Universitas Pembangunan Jaya

Memahami Survey Menjelang Pilpres

Menjelang pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) pada hari Rabu, 17 April 2019, berita-berita di media massa makin marak, salah satunya mengenai hasil survei. Misalnya saja ringkasan hasil survei beberapa lembaga survei di Indonesia (Elektabilitas Jokowi vs Prabowo, 2019) yang dipaparkan baru-baru ini.

Dua pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dan Joko Widodo-Maruf Amin saat acara pengambilan nomor urut di Kantor Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, Jumat (21/9/2018).(KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)

Mungkin saja bagi pendukung pasangan capres-cawapres yang dimenangkan dalam survei-survei ini akan meloncat kegirangan setelah membaca hasil survei, sedangkan pendukung pasangan yang dikalahkan dalam survei akan mencurigai hasil survei tersebut.

Di luar reaksi yang beragam terhadap hasil survei pilpres ini, sebenarnya yang perlu diketahui adalah bagaimana memahami hasil survei ini, terutama bagi orang awam yang tidak terjun di dunia politik.

Pertimbangan dalam membaca hasil survei Pilpres

Penulis mencoba untuk memberikan empat pertimbangan umum yang dapat digunakan oleh orang awam untuk memahami survei-survei semacam ini.

  1. Pertanyaan yang diajukan.Hasil-hasil survei tersebut tentunya diperoleh dengan mengajukan pertanyaan kepada sejumlah orang, baik secara tatap muka maupun tidak. Pertanyaan yang diajukan ini akan menentukan bagaimana hasil survei dapat disimpulkan. Misalnya saja, diajukan pertanyaan berikut: “pada pemilu 17 April 2019 nanti, apakah Anda akan memilih pasangan capres-cawapres A?”. Apabila ada yang menjawab “tidak”, kita tidak dapat menyimpulkan bahwa orang tersebut pasti memilih pasangan B, karena tidak memilih pasangan A bukan hanya berarti pasti memilih pasangan B namun mungkin saja bisa tidak memilih keduanya. Bentuk pertanyaan seperti tentunya tidak tepat bila digunakan dalam survei pilpres, sehingga hasil surveinya dapat kita ragukan bila diajukan pertanyaan tersebut. Pertanyaan berikut,“pada pemilu 17 April 2019 nanti, apakah Anda akan memilih pasangan capres-cawapres A atau pasangan capres-cawapres B?”, tentunya lebih baik dibandingkan pertanyaan pertama, karena jawabannya sudah menunjukkan manakah pasangan yang dipilih. Untuk lembaga-lembaga survei yang kredibel, tentunya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sudah dipertimbangkan dengan matang.
  2. Bagaimana sampel diambil. Pertimbangan berikutnya adalah bagaimana cara memilih orang-orang yang akan ditanyakan. Apabila sampel hanya berasal dari suatu tempat tertentu yang kebetulan saja ditemui dan diwawancarai, hasil survei ini kemungkinan besar tidak dapat secara tepat menggambarkan pilihan masyarakat sehingga tidak dapat kita percaya. Misalnya saja, survei dilakukan terhadap orang-orang yang hadir pada kampanye pasangan atau partai tertentu, ataupun kepada warga yang tinggal di daerah yang dikenal sebagai pendukung pasangan tertentu. Untuk survei pemilu pastinya harus mewakili seluruh Indonesia, dimana orang-orang yang diwawancarai harus berasal dari 34 propinsi, termasuk pertimbangandemografis dan psikologis dari daerah-daerah dimana orang-orang akan diwawancarai. Setelah menentukan daerah yang akan disurvei, selanjutnya adalahmemilih secara acak orang-orang yang diwawancarai, bukan hanya secara kebetulan yang ditemui di daerah-daerah itu. Pengambilan sampel yang dilakukan pada lembaga-lembaga survei yang kredibel biasanya sudah mempertimbangkan keterwakilan secara nasional, misalnya dengan multistage random sampling.
