Membuat Anak-Anak Berani ke Dokter, Program Aku Dokter Cilik RS Omni Hospitals Alam Sutera

“Ayo, kalo kamu nakal nanti mama bawa ke dokter, biar kamu nanti disuntik di sana.” Kita sering mendengar orang tua yang menakut-nakuti buah hatinya akan membawa ke dokter jika si anak berbuat kenakalan. Tidak heran, sebagian anak merasakan jika ke dokter adalah salah satu hal yang paling menakutkan. Sayangnya banyak orang tua yang juga tidak memberikan pemahaman yang benar tentang “pergi ke dokter”, sehingga banyak anak yang membawa rasa takutnya ke dokter sampai dewasa.

Untuk memberikan pemahaman bagi anak-anak tentang pekerjaan seorang dokter dan berbagai pekerjaan di rumah sakit, Rumah Sakit Omni Hospitals, sebuah rumah sakit di kawasan Alam Sutera membuat program yang dinamakan Aku Dokter Cilik. Program ini merupakan program bagi anak-anak sekolah yang dikoordinir oleh sekolahnya untuk mempelajari dan mempraktekkan beberapa pekerjaan utama di sebuah rumah sakit.

Menurut dr. Ferry Herwindo, Head of Sales Rumah Sakit Omni Hospitals Alam Sutera, program ini diadakan karena banyaknya anak-anak yang mengalami ketakutan untuk pergi ke dokter, sehingga dengan diperkenalkannya berbagai pekerjaan medis akan membuat anak-anak tahu seperti apa seorang dokter atau bidan bekerja. Dengan memberikan pemahaman secara benar, nantinya si anak tidak lagi mengalami ketakutan untuk pergi ke dokter. Yohan Hianto, Asistant Manager Sales Komunitas menjelaskan, “Program Aku Dokter Cilik bisa diikuti oleh semua sekolah dengan tingkatan TK atau SD dengan mendaftarkan sekolahnya tersebut untuk mengikuti program ini.”

Pada saat ini, untuk mengikuti program ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Ke depannya ada wacana dari RS Omni Hospital untuk membundling program ini dengan benefit-benefit bagi anak-anak dengan biaya yang sangat murah.

Yang terpenting perlu diingat sleh sekolah-sekolah yang ingin mengikuti program ini karena tempat dan bidan yang terbatas, setiap harinya sekolah yang bisa dilayani hanya 1 sekolah dengan jumlah maksimum anak-anak yang bisa ikut adalah 12 orang. “Yang memberikan penjelasan adalah bidan, anak-anak akan diajak untuk melakukan berbagai pekerjaan di 5 ruangan yang berbeda, yaitu Nursery Room, Operating Theater, Accident & Emergency Room, Dental Room dan Pharmacy Room, jelas Yohan.

Program Aku Dokter Cilik berlangsung dari hari Senin-Sabtu, dengan durasi waktu yang diberikan kepada setiap rombongan sekolah adalah 2 jam, dari pukul 10.00-12.00. Setiap harinya ada 2 sesi yang tersedia. Khusus hari Senin, Sesi I berlangsung pada pukul 10.00-12.00 dan Sesi II pada pukul 13.00-15.00. Sementara hari Selasa-Sabtu, Sesi I pada pukul 10.00-12.00 dan Sesi II pukul 14.00-16.00. “Namun pelaksanaannya akan disesuaikan dengan ketersediaan bidan yang memandunya,” lanjut Yohan.

Pada Nursery Room anak-anak akan belajar berbagai pekerjaan dalam menangani bayi yang baru lahir, dari mulai mengganti popok, mengganti baju bayi, membedongnya dan menimbang bayi.

Pada Operating Theater, anak-anak akan belajar anatomi bagian dalam dari manusia, berbagai penyakit yang umum dan penyebabnya, serta melakukan operasi.

Pada Accident & Emergency Room, anak-anak akan belajar bagaimana menggunakan stetoskop. Di sini stetoskop yang digunakan betul-betul stetoskop asli, sehingga anak-anak bisa mendengar detak jantung pasien saat menggunakannya.

Di Dental Room, anak-anak akan belajar cara menyikat gigi yang benar dengan menggunakan model rahang manusia.

Sedangkan pada Pharmacy Room, setiap anak akan belajar bagaimana cara meracik obat dan mengemasnya ke dalam kapsul-kapsul. Tidak perlu kuatir, di sini tidak digunakan bahan-bahan obay yang asli melainkan gula pasir, sehingga aman bagi anak-anak.

Pada akhir dari program ini, anak-anak akan ‘diwisuda’ layaknya seorang dokter yang telah lulus dengan menggunakan toga. Mereka juga akan menerima ‘ijazah’ berupa sertifikat keikutsertaan di program ini dengan nama masing-masing anak tercantum pada sertifikatnya dan berfoto bersama. Selain itu masing-masing anak akan menerima goody bag berisi souvenir dari RS Omni Hospitals.

Wisuda Para Dokter Cilik dari TKK Mitra Penabur Serpong

Karena menariknya program ini, tidak heran jadwal program ini sudah penuh terisi sampai dengan bulan November 2017. Jika sekolah Anda ingin mengikuti program Aku Dokter Cilik, bisa menghubungi 0856 5939 5555 (Senin-Jumat, pukul 08.00-17.00).

 

(ES)

Leave a Comment