Universitas Pembangunan Jaya

Memahami Survey Menjelang Pilpres

Menjelang pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) pada hari Rabu, 17 April 2019, berita-berita di media massa makin marak, salah satunya mengenai hasil survei. Misalnya saja ringkasan hasil survei beberapa lembaga survei di Indonesia (Elektabilitas Jokowi vs Prabowo, 2019) yang dipaparkan baru-baru ini.

Dua pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dan Joko Widodo-Maruf Amin saat acara pengambilan nomor urut di Kantor Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, Jumat (21/9/2018).(KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)

Mungkin saja bagi pendukung pasangan capres-cawapres yang dimenangkan dalam survei-survei ini akan meloncat kegirangan setelah membaca hasil survei, sedangkan pendukung pasangan yang dikalahkan dalam survei akan mencurigai hasil survei tersebut.

Di luar reaksi yang beragam terhadap hasil survei pilpres ini, sebenarnya yang perlu diketahui adalah bagaimana memahami hasil survei ini, terutama bagi orang awam yang tidak terjun di dunia politik.

Pertimbangan dalam membaca hasil survei Pilpres

Penulis mencoba untuk memberikan empat pertimbangan umum yang dapat digunakan oleh orang awam untuk memahami survei-survei semacam ini.

  1. Pertanyaan yang diajukan.Hasil-hasil survei tersebut tentunya diperoleh dengan mengajukan pertanyaan kepada sejumlah orang, baik secara tatap muka maupun tidak. Pertanyaan yang diajukan ini akan menentukan bagaimana hasil survei dapat disimpulkan. Misalnya saja, diajukan pertanyaan berikut: “pada pemilu 17 April 2019 nanti, apakah Anda akan memilih pasangan capres-cawapres A?”. Apabila ada yang menjawab “tidak”, kita tidak dapat menyimpulkan bahwa orang tersebut pasti memilih pasangan B, karena tidak memilih pasangan A bukan hanya berarti pasti memilih pasangan B namun mungkin saja bisa tidak memilih keduanya. Bentuk pertanyaan seperti tentunya tidak tepat bila digunakan dalam survei pilpres, sehingga hasil surveinya dapat kita ragukan bila diajukan pertanyaan tersebut. Pertanyaan berikut,“pada pemilu 17 April 2019 nanti, apakah Anda akan memilih pasangan capres-cawapres A atau pasangan capres-cawapres B?”, tentunya lebih baik dibandingkan pertanyaan pertama, karena jawabannya sudah menunjukkan manakah pasangan yang dipilih. Untuk lembaga-lembaga survei yang kredibel, tentunya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sudah dipertimbangkan dengan matang.
  2. Bagaimana sampel diambil. Pertimbangan berikutnya adalah bagaimana cara memilih orang-orang yang akan ditanyakan. Apabila sampel hanya berasal dari suatu tempat tertentu yang kebetulan saja ditemui dan diwawancarai, hasil survei ini kemungkinan besar tidak dapat secara tepat menggambarkan pilihan masyarakat sehingga tidak dapat kita percaya. Misalnya saja, survei dilakukan terhadap orang-orang yang hadir pada kampanye pasangan atau partai tertentu, ataupun kepada warga yang tinggal di daerah yang dikenal sebagai pendukung pasangan tertentu. Untuk survei pemilu pastinya harus mewakili seluruh Indonesia, dimana orang-orang yang diwawancarai harus berasal dari 34 propinsi, termasuk pertimbangandemografis dan psikologis dari daerah-daerah dimana orang-orang akan diwawancarai. Setelah menentukan daerah yang akan disurvei, selanjutnya adalahmemilih secara acak orang-orang yang diwawancarai, bukan hanya secara kebetulan yang ditemui di daerah-daerah itu. Pengambilan sampel yang dilakukan pada lembaga-lembaga survei yang kredibel biasanya sudah mempertimbangkan keterwakilan secara nasional, misalnya dengan multistage random sampling.
  3. Jumlah sampel. Selain cara pengambilan sampel, yang perlu diperhatikan adalah jumlah sampel. Survei-survei pastinya tidak mungkin mewawancarai seluruh anggota populasi yaitu seluruh pemilik hak suara di Pemilu 2019, berjumlah190.770.329 orang (Daftar lengkap rekapitulasi, 2018), namun hanya mengambil sebagian saja. Kalau jumlah sampel terlalu kecil (misal 100 orang), maka hasil survei dapat diragukan karena dianggap tidak mewakili 190 juta lebih pemilik hak suara. Berapa jumlah sampel yang dianggap baik? Prinsipnya, semakin banyak sampel, semakin baik hasil survei. Mengacu pada Taherdoost (2017), dengan populasi 1 juta atau lebih, minimal sampel 384 orang untuk tingkat kepercayaan 95% dan margin of error 5%. Artinya, apabila sampel yang diambil lebih dari jumlah ini, maka hasil survei akan semakin baik. Melihat informasi jumlah sampel pada sejumlah lembaga survei terkemuka (Elektabilitas Jokowi Vs Prabowo, 2019; Carina, 2019), semuanya berjumlah lebih dari 1.000 orang. Artinya, jumlah sampel sudah dianggap dapat mewakili.
  4. Margin of error. Karena survei diambil dari sampel, ada kemungkinan hasilnya untuk berbeda dengan populasi. Seberapa besar kemungkinan hasil survei berbeda dengan populasi dapat diperkirakan dalam bentuk margin of error. Margin of error yang kecil menunjukkan semakin kecil perbedaan dengan populasi. Biasanya margin of error pada hasil survei dari lembaga survei kredibel tidak lebih dari tiga persen. Apa arti margin of error 3%? Contoh, apabila dari hasil survei diperoleh pasangan A mendapatkan 37%, maka persentase di populasi berkisar plus minus 3%, yaitu dalam rentang antara 35% hingga 40%. Lebih lanjut lagi margin of errordapat digunakan untuk membandingkan hasil survei dua pasangan. Misalnya, hasil survei menunjukkan pasangan A mendapat 37% dan pasangan B 42%, apakah berarti pasangan B lebih unggul? Dengan margin of error 3%, artinya pasangan A sebenarnya mendapat 35% hingga 40% dan pasangan B mendapat 39% hingga 45%. Dengan demikian, tidak dapat dikatakan pasangan B lebih unggul karena perolehan kedua pasangan masih dalam rentang yang sama, yaitu antara 39% hingga 40%. Maksudnya, bisa saja pasangan A mendapat 40% sedangkan pasangan B 39%. Namun bila hasil survei yang sama dengan margin of error1,5%, maka dapat dikatakan pasangan B lebih unggul (40,5% hingga 43,5%) karena perolehan suara keduanya tidak dalam rentang yang sama.
BACA JUGA  Menjadi Pemuda Indonesia yang Anti Hoax

