Mengajarkan Anak Mengenal Hewan dari Dekat : BFC Mini Farm

Bagi seorang anak yang sedang bertumbuh, proses belajar dapat dilakukan di mana saja. Sekolah sebagai tempat berlangsungnya pendidikan utama bagi seorang anak bertugas memperlengkapi dengan pengetahuan dasar dan etika. Namun hal ini belum cukup. Pendidikan formal yang lebih mengutamakan teori dan pemahaman dasar membutuhkan pelengkap agar anak dapat memahami segala sesuatu dengan lebih jelas. Untuk itu porsi praktek dan pengenalan langsung menjadi sangat penting.

Untuk memberikan pemahaman kepada anak mengenai hewan, BFC Mini Farm, sebuah pembudidayaan lobster air tawar  memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mengenal berbagai hewan yang dikembangbiakkannya dalam sebuah program yang diberi nama Wisata Edukasi BFC Mini Farm (baca juga : Budidaya Lobster Air Tawar di BFC Mini Farm).

Program ini terbuka untuk rombongan siswa dari berbagai sekolah. BFC Mini Farm tidak menerima permintaan untuk perorangan atau beberapa orang saja, hal ini tidak terlepas dari tersedianya tenaga pemandu yang ada. Untuk mengikuti program ini caranya sangat mudah, pihak sekolah cukup menghubungi BFC Mini Farm melalui Cuncun Setiawan, pemilik dan pengelola BFC Mini Farm, pada nomor 0812 8098 8908 atau melalui email lobsterairtawar001@yahoo.com, dan menyatakan rencana kunjungan. Hal ini mengingat cukup padatnya jadwal kunjungan dari berbagai sekolah setiap harinya.

Melalui program Wisata Edukasi ini anak-anak akan dikenalkan dengan lobster air tawar, landak mini, kelinci mini dan kura-kura, cara memelihara, mengawinkan dan membesarkan hewan-hewan ini. Tidak hanya itu, peserta juga dipupuk keberaniannya untuk memberi makan, memegang dan memandikan keempat jenis hewan ini. Untuk membuat anak-anak bersemangat belajar, pihak BFC MIni Farm mengemas program Wisata Edukasi ini dengan beberapa permainan dengan perlombaan berhadiah.

Antusiasme terlihat di wajah anak-anak yang mengikuti program ini. Ada rasa ingin tahu bercampur sedikit rasa takut, karena inilah pertama kalinya mereka mengenal hewan-hewan yang selama ini cuma mereka ketahui dari gambar atau fotonya di buku pelajaran. Pihak BFC Mini Farm menjelaskan tentang hewan-hewan ini dengan cara yang menarik. Bahkan Cuncun Setiawan, sang pemilik BFC Mini Farm juga turun tangan langsung menjelaskan mengenai lobster air tawar. Sesekali ia meminta salah satu anak untuk memegang lobster, setelah terlebih dahulu ditunjukkan cara memegang yang benar.

Di tempat yang lain, Hara salah seorang staf menjelaskan mengenai kura-kura air tawar. Setelah memberikan penjelasan, Hara memanggil setiap anak bergantian duduk di atas kura-kura untuk difoto. Tentunya ini akan menjadi pengalaman baru bagi sang anak dan menjadi hal yang sangat membanggakannya. Anak-anak juga diajarkan untuk membersihkan cangkang kura-kura dengan menggunakan sikat gigi.

Di bagian kandang kelinci, anak-anak diajarkan untuk untuk memberi makan kelinci-kelinci yang ada di dalam kandang. Wajah-wajah senang terlihat pada anak-anak ini ketika kelinci-kelinci yang lucu-lucu ini memakan sayuran yang disodorkan mereka.

Tidak hanya itu, BFC Mini Farm yang juga mempunyai kolam pemeliharaan ikan memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk memberikan makan ikan. Di bagian kandang kelinci di bagian pojok area BFC Mini Farm terlihat anak-anak begitu semangatnya mengejar kelinci-kelinci yang dilepas di lapangan berumput dan menangkapnya untuk dimasukkan ke kandang. Dan yang tak kalah seru, saat anak-anak diajak masuk ke sebuah kolam beton yang memiliki air jernih, untuk menangkap lobster-lobster yang dilepas ke kolam. Teriakan riuh anak-anak terdengar saat berhasil menangkap lobster yang berenang di kolam dan memasukkannya kembali ke kotak-kotak besar di kolam.

O ya, BFC Mini Farm juga merupakan peternakan landak mini yang terbesar di wilayah Bintaro maupun Jakarta Selatan. BFC Mini Farm memiliki 400 ekor landak mini dengan 15 variasi warna. Anak-anak diajarkan cara memegang landak mini yang benar, melihat landak-landak ini berenang dan belajar memandikan landak mini. Tidak lupa bagaimana cara memelihara landak mini di rumah dijelaskan oleh pemandu.

Selain fasilitas-fasilitas pembiakan hewan, BFC Mini Farm yang memiliki luas lebih dari 5000 m2, juga memiliki ruang pemutaran film berkapasitas 100 anak, anak-anak akan menonton film tentang berbagai hewan yang ada di BFC Mini Farm. Bagi sekolah-sekolah yang menggunakan bilingual language, BFC Mini Farm juga bisa menyediakan pemandu yang bisa berbahasa Inggris. Bagi rombongan yang menggunakan bis, area parkir BFC Mini Farm dapat menampung maksimal 6 bus besar.

Nah tertarik? Hubungi saja pihak BFC Mini Farm dan lihatlah keceriaan dari anak-anak yang belajar mengenal berbagai hewan sambil bermain.

 

(BON)

Leave a Comment