Pendidikan Profil

Mengedukasi Anak Melalui Dongeng di Kampung Dongeng Indonesia

Banyak riset yang menyebutkan bahwa mendongeng begitu penting dan memiliki dampak besar bagi tumbuh kembang anak-anak. Mendongeng kepada anak memiliki banyak manfaat  Paling utama adalah sebagai media edukasi yang tidak membosankan, selain itu mendongeng juga bisa menjadi media untuk membangun karakter positif, seperti selalu minta izin kepada orang tua, jujur, mau mengantri, disiplin, dan lainnya. Namun sayangnya, di zaman modern ini mendongeng kepada anak sudah sangat langka ditemukan. Padahal, bercerita atau mendongeng sendiri adalah bentuk tertua dari kegiatan mengajar. Namun syukurlah, di era jaman now ini masih ada segelintir orang yang peduli terhadap dongeng. Salah satunya bisa kita temukan di Kampung Dongeng Indonesia.

Kampung Dongeng Indonesia berada di Jl. Musyawarah RT.04/01, No. 99, Kampung Sawah, Ciputat. Bangunannya terdiri atas pelataran yang luas dan dilengkapi panggung di salah satu sisi. Di atas panggung ada kamar panggung untuk menginap para relawan pendongeng.

Sejarah Kampung Dongeng dimulai pada tahun 1998 oleh Mochammad Awam Prakoso. Kala itu ia mengalami PHK dari bank tempatnya bekerja karena terjadinya krisis moneter yang melanda Indonesia. Sulitnya mencari pekerjaan pada saat itu membuat Awam harus memutar otak mencari sumber pendapatan lain. Ia pun lantas teringat pengalamannya mendongeng bagi keponakan-keponakannya, rupanya hal ini menginspirasinya untuk menggunakan apa yang dimilikinya sekalipun hal yang paling sederhana: bercerita, dengan mulai menekuni kegiatan mendongeng.

Sebagai calon konsumen yang disasarnya adalah siswa-siswa sekolah yang berada tidak jauh dari tempat tinggalnya. Tidak mudah, pada awalnya ia harus ‘jemput bola’ dengan mendata satu per satu TK, SD, dan taman pendidikan Alquran di kawasan Ciputat. Dari situ ia mulai mengirimi surat ke semua sekolah itu, yang isinya permohonan agar diberi kesempatan mendongeng kepada para siswanya.

Berawal dari kesempatan yang diberikan sebagian sekolah yang dia kirimi surat tersebut, Awam pun kian dikenal sebagai pendongeng ulung. Awam mulai menerima banyak panggilan untuk mendongeng dan terus berkembang. Saat ini jadwal mendongengnya sangat padat, tidak hanya di seputar Ciputat, melainkan ke berbagai wilayah di Indonesia.

Pada awalnya Awam hanya bercerita dan mencoba membuat ceritanya semenarik mungkin. Dengan kemampuan teatrikal yang dimilikinya, ia mencoba menggambarkan segala sesuatu dengan gerakan yang mudah dipahami anak-anak, namun ternyata itu saja belum cukup. Lambat laun, Awam pun mulai mengembangkan kemampuan meniru berbagai bunyi secara otodidak. Sampai saat ini, Awam menguasai lebih dari 150 karakter suara, dari mulai hewan, tokoh kartun, hingga berbagai suara aneh lain. Kemampuan inilah yang menjadi modal utama Awam untuk mendukung kisah yang didongengkannya sekaligus untuk memukau para penontonnya.

Yang paling banyak menjadi materi dongengnya adalah kisah-kisah Islami yang dipetik dari Alquran dan hadis. Juga kisah-kisah dongeng populer di Nusantara seperti Malin Kundang dan Si Kancil. Namun materi yang digunakan untuk mendongeng tidak harus melulu cerita tradisional ataupun cerita masa lalu, melainkan juga bisa disesuaikan dengan kondisi serta kegiatan sehari-hari anak-anak saat ini, yang terpenting dari cerita yang disampaikan harus tetap memberikan edukasi yang baik bagi anak. Ia kerap memasukkan pesan moral melalui cerita-ceritanya.