Simak video penjelasannya : https://www.youtube.com/watch?v=I0urUhwfwTU

Apakah hasil survei dapat meramalkan hasil pemilu?

Tidak. Hasil survei dilakukan sebelum berlangsungnya pemilu, yang belum tentu dapat meramalkan perilaku memilih secara tepat. Seperti kita ketahui, hasil akhir perhitungan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada sejumlah pemilihan kepala daerah (pilkada) berbeda dengan survei-survei sebelum pilkada.

Hal ini bukan berarti bahwa lembaga-lembaga survei tersebut melakukan secara asal-asalan atau ada kepentingan pasangan tertentu (survei bayaran). Ini dikarenakan perilaku memilih saat di bilik suara dipengaruhi oleh banyak faktor. Bisa saja orang yang saat diwawancarai menjawab akan memilih pasangan A, namun saat pemilu malah memilih pasangan B. Selain itu, karena survei biasanya dalam bentuk wawancara, belum tentu orang akan terbuka untuk mengatakan pilihannya nanti di bilik suara.

Bagaimana menyikapi hasil survei ini?

Bagi kita, orang awam yang tidak terjun ke dunia politik, survei-survei ini hendaknya dilihat sebagai informasi terhadap dinamika demokrasi di Indonesia. Yang perlu diingat adalah siapa pun pasangan capres-cawapres, mereka pastinya bertujuan untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

Jangan sampai hasil survei ini memberi dampak negatif terhadap interaksi sosial Anda.Misalnya, karena berbeda mendukung pasangan capres-cawapres dengan teman Anda, hasil survei ini membuat Anda saling mengejek bahkan menghujat hingga pertemanan Anda menjadi terganggu.

Bagi Anda yang mendukung pasangan yang dimenangkan dari hasil survei, janganlah kemudian menjelek-jelekkan atau merendahkan pendukung pasangan lain. Sedangkan bagi Anda yang mendukung pasangan yang dikalahkan pada hasil survei, janganlah langsung berpikir bahwa survei tersebut adalah survei yang dibayar atau tipuan dari pasangan capres-cawapres tertentu.

Hindari juga menuliskan hal-hal negatif di media sosial terkait hasil survei.Coba lihat kembali pertimbangan-pertimbangan di atas. Akhir kata, bijaklah menyikapi hasil survei pilpres.

