Universitas Pembangunan Jaya

Memahami Stres Kerja

Salah satu tren positif yang terjadi belakangan ini adalah tingginya antusias sebagian masyarakat untuk bekerja. Pekerjaan merupakan bagian yang memegang peranan penting bagi kehidupan manusia, yaitu dapat memberikan kepuasan, tantangan, bahkan dapat pula menjadi gangguan dan ancaman.

Terjadinya gangguan kesehatan akibat lingkungan kerja fisik yang buruk  seperti beban kerja yang berlebihan, merupakan faktor-faktor yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan akibat kerja.

Baca Juga: Tips Menghilangkan Stres Kerja

Stres di tempat kerja merupakan hal yang hampir setiap hari dialami oleh para pekerja di kota besar. Masyarakat pekerja di kota-kota besar seperti Jakarta sebagian besar merupakan urbanis dan industrialis yang selalu disibukkan dengan deadline penyelesaian tugas, tuntutan peran di tempat kerja yang semakin beragam dan kadang bertentangan satu dengan yang lain, masalah keluarga, beban kerja yang berlebihan, kesehatan, dan masih banyak tantangan atau tekanan lainnya yang membuat stres menjadi suatu faktor yang hampir tidak mungkin untuk dihindari.

Stres di tempat kerja menjadi suatu persoalan yang serius bagi perusahaan karena dapat menurunkan kinerja karyawan dan perusahaan.

Baca Juga: Tingkat Stres Masyarakat Indonesia Cenderung lebih Rendah Secara Global

Menurut penelitian Davis dan Newstrom, apabila karyawan tidak memiliki stres maka tantangan kerja tidak ada. Akibatnya prestasi kerja juga rendah. Namun stres kerja juga berpotensi menurunkan prestasi. Persaingan dan tuntutan profesionalitas yang semakin tinggi menimbulkan banyaknya tekanan-tekanan yang harus dihadapi individu dalam lingkungan kerja. Setiap orang akan memberikan reaksi yang berbeda-beda terhadap berbagai situasi stres.

Pelaksanaan kerja tergantung dari beberapa stres, tetapi kita juga harus mengetahui bahwa di dalam organisasi stres juga dapat dipengaruhi kinerja karyawan.Selain stres kerja, semangat kerja merupakan salah satu hal yang penting bagi perusahaan terutama yang menyangkut kinerja karyawan.

Baca Juga: Stress Akibat Tuntutan Pekerjaan dan Cara Mengatasinya (Studi Kasus: Profesi Polisi)

Pada umumnya stres kerja berhubungan secara negatif dengan kinerja. Namun perlu diketahui  bahwa stres tidak senantiasa merupakan kondisi yang negatif. Stres juga merupakan kekuatan positif yang diperlukan untuk menghasilkan prestasi tinggi. Sampai titik tertentu, bekerja dengan tekanan batas waktu (deadline) dapat merupakan proses kreatif yang merangsang.

Dalam dunia pekerjaan, sering timbul berbagai masalah sehubungan dengan stres dan kondisi-kondisi yang dapat memicu terjadinya stres. Baik disadari maupun tidak disadari, pekerjaan seseorang menimbulkan stres pada dirinya. Bagaimana cara kita menghadapi stres tersebut?

Baca Juga: Kenali Gejala Stress Anda

Manajemen stres adalah suatu program untuk melakukan pengontrolan atau pengaturan stresyang bertujuan untuk mengenal penyebab stress dan mengetahui teknik-teknik mengelola stres. Dengan demikian orang akan lebih baik dalam menangani stres dalam kehidupan. Stress Management, mengajarkan individu bagaimana menilai peristiwa stres.

Pengorganisasian lingkungan yang buruk dapat menjadi penyebab stres yang utama. Apabila lingkungan diorganisir dengan baik dan menyenangkan, ini dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan produktivitas.

Program manajemen stres mengajarkan individu bagaimana mengembangkan keterampilan untuk mengatasi stres, dan bagaimana menerapkan keterampilan ini dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa program  manajemen stres dalam lingkup yang lebih luas, mengajarkan berbagai teknik, sementara yang lain fokus pada teknik tertentu seperti meditasi.

Baca Juga: Mewarnai Bagi Orang Dewasa Dapat Meringankan Stress, Melatih Konsentrasi dan Ketekunan

Didalam manajemen stres terdapat teknik meditasi dan relaksasi yang merupakan bagian dari sistem kontrol mental. Stres berkepanjangan pada dasarnya akan menyebabkan kelelahan emosional bahkan dapat mempengaruhi fisik seseorang. Kita bekerja dengan tidak bahagia, padahal kita masih membutuhkan pekerjaan tersebut. Bila kantor tidak dapat menyediakan program manajemen stres, ada baiknya pekerja dapat mengukur kemampuan diri sendiri.

