Memainkan Musik Dengan Baik Menggunakan Perasaan dan Komunikasi: Seminar Bersama Ananda Sukarlan

Dalam memainkan musik, teknik permainan bukan hal yang terpenting. Hal ini merupakan salah kaprah yang sering terjadi pada orang tua dan anaknya, dimana orang tua sering mengharapkan anaknya memiliki teknik permainan musik yang tinggi. Keinginan ini kemudian diterjemahkan oleh anaknya sebagai tuntutan dari orang tuanya. Hal inilah yang sering menjadi penyebab seorang anak merasa belajar musik adalah beban baginya.

​Ananda Sukarlan, dalam Seminarnya yang berlangsung pada hari Selasa, 29 November 2016 di Kidscenter Studio, Bintaro Sektor 9 menyampaikan bahwa teknik permainan bukanlah hal yang terpenting. 

Dalam memainkan musik, apalagi di depan penonton misalnya kompetisi, yang terpenting adalah perasaannya dalam bermusik sehingga melalui musik dapat berkomunikasi dengan audiens.


Faktor terpenting bagi seorang anak dalam menggunakam perasaannya dalam bermusik adalah anak tersebut hatus merasa enjoy. Harus ada keseimbangan antara minat dan bakat.

Pada seminar ini Ananda memberikan kesempatan dari peserta untuk bertanya saat ia menyampaikan paparannya.

Salah satu teknik bermain piano yang baik adalah menyentuh tuts-tuts piano seperti memberi ‘titik’ kemudian diberikan penekanan terhadap jari-jari yang menekan tuts. Untuk pergelangan tangan harus luwes. Banyak anak yang menggunakan tekanan bahunya untuk menekan tuts, sehingga gerakannya tidak luwes dan menjadi cepat lelah.


Hal lain yang sering terjadi adalah orang tua yang sering memaksakan anak untuk belajar instrumen lainnya, bahkan bisa 4-5 instrumen sekaligus. Menurut Ananda manusia memiliki keterbatasan. Bahkan tokoh musik dunia yang dikenal memiliki talenta luar biasa dalam bermusik: Mozart, hanya menguasai 2 instrumen saja. Ananda juga mengharapkan anak dapat belajar musik di usia sedini mungkin. Ia memberikan gambaran, usia ideal bagi seorang anak untuk belajar musik adalah 5-16 tahun. Pada range usia ini kemampuan seorang anak dapat berkembang dengan baik. Namun bukan berarti bila usia anak telah melebihi range itu ia tidak dapat menguasai instrumen musik dan bermain musik dengan baik, namun tentu saja hasilnya tidak sebaik bila anak belajar musik dari usia dini.

Acara yang dihadiri 16 orang yang terdiri dari orang tua siswa san guru-guru Petrof Piano House Bintaro ini juga diisi dengan sesi Piano Masterclass. Sama seperti acara sebelumnya pada tanggal 12 November 2016, Piano Masterclass ini diisi oleh 4 siswa yang telah menyiapkan lagu-lagu yang dimainkan dan dinilai oleh Ananda Sukarlan.
(ES)

Leave a Comment