Penulis:

Aries Yulianto, S.Psi., M.Si.
Staf Pengajar Program Studi Psikologi
Fakultas Humaniora dan Bisnis Universitas Pembangunan Jaya

Referensi:

Carina (2019, 6 Maret). Elektabilitas Terbaru Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga Menurut 4 Lembaga Survei. Kompas.com.

Diambil dari: https://nasional.kompas.com/read/2019/03/06/07152831/elektabilitas-terbaru-jokowi-maruf-dan-prabowo-sandiaga-menurut-4-lembaga

Baca Juga

  • Nongkrong Asyik di Routine Coffee & Eatery

    Nongkrong Asyik di Routine Coffee & Eatery

    Bagi Anda yang suka nongkrong, apa sih kriteria tempat nongkrong yang asyik? Pastinya tempat yang nyaman dan makanannya yang enak kan? Mungkin yang lain mengatakan atmosfir yang menyenangkan. Yang lain mungkin mengatakan harganya yang terjangkau kantong. Soal tempat nongkrong, Bintaro memang tidak kekurangan tempat yang asyik, salah satunya adalah Routine Coffee & Eatery ini. Info […]
  • Resolusi 2018: Menikah Dengan Budget Rp. 20 Juta

    Resolusi 2018: Menikah Dengan Budget Rp. 20 Juta

    Apakah menikah menjadi resolusi Anda dan pacar tahun ini? Sebentar lagi kita memasuki bulan Februari di mana anak-anak muda merayakan Valentine’s Day.  Mau melamar pacar Anda di hari Valentine tapi takut merencanakan pernikahan? Memikirkan budget yang lumayan besar? Berencana menikah dan ingin memulai kehidupan yang baru, Anda dan pasangan tentu berharap bisa menggelar sebuah pesta […]
  • Sambut Liburan Akhir Pekan Panjang,Siapkan Kendaraan dan Diri Anda untuk Perjalanan Aman dan Nyaman

    Sambut Liburan Akhir Pekan Panjang,Siapkan Kendaraan dan Diri Anda untuk Perjalanan Aman dan Nyaman

    Mengunjungi sanak saudara ataupun melakukan perjalanan ke berbagai tujuan wisata di luar kota dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk melewati libur akhir pekan panjang minggu depan. Bagi Anda yang menyukai berlibur melalui jalur darat, road-trip akan menjadi kegiatan yang seru menarik untuk dilakukan, terutama bagi yang belum pernah menjajal tol baru Trans Jawa yang mencakup […]
  • Perhatikan, Benda-Benda ini Wajib Ada di Setiap Kotak P3K

    Perhatikan, Benda-Benda ini Wajib Ada di Setiap Kotak P3K

    Perayaan 17 Agustusan telah berakhir. Hiruk pikuk berbagai lomba masih menyisakan kegembiraan bagi semua orang. Walaupun berbagai perlombaan telah berakhir, tidak ada salahnya kita mengetahui salah satu perlengkapan perlombaan yang terlihat sepele namun sangat dibutuhkan saat terjadi cidera atau kecelakaan yang mungkin disebabkan peserta lomba yang tidak berhati-hati atau terlalu bersemangat., apalagi kalau bukan kotak […]
  • Satu Nusa Kaya Rasa: Berbagai Variasi Cemilan Favorit di 5 Kota Besar di Indonesia melalui GrabFood #Palugada

    Satu Nusa Kaya Rasa: Berbagai Variasi Cemilan Favorit di 5 Kota Besar di Indonesia melalui GrabFood #Palugada

    Riset menunjukan bahwa masyarakat Indonesia adalah salah satu masyarakat yang paling gemar ngemil. Dalam laporan yang dilansir oleh Mondelez Internasional pada tahun 2017 dengan judul Snacking Habit Report: Indonesia, dikatakan bahwa satu dari tiga orang Indonesia mengkonsumsi camilan lebih dari tiga kali sehari. Mulai dari bubble tea, martabak hingga kopi susu, ngemil tentunya adalah salah […]
  • AIA Persembahkan Asuransi Kecelakaan Gratis Untuk Para Pemudik

    AIA Persembahkan Asuransi Kecelakaan Gratis Untuk Para Pemudik

    PT AIA FINANCIAL (AIA), salah satu perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia, memperkenalkan produk baru untuk perlindungan jiwa khusus dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri, yaitu Asuransi Kecelakaan Gratis. Asuransi kecelakaan gratis ini ditujukan untuk masyarakat Indonesia yang akan melakukan perjalanan mudik, baik yang merupakan nasabah AIA maupun non-nasabah. Setiap tahunnya, jutaan masyarakat Indonesia melakukan […]
  • Menguasai Musik Klasik Adalah Jalan Masuk Untuk Menguasai Jenis Musik Lainnya – Talkshow Bersama Ananda Sukarlan

