Pendidikan

Memperkenalkan Dunia Perkuliahan, Universitas Prasetiya Mulya Menggelar Info Session

Pada hari Sabtu, 16 September 2017, Kampus Universitas Prasetiya Mulya (yang biasa disingkat Prasmul) BSD Serpong terlihat lebih ramai dari biasanya. Untuk memperkenalkan dunia perkuliahan S1 di kampus BSD diselenggarakan program Info Session yang ditujukan bagi lulusan SMU dan para orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya di Prasmul.

Ada 3 sesi dari Info Session yang total diikuti oleh 1600 orang, baik lulusan SMU maupun orang tuanya. Sebagai informasi setiap tahunnya Prasmul menerima 1500 orang untuk 14 jurusan yang ada di dalamnya.

Hadir dalam talkshow yang dimoderatori oleh Iwan H. Kahfi, MBA (Director of Student Affairs and Alumni Network) ini dua orang alumni dan dua orang mahasiswa Prasmul, yakni I Wayan Rona mahasiswa semester 5 dari Bali yang berasal dari SMA Bali Mandara yang menjadi penerima beasiswa penuh. Lalu ada Kevin Chang yang merupakan mahasiswa Finance Prasmul yang lulus dari SMA Katolik Yos Sudarso Batam. Sedangkan alumni diwakili oleh Aisyah Hafisha yang merupakan enterpreneur muda yang mendirikan franchise warung tenda Wakacao yang sudah memiliki 10 gerai di seluruh Indonesia. Last but not least, Della Nadya Budiman, alumni jurusan Akuntasi Prasmul yang lulus dari SMA Santa Ursula BSD. Saat ini Della menjadi Assurance Senior Associate di PWC Indonesia, salah satu firm consulting ternama di dunia.

Darikiri – kanan : Iwan H. Kahfi,, MBA, Aisyah Hafisha, Della Nadya Budiman, Kevin Chang dan I Wayan Rona

Sebagai generasi millenial, Della menceritakan ciri generasi millenial yang serba instan, multi tasking, bisa mendengar musik, makan, mengerjakan tugas kuilah dan ngobrol bersama teman. Generasi milenial juga menjadi technology savvy, di mana para mahasiswa mengerjakan tugasnya dengan fasilitas google docs, sehingga dalam mengerjakan project, mahasiwa tidak perlu berkumpul di satu tempat untuk mengerjakan tugas.

Soft Skills

Tidak hanya ilmu yang diberikan selama perkuliah di Prasmul, namun juga pelatihan soft skill seperti kemampuan memutuskan sesuatu, public speaking, problem solving dll. Selama perkuliahan, mahasiswa dituntut mengumpulkan career point berupa keikutsertaan pada lomba, kepanitiaan atau kegiatan ekstra kurikuler yang ditunjukkan dengan pin yang dapat disematkan di jaket almamater, mirip seperti penyematan bintang tanda jasa pada dunia militer.

Cross Skills

Aisyah Hafisha yang menggeluti bisnis makanan WAKACAO menuturkan bahwa kemampuan cross skills yang didapat selama perkuliahan sangat membantunya di saat merintis sebagai enterprenuer. Di mana dia dituntut dapat menguasai banyak hal misalnya mengetahui aspek marketing, finance maupun tentang cara membuat makanan awet.

Pengembangan Karakter

Tidak banyak kampus yang memperhatikan mahasiswa sebagai seorang individu di kampus. Di awal masuk kuliah, mahasiswa telah menjalani observasi kepribadian. Data yang terekam tersebut diberikan kepada setiap dosen yang akan mengajar di kelas. Dengan demikian dosen yang masuk ke kelas, telah mengetahui profil karakter dari masing-masing mahasiswa.

Tiap mahasiwa Prasmul dianalisa dari segi AMICA yang merupakan singkatan dari Analytical Thinking, Maturity, Interpersonal Relationship serta Communication Management dan Achievement. Dosen akan mengevaluasi faktor apa yang harus ditingkatkan pada tiap individu.

Wayan, mahasiswa Prasmul yang berasal dari Bali semula memiliki karakter tertutup dan pemalu, namun dengan sistem perkuliahan di Prasmul, membuat dia sekarang berani berbicara di depan publik. Ia pun menjadi mandiri, dapat tinggal di Jakarta tanpa pengawasan orangtuanya yang berdomisili di Bali. Prestasi membanggakan yang pernah diraih Wayan adalah saat menjadi duta wisata, menjadi delegasi mahasiswa ke Singapura.