  3. Jumlah sampel. Selain cara pengambilan sampel, yang perlu diperhatikan adalah jumlah sampel. Survei-survei pastinya tidak mungkin mewawancarai seluruh anggota populasi yaitu seluruh pemilik hak suara di Pemilu 2019, berjumlah190.770.329 orang (Daftar lengkap rekapitulasi, 2018), namun hanya mengambil sebagian saja. Kalau jumlah sampel terlalu kecil (misal 100 orang), maka hasil survei dapat diragukan karena dianggap tidak mewakili 190 juta lebih pemilik hak suara. Berapa jumlah sampel yang dianggap baik? Prinsipnya, semakin banyak sampel, semakin baik hasil survei. Mengacu pada Taherdoost (2017), dengan populasi 1 juta atau lebih, minimal sampel 384 orang untuk tingkat kepercayaan 95% dan margin of error 5%. Artinya, apabila sampel yang diambil lebih dari jumlah ini, maka hasil survei akan semakin baik. Melihat informasi jumlah sampel pada sejumlah lembaga survei terkemuka (Elektabilitas Jokowi Vs Prabowo, 2019; Carina, 2019), semuanya berjumlah lebih dari 1.000 orang. Artinya, jumlah sampel sudah dianggap dapat mewakili.
  4. Margin of error. Karena survei diambil dari sampel, ada kemungkinan hasilnya untuk berbeda dengan populasi. Seberapa besar kemungkinan hasil survei berbeda dengan populasi dapat diperkirakan dalam bentuk margin of error. Margin of error yang kecil menunjukkan semakin kecil perbedaan dengan populasi. Biasanya margin of error pada hasil survei dari lembaga survei kredibel tidak lebih dari tiga persen. Apa arti margin of error 3%? Contoh, apabila dari hasil survei diperoleh pasangan A mendapatkan 37%, maka persentase di populasi berkisar plus minus 3%, yaitu dalam rentang antara 35% hingga 40%. Lebih lanjut lagi margin of errordapat digunakan untuk membandingkan hasil survei dua pasangan. Misalnya, hasil survei menunjukkan pasangan A mendapat 37% dan pasangan B 42%, apakah berarti pasangan B lebih unggul? Dengan margin of error 3%, artinya pasangan A sebenarnya mendapat 35% hingga 40% dan pasangan B mendapat 39% hingga 45%. Dengan demikian, tidak dapat dikatakan pasangan B lebih unggul karena perolehan kedua pasangan masih dalam rentang yang sama, yaitu antara 39% hingga 40%. Maksudnya, bisa saja pasangan A mendapat 40% sedangkan pasangan B 39%. Namun bila hasil survei yang sama dengan margin of error1,5%, maka dapat dikatakan pasangan B lebih unggul (40,5% hingga 43,5%) karena perolehan suara keduanya tidak dalam rentang yang sama.

Simak video penjelasannya : https://www.youtube.com/watch?v=I0urUhwfwTU

Apakah hasil survei dapat meramalkan hasil pemilu?

Tidak. Hasil survei dilakukan sebelum berlangsungnya pemilu, yang belum tentu dapat meramalkan perilaku memilih secara tepat. Seperti kita ketahui, hasil akhir perhitungan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada sejumlah pemilihan kepala daerah (pilkada) berbeda dengan survei-survei sebelum pilkada.

Hal ini bukan berarti bahwa lembaga-lembaga survei tersebut melakukan secara asal-asalan atau ada kepentingan pasangan tertentu (survei bayaran). Ini dikarenakan perilaku memilih saat di bilik suara dipengaruhi oleh banyak faktor. Bisa saja orang yang saat diwawancarai menjawab akan memilih pasangan A, namun saat pemilu malah memilih pasangan B. Selain itu, karena survei biasanya dalam bentuk wawancara, belum tentu orang akan terbuka untuk mengatakan pilihannya nanti di bilik suara.

