang didongengkannya sekaligus untuk memukau para penontonnya.

Yang paling banyak menjadi materi dongengnya adalah kisah-kisah Islami yang dipetik dari Alquran dan hadis. Juga kisah-kisah dongeng populer di Nusantara seperti Malin Kundang dan Si Kancil. Namun materi yang digunakan untuk mendongeng tidak harus melulu cerita tradisional ataupun cerita masa lalu, melainkan juga bisa disesuaikan dengan kondisi serta kegiatan sehari-hari anak-anak saat ini, yang terpenting dari cerita yang disampaikan harus tetap memberikan edukasi yang baik bagi anak. Ia kerap memasukkan pesan moral melalui cerita-ceritanya.

Pada satu wawancara bapak tiga anak ini menjelaskan tips mendongeng bagi anak-anak. “Mendongeng itu sebenarnya adalah sesuatu yang mudah, hanya saja terletak pada bagaimana caranya anak itu fokus. Karena kalau mendongeng itu, sebenarnya sudah sama seperti bercerita biasa saja. Tapi kadang-kadang, anak itu sebagai makhluk yang unik, sehingga kalau kita tidak punya kemampuan bagaimana mengendalikan anak-anak, itulah yang akan mengakibatkan anak-anak bosan. Untuk itu, dalam pelajaran teknik mendongeng ini dilakukan mulai dari persiapan sebelum mendongeng, bagaimana memfokuskan anak-anak, kemudian mendongeng sampai memberikan kesimpulan,” jelasnya.

Tidak saja mengajarkan dongeng, pria lulusan Universitas Ahmad Dahlan ini juga mengajarkan berbagai keterampilan bagi anak-anak, seperti menari, drama, hingga kreativitas tangan bagi anak. Atas berbagai hal yang telah dilakukannya untuk pendidikan anak melalui dongeng, berbagai penghargaan telah diperolehnya. Ia pun kerap tampil di acara televisi di berbagai stasiun televisi nasional. Penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) diperolehnya pada tanggal 18 Mei 2013 atas kegiatan Mendongeng Terus-Menerus Tanpa Berhenti Selama 8 Jam Lebih, yang disaksikan oleh 1.000 anak-anak secara bergantian dengan naskah sebanyak 18 cerita.

BACA JUGA  Foto : Berbagai Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah KB/TK Pembangunan Jaya

Setelah berjalan sekian lama, untuk menularkan semangat mendongeng kepada anak-anak, Awam pun menginisiasi berdirinya Komunitas Kampung Dongeng. Komunitas ini berdiri pada tanggal 18 Mei 2009, yang anggotanya terdiri dari orang-orang yang peduli terhadap dongeng bagi anak-anak. Saat ini ada ratusan relawan yang bergabung di komunitas ini. Mereka mendongeng untuk semua umur, biasanya kepada anak SD sampai SMA.

Selain membangun Kampung Dongeng, Awam yang bercita-cita mempersembahkan 1000 Kampung Dongeng untuk Indonesia ini, juga tidak lupa untuk melakukan kaderisasi. Tiga bulan sekali dia menggelar Kemah Dongeng yang berdurasi tiga hari. Rata-rata pesertanya 50 orang. Sekitar 30 persen dari total peserta itu umumnya lantas ikut bagian Kampung Dongeng dengan membuka cabang di daerah masing-masing. Sisanya ada yang menjadi pendongeng profesional mandiri. Tapi, ada pula yang sama sekali tidak menjadi pendongeng. Mereka umumnya berasal dari kelompok profesional. Antara lain guru, dosen, dokter, polisi, sampai pengusaha. Saat ini tercatat 80-an Kampung Dongeng di berbagai wilayah di Indonesia.

Setiap pekannya, Kampung Dongeng Indonesia menggelar kegiatan rutin Kampung Dongeng Pekan Ceria yang dihadiri ratusan anak secara gratis. Acara ini dimaksudkan untuk memberi keceriaan kepada anak-anak yang hadir yang ditemani para orang tuanya. Di acara yang dimulai sejak pukul 8 pagi hingga pukul 11 siang ini tidak hanya diisi dengan kegiatan mendongeng, tetapi juga ada ajang unjuk bakat dan kreativitas anak, serta berbagai permainan anak. Tidak hanya di Kampung Dongeng di Ciputat, acara ini juga digelar serentak di semua Kampung Dongeng di berbagai daerah.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Kampung Dongeng Indonesia
Jl. Musyawarah No. 99, RT 04 / RW 01, Sawah Lama
Ciputat, Tangerang Selatan 15413
Telp. : 0821-1019-9606
Email : kampungdongeng@yahoo.com
Website : https://www.kampungdongeng.com