Leadership & Magang

Leadership pun menjadi terlatih dengan sistem pengajaran di Prasmul di mana setiap tugas diberikan sebagai tugas kelompok, sehingga para mahasiswa harus mampu bekerjasama di dalam satu tim di mana tiap anggota memiliki karakter kepribadian yang unik. Menurut Aisyah Hafisha hal ini sangat membantunya ketika memimpin para karyawan bisnisnya yang mencapai 150 orang. Di saat berkuliah di Prasmul, Aisyah Hafisha Aisyah Hafisha pernah memimpin kepanitiaan besar hingga 90 mahasiswa.

Berbeda dengan kampus lain, di Prasmul program magang dimulai di semester 1 dan 2 di mana mahasiswa langsung terjun magang di perusahaan-perusahaan. Dengan demikian mahasiswa memiliki gambaran nyata tentang pekerjaan apa yang kelak akan ditanganinya.

Program Ekstrakurikuler

Beragam ekstrakurikuler (eskul) ada di kampus Prasmul. Sebagai contoh mereka diberi kesempatan untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa AIESEC dan menjalani program community development di daerah Tanjung Pasir dan Purwakarta yang merupakan program yang mirip dengan program KKN di universitas negeri. Tujuannya adalah agar mahasiswa memiliki kepekaan sosial. Kegiatan debat, speech dan choir pun ada di Prasmul. Kompetisi tingkat nasional dan internasional dapat diikuti selama perkuliahan di sana. Dengan demikian alumni Prasmul memiliki kelebihan ketika memasuki dunia kerja, yakni lebih percaya diri atau confident karena telah terbiasa bekerja dalam tim dan bekerja secara cepat.

BACA JUGA  Manfaat Edukasi Dalam Permainan Lego

Dalam info session ini juga hadir mempresentasikan sistem belajar mengajar di Prasmul, Dr. Rudy Handoko, Vice Dean III for Student Affairs and Alumni Engagement. Beliau menceritakan tentang bonus demografi Indonesia yang akan dialami pada tahun 2020-2030. Pada saat itu jumlah penduduk usia produktif (bekerja) lebih banyak dari jumlah penduduk usia non produktif.

Dr. Rudy Handoko

Prasmul ingin berperan aktif di sini menghasilkan angkatan kerja yang berkualitas bagi Indonesia. Dan Prasmul mengharapkan mahasiswa yang masuk ke Prasmul benar-benar karena keinginan sendiri, bukan karena didorong oleh orang tua. Sejak awal masuk perkuliahan, pembentukan karakter telah diberikan. Di samping itu kampus pun aktif mengadakan survei ke dunia kerja mengenai tren kebutuhan kerja dua tiga tahun mendatang sehingga kampus dapat menyiapkan mahasiswanya agar siap menghadapi tantangan ke depan.

Untuk info lebih lanjut:

Marketing & Customer Relations Universitas Prasetiya Mulya – Kampus BSD
Kavling Edutown I.1 Jl. BSD Raya Utama, BSD City,Tangerang 15820 Indonesia
Telp: (021) 304 50 500 ext. 2001 – 2007
SMS/WA Number : 0815 11 66 2005 / 0812 41 11 660
Fax.: (021) 304 50 555
Email: info@prasetiyamulya.ac.id

Penerimaan Calon Mahasiswa Baru Jalur Tes Tertulis Universitas Prasetiya Mulya, Tahun Ajaran 2018/2019

Tes Jakarta Gelombang II

  • Batas Pendaftaran Online : 25 September 2017
  • Batas Pendaftaran Online 25 September 2017Batas Pengumpulan Berkas 25 September 2017
  • Jadwal & Lokasi Tes Masuk : 1 Oktober 2017, Kampus Prasetiya Mulya BSD

 

(EGS)

 

Baca Juga

  • Bazar Buku Online Big Bad Wolf Kembali Hadir di Tokopedia

    Bazar Buku Online Big Bad Wolf Kembali Hadir di Tokopedia

    Menurut Indeks Aktivitas Literasi Membaca (Alibaca) yang disusun Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud) pada 2019, rata-rata indeks Alibaca nasional berada di titik 37,32%, yang tergolong rendah. Riset tersebut juga mengungkapkan bahwa penyebab rendahnya Alibaca itu, salah satunya adalah kurangnya akses terhadap buku. Melihat keadaan tersebut, Tokopedia telah berkolaborasi dengan Bazar Buku Big Bad Wolf untuk […]
  • Investree Berpartisipasi di FinEXPO dan Sundown Run 2019

