Pendidikan

Memaksimalkan Tumbuh Kembang Anak Dengan Bermain di Kapal Karam Tek Sing

Bukan rahasia lagi bahwa bermain mendatangkan banyak manfaat bagi anak. Richard Louv, penulis Last Child in the Woods, menemukan beberapa fakta dalam penelitiannya. Bahwa bermain di luar mengurangi kecemasan dan depresi, serta menambah kepercayaan diri anak.

Seorang psikolog perkembangan kognitif dan ahli pendidikan anak usia dini dari University of Cambridge yang bernama Dr. David Whitebread mengemukakan pendapatnya dalam jurnal The Importance of Play miliknya. Bahwa bermain terkadang dianggap sebagai kegiatan yang tidak penting, sepele dan tidak memiliki tujuan. Namun, Whitebread menampik pandangan tersebut. Menurutnya, bermain adalah salah satu prestasi tertinggi yang dimiliki manusia, selain bahasa, budaya dan teknologi. Pendapatnya tersebut juga diakui oleh para peneliti bahwa bermain menumbuhkan prestasi intelektual dan kesejahteraan emosional.

Selain itu, Friedrich Froebel yang merupakan penulis buku The Pedagogics of the Kindergarten memiliki pemikiran dasar tentang pendidikan modern yang didasarkan pada pengakuan bahwa anak-anak memiliki kebutuhan dan kemampuan yang unik. Ia menyatakan bahwa ketika bermain, anak akan memproduksi kemampuan intelektualnya secara murni.

Dewasa ini, anak terlihat lebih sering bermain dengan gadget dibanding melakukan permainan yang merangsang saraf sensorik dan motorik mereka. Ironisnya, orangtua belum sadar akan bahaya yang mengancam dan justru membiarkan kebiasaan tersebut untuk membuat anak tenang dan merasa nyaman, terutama ketika anak rewel atau merengek saat tidak mau makan.

Menurut survei yang dilakukan oleh Early Childhood Education Degrees, 67% anak-anak di Amerika menjadi anti-sosial karena tidak melakukan aktivitas bermain dan lebih menghabiskan waktu dengan gadget. Jika ini diteruskan, 42% orangtua percaya bahwa pada 2020 nanti anak-anak ini akan menjadi orang yang memiliki permasalahan kognitif, yakni susah fokus, mudah lupa dan kesulitan dalam memecahkan permasalahan.
Melihat permasalahan ini, Ayomain menciptakan wahana bertajuk “Jelajah Kapal Karam” yang akan hadir di Bintaro Jaya Xchange Mall pada 24-28 Maret 2017 pukul 10.00-19.00 WIB. Acara ini memilih Kapal Karam Tek Sing sebagai model wahana.

Kapal Tek Sing sendiri merupakan kapal milik Tiongkok yang dijuluki “Titanic dari Timur” dan masuk ke dalam sejarah kemaritiman Indonesia. Sayangnya, kapal yang berlayar dari Xiamen, China menuju Batavia (Jakarta) ini tenggelam pada 6 Februari 1822 di perairan Selat Gaspar, Kepulauan Bangka Belitung. Ayomain mengangkat tema maritim untuk mengajarkan kepada anak-anak tentang sejarah kemaritiman Indonesia.

Wahana “Jelajah Kapal Karam” berukuran 36 meter persegi yang digunakan oleh anak-anak untuk bermain adalah hasil karya Bumi Bumi Kardus (IG: @bumibumikardus) dan Uchy Widya (IG: @UchyWidya). Seluruh bagian dari wahana ini menggunakan material dari kardus karena bahan kardus merupakan barang daur ulang dari limbah kertas sebagai hasil olahan kayu. Hal ini merupakan salah satu upaya Ayomain dalam menerapkan hidup hijau. Lagipula, kardus bisa sangat kuat dan kokoh, asalkan disertai penataan konstruksi dan perhitungan yang akurat.

