Melatih Ketahanan Mental, Disiplin, dan Mempererat Tali Persaudaraan Siswa, KB/TK Pembangunan Jaya Menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

Saat seorang anak mulai memasuki dunia pendidikan adalah masa-masa yang sangat penting. Pada saat ini, seorang anak akan mulai mengenal dunia pendidikan dari sebelumnya sang anak menghabiskan sebagian besar waktunya dengan bermain. Karena pentingnya masa awal ini, banyak sekolah menyelenggarakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD) yang merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.

Program MPLS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MPLS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Pada kebanyakan sekolah, biasanya MPLS sepenuhnya dilaksanakan oleh kelompok siswa yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intrasekolah (OSIS) dengan guru sebagai pihak pengawas, asisten dan pemantau kegiatan selama MPLS berlangsung. Di sekolah tertentu, terkadang MPLS hanya dilaksanakan oleh pihak guru dan kepala sekolah saja, baik dengan atau tanpa bantuan keterlibatan kelompok OSIS.

Mengacu pada Permendikbud nomor 18 tahun 2016, tujuan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah untuk mengenali potensi diri siswa baru; Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah; Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru; Mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya; Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

MPLS di KB-TK Pembangunan Jaya Bintaro

MPLS digelar di KB/TK Pembangunan Jaya (dulu bernama TK Kicau) yang mulai berdiri tahun 1992 di Bintaro Sektor 2. Saat ini menempati area seluas 6.400 m2 di Jalan Maleo, Bintaro Sektor 9.

Sekolah Pembangunan Jaya bertujuan membentuk siswa-siswi yang gemar belajar, kreatif, mandiri dan berbudi pekerti luhur. Menurut Surono, Kepala Sekolah KB/TK Pembangunan Jaya, memiliki visi untuk menjadi sekolah nasional unggulan. Di sini terdapat batas usia masing-masing level (per bulan Juli setiap tahunnya) yakni:

  • Kelompok bermain ( KB ) Junior : 1,7 tahun
  • Kelompok bermain ( KB ) Senior : 2,7 tahun
  • Taman Kanak-kanak ( TK ) A : 3,7 tahun
  • Taman Kanak-kanak ( TK ) B : 4,7 tahun

Baca juga:
Mengenal KB/TK Pembangunan Jaya
Berbagai Fasilitas KB/TK Pembangunan Jaya

Menurut Dadang Wibisono, Humas TK/SD Pembangunan Jaya, sebelum dimulai tahun ajaran baru, sekolah mengadakan persiapan seperti kebersihan lingkungan sekolah dengan cara mengecat ulang, mendekorasi ulang kelas, melakukan fogging ke tiap ruangan, mencuci karpet, mainan dll. Tak hanya itu sebanyak 100 orang staf pengajar di lingkungan Yayasan Sekolah Pembangunan Jaya mengikuti rapat kerja di Bogor pada tanggal 2-4 Juli lalu.

Dan pada hari terakhir pelaksanaan MPLS, Jumat, 20 Juli 2018 KB-TK Pembangunan Jaya mengundang Bapak dan Ibu Polisi Sahabat Anak dari kesatuan Pusdiklantas POLRI dan SSC (School Science Center) Sekolah Pembangunan Jaya. Beragam aktivitas digelar. Di antaranya baris berbaris dan bernyanyi bersama, pengenalan rambu-rambu lalu lintas, menanam pohon bersama. presentasi Fun Science dan makan bersama.

Baca Juga: Foto : Mengenal School Science Center (SSC) Sekolah Pembangunan Jaya

Sebagai penutup, Dadang mengabarkan bahwa masih terbuka kesempatan bagi para calon orang tua untuk mengirim putra putrinya ke sekolah ini sampai bulan Desember 2018. Silahkan kontak di bawah ini ya.

Informasi dan Pendaftaran:

KB/TK Pembangunan Jaya 1
Alamat: Jalan Maleo Blok JE, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, Banten 15413
Telp 021 – 7486 4371, 22214101
Website: www.tkjayaschool.org

Facebook: KBTK Pembangunan Jaya Bintaro
Instagram: kb_tk_peje_bintaro

(EGS)