    Investree Berpartisipasi di FinEXPO dan Sundown Run 2019

    Memperkuat komitmen dalam mewujudkan inklusi keuangan dan perlindungan konsumen bagi semua, Investree sebagai pionir marketplace lending di Indonesia yang memfokuskan diri pada segmen business-to-business (B2B) berpartisipasi di FinEXPO dan Sundown Run 2019 yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selama 4 (empat) hari, Kamis-Minggu, 17-20 Oktober 2019 di Kota Kasablanka, Jakarta. FinEXPO dan Sundown Run […]
  • Pentingnya Pelatihan dan Pendidikan Kewirausahaan

    Pentingnya Pelatihan dan Pendidikan Kewirausahaan

    Di tengah himpitan ekonomi yang semakin besar dan lapangan pekerjaan yang semakin sempit, kewirausahaan dirasakan sebagai jalan yang paling efektif untuk membangkitkan kembali kehidupan perekonomian masyarakat. Mantan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga menjelaskan bahwa jumlah wirausaha Indonesia baru mencapai 3,1 persen dari jumlah penduduk. Rasio ini masih […]
  • Foto : Beragam Peralatan Menggambar dan Mewarnai Bagi Buah Hati di Gramedia Emerald Bintaro

    Foto : Beragam Peralatan Menggambar dan Mewarnai Bagi Buah Hati di Gramedia Emerald Bintaro

    Apakah putra putri Anda gemar menggambar dan coret-coret? Tahukah Anda manfaat bagi anak bila ia melakukan coret-coret atau mewarnai? Coret-coret menjadi media mengekspresikan perasaan/pikiran yang dialami/dirasakannya saat itu. Hingga bila diperhatikan dengan saksama, coretan-coretan anak yang sedang marah akan berbeda dengan coretan anak yang sama tapi ketika ia sedang tak bergejolak. Itulah mengapa coret-coret sering […]
  • 208 Masjid Grup Astra Berkomitmen Terapkan Adaptasi Kebiasaan Baru

    208 Masjid Grup Astra Berkomitmen Terapkan Adaptasi Kebiasaan Baru

    Pandemi COVID-19 yang belum tuntas, mendorong 208 masjid di bawah naungan Grup Astra, berkomitmen untuk menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan adaptasi kebiasaan baru (AKB) sesuai arahan pemerintah. Oleh karena itu, Yayasan Amaliah Astra (YAA) melalui Masjid Astra pada kemarin sore (23/7) menggelar komitmen bersama yang dikukuhkan dalam Silaturahmi Nasional DKM Grup Astra via daring yang […]
  • Di Sop Niambo Anda Bisa Memesan Oseng-Oseng dan Babat Lho

    Di Sop Niambo Anda Bisa Memesan Oseng-Oseng dan Babat Lho

    Mungkin bila Anda membaca judul artikel ini Anda akan membayangkan kami akan mengulas mengenai menu sop. Kali ini Info Bintaro tidak akan mengulas mengenai sop, melainkan oseng oseng dan babat. Ya, karena nama Sop Niambo ini hanya sekedar penamaan dari gerai kuliner satu ini. Namun menu yang disajikan sama sekali tidak ada yang berkaitan dengan […]
  • Artmediasia Creative Design, Menciptakan Keindahan Bagi Ruangan Anda Melalui Poster Artistik

    Artmediasia Creative Design, Menciptakan Keindahan Bagi Ruangan Anda Melalui Poster Artistik

    Keindahan sebuah ruangan tidak melulu bersumber dari penggunaan material dan furniture di dalamnya. Anda bisa menciptakan nuansa mewah bagi sebuah ruangan hanya dengan penambahan aksesoris-aksesoris seperti hiasan dinding yang harganya tidak mahal. Hiasan dinding berupa poster seringkali menarik perhatian orang. Tengok saja seperti di cafe-cafe atau kantor, kita seringkali menemukan poster-poster bergambar atau bertuliskan kata-kata […]
  • Hadapi New Normal dengan New Spirit, Mendag Optimistis Lalui Pandemi Covid-19

    Hadapi New Normal dengan New Spirit, Mendag Optimistis Lalui Pandemi Covid-19

    Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyampaikan rasa optimisnya untuk dapat melalui pandemi Covid-19. Optimisme ini disampaikan dengan ajakan untuk menjalankan ‘new normal, new spirit’ atau menjalankan tatanan kehidupan baru dengan semangat baru. Hal ini disampaikan Mendag pada konferensi pers virtual hari ini, Kamis (11/6) di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta. “Saya yakin dan optimis dapat melewati Covid-19 […]
  • Oppo Hadirkan Perangkat Reno4 di Indonesia, Bawa Tren Smartphone Anak Muda dan Pengalaman Tanpa Sentuhan