Bagaimana menyikapi hasil survei ini?

Bagi kita, orang awam yang tidak terjun ke dunia politik, survei-survei ini hendaknya dilihat sebagai informasi terhadap dinamika demokrasi di Indonesia. Yang perlu diingat adalah siapa pun pasangan capres-cawapres, mereka pastinya bertujuan untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

Jangan sampai hasil survei ini memberi dampak negatif terhadap interaksi sosial Anda.Misalnya, karena berbeda mendukung pasangan capres-cawapres dengan teman Anda, hasil survei ini membuat Anda saling mengejek bahkan menghujat hingga pertemanan Anda menjadi terganggu.

Bagi Anda yang mendukung pasangan yang dimenangkan dari hasil survei, janganlah kemudian menjelek-jelekkan atau merendahkan pendukung pasangan lain. Sedangkan bagi Anda yang mendukung pasangan yang dikalahkan pada hasil survei, janganlah langsung berpikir bahwa survei tersebut adalah survei yang dibayar atau tipuan dari pasangan capres-cawapres tertentu.

Hindari juga menuliskan hal-hal negatif di media sosial terkait hasil survei.Coba lihat kembali pertimbangan-pertimbangan di atas. Akhir kata, bijaklah menyikapi hasil survei pilpres.

Penulis:

Aries Yulianto, S.Psi., M.Si.
Staf Pengajar Program Studi Psikologi
Fakultas Humaniora dan Bisnis Universitas Pembangunan Jaya

Referensi:

Carina (2019, 6 Maret). Elektabilitas Terbaru Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga Menurut 4 Lembaga Survei. Kompas.com.

Diambil dari: https://nasional.kompas.com/read/2019/03/06/07152831/elektabilitas-terbaru-jokowi-maruf-dan-prabowo-sandiaga-menurut-4-lembaga

Tags

Baca Juga

  • Atraksi Baru Dubai yang Megah

    Atraksi Baru Dubai yang Megah

    Dengan perkembangan dan pertumbuhan yang cepat, Dubai terus memberikan kejutan melalui atraksi bintang lima dan pembangunan kelas dunia yang dibuka hampir setiap bulannya. Pada kuartal terakhir tahun 2018, Dubai menambah sejumlah atraksi menarik ke dalam daftar kunjungan wajib di kota dan kedepannya, akan ada banyak lagi yang akan datang pada tahun 2019 dan tahun-tahun selanjutnya. […]
  • Lowongan CPNS 2018 Siap Dibuka Bulan Ini! Sudah Siap Untuk Daftar?

    Lowongan CPNS 2018 Siap Dibuka Bulan Ini! Sudah Siap Untuk Daftar?

    Pembukaan lowongan CPNS untuk tahun 2018 sudah siap diselenggarakan pada bulan September ini. Keterangan ini sudah resmi dikeluarkan oleh Pemerintah melalui Kementrian Pemberdayaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi. Hal apa saja yang hal yang harus diperhatikan untuk lowongan ini? Cek di artikel ini ya! Jumlah lowongan CPNS yang tersedia untuk pembukaan tahun 2018 adalah sebesar […]
  • Agustus Spesial Promo Bebaskan Pilihanmu 1-31 Agustus 2019 di Seluruh Toko Courts Indonesia

    Agustus Spesial Promo Bebaskan Pilihanmu 1-31 Agustus 2019 di Seluruh Toko Courts Indonesia

    PT Courts Retail Indonesia – www.courts.co.id pusat ritel barang elektronik, furnitur, dan alat rumah tangga, kembali menegaskan komitmennya untuk selalu meningkatkan kepuasan berbelanja untuk konsumen setia nya. Hari ini, COURTS Indonesia meluncurkan Program Bebaskan Pilihanmu yang akan diselenggarakan Penuh di Bulan Agustus 2019 sekaligus memperingati Hari Kemerdekaan RI ke 74. Program Bebaskan Pilihanmu dihadirkan guna […]
  • BMW Group Indonesia Tampil Cemerlang di Ajang IIMS 2018