Pada satu wawancara bapak tiga anak ini menjelaskan tips mendongeng bagi anak-anak. “Mendongeng itu sebenarnya adalah sesuatu yang mudah, hanya saja terletak pada bagaimana caranya anak itu fokus. Karena kalau mendongeng itu, sebenarnya sudah sama seperti bercerita biasa saja. Tapi kadang-kadang, anak itu sebagai makhluk yang unik, sehingga kalau kita tidak punya kemampuan bagaimana mengendalikan anak-anak, itulah yang akan mengakibatkan anak-anak bosan. Untuk itu, dalam pelajaran teknik mendongeng ini dilakukan mulai dari persiapan sebelum mendongeng, bagaimana memfokuskan anak-anak, kemudian mendongeng sampai memberikan kesimpulan,” jelasnya.

Tidak saja mengajarkan dongeng, pria lulusan Universitas Ahmad Dahlan ini juga mengajarkan berbagai keterampilan bagi anak-anak, seperti menari, drama, hingga kreativitas tangan bagi anak. Atas berbagai hal yang telah dilakukannya untuk pendidikan anak melalui dongeng, berbagai penghargaan telah diperolehnya. Ia pun kerap tampil di acara televisi di berbagai stasiun televisi nasional. Penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) diperolehnya pada tanggal 18 Mei 2013 atas kegiatan Mendongeng Terus-Menerus Tanpa Berhenti Selama 8 Jam Lebih, yang disaksikan oleh 1.000 anak-anak secara bergantian dengan naskah sebanyak 18 cerita.

BACA JUGA  Buka Jurusan D3 Perhotelan, UMN Bekerjasama Dengan Grup Hotel Santika

Setelah berjalan sekian lama, untuk menularkan semangat mendongeng kepada anak-anak, Awam pun menginisiasi berdirinya Komunitas Kampung Dongeng. Komunitas ini berdiri pada tanggal 18 Mei 2009, yang anggotanya terdiri dari orang-orang yang peduli terhadap dongeng bagi anak-anak. Saat ini ada ratusan relawan yang bergabung di komunitas ini. Mereka mendongeng untuk semua umur, biasanya kepada anak SD sampai SMA.

Selain membangun Kampung Dongeng, Awam yang bercita-cita mempersembahkan 1000 Kampung Dongeng untuk Indonesia ini, juga tidak lupa untuk melakukan kaderisasi. Tiga bulan sekali dia menggelar Kemah Dongeng yang berdurasi tiga hari. Rata-rata pesertanya 50 orang. Sekitar 30 persen dari total peserta itu umumnya lantas ikut bagian Kampung Dongeng dengan membuka cabang di daerah masing-masing. Sisanya ada yang menjadi pendongeng profesional mandiri. Tapi, ada pula yang sama sekali tidak menjadi pendongeng. Mereka umumnya berasal dari kelompok profesional. Antara lain guru, dosen, dokter, polisi, sampai pengusaha. Saat ini tercatat 80-an Kampung Dongeng di berbagai wilayah di Indonesia.

Setiap pekannya, Kampung Dongeng Indonesia menggelar kegiatan rutin Kampung Dongeng Pekan Ceria yang dihadiri ratusan anak secara gratis. Acara ini dimaksudkan untuk memberi keceriaan kepada anak-anak yang hadir yang ditemani para orang tuanya. Di acara yang dimulai sejak pukul 8 pagi hingga pukul 11 siang ini tidak hanya diisi dengan kegiatan mendongeng, tetapi juga ada ajang unjuk bakat dan kreativitas anak, serta berbagai permainan anak. Tidak hanya di Kampung Dongeng di Ciputat, acara ini juga digelar serentak di semua Kampung Dongeng di berbagai daerah.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Kampung Dongeng Indonesia
Jl. Musyawarah No. 99, RT 04 / RW 01, Sawah Lama
Ciputat, Tangerang Selatan 15413
Telp. : 0821-1019-9606
Email : kampungdongeng@yahoo.com
Website : https://www.kampungdongeng.com

Instagram : @kampungdongeng
Facebook : Awam Prakosos
Youtube : https://www.youtube.com/watch?v=7n5iudZ922k&feature=youtu.be

(EGA)

 

 

Baca Juga

  • FFI Milkversation: Frisian Flag Indonesia Dorong Investasi Gizi melalui Asupan Protein Hewani

    FFI Milkversation: Frisian Flag Indonesia Dorong Investasi Gizi melalui Asupan Protein Hewani