    Oppo Hadirkan Perangkat Reno4 di Indonesia, Bawa Tren Smartphone Anak Muda dan Pengalaman Tanpa Sentuhan

    OPPO Reno4 meluncur secara resmi di Indonesia. Perangkat ini hadir dengan inovasi teknologi OPPO dalam mobile photography dengan kehadiran fitur kamera kreatif yang membawa pengalaman portrait photography dan juga perekaman video berbasis kecerdasan buatan. Reno4 ditenagai oleh Smart Sensor dengan algoritma kecerdasan buatan yang disempurnakan untuk memberikan privasi pengguna, dan memungkinan pengguna untuk mengontrol layar […]
  • Bila Hobi Dapat Membuat Persaudaraan : Corolla E80 Community Jakarta

    Bila Hobi Dapat Membuat Persaudaraan : Corolla E80 Community Jakarta

    Kesamaan minat seringkali dapat membuat orang-orang yang tadinya tidak saling mengenal menjadi bersahabat, bahkan sudah seperti saudara. Hal inilah yang terjadi pada para anggota Corolla E80 Community Jakarta, sebuah komunitas penggemar mobil Toyota Corolla E80 lawas. Toyota Corolla E80 merupakan model mobil sedan besutan Toyota yang diproduksi dari rentang waktu 1983 – 1987. Merupakan generasi […]
  • Line Umumkan Rencana Pencanangan Ekonomi Token Line dan Peluncuran Lima dApps

    Line Umumkan Rencana Pencanangan Ekonomi Token Line dan Peluncuran Lima dApps

    LINE Corporation telah mengumumkan rencana untuk meluncurkan lima aplikasi baru yang terdesentralisasi “dApps”. Kelima aplikasi ini memiliki beberapa kategori layanan, yakni perkiraan, tanya jawab, ulasan produk, ulasan makanan, dan peninjauan lokasi menggunakan media sosial. Pengumuman mengenai peluncuran dApps ini, dilakukan pada saat berlangsungnya konferensi pers, di mana perusahaan mengungkapkan spesifikasi rinci dan teknologi pada konsep […]
  • Di Kedai Pak Bejo, Makan Enak Tak Harus Mahal

    Di Kedai Pak Bejo, Makan Enak Tak Harus Mahal

    Biasanya makan enak selalu berkonotasi mahal, namun di Kedai Pak Bejo hal ini tidak berlaku. Penasaran? Datang saja ke gerai Kedai Pak Bejo di Pasar Modern RC/20, Bintaro, Sektor 7. Gerai yang berada di sisi Selatan bagian luar dari Pasar Modern Bintaro terlihat mencolok dengan dinding yang berwarna merah. Kedai Pak Bejo di Pasar Modern […]
  • Ingin Berinvestasi Properti? Pilih Saja di Kawasan Cisauk, Serpong. Prospeknya Bagus, Harganya Masih Murah

    Ingin Berinvestasi Properti? Pilih Saja di Kawasan Cisauk, Serpong. Prospeknya Bagus, Harganya Masih Murah

    Bagi Anda yang memiliki rencana untuk membeli properti, baik untuk tempat tinggal, usaha maupun untuk investasi, tentunya pertimbangan utama Anda adalah prospek dari properti yang diincar. Seperti kita tahu, nilai properti terus melambung karena kebutuhan masyarakat akan properti semakin meningkat. Sayangnya, tidak semua wilayah memiliki perkembangan yang pesat. Alih-alih Anda ingin memperoleh properti yang nilainya […]
  • Vivo V11 Pro, Smartphone dengan Screen Touch ID Resmi Meluncur di Indonesia

    Vivo V11 Pro, Smartphone dengan Screen Touch ID Resmi Meluncur di Indonesia

    Vivo secara resmi meluncurkan smartphone flagship terbarunya, Vivo V11 Pro, untuk konsumen di Indonesia. V11 Pro adalah smartphone pertama di Indonesia, serta V-Series satu-satunya saat ini yang mengusung teknologi Screen Touch ID, meneruskan kepemimpinan teknologi Vivo dalam hal keamanan biometrik. Ditawarkan dengan harga Rp. 4.999.000, Vivo V11 Pro menampilkan terobosan di sisi desain dengan layar […]
  • Xiaomi Pastikan Produksi Lancar Jelang Momentum Lebaran