    BMW Group Indonesia Tampil Cemerlang di Ajang IIMS 2018

    BMW Group Indonesia tampil cemerlang pada gelaran ajang otomotif tahunan – Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Hingga hari terakhir pameran IIMS 2018, BMW Group Indonesia berhasil bukukan pemesanan kendaraan hingga lebih dari 600 unit kendaraan untuk brand BMW dan MINI. Hasil tersebut tunjukkan peningkatan lebih dari 30% dibandingkan dengan hasil penjualan di ajang IIMS […]
  • Menyongsong Era Digital, Indonesia International Mega Procurement Exhibition & Conference (I-IMPEC) Siap Digelar

    Menyongsong Era Digital, Indonesia International Mega Procurement Exhibition & Conference (I-IMPEC) Siap Digelar

    Sejalan dengan perkembangan di digital ekonomi yang sudah masuk ke semua industri, maka kegiatan pengadaan barang & jasa di Indonesia juga sudah bergerak memasuki e-marketplace (digital-procurement). Indonesia International Mega Procurement Exhibition & Conference (I-IMPEC) adalah pameran & konferensi dunia pengadaan barang dan jasa, yang akan berlangsung pada tanggal 6-8 November 2019 di Jakarta Convention Center […]
  • Segera Hadir, Kawasan Baru Dufan Ancol dengan 9 Wahana Baru

    Segera Hadir, Kawasan Baru Dufan Ancol dengan 9 Wahana Baru

    Dunia Fantasi (Dufan) sebuah kawasan bertema di Ancol Taman Impian dan sebagai top of mind destinasi wisata Jakarta serta Indonesia segera menghadirkan pengalaman baru dan seru. Dengan mengusung The Innovator, di tahun 2019 ini Dufan menghadirkan sesuatu yang berbeda yaitu sebuah kawasan baru dengan tema Dunia Kartun dengan luas 3 Ha. Kawasan ini di desain […]
  • Weekend Program: Main Salju di Snow Park Adventure Kelapa Gading

    Weekend Program: Main Salju di Snow Park Adventure Kelapa Gading

    Indonesia yang beriklim tropis tidak menghalangi minat warganya untuk bermain salju. Berkat kecanggihan teknologi, salju pun dapat diciptakan. Saat ini di Jakarta sudah banyak sarana bermain dan olahraga dengan suasana salju. Salah satunya adalah di Mal Kelapa Gading. Wahana bermain ini terbuka bagi segala usia. Namun untuk anak usia 7 tahun ke bawah wajib didampingi […]
  • Grab dan Kementerian Pariwisata Genjot Pariwisata Lokal dengan Moda Transportasi Ikonik

    Grab dan Kementerian Pariwisata Genjot Pariwisata Lokal dengan Moda Transportasi Ikonik

    Grab, everyday super app terkemuka di Asia Tenggara, bersama Kementerian Pariwisata meluncurkan terobosan moda transportasi lokal ikonik di Indonesia. Saat ini moda transportasi lokal ikonik ini sudah tersedia di tiga kota, yaitu GrabBajay di Jakarta, GrabBetor di Medan, dan GrabBentor di Gorontalo. Terobosan ini merupakan bagian dari kerja sama berkelanjutan antara Grab dan Kementerian Pariwisata […]
  • Zenius untuk Guru Hadir Membantu Guru Hadapi Tantangan Pembelajaran Jarak Jauh