Mendengarkan kebutuhan tubuh anda

Anda dapat melakukan olah raga seperti renang atau lari, sekedar mengobrol dengan teman, menonton film yang anda sukai, bahkan melakukan meditasi atau relaksasi. Diri Anda juga berharga, bukan hanya pekerjaan anda. Oleh karena itu kita harus mengelola stres dengan baik, mengukur diri, dan menjaga kesehatan pribadi. Selamat bekerja!

Baca Juga: Stress Dengan Kemacetan? Ini Alternatif Solusi Jalan Keluarnya

Tim Penulis:

Nindira S. Ghassani (Mahasiswa) dan Clara Moningka (Dosen)

Prodi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya

Daftar Pustaka

Davis, Keith dan Newstrom W,J. (2001). Perilaku Dalam Organisasi. Jilid Dua Edisi Ketujuh.  Ciracas-Jakarta: Penerbit Erlangga.

Schafer, Walt. (2000). Stress Management For Wellness: Fourth Edition. United States of America: Wadsworth.

Tags

Baca Juga

  • Mengisi Liburan Anak Dengan Cara Kreatif di Kandank Jurank Doank

    Mengisi Liburan Anak Dengan Cara Kreatif di Kandank Jurank Doank

    Saat akhir minggu (weekend) merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh semua orang, termasuk anak-anak. Setelah 5 hari menjalankan berbagai aktivitas di sekolah, anak-anak memerlukan waktu untuk beristirahat dan melepaskan diri dari kepenatan dan ketegangan pikiran. Kita bisa memilih berbagai aktivitas untuk mengisi waktu liburan anak, dari mulai bermain di rumah, maupun mengajak anak berjalan-jalan ke suatu tempat, entah berbelanja […]
  • Xiaomi Luncurkan Generasi Penerus Smartphone Android One Mi A2 & Mi A2 Lite

    Xiaomi Luncurkan Generasi Penerus Smartphone Android One Mi A2 & Mi A2 Lite

    Pemimpin teknologi global Xiaomi memperluas daftar Perangkat Android One nya dengan memperkenalkan Mi A2 dan Mi A2 Lite, yang memiliki fitur kemampuan fotografi yang mumpuni dan sejumlah peningkatan signifikan dari generasi sebelumnya. Dimulai dari harga 179 Euro di Spanyol, kehadiran dua perangkat ini semakin memperkokoh komitmen Xiaomi dalam menawarkan produk-produk yang menakjubkan dengan harga sebenarnya […]
  • Tempat Nongkrong Asyik dengan Menu Nuansa Nusantara di Cafe Ind.Ustrie

    Tempat Nongkrong Asyik dengan Menu Nuansa Nusantara di Cafe Ind.Ustrie

    Pernah mampir ke Cafe Ind.Ustrie yang ada di kawasan Bintaro Sektor? Bila dilihat dari namanya, mungkin Anda berpikir bahwa cafe ini menyajikan masakan barat. Namun kenyataannya cafe ini menyediakan aneka masakan Indonesia yang lezat. Cafe yang didirikan tahun 2014 ini memiliki latar belakang para pendirinya yang pada saat ini tidak dapat menemukan tempat nongkrong yang […]
  • Di Tengah Pandemi Covid-19, Kemenperin Tetap Pacu Pengembangan IKM

    Di Tengah Pandemi Covid-19, Kemenperin Tetap Pacu Pengembangan IKM

    Kementerian Perindustrian bertekad untuk terus mendorong pengembangan sektor industri kecil menengah (IKM) di tengah menghadapi dampak pandemi Covid-19. Berbagai langkah strategis telah disiapkan agar sektor IKM dapat menjalankan usahanya dengan baik sehingga masih memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional. “Salah satu upayanya adalah kami melakukan realokasi anggaran di seluruh satuan kerja, yang kemudian juga ditujukan […]
  • Berbagai Tempat Latihan Zumba di Bintaro

    Berbagai Tempat Latihan Zumba di Bintaro

    Saat ini senam zumba menjadi tren di berbagai kota di Indonesia.Di berbagai tempat di Jakarta kita akan dengan mudah menemukan senam zumba. Bintaro pun tak ketinggalan dijangkiti demam zumba ini. Senam zumba sendiri diciptakan oleh seorang dancer dan koreografer bernama Alberto “Beto” Perez dari Miami, yang berkolaborasi dengan dua orang entrepeneur yakni Alberto Perlman dan […]
  • Prudential Indonesia Berikan Perlindungan Jiwa Pada Relawan dan Tenaga Kesehatan di Tengah Pandemi Covid-19

    Prudential Indonesia Berikan Perlindungan Jiwa Pada Relawan dan Tenaga Kesehatan di Tengah Pandemi Covid-19

    PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) memberikan apresiasi atas kontribusi para relawan dan tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam membantu masyarakat menangani pandemi COVID-19. Melalui kolaborasi dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sebanyak lebih dari 500 relawan dan tenaga kesehatan yang tengah berjuang di Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19, Wisma Atlet Kemayoran akan mendapatkan perlindungan […]
  • Citilink Terbangi Langit Bandung, Buka Rute ke Berbagai Daerah

    Citilink Terbangi Langit Bandung, Buka Rute ke Berbagai Daerah

    Maskapai penerbangan Citilink kembali melayani penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Husein Sastranegara, Bandung dan menghubungkan dengan kota-kota di Indonesia lainnya seperti Palembang, Balikpapan, Pekanbaru, Denpasar dan Medan mulai 21 Agustus 2020 dengan menggunakan pesawat jet Airbus A320. “Pengoperasian kembali berbagai rute Citilink dari dan menuju Bandung ini menyusul dikeluarkannya izin pengoperasian rute penerbangan di Bandara Internasional […]
  • Grab Luncurkan GrabAds, Platform Iklan Online-to-Offline untuk Berbagai Brand

    Grab Luncurkan GrabAds, Platform Iklan Online-to-Offline untuk Berbagai Brand

    Grab meluncurkan GrabAds, sebuah unit bisnis periklanan milik Grab yang memberikan berbagai brand kesempatan untuk meningkatkan engagement dengan jutaan konsumen di Asia Tenggara melalui platform online-to-offline (O2O). GrabAds merupakan satu-satunya platform periklanan lengkap yang menggabungkan armada Grab yang tersebar luas serta dilengkapi dengan teknologi digital terdepan di delapan negara dan di lebih dari 200 kota […]
  • GrabHealth Powered by Good Doctor Dipercaya Kementerian Kesehatan untuk Melaksanakan Screening Covid-19

    GrabHealth Powered by Good Doctor Dipercaya Kementerian Kesehatan untuk Melaksanakan Screening Covid-19

    Sebagai langkah nyata untuk memerangi COVID-19, Grab Indonesia dan Good Doctor Technology Indonesia (GDTI) menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Kementerian Kesehatan untuk menghadirkan layanan khusus pemeriksaan (screening) awal COVID-19 melalui tanya jawab online (telekonsultasi) di platform GrabHealth powered by Good Doctor. Melalui kesepakatan ini, GrabHealth powered by Good Doctor menjadi salah satu garda depan dan […]
  • Perayaan Natal Dari Masa ke Masa

    Perayaan Natal Dari Masa ke Masa

    Kisah Natal berasal dari Injil Santo Lukas dan Santo Matius dalam Perjanjian Baru. Menurut Lukas, seorang malaikat memunculkan diri kepada para gembala di luar kota Betlehem dan mengabari mereka tentang lahirnya Yesus. Matius juga menceritakan bagaimana orang-orang bijak, yang disebut para majus, mengikuti bintang terang yang menunjukkan kepada mereka di mana Yesus berada. Catatan pertama […]
  • Alibaba Group Luncurkan Festival Belanja Global 11.11 2020

    Alibaba Group Luncurkan Festival Belanja Global 11.11 2020

    Alibaba Group Holding Limited mengumumkan dimulainya Festival Belanja Global 11.11 (“11.11” atau “Festival Belanja”) dengan berbagai inovasi dan fitur baru untuk memenuhi kebutuhan tren pelanggan yang terus berubah. Hal ini meliputi partisipasi platform gaya hidup digital Alipay; promosi dan jangkauan pembeli yang lebih besar; etalase belanja “double” yang bisa menaungi lebih banyak brand, produk, dan […]
  • Samsung QLED TV Raih Sertifikasi Bebas “Burn-in

    Samsung QLED TV Raih Sertifikasi Bebas “Burn-in

    Samsung QLED TV baru saja menjadi TV pertama yang bersertifikat bebas “burn-in” oleh video, sebuah majalah teknologi Jerman yang terkenal. Evaluasi menyeluruh majalah ini menilai kerentanan terhadap “burn-in” dan afterglow yang dapat merusak kualitas gambar secara permanen. Hasil tes membuktikan bahwa TV Samsung bebas dari keduanya, dan menunjukkan apa yang membuat QLED TV menjadi televisi […]
  • Pentingnya Kompetensi Wirausaha

    Pentingnya Kompetensi Wirausaha

    Menghadapi persaingan ekonomi yang semakin pesat dan berkembang, dibutuhkan pelaku-pelaku ekonomi yang kuat dan mampu bersaing di tingkat regional, nasional dan global. Untuk mencapai target tersebut, dibutuhkan pelaku ekonomi yang bisadiandalkan, baik secara kuantitas maupun kualitas. Pelaku ekonomi tersebut dapat bermacam-macam. Salah satunya adalah wirausaha. Wirausaha adalah orang yang kreatif, dinamis dan inovatif, dan mau […]
  • Hingga April 2020 Pendapatan Usaha IPC Terjaga di Angka Rp 3,5 Triliun

