Membangun Kompetensi Berbahasa Inggris Anak Melalui Pengenalan Bunyi : I Can Read Bintaro

Menguasai Bahasa Inggris bagi bangsa seperti bangsa Indonesia yang bahasa sehari-harinya bukan Bahasa Inggris, tidaklah mudah. Padahal, penguasaan Bahasa Inggris merupakan salah satu kunci untuk menguasai berbagai pengetahuan agar kita mampu bersaing di tingkat internasional. Bahasa Inggris yang sudah dianggap sebagai bahasa pengantar internasional memiliki cara penulisan, cara pengucapan serta tata bahasa yang jauh berbeda dari Bahasa Indonesia.

Salah satu kesulitan yang sering dihadapi saat seseorang belajar Bahasa Inggris adalah perbedaan antara cara penulisan dengan pengucapan dan apa yang didengar. Pada Bahasa Indonesia, apa yang ditulis dengan apa yang diucapkan memiliki kesamaan, dengan demikian apa ditangkap oleh pendengaran pun tidak berbeda. Kebiasaan ini ternyata terbawa saat kita mempelajari Bahasa Inggris. Tidak heran, bagi sebagian orang, mempelajari Bahasa Inggris dianggap sesuatu yang sulit.

Menyadari hal ini, I Can Read, sebuah kursus Bahasa Inggris bagi anak-anak dan remaja asal Australia, mengembangkan sebuah metode pembelajaran yang bisa dikatakan unik. Bila lazimnya lembaga kursus yang ada di Indonesia mengutamakan penguasaan tata bahasa (grammar), perbendaharaan kata (vocabulary) yang diterapkan pada reading, writting, listening dan speaking, di I Can Read siswa diajarkan untuk mengenali berbagai bunyi (phonics) dalam Bahasa Inggris. Dengan bisa mengenali berbagai phonics dengan baik, siswa pun dapat membaca sebuah tulisan dan mengucapkan secara tepat. Lebih jauh, dengan terbiasa mengucapkan secara tepat akan mempermudah untuk mendengar (listening) yang merupakan kunci utama untuk melakukan percakapan.

I Can Read didirikan oleh Antony Earnshaw dan Annabel Seargeant, asal Australia. Latar belakang keduanya yang merupakan psikolog pendidikan membuat mereka memahami kesulitan yang dihadapi seseorang dalam belajar Bahasa Inggris dan kemudian mengembangkan metode pendidikan yang diterapkan pada lembaga kursus Bahasa Inggris anak yang didirikannya.

Di Indonesia sendiri I Can Read telah beroperasi sejak tahun 2000. Saat ini I Can Read memiliki 28 cabang yang tersebar di berbagai wilayah. Di Bintaro, I Can Read membuka cabangnya pada 8 Oktober 2016. Lokasinya berada di Ruko Kebayoran Arcade 3 Blok KA/E1-11, Jl. Boulevard Bintaro, CBD Bintaro Sektor 7.

Walaupun baru buka sekitar 6 bulan, I Can Read Bintaro telah memiliki siswa hampir 50 orang. Siswa/i-nya berasal dari berbagai sekolah terkemuka di wilayah Bintaro, seperti Sekolah Global, Sun Flower dan Shinning Star yang menyarankan para siswanya untuk kursus Bahasa Inggris di I Can Read. Tidak hanya itu, berbagai siswa dari Binus, Cikal, Al Azhar maupun British School, mengambil kursus di I Can Read. Beberapa siswanya malahan merupakan warga negara asing yang orang tuanya tinggal di wilayah Bintaro.

I Can Read Bintaro memberikan batasan usia bagi para siswanya dari mulai 2,5 tahun sampai 16 tahun. Hal ini disesuaikan dengan kurikulum yang ada, dimana kurikulum yang disusun memberikan penekanan pada kemampuan dasar seseorang dalam belajar Bahasa Inggris. Pada rentang usia inilah dianggap sebagai waktu yang paling baik untuk belajar dan menguasai Bahasa Inggris.

Ada 6 level pada kurikulum I Can Read, yaitu Little Bears Club (LBC), Thinking & Creative Skills (TCS), I Can Read Preliminary (ICRP), I Can Read (ICR), Primary English Programme (PEP) dan I Speak English. Kecuali pada I Speak English, level-level lainnya merupakan program yang berkelanjutan seperti kursus-kursus Bahasa Inggris umumnya.

Untuk mengikuti program kursus di I Can Read, setiap calon siswa harus mengikuti Assesment Test untuk mengetahui kemampuannya dalam Bahasa Inggris. Dengan demikian, dapat ditentukan calon siswa tersebut seharusnya ditempatkan pada level yang mana. Pengecualian bagi anak-anak yang belum pernah belajar Bahasa Inggris, misalnya anak yang berusia 2,5 tahun, secara otomatis akan ditempatkan pada level LBC.

Setelah mengikuti Assesment Test, diberikan kesempatan untuk mengikuti Free Trial sebanyak 1x di kelas yang sesuai dengan rekomendasi Assesment Test. Bila cocok maka siswa bisa mulai mengikuti kegiatan belajar yang sudah ditentukan oleh I Can Read Bintaro.

Tertarik? Anda bisa menghubungi I Can Read Bintaro di nomor 021 –  2221 4122 atau email bintaro@icanread.asia untuk informasi lebih jauh, atau bisa juga mengakses website www.icanread.asia. Untuk melakukan pendaftaran, Anda bisa langsung datang ke lokasi.

 

(ES)

Leave a Comment