Instagram : @kampungdongeng
Facebook : Awam Prakosos
Youtube : https://www.youtube.com/watch?v=7n5iudZ922k&feature=youtu.be

(EGA)

 

 

Baca Juga

  • Pameran Batik Kreasi Mahasiswa UMN

    Pameran Batik Kreasi Mahasiswa UMN

    Batik merupakan kekayaan budaya nusantara yang harus dilestarikan. Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni & Desain Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang memiliki mata kuliah Batik menggelar hasil karya para mahasiswa kelas Batik di kampus UMN beberapa waktu yang lalu. Untuk menghasilkan batik-batik yang indah ini bukanlah hal yang mudah. Para mahasiswa memulainya dari selembar kain putih […]
  • Menghias Ruang, Menata Hidup

    Menghias Ruang, Menata Hidup

    Mendekor sangat mudah bila Anda dapat menemukan produk dekorasi berkualitas terbaik. Tidak hanya manis di mata, tapi juga memiliki fungsi yang baik & berdampak positif bagi pengguna serta lingkungan sekitarnya. Namun terkadang kita bingung dan tidak ada waktu untuk memilih perabot rumah. Untungnya di jaman internet seperti saat ini sudah tersedia situs online yang menyediakan […]
  • Mencicipi Soto Betawi di Pasar Modern Bintaro

    Mencicipi Soto Betawi di Pasar Modern Bintaro

    Pada tahun 2016 lalu Info Bintaro pernah meliput ke warung ini beberapa waktu lalu. Baca Juga: https://www.infobintaro.com/menikmati-soto-kuning-bogor-tidak-perlu-ke-bogor-di-soto-bogor-pak-ace-saja/ Namun kali ini kami khusus mencicipi soto betawi campur. Outlet yang ada di Pasar Modern Bintaro ini merupakan cabang dari Blok M Square. Soto betawi campurnya  terdiri dari babat, kikil dan paru goreng. Harganya cukup murah meriah Rp. […]
  • AirAsia Indonesia Hentikan Sementara Seluruh Penerbangan Mulai 1 April 2020

    AirAsia Indonesia Hentikan Sementara Seluruh Penerbangan Mulai 1 April 2020

    Mempertimbangkan situasi risiko wabah COVID-19 di tanah air dan untuk mendukung upaya pemerintah Republik Indonesia dalam mengatasi penyebarannya, AirAsia Indonesia (kode penerbangan QZ) berinisiatif untuk menghentikan sementara seluruh layanan penerbangan mulai 1 April 2020. Penerbangan rute domestik akan dihentikan sementara hingga 21 April 2020, rute internasional dihentikan hingga 17 Mei 2020. AirAsia Indonesia akan terus […]
  • Crowde, Salah Satu P2P Lending Terbaik Indonesia Versi KPMG

    Crowde, Salah Satu P2P Lending Terbaik Indonesia Versi KPMG

    CROWDE adalah startup fintech bidang pertanian yang memberdayakan petani di seluruh Indonesia melalui teknologi dan permodalan. CROWDE menerima penghargaan sebagai satu dari sepuluh peer-to-peer lending terbaik di Indonesia versi KPMG dalam The Fintech Edge yang diterbitkan di akhir bulan November lalu. The Fintech Edge merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh KPMG Indonesia terhadap pemain fintech […]
  • SKACI Bintaro, Pencetak Anak Jago Komputer Sambil Bermain

    SKACI Bintaro, Pencetak Anak Jago Komputer Sambil Bermain

    Bagi seorang anak, bermain adalah satu proses penting dalam perkembangan dirinya sebelum menjadi dewasa. Betapa tidak, dengan bermain seorang anak akan belajar banyak hal dengan cara mengalaminya sendiri, dia akan mempelajari hal-hal baru, melatih daya berpikirnya dan bersosialisasi dengan orang lain. Namun pada waktu beakangan ini, dikarenakan tuntutan untuk menjadi berhasil begitu tinggi, seorang anak […]
  • Goodyear Tunjukan Dedikasinya di Dunia Pendidikan Dalam Bidang STEM

    Goodyear Tunjukan Dedikasinya di Dunia Pendidikan Dalam Bidang STEM

    Sejalan dengan visi dan misi Goodyear dalam inovasinya di bidang teknologi terutama ban. Goodyear menunjukkan dedikasinya untuk membangun dan mendukung bidang pendidikan dalam bidang Science, Technology, Enginering Dan Math (STEM) dunia melalui acara tahunan STEM Career Days. Goodyear berhasil menginspirasi generasi muda melalui komitmen yang telah ditunjukkannya lebih dari 20 tahun dan mengharapkan akan lahirnya […]
  • Ingin Membeli Kaca Mobil? Columbia Motor Spesialisnya, Profesional dan Terpercaya