    Hingga April 2020 Pendapatan Usaha IPC Terjaga di Angka Rp 3,5 Triliun

    PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) / IPC membukukan pendapatan sebesar Rp. 3,5 triliun selama periode Januari-April 2020. Dengan capaian ini, IPC masih optimistis pendapatan usaha perseroan terjaga, meskipun kondisi perekonomian global terdampak pandemi virus Corona (Covid-19). “Memang trafik peti kemas pada periode Januari hingga April 2020 turun 4,8 persen. Namun pendapatan perseroan masih terjaga. Salah […]
  • Skandinavia Bangun Kepercayaan melalui Fika Room

    Skandinavia Bangun Kepercayaan melalui Fika Room

    Februari, bulan keberuntungan dan penuh suka, demikian tema yang diangkat pada program-program yang diluncurkan oleh pengembang apartemen yang terletak persis di sebelah Mall terpopuler di Kota Tangerang, Skandinavia. Seperti melalui program Lucky Tree, pengembang memberikan kesempatan pada 50 pembeli pertama selama bulan Februari 2019 hingga 05 Maret 2019 untuk menarik pohon keberuntungan yang terdapat potongan […]
  • Perumahan Asya Gandeng Halodoc, Prudential, dan RS Mitra Keluarga Kelapa Gading Berikan Rapid Test Gratis

    Perumahan Asya Gandeng Halodoc, Prudential, dan RS Mitra Keluarga Kelapa Gading Berikan Rapid Test Gratis

    Asya, hunian terpadu di Jakarta Garden City yang dikembangkan oleh PT Astra Modern Land memberikan layanan rapid test Covid-19 gratis dengan konsep drive thru. Dalam pelaksanaan rapid test, Asya berkolaborasi dengan Halodoc, Pulse dari Prudential, dan RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, sebagai penyelenggara drive thru rapid test. Kegiatan yang dilaksanakan mulai 27 Mei 2020 ini, […]
  • Komitmen Green Tourism, ITDC Manfaatkan Bus Listrik Produksi UI

    Komitmen Green Tourism, ITDC Manfaatkan Bus Listrik Produksi UI

    Pada hari ini, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata The Nusa Dua Bali dan The Mandalika Lombok, menandatangani dua Nota Kesepahaman (MoU) terkait pengelolaan kawasan pariwisata. Kedua MoU tersebut adalah MoU dengan Universitas Indonesia (UI) terkait pemanfaatan bus listrik produksi UI, serta MoU dengan […]
  • Warung Makanan di Bintaro Yang Menyajikan Bebek Super Lezat

    Warung Makanan di Bintaro Yang Menyajikan Bebek Super Lezat

    INFOBINTARO (IB) – Masakan bebek goreng yang biasa dihidangkan dengan lalapan berisi sayuran segar disertai sambal banyak dijumpai mulai dari warung kaki lima hingga restoran-restoran mewah tidak terkecuali di sebuah warung penjual makanan di Bintaro yang akan IB perkenalkan. Mengintip Kesederhanaan Resep Warung Makanan di Bintaro Ada berbagai macam cara yang digunakan untuk mengolah dan […]
  • Ingin bisa masak? Yuk, Datang ke Gramedia BSD World Sabtu ini

    Ingin bisa masak? Yuk, Datang ke Gramedia BSD World Sabtu ini

    Bagi calon pengantin wanita seringkali merasa panik karena menjelang pernikahannya belum bisa memasak di dapur. Apa kata calon mertua dan calon suami? Kini kekhawatiran ini bisa teratasi bila Anda mau serius belajar. Gimana caranya? Gramedia baru saja menerbitkan sebuah buku yang dapat menjadi panduan bagi semua orang agar bisa memasak. Pengarangnya adalah Heni Maria. Buku […]
  • Oppo Luncurkan F7, Selfie Expert dengan Teknologi AI Beauty 2.0 Terbaru

    Oppo Luncurkan F7, Selfie Expert dengan Teknologi AI Beauty 2.0 Terbaru

    OPPO, Selfie Expert dan Leader, resmi meluncurkan OPPO F7 di Indonesia. Seri terbaru Selfie Expert yang ditenagai oleh Artificial Intelligence (AI) ini akan membawa teknologi smartphone ke jenjang yang lebih tinggi. Hadir dengan tiga warna pilihan; Solar Red, Moonlight Silver, dan Diamond Black, OPPO F7 dijual dengan harga Rp4.199.000,-. Warna Solar Red dan Moonlight Silver […]

Tinggalkan Balasan