Mengajarkan Tata Cara Makan Secara Formal, Unika Atma Jaya Serpong Menggelar Table Manner

Dalam berbagai acara-acara resmi, jamuan makan merupakan salah satu bagian yang sangat penting dan tidak terlepas dari keseluruhan acara. Seringkali pada jamuan-jamuan resmi seperti ini berbagai pembicaraan penting terjadi. Namun tidak semua orang memiliki keterampilan dalam tata cara ‘bersantap’ resmi yang berlaku internasional. Ketidaktahuan dalam tata cara bersantap formal ini akan menjadi masalah besar jika terjadi dalam forum-forum resmi, seperti bisnis maupun pemerintahan.

Untuk memberikan pemahaman tata cara jamuan resmi yang berlaku secara internasional, Hospitality and Tourism Management Unika Atma Jaya Serpong bekerjasama dengan MICE, Inc. menggelar kegiatan Table Manner yang bertajuk Manner Reflects Yourself pada Sabtu, 12 Mei 2018 di Santika Premiere Bintaro. Antusiasme terlihat dari membludaknya peserta yang mendaftar di acara ini sehingga memaksa panitia menutup pendaftaran beberapa minggu sebelum acara berlangsung.

Simak berbagai aktivitas pada kegiatan ini pada foto-foto berikut.

Setelah dibuka oleh MC yg terdiri dari 1 mahasiswa dan 1 mahasiswi Atma Jaya Jakarta, Bagas selaku ketua panitia acara memberikan kata sambutan.
Sebelum masuk ke acara utama, Dekan FIA Atma Jaya Jakarta Dr. Eko Widodo dan Kepala Hospitality Atma Jaya Jakarta Astuti Kusumacitra L., PhD berkenan memberi sambutan.
Turut hadir dalam table manner training ini, Ibu Titis, selaku Kepala Lab. Jurusan Hospitality Unika Atma Jaya Jakarta
Hadir sebagai instruktur table manner adalah Bapak Willy Rusmawan, Food and Beverage Manager dari Hotel Santika Bintaro.
Ini adalah menu yg pertama kali tampil, roti dan mentega. Pisau yang dipakai bukan pisau makan yg terletak di sebelah kanan piring.
Pisau untuk ini biasa disebut B & B knife, singkatan dari Bread & Butter Knife.
Di table manner, diperkenalkan aneka perangkat makan yg biasa digunakan dalam jamuan internasional.
Caesar Salad adalah hidangan pembuka yg terdiri dari daun selada dan roti panggang yang dipotong kecil2, ditambahkan keju permesan, jus lemon, minyak zaitun, telor, saus worcestershire, bawang putih dan lada hitam. Ingat, nama salad ini tidak ada hubungannya dgn Julius Caesar.
Hidangan Potato Cream Soup disajikan sesudah menu appetizer.
Menu utama dalam table manner ini adalah Australian Beef Sirloin Caramalized Onion with Thyme Rosemary and Crumpled Goat Cheese.
Disajikan hidangan penutup Great Chocolate Lava.
Pak Eko, Santika Hotel sedang mengajarkan cara membuat mocktail.