    Menguasai Musik Klasik Adalah Jalan Masuk Untuk Menguasai Jenis Musik Lainnya – Talkshow Bersama Ananda Sukarlan

    Pada Talkshow bersama Ananda Sukarlan yang diadakan oleh Petrof Piano House Bintaro, Sabtu, 12 November 2016  di Kidscenter Bintaro (baca juga: Manfaat Musik Klasik Bagi Anak-Anak : Talkshow, Seminar & Master Class Bersama Ananda Sukarlan), salah satu pertanyaan yang mengemuka dari pengunjung adalah apakah dengan mempelajari musik klasik akan membuat anak sulit untuk menguasai jenis […]
  • Aspek Yang Perlu Diperhatikan Bila Studi di Luar Negeri

    Aspek Yang Perlu Diperhatikan Bila Studi di Luar Negeri

    Kuliah di luar negeri merupakan impian sebagian besar pelajar di Indonesia. Hal ini bukan berarti pendidikan di Indonesia kurang berkualitas. Namun ketika melanjutkan studi di luar negeri, ada sederetan hal baru yang tak akan bisa ditemui di negara sendiri. Di kalangan siswa Indonesia, terdapat Top Five Country yang paling diminati sebagai negara tujuan: Australia, Malaysia, Amerika […]
  • BSDE Terus Kembangkan Produk-Produk Menarik

    BSDE Terus Kembangkan Produk-Produk Menarik

    Pengembang properti terkemuka di Tanah Air, PT Bumi Serpong Damai Tbk (kode saham: BSDE), membukukan marketing sales senilai Rp5,3 triliun sepanjang 9 bulan pertama tahun ini yang didukung oleh penjualan produk residensial, komersial serta lahan. Hermawan Wijaya, Direktur, menuturkan bahwa dengan capaian tersebut, BSDE telah berhasil mencapai 85% dari target marketing sales pada tahun 2019 […]
  • Lebaran, Momen untuk Berbagi Peran

    Lebaran, Momen untuk Berbagi Peran

    Lebaran  telah usai. Tapi masih banyak rumah tangga yang ditinggal mudik oleh ART (Asisten Rumah Tangga). Bagaimana jika asisten rumah tangga kita tak kunjung kembali? Lebih sulit bukan, untuk mencari pengganti? Sebenarnya permasalahan seperti ini dihadapi oleh hampir seluruh keluarga yang menggunakan jasa asisten rumah tangga. Kesulitan tidak ada tenaga yang bisa membantu membereskan rumah, […]
  • Susu Kental Manis Aman Dikonsumsi, Industrinya Berkontribusi bagi Ekonomi

    Susu Kental Manis Aman Dikonsumsi, Industrinya Berkontribusi bagi Ekonomi

    Kementerian Perindustrian menyatakan bahwa susu kental manis (SKM) merupakan produk yang aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat karena sudah sesuai standar dan mendapatkan izin edar. Produk SKM masih diperlukan sebagai tambahan atau pelengkap untuk berbagai sajian kuliner, seperti pada kopi, teh tarik, atau martabak manis. Direktur Jenderal Industri Agro, Panggah Susanto menjelaskan, SKM merupakan salah satu […]
  • Oma Opa Tetap Butuh Bersosialisasi

    Oma Opa Tetap Butuh Bersosialisasi

    Pernah lihat oma dan opa di atas panggung menari dan menyanyi? Ini hanya bisa disaksikan di acara Festival Senior Living yang diadakan di Bintaro Entertainment Center (BEC) yang terletak di Bintaro Sektor 7 pada hari Sabtu, 14 Oktober 2017. Ada yang menari poco-poco, ada pula yang di belakang panggung asyik menari cha-cha. Di belakang panggung […]
  • Wings Food Hadirkan So Yumie Gelas yang Mudah, Komplit dan Bernutrisi

    Wings Food Hadirkan So Yumie Gelas yang Mudah, Komplit dan Bernutrisi

    Wings Food, produsen makanan dan minuman dalam kemasan ternama di Indonesia, kembali berinovasi dengan menghadirkan mi instan yang disajikan dalam gelas, So Yumie Gelas. Inovasi mi instan gelas ini menambah daftar varian mi instan produksi Wings Food yang telah lebih dahulu eksis di pasar, seperti Mie Sedaap dan Mie Suksess Isi 2. Diolah dari bahan […]
  • Traveloka Dukung Acara Musik Nasional dengan Menjadi Official Ticketing Partner Jakarta International BNI Java Jazz Fest