    Data Food and Agriculture Organization (FAO) menyebutkan tingkat konsumsi protein hewani masyarakat Indonesia pada 2017 masih tertinggal jauh dari negara-negara maju, bahkan dengan beberapa negara ASEAN – baru mencapai 8 persen, sementara Malaysia mencapai 30 persen, Thailand 24 persen, dan Filipina mencapai 21 persen. Kondisi ini berimplikasi pada kualitas gizi para penerus bangsa. Faktanya, data […]
  • GrabFood Rayakan Pencapaian Pertumbuhannya dengan Peluncuran GrabFood Signature di Indonesia

    GrabFood Rayakan Pencapaian Pertumbuhannya dengan Peluncuran GrabFood Signature di Indonesia

    GrabFood, layanan pesan-antar makanan dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia, menandai pencapaian bisnis terbarunya sebagai platform pesan-antar makanan terbesar berdasarkan total nilai penjualan atau GMV (gross merchandise value) dan platform pesan-antar makanan #1 yang paling sering digunakan di Indonesia. Dalam survei konsumen yang dilakukan oleh Kantar, sebuah perusahaan riset global, 58% konsumen di Indonesia mengatakan GrabFood […]
  • Bazaar Sport, Fashion dan Hobbies di BXC

    Bazaar Sport, Fashion dan Hobbies di BXC

    Akhir pekan merupakan saat yang tepat untuk berjalan-jalan bersama keluarga. Hari Minggu, 5 Juni 2016 adalah hari terakhir Bazaar Sport, Fashion dan Hobbies yang diselenggarakan di lantai dasar (LG) Bintaro Exchange Mall. Ada apa di bazaar tersebut? Di antara booth-booth bazaar terdapat booth fashion yang menjual pakaian trendy dan kalung etnik yang cantik rupawan. Serta […]
  • Cara Membuat Rendang Hidangan Khas Lebaran

    Cara Membuat Rendang Hidangan Khas Lebaran

    Tahun 2016 situs berita CNN mengumumkan rendang khas Indonesia sebagai makanan nomor satu terenak di dunia. Pada tahun 2017 CNN kembali merilis daftar 50 makanan terenak sedunia lewat 35.000 voting di media sosial Facebook.  Hasilnya, rendang khas Sumatera Barat kembali menduduki peringkat pertama. ” Rendang is the best,” tulis seorang voter, Kamal F Chaniago. Voter […]
  • Sold Out dalam Sembilan Hari, Klaster Fleekhauz di BSD City Laku 455 Unit

    Sold Out dalam Sembilan Hari, Klaster Fleekhauz di BSD City Laku 455 Unit

    Di tengah kondisi pasar properti yang kurang kondusif, justru produk properti milik Sinar Mas Land laku keras dibeli masyarakat. Tingginya minat akan hunian berkualitas dengan harga terjangkau, akses dan fasilitas yang baik mendorong Sinar Mas Land untuk menawarkan klaster terbarunya bernama Fleekhauz R dengan total unit lebih dari 160 unit rumah. Berlokasi di Kawasan premium […]
  • Aneka Sambal dan Lalap di Rasana Sunda

    Aneka Sambal dan Lalap di Rasana Sunda

    Apa yang paling dikangeni orang Indonesia pada saat travelling ke luar negeri? Sambal dan nasi tentunya. Bagi mayoritas orang Indonesia, makan tidak sedap tanpa ditemani sambal. Bahkan ada yang bawa botol sambal ketika bepergian ke luar negeri. Kali ini kita akan membahas aneka sambal yang ada di Rasana Sunda, resto khas makanan sunda yang terletak […]
  • Samsung Sediakan Bus Layanan Selama Asian Games

    Samsung Sediakan Bus Layanan Selama Asian Games

    Samsung sebagai official sponsor Asian Games 2018 menyediakan bus layanan (sevice bus) yang dapat dipergunakan bagi atlet maupun pengunjung bertempat di Gelora Bung Karno Jakarta selama kegiatan berlangsung. “Tidak hanya layanan bus di GBK Jakarta juga layanan pintar di booth Samsung GBK Jakarta dan Jakabaring Palembang, baik pengunjung maupun atlet, agar mendapatkan layanan yang prima […]
  • Airbus BelugaXL Mulai Beroperasi, Menghadirkan Kapasitas Super Besar

