Menemukan Bakat Anak Semenjak Dini – Seminar Parenting GIM Care Services

Sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari di mana para orang tua bingung menilai bakat apa yang ada pada putra dan putri kesayangannya. Padahal peran orang tua sangat besar dalam mendukung dan memfasilitasi bakat yang dimiliki sang anak, sehingga bakat ini dapat berkembang sebagaimana mestinya dan berpengaruh kepada kehidupannya kelak.

Untuk memberikan wawasan kepada para orang tua, bagaimana menemukan bakat anak, Global Ichsan Mandiri Care Services, sebuah unit bisnis dari PT. Global Ichsan Mandiri, sebuah divisi dari Grhamed Group, yang membawahi RS IMC Bintaro, Klinik Ichsan dan STIKes IMC, mengadakan Seminar Parenting yang bertajuk “Bagaimana Kita Bisa Menemukan Bakat Emas Buah Hati kita Sejak Balita”.  Seminar ini menampilkan narasumber, Yanti Muliawati, Psi., seorang psikolog yang berpraktek di RS IMC dan RS Bhinneka Bhakti Husada, Pondok Cabe, yang juga seorang Direktur di PT. Global Ichsan Mandiri dan Corporate Secretary di Grhamed Group.

Dalam seminar yang digelar di Graha Ichsan, Kebayoran Arcade III, CBD Bintaro Sektor 7, Sabtu, 1 April 2017, Yanti mengemukakan bahwa setiap anak memiliki bakat yang unik. Tugas orang tualah yang wajib menemukan minat dan tidak memaksakan kehendak pada sang anak. Serta memberikan dukungan bagi bakat anak. Para orang tua sudah selayaknya menghargai potensi masing-masing anak. Baik anak pertama, anak kedua dan seterusnya. Tidak menjadi masalah bila bakat sang adik mengikuti bakat sang kakak. Masih ingat petenis kembar AS, Venus & Serena Williams? Keduanya pun sama-sama berprestasi.

Lebih lanjut, Yanti menuturkan bahwa bakat adalah kemampuan bawaan (potensi) yang masih perlu dikembangkan /dilatih untuk mencapai suatu kecakapan, pengetahuan dan ketrampilan khusus misalnya kemampuan berbahasa, bermain musik, melukis dll. Bakat bukanlah merupakan trait atau sifat tunggal melainkan merupakan sekelompok sifat yang secara bertingkat membentuk bakat. Misalnya dalam bakat musik terdapat kemampuan membedakan nada, kepekaan akan keserasian suara, kepekaan dan irama dan nada.

Usia 4-14 tahun adalah periode penting di mana orang tua sudah perlu tahu apa minat dan bakat anak. Jika orang tua dapat menemukan bakat anak, orang tua dapat menemukan cara untuk mengembangkannya. Namun bila terlewati atau bakat tidak berkembang, maka bakat anak akan melemah bahkan hilang.

Disamping itu, Yanti juga menyinggung bahwa para orang tua harus mengembangkan bakat anak di masa golden age (0-6 tahun). Pada masa ini otak anak pada masa ini mengalami pertumbuhan paling pesat (80%).

Minat

Minat adalah pintu besar untuk stimulasi perkembangan anak. Melalui hal-hal yang diminati, anak bisa melakukan sebuah hal dalam jangka waktu lama. Aneka proses belajar bisa dilakukan dengan menggunakan minat sebagai pintu masuknya. Idealnya kita menemukan bakat sang anak. Namun ini lebih susah diperoleh. Yang lebih mudah adalah mengenali minat anak dari hal sehari-hari yang menjadi ketertarikannya, yang membuat matanya berbinar-binar, yang membuatnya tahan melakukan kegiatan yang disukainya dalam jangka waktu lama.

Untuk mengenali bakat anak, Yanti memberikan tips-tips berikut:

  1. Amati dan identifikasi minat natural anak.
  2. Ajukan pertanyaan terbuka. Pertanyaan terbuka mendorong anak untuk menguraikan jawaban mereka di luar respon “ya” atau “tidak”
  3. Minta pendapat orang lain seperti guru, anggota keluarga lain atau teman dekat tentang apa yang mereka lihat sebagai kekuatan pada anak itu.
  4. Tawarkan pilihan. Misal,” Kamu mau bermain balok, puzzle atau lego hari ini?”
  5. Dengar pertanyaan yang diajukan anak. Ini akan membantu kita mencari cara bagaimana mengembangkan kekuatan dan minat anak.
  6. Apresiasi usaha, bukan kemampuan. Dengan demikian sang anak akan belajar bahwa perlu usaha untuk mengembangkan bakat mereka.
  7. Orang tua menyediakan sarana untuk menumbuhkan minat anak.

Patut diingat bahwa sikap orang tua yang menyenangkan dapat semakin memotivasi anak untuk berkarya dan mengembangkan kemampuan yang dimilikinya.

Pada acara ini juga disampaikan presentasi dari sponsor, Pure Baby, yang menjelaskan berbagai produknya yang sangat ramah terhadap kesehatan. Di akhir acara, dilakukan pemberian hadiah kepada para pemenang foto kontes.

Selamat menemukan dan mengembangkan bakat si kecil. Bila Anda ingin mengkonsultasikan bakat buah hati Anda, Anda dapat menghubungi:

Klinik Psikologi Anak GIM Care Services
Graha Ichsan
Jl Boulevard Bintaro Jaya, Kebayoran Arcade III Blok E1 no. 23
Bintaro Jaya Sektor VII
Telp 021-2952 1668*) dengan perjanjian terlebih dahulu

 

(EGS)

Leave a Comment