    Traveloka Dukung Acara Musik Nasional dengan Menjadi Official Ticketing Partner Jakarta International BNI Java Jazz Fest

    Melayani pengguna setianya sejak 2012, Traveloka sebagai perusahaan teknologi yang telah menghadirkan berbagai produk dan layanan perjalanan dan gaya hidup yang terintegrasi dalam satu aplikasi. Traveloka dengan bangga memberikan dukungannya melalui produk Aktivitas & Rekreasi bersama Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2019 sebagai Official Ticketing Partner. Acara perayaan 15 tahun Jakarta International BNI Java […]
  • Menikmati Bakmi Lampung Dengan Cara Yang Unik…Slurrppp…Slurrppp…

    Menikmati Bakmi Lampung Dengan Cara Yang Unik…Slurrppp…Slurrppp…

    Bakmi Lampung? Mungkin Anda akan langsung mengerenyitkan dahi saat mendengar 2 kata ini. Memang kuliner asal Lampung jarang sekali terdengar. Kita sering mendengar tentang Bakmi Bangka, Bakmi medan atau Bakmi Jawa, namun Bakmi Lampung mungkin kita belum mengetahui. Padahal di Lampung sendiri, banyak sekali penjual bakmi yang menyajikan bakmi-bakmi yang enak, tidak kalah dengan bakmi-bakmi […]
  • Hino Hentikan Produksi Sementara, Stok Unit Tetap Aman

    Hino Hentikan Produksi Sementara, Stok Unit Tetap Aman

    Dampak dari meluasnya penyebaran COVID-19 telah menyebabkan melambatnya pasar kendaraan truk dan bus di Indonesia. Beberapa rantai pasokan komponen impor dari luar negara juga mengalami gangguan. Menyikapi kondisi tersebut, PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) – pabrik perakitan truk dan bus merk Hino — melakukan beberapa kebijakan. Presiden Direktur HMMI, Masahiro Aso mengatakan “Di masa […]
  • Biznet Goes to School Secara Online Dukung Kegiatan Belajar dari Rumah

    Biznet Goes to School Secara Online Dukung Kegiatan Belajar dari Rumah

    Biznet sebagai perusahaan infrastruktur digital terintegrasi di Indonesia, berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan masyarakat selama beraktivitas #DiRumahAja. Salah satunya adalah kegiatan belajar dari rumah atau online learning yang saat ini masih dijalankan oleh sebagian besar pelajar di Indonesia. Salah satu bentuk dukungan Biznet hadir melalui program Biznet Goes to School Online yang diselenggarakan oleh Biznet […]
  • Yuk Sarapan dan Makan Siang di Soto Bogor Pak Yana

    Yuk Sarapan dan Makan Siang di Soto Bogor Pak Yana

    Soto adalah salah satu kuliner yang cukup populer. Kuliner ini bisa kita temukan pada hampir semua daerah di Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Masakan berkuah ini memang cukup digemari karena sangat cocok menjadi teman makan nasi. Menyantap soto yang masih panas mengepul dengan ditemani nasi panas memang pas untuk mengisi perut yang sedang lapar. Tidak […]
  • Aviary Bintaro Merayakan Natal Bersama Warga Panti Asuhan/Werdha Pniel Bintaro

    Aviary Bintaro Merayakan Natal Bersama Warga Panti Asuhan/Werdha Pniel Bintaro

    Di akhir tahun, hotel Aviary Bintaro menyelenggarakan kegiatan sosial di antaranya kunjungan ke panti asuhan/werdha Pniel yang berada di kawasan Pondok Jaya, Bintaro. Acara yang diadakan pada tanggal 18 Desember lalu juga dilaksanakan dalam rangka merayakan Natal bersama warga panti. Serangkaian acara dilaksanakan di sana. Mulai dari permainan yang diambil dari Alkitab hingga bernyanyi dan […]
  • Samsung Galaxy A80 Terbaru: Diciptakan untuk Era of Live

    Samsung Galaxy A80 Terbaru: Diciptakan untuk Era of Live

    Samsung Electronics Co., Ltd. hari ini memperkenalkan produk terbaru Galaxy A80 – smartphone yang diciptakan untuk mendukung bagaimana orang saling terlibat pada Era Live. Kini, semakin banyak orang menggunakan smartphone untuk berbagi interaksi secara langsung – mengambil foto spontan, streaming live video dan saling terhubung dalam suatu peristiwa dan dibagikan pada saat itu juga. Kita […]