    Ingin Membeli Kaca Mobil? Columbia Motor Spesialisnya, Profesional dan Terpercaya

    Kaca mobil Anda retak atau pecah? Anda yang pernah mengalami situasi seperti ini tentunya tahu betapa repotnya melakukan penggantian kaca mobil. Yang umum dilakukan adalah menghubungi dealer mobil terdekat. Sayangnya, situasi yang sering terjadi dealer tidak memiliki stok kaca dan Anda harus menunggu sampai kaca tersedia stoknya. Pada beberapa situasi, dealer tidak bisa memberikan informasi […]
  • Berniat Membuka Resto? Hubungi Rifani Sebagai Konsultannya

    Berniat Membuka Resto? Hubungi Rifani Sebagai Konsultannya

    Bisnis kuliner memang merupakan bisnis yang sangat menjanjikan. Hal ini terlihat dari terus bermunculannya berbagai gerai kuliner di berbagai tempat yang menawarkan berbagai pilihan menu. Namun sayangnya, tidak semua orang yang mencoba masuk ke bisnis kuliner mengalami kesuksesan sekalipun memiliki dana yang cukup. Banyak faktor penyebabnya, salah satunya adalah kurangnya pengalaman. Walaupun belum memiliki pengalaman, atau […]
  • Telah Hadir di Bintaro Bagi Para Penggemar Olah Raga Bela Diri Tarung Bebas : Black Ant – Muay Thai & Boxing Gym

    Telah Hadir di Bintaro Bagi Para Penggemar Olah Raga Bela Diri Tarung Bebas : Black Ant – Muay Thai & Boxing Gym

    Bagi warga Bintaro dan sekitarnya yang ingin belajar bela diri yang cukup ‘keras’, kini telah hadir di Bintaro sebuah sasana latihan bela diri, Black Ant – Muay Thai & Boxing Gym yang berlokasi di Ruko Emerald Avenue 1 EA/A 20, Bintaro Sektor 9. Sasana latihannya sendiri menempati lantai 3 dari bangunan ruko 3 lantai. Dari area parkiran akan […]
  • UNIKA Atma Jaya Kembali Hadirkan Peraih Nobel Laureate Bidang Kedokteran

    UNIKA Atma Jaya Kembali Hadirkan Peraih Nobel Laureate Bidang Kedokteran

    UNIKA Atma Jaya tahun ini kembali menjadi salah satu tuan rumah untuk kegiatan ASEAN “Bridges – Dialogues Towards a Culture of Peace” 2019. Pada kesempatan kali ini, UNIKA Atma Jaya mendapat kesempatan menghadirkan salah satu penerima penghargaan Nobel Laureate Prof. Sir. Paul Nurse. Prof. Sir. Paul Nurse adalah menerima hadiah Nobel di bidang Kedokteran pada […]
  • I’m Fiogi – Catering & Wedding Package

    I’m Fiogi – Catering & Wedding Package

    Kebanyakan wedding organizer berangkat dari bisnis katering. Ada suatu hubungan antara katering dengan wedding organizer, karena salah satu kunci keberhasilan dari sebuah pesta pernikahan adalah hidangan yang memadai dan dapat memuaskan para undangan. Katering yang sudah biasa menangani berbagai pesanan hidangan dalam jumlah banyak diyakini dapat menangani juga hidangan pada suatu pesta pernikahan. Salah satu wedding organizer […]
  • Sukarela Menjalani Rehabilitasi Narkotika (Dalam Rangka Memperingati Hari Narkoba Internasional 26 Juni)

    Sukarela Menjalani Rehabilitasi Narkotika (Dalam Rangka Memperingati Hari Narkoba Internasional 26 Juni)

    Indonesia dinyatakan darurat narkotika pertama kali oleh Presiden Soeharto pada tahun 1971 dan status ini tidak berubah sampai lebih dari 40 tahun kemudian. Bahkan, jumlah pengguna narkotika di Indonesia justru cenderung meningkat setiap tahun. Hasil survei Pusat Penelitian Kesehatan Universitas Indonesia (Puslitkes UI) menyatakan bahwa pada awal tahun 2014 terdapat 4.1 juta jiwa pengguna narkotika […]
  • Komunitas Juragan Kuliner, Mewadahi Pengusaha Kuliner UMKM Dengan Semangat Kebersamaan