    Zenius untuk Guru Hadir Membantu Guru Hadapi Tantangan Pembelajaran Jarak Jauh

    Pendidikan sebagai salah satu sektor yang paling terpengaruh oleh pandemi Covid-19, kini mengalami perubahan yang signifikan terutama dalam adopsi pendidikan digital yang seyogyanya bisa memakan waktu bertahun-tahun. Data dari Kemendikbud mencatat sebanyak 97,6 persen sekolah sudah melakukan pembelajaran jarak jauh, dengan 46 persennya masih mengharuskan guru memberikan pengajaran dari sekolah dengan siswa berada di rumah. […]
  • MAXstream Hadirkan Variasi Konten Spesial Terbaru, Mulai dari Reality Show, Konser Musik hingga Wisuda Online

    MAXstream Hadirkan Variasi Konten Spesial Terbaru, Mulai dari Reality Show, Konser Musik hingga Wisuda Online

    MAXstream, platform video on-demand (VOD) terdepan dari Telkomsel, terus berinovasi menghadirkan ragam konten serial orisinal serta program spesial terbaru dalam genre reality show, konsek musik hingga wisuda online yang siap menghibur sekaligus menginspirasi masyarakat di seluruh Indonesia. Upaya tersebut memperkuat komitmen MAXstream sebagai platform one-stop service video-on-demand (VoD) yang menghadirkan ragam konten hiburan digital berkualitas […]
  • Hari Jantung Sedunia: Lima Kiat Menjaga Kesehatan Jantung

    Hari Jantung Sedunia: Lima Kiat Menjaga Kesehatan Jantung

    Tanggal 29 September, setiap tahunnya, seluruh dunia memperingati World Heart Day (WHD) atau Hari Jantung Sedunia. Tahun ini, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan RI memperingati Hari Jantung Sedunia dengan melakukan kampanye dan promosi pentingnya cek kardiovaskular secara berkala untuk kesehatan jantung. Hingga saat ini, penyakit kardiovaskular (penyakit jantung dan stroke) adalah penyebab kematian nomor satu […]
  • Namanya Resto ini Namanya, Tinggal Duduk dan Ngunyah

    Namanya Resto ini Namanya, Tinggal Duduk dan Ngunyah

    Ada ungkapan mengatakan : Apalah arti sebuah nama. Nama memang tidak lebih sekedar penanda yang membedakan antara satu obyek dengan obyek lain, sehingga kita tidak salah menyebutkan nama seseorang misalnya. Namun bagi resto satu ini, nama justru menjadi keunikannya. Dengan nama yang terkesan asal comot, malah membuat orang mengingat resto ini. Namun, bukan hanya nama […]
  • Bersantai Menikmati Berbagai Menu Pilihan dengan Nuansa Tana Toraja di Tator Coffee Boutique

    Bersantai Menikmati Berbagai Menu Pilihan dengan Nuansa Tana Toraja di Tator Coffee Boutique

    Mendengar nama Tana Toraja, pikiran kita mungkin akan melayang pada kekhasan budaya satu etnis di Sulawesi Selatan yang terkenal dengan rumah adatnya, kesenian dan cara pemakaman yang unik. Tana Toraja memang memiliki keunikan yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Selain keunikan budayanya, Tana Toraja juga terkenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi dengan kualitas […]
  • Foto : Serunya Pertandingan Liverpool vs MU di PHX Bintaro

    Foto : Serunya Pertandingan Liverpool vs MU di PHX Bintaro

    PHX Bintaro, sebuah foodcourt di Bintaro Sektor 9, menggelar acara Nonton Bareng (Nobar) bagi pengunjungnya pada Sabtu, 14 Oktober 2017. Nobar ini menampilkan pertandingan yang sudah ditunggu-tunggu para penggemar sepak bola yaitu antara Liverpool melawan MU. Suasana malam Minggu pun menjadi hangat dengan teriakan para pengunjung yang menonton pertandingan ini sambil menikmati berbagai pilihan menu […]
  • Samsung Galaxy Buds untuk Kualitas Suara Premium dan Kenyamanan Desain