Di wahana “Jelajah Kapal Karam” nanti, anak-anak yang menjadi penjelajah kecil dapat mengikuti beberapa program yang ada, yakni sebagai berikut:

1. Tantangan Jelajah Kapal
Anak akan berperan sebagai penyelam yang harus menyelam ke dasar laut untuk memecahkan teka-teki Kapal Tek Sing. Anak bisa melatih saraf sensorik dengan melalui rintangan-rintangan yang terbuat dari kardus di dalam wahana Kapal Tek Sing.

2. Aktivitas Playdate
Anak-anak akan diberi kesempatan untuk belajar tentang team work. Setelah dibagi menjadi kelompok-kelompok, anak-anak harus menyelesaikan perjalanan mereka dari mulai membenahi dermaga yang rusak agar dapat dilewati, meloloskan diri dari serangan ikan hiu, hingga dapat sampai di lokasi penyelaman Kapal Karam Tek Sing. Permainan seperti ini melatih saraf sensorik anak dan melatih keseimbangan tubuh serta melatih anak untuk menjalankan fungsi koordinasi. Instruksi untuk beraksi dalam wahana bermain ini akan disampaikan oleh Kakak Main yang berjaga di area bermain. Teknik ini juga sekaligus melatih keterampilan anak dalam mendengarkan instruksi.

BACA JUGA  Les Privat dengan 3 Gaya Belajar : Les Privat To Be

3. Workshop Membuat Mainan dari Kardus
Workshop yang digelar pada pukul 13.00 WIB-15.00 WIB setiap harinya ini akan mengajarkan cara membuat mainan berbahan dasar kardus untuk orangtua dan anak usia 8-13 tahun.

4. Reporter Jelajah Kapal
Selain bermain, anak-anak juga bisa berperan sebaga reporter dengan membayar paket bermain sebesar Rp 100.000,-. Anak akan merasakan pengalaman menjadi Reporter Jelajah Cilik bersama DJ TV (Discover Jakarta TV). Hasil liputan tersebut bisa dibawa pulang untuk dijadikan koleksi pribadi anak.

“Jelajah Kapal Karam” dapat diikuti oleh anak usia 2-13 tahun dengan biaya pendaftaran sebesar 85.000 rupiah (fasilitas: playdate atau workshop dan tiket menjelajah kapal) dan IDR 35,000 (fasilitas: tiket menjelajah kapal).
Anak dengan usia di bawah 8 tahun dapat mengikuti seluruh program dengan didampingi oleh orangtua. Pendaftaran secara online dibuka hingga 23 Maret 2017 dan dapat diakses melalui situs Ayomain di www.ayomainid.com atau bit.ly/jelajahkapalkaram. Pendaftaran setelah tanggal tersebut dapat dilakukan di wahana “Jelajah Kapal Karam” di Bintaro Jaya Xchange Mall.

 

Baca Juga

  • Gandeng Aplikasi Belajar Online, Telkomsel Luncurkan Paket Ilmupedia

    Gandeng Aplikasi Belajar Online, Telkomsel Luncurkan Paket Ilmupedia

    Generasi muda sebagai digital native menjadi salah satu roda penggerak penting untuk mewujudkan pemerataan ekosistem digital di Indonesia. Telkomsel terus bergerak maju bertransformasi sebagai digital telco company yang senantiasa mengakselerasikan negeri melalui pemanfaatan teknologi tepat guna di berbagai bidang, termasuk pendidikan. Untuk itu, bertepatan dengan momen peringatan Hari Guru Nasional, Telkomsel meluncurkan Paket Ilmupedia, paket […]
  • Apa Yang Harus Diperhatikan Saat Menderek Mobil

    Apa Yang Harus Diperhatikan Saat Menderek Mobil

    Mobil mogok adalah salah satu kejadian yang tak diinginkan pengemudi, apalagi jika kejadian ini terjadi di tengah-tengah jalan. Jika kesulitan mencari petugas derek, Anda bisa saja meminta bantuan kepada orang lain. Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan. Berikut ini beberapa hal tersebut. Pertama, siapkan tali penarik. Untuk menderek kendaraan, gunakanlah tali penarik yang kuat. […]
  • Java Festival Production Mempersiapkan Program Spesial untuk Perayaan 15 Tahun Jakarta International BNI Java Jazz Festival

