Universitas Pembangunan Jaya

Memahami Stres Kerja

Salah satu tren positif yang terjadi belakangan ini adalah tingginya antusias sebagian masyarakat untuk bekerja. Pekerjaan merupakan bagian yang memegang peranan penting bagi kehidupan manusia, yaitu dapat memberikan kepuasan, tantangan, bahkan dapat pula menjadi gangguan dan ancaman.

Terjadinya gangguan kesehatan akibat lingkungan kerja fisik yang buruk  seperti beban kerja yang berlebihan, merupakan faktor-faktor yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan akibat kerja.

Baca Juga: Tips Menghilangkan Stres Kerja

Stres di tempat kerja merupakan hal yang hampir setiap hari dialami oleh para pekerja di kota besar. Masyarakat pekerja di kota-kota besar seperti Jakarta sebagian besar merupakan urbanis dan industrialis yang selalu disibukkan dengan deadline penyelesaian tugas, tuntutan peran di tempat kerja yang semakin beragam dan kadang bertentangan satu dengan yang lain, masalah keluarga, beban kerja yang berlebihan, kesehatan, dan masih banyak tantangan atau tekanan lainnya yang membuat stres menjadi suatu faktor yang hampir tidak mungkin untuk dihindari.

Stres di tempat kerja menjadi suatu persoalan yang serius bagi perusahaan karena dapat menurunkan kinerja karyawan dan perusahaan.

Baca Juga: Tingkat Stres Masyarakat Indonesia Cenderung lebih Rendah Secara Global

Menurut penelitian Davis dan Newstrom, apabila karyawan tidak memiliki stres maka tantangan kerja tidak ada. Akibatnya prestasi kerja juga rendah. Namun stres kerja juga berpotensi menurunkan prestasi. Persaingan dan tuntutan profesionalitas yang semakin tinggi menimbulkan banyaknya tekanan-tekanan yang harus dihadapi individu dalam lingkungan kerja. Setiap orang akan memberikan reaksi yang berbeda-beda terhadap berbagai situasi stres.

Pelaksanaan kerja tergantung dari beberapa stres, tetapi kita juga harus mengetahui bahwa di dalam organisasi stres juga dapat dipengaruhi kinerja karyawan.Selain stres kerja, semangat kerja merupakan salah satu hal yang penting bagi perusahaan terutama yang menyangkut kinerja karyawan.

Baca Juga: Stress Akibat Tuntutan Pekerjaan dan Cara Mengatasinya (Studi Kasus: Profesi Polisi)

Pada umumnya stres kerja berhubungan secara negatif dengan kinerja. Namun perlu diketahui  bahwa stres tidak senantiasa merupakan kondisi yang negatif. Stres juga merupakan kekuatan positif yang diperlukan untuk menghasilkan prestasi tinggi. Sampai titik tertentu, bekerja dengan tekanan batas waktu (deadline) dapat merupakan proses kreatif yang merangsang.

Dalam dunia pekerjaan, sering timbul berbagai masalah sehubungan dengan stres dan kondisi-kondisi yang dapat memicu terjadinya stres. Baik disadari maupun tidak disadari, pekerjaan seseorang menimbulkan stres pada dirinya. Bagaimana cara kita menghadapi stres tersebut?

Baca Juga: Kenali Gejala Stress Anda

Manajemen stres adalah suatu program untuk melakukan pengontrolan atau pengaturan stresyang bertujuan untuk mengenal penyebab stress dan mengetahui teknik-teknik mengelola stres. Dengan demikian orang akan lebih baik dalam menangani stres dalam kehidupan. Stress Management, mengajarkan individu bagaimana menilai peristiwa stres.

Pengorganisasian lingkungan yang buruk dapat menjadi penyebab stres yang utama. Apabila lingkungan diorganisir dengan baik dan menyenangkan, ini dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan produktivitas.

Program manajemen stres mengajarkan individu bagaimana mengembangkan keterampilan untuk mengatasi stres, dan bagaimana menerapkan keterampilan ini dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa program  manajemen stres dalam lingkup yang lebih luas, mengajarkan berbagai teknik, sementara yang lain fokus pada teknik tertentu seperti meditasi.

Baca Juga: Mewarnai Bagi Orang Dewasa Dapat Meringankan Stress, Melatih Konsentrasi dan Ketekunan

Didalam manajemen stres terdapat teknik meditasi dan relaksasi yang merupakan bagian dari sistem kontrol mental. Stres berkepanjangan pada dasarnya akan menyebabkan kelelahan emosional bahkan dapat mempengaruhi fisik seseorang. Kita bekerja dengan tidak bahagia, padahal kita masih membutuhkan pekerjaan tersebut. Bila kantor tidak dapat menyediakan program manajemen stres, ada baiknya pekerja dapat mengukur kemampuan diri sendiri.