    Komunitas Juragan Kuliner, Mewadahi Pengusaha Kuliner UMKM Dengan Semangat Kebersamaan

    Kita sering mendengar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian nasional. Namun sayangnya peran serta pemerintah belum banyak dirasakan oleh pelaku-pelaku ekonomi yang menempati porsi terbesar dalam menggerakan perekonomian, bahkan di saat kondisi ekonomi global mengalami penurunan seperti saat ini, usaha-usaha kerakyatan tetap bergerak dan menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang tidak […]
  • Waspada Penipuan Mengatasnamakan PT Mobilkamu Group Indonesia (Mobilkamu)

    Waspada Penipuan Mengatasnamakan PT Mobilkamu Group Indonesia (Mobilkamu)

    Di tengah situasi seperti ini, transaksi online memang menjadi salah satu pilihan terbaik saat hanya bisa melakukan pembelian dari rumah saja. Untuk memenuhi kebutuhan mendesak kita yang memerlukan dan mengharuskan kita pergi keluar membuat masyarakat masih memiliki minat dalam pembelian kendaraan terutama mobil, karena diyakini lebih aman dalam kondisi sekarang. Banyak sekali iming-iming keuntungan pembelian […]
  • Xiaomi Luncurkan Generasi Penerus Smartphone Android One Mi A2 & Mi A2 Lite

    Xiaomi Luncurkan Generasi Penerus Smartphone Android One Mi A2 & Mi A2 Lite

    Pemimpin teknologi global Xiaomi memperluas daftar Perangkat Android One nya dengan memperkenalkan Mi A2 dan Mi A2 Lite, yang memiliki fitur kemampuan fotografi yang mumpuni dan sejumlah peningkatan signifikan dari generasi sebelumnya. Dimulai dari harga 179 Euro di Spanyol, kehadiran dua perangkat ini semakin memperkokoh komitmen Xiaomi dalam menawarkan produk-produk yang menakjubkan dengan harga sebenarnya […]
  • Vivo Resmi Mengonfirmasi Tanggal Peluncuran Vivo V17 Pro

    Vivo Resmi Mengonfirmasi Tanggal Peluncuran Vivo V17 Pro

    Setelah beberapa waktu lalu vivo Indonesia memberikan sedikit bocoran mengenai kemunculan rangkaian V-Series terbaru mereka, akhirnya vivo Indonesia resmi mengonfirmasi tanggal peluncuran seri vivo V17 Pro. Smartphone yang mengusung tagline “Wider Selfie, Clearer Night” ini, dipastikan akan meluncur pada Senin, 23 September 2019. Edy Kusuma, Senior Brand Director vivo Indonesia menyatakan, “vivo melihat antusiasme publik […]
  • Nikmati Ricebox Kekinian dari Chick’N Jig di Taman Jajan Bintaro

    Nikmati Ricebox Kekinian dari Chick’N Jig di Taman Jajan Bintaro

    Mau hepi setelah kenyang makan? Kudu mampir nih ke Chick’N Jig yang berlokasi di Taman Jajan Bintaro Sektor 7. Kalo kamu ingin nongkrong dan menikmati makanan hingga kenyang, ricebox adalah pilihannya. Outlet kuliner ini memiliki 3 menu ricebox. Pertama, Salted Egg Chicken yang merupakan campuran crispy chicken dengan  baluran bumbu telur asin yang merupakan cita […]
  • Sering Lembur Di Saat Akhir Pekan?

    Sering Lembur Di Saat Akhir Pekan?

    Sabtu dan Minggu biasanya dipakai untuk bersantai setelah lelah bekerja dari hari Senin hingga Jumat. Tapi ada punya di antara kita yang masih membawa pekerjaan ke rumah di saat akhir pekan. Apakah Anda merasa terlalu sibuk untuk liburan? Simak tips dari Qerja untuk menyeimbangkan kehidupan pribadi dan pekerjaan. Pekerjaan bisa membuat kita sangat sibuk. Ada […]
  • Weekend Program: Saksikan Wheel of Death di Pondok Indah Mall

    Weekend Program: Saksikan Wheel of Death di Pondok Indah Mall

    Apakah Anda belum punya acara weekend ini? Mungkin Anda bisa mengajak putra putri Anda ke Pondok Indah Mall. Weekend ini akan ada pertunjukan Wheel of Death. Apakah itu? Ini semacam pertunjukan sirkus di mana terdapat 2 orang yang bermain dengan roda raksasa dan bertarung dengan maut bila tidak berhati-hati. Simak videonya di you tube: https://www.youtube.com/watch?v=JsKQz82u08o […]