    Java Festival Production Mempersiapkan Program Spesial untuk Perayaan 15 Tahun Jakarta International BNI Java Jazz Festival

    Sejumlah lineup dan program dalam merayakan tahun ke 15 Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2019 telah dipersiapkan dan sungguh beragam. Perayaan yang akan diramaikan oleh berbagai artis mulai dari grup musik legendaris TOTO, artis pendatang baru Raveena, super group yang berisikan Robert Glasper, Terrace Martin, Christian Scott aTunde Adjuah, Derrick Hodge, Taylor McFerrin, dan […]
  • Ada Klub Astronomi Amatir lho di Tangsel

    Ada Klub Astronomi Amatir lho di Tangsel

    Saat Info Bintaro meliput fenomena Super Blue Blood Moon di Sekolah Pembangunan Jaya, kami sempat berkenalan dengan beberapa mahasiswa UIN Jakarta yang menjadi pemandu bagi para siswa. Mereka merupakan anggota kelompok Pecinta Astronomi yang bernama Gamma Astronomy Club (GAC). Klub ini berawal dari perkumpulan mahasiswa yang menamakan diri Gabungan Mahasiswa Muslim Fisika UIN Jakarta atau biasa […]
  • Buktikan, Restoran di Bintaro Ini Menyajikan Steak Berkualitas

    Buktikan, Restoran di Bintaro Ini Menyajikan Steak Berkualitas

    Ketika sedang bosan dengan hidangan menu makanan yang kurang variatif cobalah untuk mengunjungi salah satu restoran di Bintaro yang menyajikan menu steak dengan berbagai rasa dan juga ukuran. Adalah “Steak 21” tempat dimana para penikmat steak dapat terpuaskan hasratnya. Steak Impor maupun Lokal Disajikan di Restoran di Bintaro Steak 21 yang menawarkan beberapa menu layaknya […]
  • Ketika Kehangatan Masa Lalu Hadir Kembali di Pasar Seni Ancol

    Ketika Kehangatan Masa Lalu Hadir Kembali di Pasar Seni Ancol

    Pasar Seni Ancol yang eksis sejak 1975 telah menjadi pusat lahirnya karya- karya seni, baik seni lukis, pahat maupun musik. Tidak sedikit karya seni fenomenal dilahirkan dari Pasar Seni. Selain beragam pameran karya seni, pagelaran pertunjukan musik juga kerap dihadirkan dilokasi yang penuh kenangan ini. Akhir pekan ini Komunitas Kangen Chrisye (K2C) bersama Gita Cinta […]
  • 1000 Hari Awal Kehidupan yang Menentukan

    1000 Hari Awal Kehidupan yang Menentukan

    Kelahiran anak bukan merupakan awal perhatian yang harus diberikan sang ayah dan ibu. Justru awal kehamilan merupakan titik nol perhatian terhadap anak, terutama dalam menjaga keterjaminan asupan gizi yang baik secara optimal, hingga setidaknya 1000 hari berikutnya. Pada dasarnya, di 1000 hari awal kehidupan, pertumbuhan dan perkembangan anak berlangsung secara cepat. Saat masih dalam kandungan […]
  • Seluruh Layanan Batik Air dan Lion Air Resmi Beroperasi di Bandar Udara Internasional Yogyakarta Kulonprogo

    Seluruh Layanan Batik Air dan Lion Air Resmi Beroperasi di Bandar Udara Internasional Yogyakarta Kulonprogo