    Airbus BelugaXL Mulai Beroperasi, Menghadirkan Kapasitas Super Besar

    Pesawat Airbus BelugaXL telah resmi beroperasi, memberikan Airbus kapasitas transportasi tambahan sebesar 30% untuk mendukung peningkatan produksi dalam program pesawat komersil. Pesawat yang memegang peran penting dalam sistem industri Airbus ini telah melalui penerbangan perdananya pada 9 Januari silam. Pesawat ini merupakan unit BelugaXL pertama yang akan bekerja berdampingan dengan pesawat BelugaST, varian pesawat kargo […]
  • Zomato Meluncurkan Zomato Gold Powerpacks untuk Para Pecinta Kuliner

    Zomato Meluncurkan Zomato Gold Powerpacks untuk Para Pecinta Kuliner

    Zomato Gold telah diluncurkan di 11 kota terbaru dalam satu tahun terakhir, dan ini menambah total kota di Dunia yang menyediakan layanan Zomato Gold menjadi 23 kota di 6 Negara, yaitu Protugal, UAE, India, Filipina, Indonesia dan yang paling terbaru adalah Selandia Baru. Respon yang didapat dari negara Indonesia & Filipina sangat besar. Zomato diluncurkan […]
  • Dapat Suntikan Dana dari Temasek, ShopBack Tutup Putaran Pendanaan Lanjutan Senilai US$ 75 Juta

    Dapat Suntikan Dana dari Temasek, ShopBack Tutup Putaran Pendanaan Lanjutan Senilai US$ 75 Juta

    ShopBack, aplikasi cashback dan kurator e-commerce terkemuka di Asia Pasifik, pada Kamis 12 Maret 2020 mengumumkan penutupan putaran pendanaan lanjutan yang dipimpin oleh Temasek, dengan partisipasi dari investor sebelumnya termasuk Rakuten, EDBI, EV Growth, Cornerstone Ventures, dan 33 Capital. Tambahan dana ini menghasilkan total pendanaan ShopBack pada putaran ini menjadi US$ 75 juta atau setara […]
  • Menikmati Desain Horizon Display dari Huawei Mate 30 Pro

    Menikmati Desain Horizon Display dari Huawei Mate 30 Pro

    Tren desain smartphone flagship semakin berkembang tiap tahunnya, dan yang paling banyak diprediksi adalah desain Waterfall Display, di mana sisi tepian display berbentuk melengkung sehingga bezel tepiannya tidak terlihat, seakan ada tepi jurang dan layarnya mengalir ke bawah, seperti air terjun atau waterfall. Layar yang lebih ‘penuh’ memberikan lanskap visual yang lebih luas kepada pengguna, […]
  • Weekend Program: Memanjakan diri di Martha Tilaar Salon Day Spa Bintaro

    Weekend Program: Memanjakan diri di Martha Tilaar Salon Day Spa Bintaro

    Setelah lelah bekerja Senin-Jumat, tidak ada salahnya memanjakan diri di Martha Tilaar Salon Day Spa Bintaro. Anda akan dilayani oleh para terapis profesional yang telah dilatih di pusat training Martha Tilaar yang ada di Bali. Simak video pelatihannya di https://www.youtube.com/watch?v=4YGjtzbngZg Beragam perawatan dapat Anda jumpai di sini. Perawatan yang menjadi signaturenya adalah aneka spa tradisional […]
  • Perayaan Ulang Tahun Lazada ke-7 Suguhkan Live Streaming & Konser dari Popstar Inggris Dua Lipa dan Artis Top Asia Tenggara

    Perayaan Ulang Tahun Lazada ke-7 Suguhkan Live Streaming & Konser dari Popstar Inggris Dua Lipa dan Artis Top Asia Tenggara

    Pemimpin e-Commerce Asia Tenggara, Lazada, hari ini mengumumkan konser musik perdana bertabur bintang “Super Party” yang akan disiarkan secara livestreaming di aplikasi Lazada secara bersamaan di enam negara, sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-7. Bintang utama konser ini akan dimeriahkan oleh popstar Inggris, pemenang Grammy dan Brit Awards, Dua Lipa, yang populer dengan beberapa […]
  • Stok Aman, Masyarakat Dapat Menjalankan Mudik Lebaran 1439 Hijriah dengan Aman dan Nyaman

    Stok Aman, Masyarakat Dapat Menjalankan Mudik Lebaran 1439 Hijriah dengan Aman dan Nyaman

    Pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus memantau dan memastikan ketersediaan energi seperti Bahan Bakar Minyak (BBM) dan LPG bagi masyarakat dan pemudik selama Ramadan dan Idul Fitri 1439 Hijriah tahun 2018. Menteri BUMN, Rini M. Soemarno mengungkapkan, berbagai upaya dilakukan pemerintah terutama mendorong peran Pertamina dalam menjaga ketersediaan dan kelancaran distribusi ke […]
  • Cegah Penyebaran Virus Corona Baru, Klikdokter Luncurkan Fitur Periksa Risiko Covid-19 Gratis