BACA JUGA  Nilai-Nilai Seorang Entrepreneur

Mendengarkan kebutuhan tubuh anda

Anda dapat melakukan olah raga seperti renang atau lari, sekedar mengobrol dengan teman, menonton film yang anda sukai, bahkan melakukan meditasi atau relaksasi. Diri Anda juga berharga, bukan hanya pekerjaan anda. Oleh karena itu kita harus mengelola stres dengan baik, mengukur diri, dan menjaga kesehatan pribadi. Selamat bekerja!

Baca Juga: Stress Dengan Kemacetan? Ini Alternatif Solusi Jalan Keluarnya

Tim Penulis:

Nindira S. Ghassani (Mahasiswa) dan Clara Moningka (Dosen)

Prodi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya

Daftar Pustaka

Davis, Keith dan Newstrom W,J. (2001). Perilaku Dalam Organisasi. Jilid Dua Edisi Ketujuh.  Ciracas-Jakarta: Penerbit Erlangga.

Schafer, Walt. (2000). Stress Management For Wellness: Fourth Edition. United States of America: Wadsworth.

Baca Juga

  • Ini Harga Varian All New Nmax 155 Standard Buat Pecinta Maxi Yamaha

    Ini Harga Varian All New Nmax 155 Standard Buat Pecinta Maxi Yamaha

    Akhir tahun 2019 lalu PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah memperkenalkan All New Nmax 155, produk terbarunya yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Skutik MAXI Yamaha itu langsung menjadi pusat perhatian dengan berbagai keunggulan yang disematkan dalam All New Nmax 155 yang akan membawa konsumen masuk ke babak baru “Enter The New Stage”. Yamaha pun […]
  • Ovo Tandatangani Kerja Sama Dengan Telkomsel Dan Kisel

    Ovo Tandatangani Kerja Sama Dengan Telkomsel Dan Kisel

    Presiden Direktur OVO Adrian Suherman bersama Direktur Utama Koperasi Telekomunikasi Selular (Kisel) Suryo Hadiyanto, serta VP Integrated Sales Channel Management Telkomsel, M Syawaluddin menandatangani kerja sama untuk menghadirkan produk Telkomsel seperti pulsa dan paket data secara resmi di aplikasi OVO, yang diproses melalui Kisel. Dengan kerja sama ini, produk Telkomsel di aplikasi OVO tersedia dengan […]
  • Pemenang Good Design Indonesia 2019 Siap Bersaing pada Ajang G-Mark di Jepang

    Pemenang Good Design Indonesia 2019 Siap Bersaing pada Ajang G-Mark di Jepang

    Para pemenang ajang Good Design Indonesia (GDI) 2019 siap melaju pada kompetisi desain internasional G-Mark pada 30 Juli?1 Agustus 2019 di Tokyo, Jepang. Pemenang GDI terbagi dalam tiga predikat, yaitu GDI of the Year, GDI Best, dan GDI. Trofi dan sertifikat untuk para pemenang tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Arlinda, atas […]
  • Daftar Hari Libur 2020 Sesuai SKB

    Daftar Hari Libur 2020 Sesuai SKB

    Pemerintah merevisi ketentuan mengenai cuti bersama dan hari libur pada tahun 2020. Revisi itu menambah jumlah hari libur pada tahun 2020 dari 20 hari menjadi 24 hari. Aturan libur nasional dan cuti bersama 2020 telah tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) dengan […]
  • Manfaat Detox Bagi Tubuh Anda

    Manfaat Detox Bagi Tubuh Anda

    Banyaknya racun dalam tubuh dipengaruhi oleh konsumsi makanan, minuman, hingga obat-obat kimia. Sering kali racun mengendap dan tidak dikeluarkan secara maksimal dari tubuh. Dokter Narutopathy dan Yogic Science asal India Purushothaman Munirathinam berpendapat, cara alami untuk memaksimalkan pembuangan racun dalam tubuh, yaitu dengan melakukan program detoks. Kapan waktu yang tepat untuk menjalani diet ini? Menurut […]
  • Kolaborasi Linkaja dengan Pahamify Dukung Kemudahan Belajar Online

    Kolaborasi Linkaja dengan Pahamify Dukung Kemudahan Belajar Online

    Sebagai uang elektronik nasional dari dan untuk Indonesia, LinkAja secara progresif terus berkolaborasi dengan berbagai platform digital karya anak bangsa. Melihat perkembangan sektor pendidikan yang signifikan beberapa tahun terakhir ini, LinkAja kini hadir sebagai opsi pembayaran digital pada Pahamify, aplikasi belajar online yang mengedepankan konten berkualitas, dengan ribuan video pembelajaran premium beranimasi, kuis, dan ringkasan […]
  • Ingin Berolah Raga Sambil Main Game? Yuk Ikutan Danz Base