    Batik Air dan Lion Air, member of Lion Air Group menyampaikan bahwa untuk seluruh layanan penerbangan domestik mulai hari ini (30/3) resmi beroperasi di Bandar Udara Internasional Yogyakarta Kulonprogo (YIA). Operasional ini merupakan perpindahan keseluruhan penerbangan Lion Air dan Batik Air dari Bandar Udara Internasional Adisutjipto (JOG). Lion Air Group menyatakan seluruh operasional dijalankan menurut […]
  • Cicipi Nasi Bakmoy Ayam di Pasar Modern Bintaro

    Cicipi Nasi Bakmoy Ayam di Pasar Modern Bintaro

    Indonesia terdiri dari perpaduan banyak budaya. Banyak bangsa pendatang ke nusantara. Diantaranya adalah dari Tionghoa. Salah satu yang dibawa adalah menu masakan khas Tionghoa. Tahukah Anda bahwa  bakmoy adalah salah satu makanan perpaduan apik antara budaya Tionghoa dan Jawa. Menurut sebuah situs, bakmoy berasal dari kata “BAH MUI”, yang mulanya menggunakan daging babi sebagai bahan […]
  • Sejarah Pasukan Kostrad

    Sejarah Pasukan Kostrad

    Komando Strategis Angkatan Darat atau biasa disingkat Kostrad adalah bagian dari Komando Utama (KOTAMA) tempur yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat. Kostrad memiliki jumlah pasukan yang dirahasiakan dan selalu siap untuk beroperasi atas perintah Panglima TNI kapan saja. Saat ini Kostrad terdiri dari dua Divisi: Divisi Infanteri 1/Kostrad berada di Cilodong, Depok Divisi Infanteri 2/Kostrad […]
  • Batik Fashion Day Hotel Santika Premiere Bintaro, Menampilkan Kekayaan Budaya Tangerang Selatan Melalui Batik

    Batik Fashion Day Hotel Santika Premiere Bintaro, Menampilkan Kekayaan Budaya Tangerang Selatan Melalui Batik

    Untuk mempromosikan kekayaan budaya lokal, Hotel Santika Premiere Bintaro menggelar acara yang bertajuk Batik Fashion Day pada Kamis, 13 Oktober 2016 di Restoran Kembang Sepatoe, Ground floor, Santika Premiere Bintaro. Acara ini menampilkan batik etnik khas Tangerang Selatan yang mengambil tema Batik Tangsel: The Everlasting Heritage. Menurut Bangkit Ciptadi, Director of Sales Hotel Santika Premiere […]
  • Tempat Makan di Bintaro : Nasi Goreng Mafia

    Tempat Makan di Bintaro : Nasi Goreng Mafia

    INFOBINTARO – Mencari tempat makan di Bintaro yang punya taste dan sensasi yang tidak biasa? Nah, mungkin Nasi Goreng Mafia bisa jadi solusi untuk kalian. Restoran yang satu ini memang sudah memiliki banyak cabang, khususnya di Bandung, namun kini warga Bintaro juga bisa merasakan bagaimana nikmatnya nasi goreng unik yang satu ini. Tempat Makan di […]
  • Chic-Chat & Workshop #1 Permata Bank

    Chic-Chat & Workshop #1 Permata Bank

    Mengerjakan sesuatu dengan ‘passion’ sekali pun hasilnya belum langsung terlihat dan banyak kesulitan yang dihadapi. Terus jalani dan kembangkan. Itulah 2 kalimat inti yang yang disampaikan oleh Azalea Ayuningtyas, pendiri & CEO Du’Anyam, saat membagikan pengalamannya dalam mengembangkan bisnisnya pada sesi pertama Chic-Chat & Workshop #1 Permata Bank pada Selasa, 28 Februari 2017 di Excelso, Bintaro […]
  • Kemenparekraf Ajak Masyarakat Selalu Jalankan Langkah #BersamaJagaKebaikan