    Cegah Penyebaran Virus Corona Baru, Klikdokter Luncurkan Fitur Periksa Risiko Covid-19 Gratis

    PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui anak usahanya KlikDokter, telah ditunjuk pemerintah melalui Kementerian Kesehatan untuk  membantu mengedukasi masyarakat tentang informasi yang benar terkait COVID-19, salah satunya melalui layanan digital fitur pemeriksaan risiko COVID-19 secara gratis.  Layanan digital fitur pemeriksaan risiko COVID-19 ini diluncurkan terkait dengan pandemi global COVID-19. Saat ini terjadi peningkatan jumlah kasus […]
  • Shopee Hadirkan Kampanye “Juli Pesta Hadiah” dengan Grand Prize dan Pesta Cashback Setiap Hari

    Shopee Hadirkan Kampanye “Juli Pesta Hadiah” dengan Grand Prize dan Pesta Cashback Setiap Hari

    Setelah sukses mencatat rekor dua kali transaksi 1,5 juta pesanan dalam 24 jam dalam Big Ramadhan Sale, Shopee, platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, terus meningkatkan antusiasme pengguna dengan menghadirkan kampanye Juli Pesta Hadiah. Kemeriahan kampanye Juli Pesta Hadiah berlangsung mulai 1 Juli – 31 Juli 2018 dengan memberikan Grand Prize dan Pesta […]
  • Apakah Kamu Posesif Terhadap Pacar? Bisa Jadi Karena Ini

    Apakah Kamu Posesif Terhadap Pacar? Bisa Jadi Karena Ini

    Apakah kamu termasuk orang yang selalu mengontrol pacar setiap saat? Ataukah kamu penasaran mengapa ada orang yang posesif, namun ada orang lain yang tidak posesif? Ternyata hal ini bisa jadi ada kaitannya dengan bagaimana kelekatan (attachment) kita dengan orang lain, terutama orang tua, di masa kecil. Koq bisa? Berikut penjelasannya. Kelekatan (attachment) adalah perasaan kedekatan […]
  • Segarnya Sop Kimlo di Warung Makan Anita Wong Jowo

    Segarnya Sop Kimlo di Warung Makan Anita Wong Jowo

    Kalau sekarang sedang tren istilah ‘fusion food’ alias makanan yang yang merupakan perpaduan beberapa budaya, bisa dikatakan Sop Kimlo ini merupakan jenis fusion food. Sop Kimlo memang identik dengan Solo, namun sebenarnya kuliner ini diperkenalkan oleh orang-orang Tiongkok yang masuk ke Indonesia berabad-abad yang lalu. Setelah masuk ke Indonesia, bumbu serta bahan-bahannya mengalami perubahan menyesuaikan […]
  • Sambut HUT ke-5: Blanja.com Hadirkan Gamification Tiup Lilin dan Promo Menarik Bersama Bank BCA

    Sambut HUT ke-5: Blanja.com Hadirkan Gamification Tiup Lilin dan Promo Menarik Bersama Bank BCA

    BLANJA.com punya cara unik dalam memeriahkan hari ulang tahunnya yang ke-5. Marketplace besutan Telkom Indonesia ini meluncurkan gamification terbarunya yaitu Tiup Lilin yang menawarkan Kado BLANJA dan berbagai promo menarik. Jemy Confido, CEO BLANJA.com menjelaskan tepat pada tanggal 8 Desember 2019 nanti BLANJA.com genap berusia setengah dekade di industri e-commerce. “Diulang tahun ke-5 ini kami […]
  • Susu Whey Protein Bukan Hanya Untuk Membesarkan Otot

    Susu Whey Protein Bukan Hanya Untuk Membesarkan Otot

    Whey protein berasal dari susu sapi dan biasanya dibuang sebagai produk sampingan setelah proses produksi keju. Namun kemudian para ilmuwan menemukan bahwa bahan kaya gizi ini bisa dibuat bubuk protein berkualitas tinggi dengan menambahkan beberapa langkah pengolahan lagi (cross-flow microfiltration). Oleh karena itu, whey protein isolate dan concentrate pun dikembangkan. Bentuk protein bubuk ini terbukti […]