    Ingin Berolah Raga Sambil Main Game? Yuk Ikutan Danz Base

    Siang itu di sebuah mall di Jakarta terlihat seorang gadis tengah bersiap di depan sebuah mesin yang terdiri dari layar TV besar yang menampilkan beberapa karakter yang sedang bersiap melakukan dance di atas sebuah panggung serta beberapa speaker. Sejenak sang gadis berkonsentrasi memandang layar TV, sambil mengatur posisi. Sesekali ia mengayunkan kedua tangannya pada beberapa […]
  • Perpaduan Kultur Dalam Kuliner: Resto Mama Malaka

    Perpaduan Kultur Dalam Kuliner: Resto Mama Malaka

    Adanya berbagai kultur yang dimiliki oleh berbagai etnis di dunia yang saling berinteraksi menyebabkan terjadinya proses akulturasi berbagai aspek kehidupan. Proses percampuran budaya ini justru memperkaya budaya yang sudah ada tanpa menghilangkan budaya asli yang dibawa masing-masing etnis. Proses bercampurnya budaya ini juga terjadi dalam bidang kuliner. Salah satunya adalah munculnya berbagai masakan yang disebut […]
  • Memasak dan Tugas Perkembangan Anak Usia Prasekolah dan Sekolah

    Memasak dan Tugas Perkembangan Anak Usia Prasekolah dan Sekolah

    Usia prasekolah adalah di umur 4-5 tahun dengan tahapan yang dikenal sebagai Initiative (Inisiatif) vs. Guilt (Perasaan Bersalah). Pada tahap ini, anak membangun diri dengan mengembangkan berbagai kecakapan. Kecakapan yang ia miliki membuat anak memberanikan diri untuk berinisiatif (initiative) melakukan aneka kegiatan. Apabila inisiatif tersebut gagal membuahkan hasil, maka terdapat kemungkinan bahwa anak merasa bersalah […]
  • Informasi Penerbangan: Lion Air Tunda Sementara Layanan Umroh dari Indonesia Menuju Saudi Arabia

    Informasi Penerbangan: Lion Air Tunda Sementara Layanan Umroh dari Indonesia Menuju Saudi Arabia

    Lion Air memberikan keterangan resmi sehubungan layanan penerbangan internasional dari Indonesa menuju Arab Saudi. Mulai Jumat (28/ 02), Lion Air menghentikan sementara (suspend) semua layanan penerbangan umroh dari 13 kota keberangkatan dari Indonesia ke Arab Saudi sampai pemberitahuan lebih lanjut (until further notice). Penundaan sementara ini dilakukan sesuai dengan pemberitahuan resmi dari pihak regulator Kerajaan […]
  • Samsung Sediakan Bus Layanan Selama Asian Games

    Samsung Sediakan Bus Layanan Selama Asian Games

    Samsung sebagai official sponsor Asian Games 2018 menyediakan bus layanan (sevice bus) yang dapat dipergunakan bagi atlet maupun pengunjung bertempat di Gelora Bung Karno Jakarta selama kegiatan berlangsung. “Tidak hanya layanan bus di GBK Jakarta juga layanan pintar di booth Samsung GBK Jakarta dan Jakabaring Palembang, baik pengunjung maupun atlet, agar mendapatkan layanan yang prima […]
  • DBS Tayangkan Sparks Musim Kedua

    DBS Tayangkan Sparks Musim Kedua

    Sejalan dengan komitmennya untuk meningkatkan agenda pembangunan berkelanjutan sebagai fokus dan tujuan bank, Bank DBS menayangkan musim kedua SPARKS, sebuah serial mini yang telah berhasil menyabet penghargaan. Bertemakan “Everyday Heroes for a Better World” (Pahlawan dalam Kehidupan Sehari-hari untuk Menjadikan Dunia Lebih Baik), yang diilhami oleh kisah nyata, tiga episode pertama musim ini mengisahkan sekelompok […]
  • Grab Gandeng Sejasa.com Luncurkan Layanan ‘Clean & Fix’

    Grab Gandeng Sejasa.com Luncurkan Layanan ‘Clean & Fix’

    Di akhir hari yang panjang, kita pulang kerja dan berharap untuk bersantai bersama keluarga di rumah yang sejuk, bersih, dan nyaman. Tetapi bagaimana jika AC panas, mesin cuci rusak dan rumah pun kotor? Soal perawatan rumah, mungkin sulit untuk memesan penyedia jasa layanan yang baik ketika Anda membutuhkannya. Melalui fitur Clean & Fix, pengguna Grab […]
  • Indeks Kepercayaan Industri Naik, Menperin: Kebijakan Sudah on The Track