    Kemenparekraf Ajak Masyarakat Selalu Jalankan Langkah #BersamaJagaKebaikan

    Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengajak masyarakat untuk selalu memberikan semangat positif, inspirasi, kebaikan, serta saling mendukung di tengah pandemi dan situasi yang tidak menentu saat ini. Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Nia Niscaya dalam keterangannya, Jumat (22/5/2020) mengatakan, ajakan tersebut salah satunya diwujudkan dalam tantangan #BersamaJagaKebaikan yang digulirkan beberapa waktu lalu […]
  • Goodyear Zero Contact Service

    Goodyear Zero Contact Service

    Di tengah situasi saat ini dimana semua orang dan instansi wajib melaksanakan protokol the new normal, Goodyear Indonesia meluncurkan layanan terbaru yaitu Zero Contact Service. Layanan bagi pelanggan ban konsumen / keluarga bertujuan mengurangi kontak langsung dan melaksanakan protokol kesehatan dan kebersihan demi kesehatan dan kenyamanan para pelanggan. Goodyear Indonesia menyadari pentingnya peran kendaraan yang […]
  • Bantuan Purna Jual bagi Pelanggan Nissan dan Datsun yang Terkena Musibah Bencana Alam Tsunami Selat Sunda

    Bantuan Purna Jual bagi Pelanggan Nissan dan Datsun yang Terkena Musibah Bencana Alam Tsunami Selat Sunda

    Nissan Indonesia mengumumkan program purna jual khusus bagi pelanggan Nissan dan Datsun yang kendaraannya terkena musibah bencana alam tsunami di Selat Sunda yang terjadi pada Sabtu, 22 Desember 2018. “Kami menghaturkan rasa duka cita sedalam-dalamnya bagi para korban dari bencana alam tsunami yang menimpa kawasan Banten dan Lampung Selatan”, ungkap Troy Pantouw, Deputy Director Communications, […]
  • B’Steak Grill & Pancake

    B’Steak Grill & Pancake

    Resto ini memiliki menu utama steak dan pancake. B’Steak dapat menjadi salah satu pilihan bersantap bersama keluarga di luar rumah, baik untuk sarapan, makan siang maupun makan malam. Buka setiap hari, mulai dari jam 10 pagi hingga 10 malam. Selain steak juga ada hidangan pasta menu khas dari Italia, rosti menu kentang khas  Swiss yang […]
  • Foto : Lomba Lego Centro Bintaro

    Foto : Lomba Lego Centro Bintaro

    Pada hari Sabtu, 25  November 2017, Centro Department  Store menggelar Lego Brick Competition yang berlangsung di  outlet Centro yang berada di Bintaro Xchange Mall. Kompetisi ini diikuti 27 anak yang terdiri dari kategori anak laki-laki dan perempuan dari usia 7 – 12 tahun. Berikut foto-foto suasana berlangsungnya kompetisi. Tagscovid 19e commercegaya hidupgojekpromo ramadhanramadhantempat makan daerah […]
  • Siaga Bencana di Perkantoran dan Fasilitas Publik : Sudah Siapkah Kita?

    Siaga Bencana di Perkantoran dan Fasilitas Publik : Sudah Siapkah Kita?

    Indonesia merupakan negara kepulauan tropis yang terletak di antara empat lempeng tektonik dengan kondisi topografi permukaan dan batuan yang relatif beragam. Hal ini menyebabkan Indonesia rentan untuk mengalamai berbagai bencana alam, seperti gempa bumi, tsunami, longsor, gunung meletus, banjir, maupun tsunami. Selain bencana alam, pada beberapa tahun terakhir juga terjadi berbagai bencana non alam yang […]
  • DFSK Glory 560 Mulai Dijual di Surabaya

    DFSK Glory 560 Mulai Dijual di Surabaya

    Surabaya merupakan salah satu lumbung penjualan terbesar otomotif di Indonesia yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Para produsen kendaraan tentu tidak ingin melewatkan begitu saja pasar otomotif di Surabaya mengingat kontribusinya yang cukup signifikan terhadap penjualan kendaraan di tanah air. Sebagai kota kedua terbesar di Indonesia, Surabaya merupakan pintu gerbang penyebaran otomotif ke daerah […]

Tinggalkan Balasan