    Xiaomi Pastikan Produksi Lancar Jelang Momentum Lebaran

    Xiaomi, pemimpin teknologi global, memulai perjalanan produksinya di Indonesia sejak Februari 2017 demi memenuhi tingginya permintaan pasar Indonesia akan smartphone Xiaomi yang berkualitas tinggi dengan harga yang sesuai. Kemitraan strategis Xiaomi dengan pabrik perakit ponsel pintar, PT Sat Nusapersada, yang berlokasi di Batam, Kepulauan Riau, juga merupakan upaya perusahaan untuk memastikan produk-produk Xiaomi diproduksi sepenuhnya […]
  • Samsung Electronics Luncurkan Ekspansi MicroLED, QLED 8K dan Jajaran Lifestyle TV Pada CES 2020

    Samsung Electronics Luncurkan Ekspansi MicroLED, QLED 8K dan Jajaran Lifestyle TV Pada CES 2020

    Samsung Electronics meluncurkan jajaran MicroLED, QLED 8K dan Lifestyle TV terbarunya pada CES 2020. Bersamaan dengan perkenalan ukuran layar terbaru, kemampuan AI 8K canggih, teknologi orientasi layar inovatif dan banyak lagi, Samsung menunjukkan bagaimana jajaran produk terbarunya mendefinisi ulang makna imersif dan merevolusi teknologi home integration. “Konsumen menggunakan layar setiap hari untuk bekerja dari rumah, […]
  • Melangsungkan Resepsi Pernikahan di Lokasi Strategis, Aman dan Nyaman di Griya CIMB Niaga

    Melangsungkan Resepsi Pernikahan di Lokasi Strategis, Aman dan Nyaman di Griya CIMB Niaga

    Dalam persiapan suatu rencana pernikahan, salah satu faktor terpenting yang perlu dipertimbangkan setiap calon pengantin adalah tempat berlangsungnya resepsi pernikahan. Lokasi menjadi sangat penting karena salah satu pertimbangan para undangan untuk menghadiri suatu resepsi pernikahan adalah kemudahan aksesnya, keamanan dan kenyamanan. Lokasi yang sulit ditemukan, tidak aman, parkiran yang sempit, ruangan yang kurang nyaman adalah […]
  • Hari Pelanggan Nasional, Telkomsel Sebar Ragam Hadiah dan Paket Khusus 4G

    Hari Pelanggan Nasional, Telkomsel Sebar Ragam Hadiah dan Paket Khusus 4G

    Memperingati Hari Pelanggan Nasional yang ke-16 pada tanggal 4 September tahun ini, Telkomsel mengapresiasi seluruh pelanggan setianya dengan menghadirkan sejumlah program penawaran spesial. Diantaranya melalui paket Data #Harinya4G, yakni kuota internet khusus 4G sebesar 4GB seharga Rp10. Selain itu, sepanjang bulan September pelanggan juga berkesempatan meraih ragam hadiah melalui penukaran Telkomsel POIN dalam program Terimakasih […]
  • Tompi Dan Maliq & D’essentials Tampil Di Konser Gsm Real Live “Sound Of Nation”

    Tompi Dan Maliq & D’essentials Tampil Di Konser Gsm Real Live “Sound Of Nation”

    Kemana kamu akan menghabiskan malam akhir pekan ini? Sebuah konser musik bertajuk GSM Real Live “Sound of Nation” dapat menjadi pilihan yang tepat. Pesta musik ini bakal digelar di Live Space, SCBD Lot 8, Kawasan SCBD Sudirman, Jakarta Selatan, pada hari Minggu, 28 April 2019, early entry 16.30-18.00. Menawarkan beragam musik yang ceria dan bisa […]
  • 10 Kota Jadi Tujuan Selama Libur Lebaran

    10 Kota Jadi Tujuan Selama Libur Lebaran

    PT Angkasa Pura II mencatat terdapat 10 kota menjadi tujuan utama penumpang domestik selama libur lebaran. “Sepuluh kota itu adalah Surabaya, Denpasar, Kualanamu, Makasar,  Padang, Yogyakarta, Semarang, Palembang, Bandar Lampung dan Pekanbaru,” kata Senior Manager of Branch Communication and Legal Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno Hatta, Erwin Revianto di Tangerang, Jumat. Erwin mengatakan, kesepuluh Kota tersebut […]