Memilih Crayon Gambar Yang Aman untuk Anak Anda

Saat ini sangat sering diselenggarakan lomba mewarnai untuk anak. Sebenarnya apakah Anda mengetahui manfaat bagi anak untuk coret-coret atau mewarnai?

Coret-coret menjadi media mengekspresikan perasaan/pikiran yang dialami/dirasakannya saat itu. Hingga bila diperhatikan dengan saksama, coretan-coretan anak yang sedang marah akan berbeda dengan coretan anak yang sama tapi ketika ia sedang tak bergejolak. Itulah mengapa coret-coret sering dikatakan sebagai katarsis. Dengan coret-coret, anak bisa bereksplorasi tanpa kekangan karena salah satu hal terpenting yang mesti dijaga di tahapan usia ini adalah spontanitas dan kebebasan anak.

Dengan memberinya kesempatan untuk coret-coret juga bukan tanpa makna kok. Setidaknya anak jadi kenal akan konsep warna, sekaligus memupuk rasa percaya dirinya bahwa ia bisa “berkarya”. Apalagi bila disertai pendampingan orangtua sambil memberi stimulasi dengan mengenalkan konsep-konsep baru kepada si batita. Contohnya, kala ia memegang pensil warna, katakan, “Nak, ini namanya pensil. Warnanya merah.” Begitu juga sebutkan krayon, spidol dan sebagainya bila memang alat tulis tersebut yang digunakan untuk aksi coret-coretnya. Lanjutkan penjelasan orangtua, “Gunanya untuk menggambar. Yuk, kita menggambar ya. Nih, lihat Ayah gimana cara memegangnya.” Contohkan saja, tapi jangan terpancing untuk marah kalau sudah bolak balik dicontohkan si batita tetap saja mencengkeram/menggenggam alat tulisnya dan bukan dengan menjepitnya di antara telunjuk dan ibu jari sebagaimana lazimnya.

Cara Memilih Alat Tulis yang Aman

Kriteria aman bisa didapat bila kita memilihkan alat tulis yang tidak berujung lancip yang berpotensi melukai tubuhnya. Tidak pula memilihkan krayon atau spidol yang sering menyisakan noda di tangan padahal anak usia ini kadang masih dalam masa fase oral. Dikhawatirkan ia akan langsung segera memasukkan jarinya yang bernoda spidol atau patahan krayon ke mulutnya. Kalaupun menghendaki krayon, pilihlah yang nontoksik alias tak mengandung bahan-bahan beracun serta mudah dibersihkan dengan sabun dan air. Sedangkan kriteria nyaman bisa dipenuhi bila orangtua memilihkan alat tulis yang berbadan cukup besar agar anak mudah memegangnya. Alat tulis yang terlalu kecil dan permukaannya licin akan sulit dipegang anak. Bila memungkinkan pilihlah alat tulis yang memang dirancang khusus bagi pemula. Alat tulis ini biasanya berpenampang segitiga yang sangat ergonomis sehingga sangat tidak melelahkan saat anak memegangnya anak sekaligus menuntun anak untuk memegang alat tulis dengan benar.

BACA JUGA  Genjot Transaksi Bulan Ramadan, Tiki Buka 24 Jam Setiap Hari Selama Libur Lebaran

Standar Mutu Eropa (CE) – Sertifikasi Standar Eropa

Suatu produk atau barang yang aman biasanya telah memiliki sertifikasi standar. Contohnya adalah sertifikasi standar Eropa. Apakah Anda pernah melihat simbol CE pada produk barang yang Anda beli? Simbol CE merupakan simbol sertifikasi wajib bagi semua produk yang beredar di negara-negara anggota Uni Eropa.

Berdasarkan peraturan Uni Eropa, simbol CE pada sebuah produk menunjukkan bahwa produk tersebut tunduk pada sistem sertifikasi negara-negara Uni Eropa berikut peraturan mengenai keamanan, kesehatan, lingkungan dan juga .

BioTech memperoleh sertifikasi ini di kategori produk pada tahun 1998, dan semua produk baru yang diekspor ke Eropa memiliki simbol CE.

Crayon Maped

Menurut Tjhin Ricky, Marketing Manager dari Datascrip Indonesia yang memasarkan produk Maped, produk ini memang aman untuk anak karena sudah memenuhi sertifikasi standar Eropa. Andaipun crayon tidak sengaja tertelan oleh sang anak, ia tidak akan keracunan.

Mau tau gimana kerennya produk crayon ini? Simak videonya berikut ini.

Distribusi Maped

Saat ini produk Maped dijual di toko alat tulis dan toko buku terkemuka di Indonesia termasuk semua outlet Gramedia di seluruh Indonesia. Harganya berkisar dari Rp. 33.000 hingga Rp. 175.000 per set. Jangan lupa follow akun Instagramnya: @DuniaMaped

Lomba Mewarnai di Gramedia Teras Kota Tangerang

Bila Anda yang mau mendapatkan crayon Maped ini, dapat mendaftarkan putra/putri Anda di Lomba Mewarnai Moopy bersama Maped yang akan dilaksanakan di Gramedia Teras Kota pada hari Minggu, 8 Oktober 2017 mulai jam 8 pagi.

Lomba ini terbuka dari playgroup hingga SD! Dengan biaya 60ribu aja sudah bisa dapat buku mopii, kertas mewarnai ukuran A3, dan oil pastel maped 12 warna. Info/Pendaftaran: Gramedia Teras Kota, telp 021-55695 703/05.

BACA JUGA  Beli Pulsa Telkomsel di Dunkin Donut, Diskon 20% Semua F&B

 

(EGS)

Tags

Baca Juga

No tags for this post.