Memperingati Hari Autis Sedunia (International Autism Day) 2 April

Tahukah Anda, tanggal 2 April diperingati sebagai Hari Autis Sedunia? Perayaan ini biasanya diwakilkan dengan adanya penggunaan atribut berwarna biru dengan berisikan vendel-vendelyang menyatakan peduli terhadap autis.

Tidak hanya itu,di beberapa negara perayaan autis ini melibatkan bangunan besar sebagai landmark perayaan autis ini. contohnya di UEA, beberapa bangunan di Abu Dhabi seperti Emirates Palace, Capital Gate, Shaikh Zayed bridge, Central Market, Adnoc Buildings,akan menyala berwarna biru. Di New York, gedung putih pun akan menyala biru untuk memperingati Hari Autis Sedunia.

Hari Autis Sedunia ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menyadarkan kepada masyarakat pentingnya kepedulian terhadap kaum autis. Sebab kaum autis dianggap sebagai kaum lemah bagi sebagian orang awam. Kata autis pun kerap kali dipakai untuk julukan bagi mereka yang memiliki IQ dibawah rata-rata. Dan problema yang dihadapi oleh para penderita autisme adalah kesulitan mencari pekerjaan.

Untuk itu majelis umum PBB pada tanggal 18 Desember 2007 menetapkan 2 April setiap tahunnya sebagai Hari Autisme Sedunia. Melalui Hari Peduli Autisme Sedunia, PBB menghimbau agar semua negara anggotanya untuk mengambil langkah yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap autisme di kalangan masyarakat, yang dapat dilakukan dengan diagnosis dini untuk pemberian intervensi dini.

Di Indonesia sendiri Hari Autisme Sedunia pernah dilaksanakan di Karawang tahun 2015 silam. Mereka melakukan berbagai aktivitas sesuai tema LIGHT IT UP BLUE. Warna biru yang disimbolkan sebagai warna semangat dan harapan untuk kehidupan yang lebih bagi para penyandang Autis di seluruh dunia.

Baca juga:
Wila Kertia, Layanan Autisme dan Gangguan Perkembangan yang Berlokasi di Bintaro
Rumah I’m Star, Dimana Anak-Anak Berkebutuhan Khusus Merajut Asa
Jakarta Sibs Club, Wadah Berbagi Antar Sesama Saudara Kandung dari Individu Autistik
Mengajak Memahami Saudara Kandung Sebagai Individu Autistik Komunitas Jakarta Sibs Club dan Rumah I’m Star Menggelar Sesi Berbagi
4 Hal Ini Harus Menjadi Perhatian Bagi Orang Tua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus
Waspadai Jika Buah Hati Mengalami Tanda-Tanda Kesulitan Bicara Ini
Terapi Autis Dengan Musik
Parcel Rumah I’m Star dari Anak-Anak Berkebutuhan Khusus

Dengan semangat Hari Autis Sedunia, mari kita ciptakan dunia yang lebih baik untuk penyandang Autis, karena kita semua adalah SAMA.

Sumber: Indonesia Student & Youth Forum