    Indeks Kepercayaan Industri Naik, Menperin: Kebijakan Sudah on The Track

    Kenaikan Purchasing Manager’s Index (PMI) Manufaktur Indonesia menjadi 39,1 pada bulan Juni 2020 dinilai menandakan mulai pulihnya sektor industri manufaktur nasional. Lonjakan indeks tersebut juga mendorong peningkatan kepercayaan sektor industri manufaktur terhadap berbagai langkah strategis yang dijalankan oleh pemerintah dalam upaya memacu roda perekonomian. “Hal terpenting selain naiknya indeksi PMI pada Juni 2020 adalah meningkatnya […]
  • Trade Expo Indonesia 2019: Ajang Promosi Produk Indonesia Berkualitas ke Pasar Global

    Trade Expo Indonesia 2019: Ajang Promosi Produk Indonesia Berkualitas ke Pasar Global

    Pameran dagang internasional terbesar di Indonesia, Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 akan digelar pada 16—20 Oktober 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten. Pameran ini akan menampilkan produk-produk yang berkualitas sekaligus menjadi ajang promosi produk Indonesia ke pasar global. Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Dody Edward usai menghadiri Pertemuan […]
  • Makin Produktif dengan Layanan Ride-Hailing Go-Jek

    Makin Produktif dengan Layanan Ride-Hailing Go-Jek

    Rata-rata masyarakat Indonesia yang memanfaatkan kendaraan pribadi habiskan waktu hingga 4 jam perhari di jalan akibat kemacetan. Ini hasil survei internal yang dilakukan GO-JEK kepada lebih dari 1000 responden di 8 kota besar di Indonesia. Waktu tersebut bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal yang lebih produktif. Fakta tersebut yang mendasari GO-JEK sebagai pelopor penyedia layanan ride-hailing […]
  • Toshiba Umumkan Portégé Z30-E Menampilkan Prosesor Terbaru dan Koneksi All-in-One Bebas Gangguan

    Toshiba Umumkan Portégé Z30-E Menampilkan Prosesor Terbaru dan Koneksi All-in-One Bebas Gangguan

    Toshiba Singapore hari ini mengumumkan Portégé Z30-E, yang mengemas performa professional dengan port berukuran penuh dengan desain tipis dan tahan lama. Menjadi tambahan terbaru yang ditawarkan oleh Toshiba PC bisnis, Portégé Z30-E dibuat dengan mengedepankan mobilitas dan realibilitas sebagai kemampuan intinya guna meningkatkan produktifitas bisnis dengan memberikan performa profesional bagi kaum pekerja dengan mobilitas yang […]
  • AirAsia Luncurkan Program Penggalangan Dana #ToIDwithlove untuk Indonesia

    AirAsia Luncurkan Program Penggalangan Dana #ToIDwithlove untuk Indonesia

    AirAsia meluncurkan program penggalangan dana untuk memberikan bantuan bagi masyarakat Palu yang tertimpa musibah bencana alam gempa bumi dan tsunami pada 28 September 2018 lalu. Program #ToIDwithLove berlangsung mulai hari ini hingga 31 Oktober 2018, dengan maksud untuk mengumpulkan donasi yang akan disalurkan melalui Yayasan Arkom Indonesia guna membangun kembali dan meningkatkan ketahanan bencana wilayah […]
  • Omzet Telur Menurun 40 Persen Akibat Hoax Telur Palsu

    Omzet Telur Menurun 40 Persen Akibat Hoax Telur Palsu

    Menurut berita yang dikutip dari TRIBUNNEWS.COM hoax terkait telur palsu akhir-akhir ini, ternyata membawa dampak besar. Kepala Satgas Pangan Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan omzet telur di pasaran, baik dari sisi peternak maupun pedagang menurun hingga 40 persen. “Kalau dirata-rata (penurunan omzet 30-40 persen,” ujar Setyo, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, […]
  • Fresh Milk Kandang Moo, Segarnya Susu Untuk Berbagai Aktivitas

    Fresh Milk Kandang Moo, Segarnya Susu Untuk Berbagai Aktivitas

    Aktivitas sehari-hari yang padat sangat menguras energi, apalagi bagi kita yang juga banyak beraktivitas di luar ruangan. Banyaknya pekerjaan di depan komputer, meeting dan presentasi, bertemu klien, berbagai urusan pekerjaan yang datang silih berganti sering membuat kita harus menunda makan siang walaupun perut sudah sangat lapar. Bagi Anda yang sering mengalami situasi seperti itu, ada […]

Tinggalkan Balasan