    Samsung Galaxy Buds untuk Kualitas Suara Premium dan Kenyamanan Desain

    Menemani perjalanan sehari-hari atau ditengah liburan, aktivitas menikmati berbagai konten hiburan, seperti musik, podcast, hingga menonton film melalui smartphone, telah menjadi kegiatan yang tak terpisahkan dari para next generation. Faktanya, data salah satu penyedia layanan musik daring menyebut rata-rata orang Indonesia mendengar musik setidaknya 3 jam dalam sehari . Untuk mendukung pengalaman menikmati konten dengan […]
  • Kenali Peran Penting Perencanaan dalam Berwirausaha : Belajar dari Kasus 7-Eleven

    Kenali Peran Penting Perencanaan dalam Berwirausaha : Belajar dari Kasus 7-Eleven

    Tahukah Anda bahwa kesuksesan dan kegagalan suatu usaha dipengaruhi oleh baik dan buruknya perencanaan kita dalam berwirausaha? Ya, memang sungguh disayangkan, nyatanya banyak usaha yang sebetulnya memiliki potensi yang cukup besar untuk sukses, namun tidak bertahan lama dan bangkrut dikarenakan perencanaan yang kurang matang. Usaha yang gagal dikarenakan seorang wirausaha tidak matang dalam menyusun perencanaan […]
  • Ovo Tegaskan Komitmen Berinovasi bagi Indonesia di Perayaan UlangTahun ke-2

    Ovo Tegaskan Komitmen Berinovasi bagi Indonesia di Perayaan UlangTahun ke-2

    Memasuki usia ke-2, OVO menegaskan komitmennya untuk menjadi platform pembayaran dan layanan finansial digital terdepan, serta mendorong pertumbuhan inklusi keuangan yang merata di Indonesia. Sebagai perusahaan dengan strategi ekosistem terbuka, hari ini OVO menggelar perayaan ulang tahun bertajuk OVOnation “The Incredible Power of An Open Ecosystem” di Plaza Barat Senayan, Jakarta. Perayaan ini turut dihadiri […]
  • Menperin Ajak Ratusan Pelaku Industri Berinvestasi untuk Pendidikan Vokasi

    Menperin Ajak Ratusan Pelaku Industri Berinvestasi untuk Pendidikan Vokasi

    Kementerian Perindustrian terus bersinergi dengan para pelaku usaha, asosiasi dan stakeholder terkait dalam mendorong pertumbuhan indusri. Pembangunan sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu strategi prioritas dalam meningkatkan daya saing dan produktivitas sektor manufaktur dalam negeri. Melalui kegiatan pendidikan vokasi yang link and match dengan industri, pemerintah mengajak para pengusaha untuk terlibat dalam kegiatan pembangunan […]
  • Airbus Menampilkan Helikopter dan Produk-produk Pertahanannya di IndoDefence

    Airbus Menampilkan Helikopter dan Produk-produk Pertahanannya di IndoDefence

    Airbus akan menampilkan beragam produk dan layanannya dari bidang pertahanan, antariksa, dan helikopter pada pameran Indo Defence di Jakarta minggu depan. Edisi kedelapan Indo Defence ini bertempat di Jakarta International Expo dari tanggal 7-10 November 2018. Salah satu sorotan utama dari stan Airbus (di Hall D #040) adalah model pesawat angkut taktis A400M yang baru. […]
  • Sony Perkaya Lini Lensa Full-frame Dengan Menghadirkan 35mm F1.8, Lightweight Prime

    Sony Perkaya Lini Lensa Full-frame Dengan Menghadirkan 35mm F1.8, Lightweight Prime

    Sony mengumumkan tambahan terbaru pada lini lensa E-mount full-frame miliknya dengan menghadirkan FE 35mm F.18 large-aperture wide-angle prime lens, model SEL35F18F. Dimensi yang ringkas dan bobot yang ringan dari full-frame, large-aperture prime lens ini memberikan mobilitas dan kenyamanan dalam memotret berbagai subyek dari pemotretan sehari-hari, fotografi makanan, pemandangan, foto malam hari dan masih banyak lagi. […]