Berita Utama

Maybank Tingkatkan Semangat Kewirausahaan Komunitas Disabilitas di Tengah Pandemi melalui Program RISE 2.0 Berkelanjutan

Meskipun perekonomian nasional sedang melemah akibat pandemi Covid-19 dan telah berdampak pada pergerakan dunia usaha termasuk diantaranya para pelaku usaha dari komunitas disabilitas, PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) bersama Maybank Foundation, yayasan yang menangani corporate responsibility (CR) Maybank Group, tetap melanjutkan program pelatihan untuk pemberdayaan ekonomi bagi penyandang disabilitas dan komunitas marjinal yaitu RISE (Reach Independence & Sustainable Entrepreneurship) 2.0 guna membantu mereka yang terdampak pandemi agar tetap dapat menjalankan usaha.

Pelatihan RISE 2.0 yang diselenggarakan oleh Maybank Indonesia meliputi dua level yaitu Basic dan Standard dimana untuk pelatihan level Basic kali ini dilaksanakan pada 28 September – 2 Oktober 2020 untuk peserta di Lombok, 12-15 Oktober untuk peserta di Jawa Barat dan Jawa Tengah dan 19-22 Oktober untuk peserta di Sumatera Selatan. Sedangkan pelatihan level Standard juga dilaksanakan untuk peserta yang sudah pernah mengikuti level Basic di Sumatera Selatan dan Yogyakarta, 5-9 Oktober 2020.

Pelatihan RISE 2.0 Level Basic dan Standard ini berlangsung secara daring dengan total peserta sebanyak 25 orang di masing-masing lokasi pelatihan. Para peserta level Basic merupakan para penyandang disabilitas yang belum pernah mengikuti pelatihan dengan berbagai latar belakang usaha seperti penjahit, penjual makanan, toko kelontong, kerajinan tangan, pembuat meubel, jasa kursus pendidikan dan peserta yang mempunyai rencana membuka usaha. Sedangkan peserta level Standard dipilih berdasarkan penilaian ketika mereka mengikuti pelatihan dan monitoring di level Basic sebelumnya, serta sesuai perkembangan usaha yang mereka miliki di beberapa jenis bidang usaha seperti penjahit, toko kelontong, servis elektronik, kerajinan tangan dan usaha kuliner.

Program RISE 2.0 adalah kelanjutan dari pelatihan daring RISE yang pernah dilaksanakan di Palembang, Solo, Yogyakarta, Lombok, Lampung dan Jambi dengan menggunakan aplikasi Zoom. Pelatihan daring ini akan dilaksanakan di 25 kota di Indonesia dan menargetkan 4.780 peserta. Pelatihan ini dapat menjangkau lebih banyak para peserta khususnya dari daerah pedalaman, memberi pembekalan perubahan pola pikir (mindset), meningkatkan kepercayaan diri mereka untuk siap memulai dan mengembangkan usaha termasuk keterampilan menjual dan memasarkan produk. Selain itu juga meningkatkan pemahaman mereka terkait pengelolaan keuangan serta mengenalkan para peserta kepada mereka produk dan layanan perbankan.

Setelah level Basic, pelatihan RISE 2.0 berlanjut ke level Standard kemudian yang terakhir level  Premium dengan perbedaan pada kedalaman materi pelatihan, pendampingan (mentoring) dan durasi. Untuk level Standard dan Premium, peserta akan mendapatkan pelatihan pemanfaatan teknologi dan pengetahuan digital guna mendukung pengembangan usaha para peserta di era disrupsi dan industri 4.0 masa kini. Disamping itu, tersedia juga program pendampingan (mentoring) yang terstruktur, untuk level Standard peserta akan mendapatkan program mentoring dan coaching selama enam bulan, sedangkan untuk level Premium selama 12 bulan melalui mentoring secara personal yaitu face-to-face mentoring jika kondisi sudah memungkinkan dan telephone mentoring, guna memantau dan memacu peserta dalam meningkatkan pendapatan dan kapasitas usaha.

Pelaksanaan program RISE 2.0 yang dimulai sejak awal 2020 ini akan berlangsung hingga 2023 dan menargetkan lebih banyak komunitas penyandang disabilitas dan komunitas marjinal di berbagai wilayah di Indonesia dengan total peserta (level Basic, Standard & Premium) sekitar 7.350 peserta. Program ini secara regional telah diluncurkan pada 26 September 2019 di Manila, Filipina dan akan diperluas cakupan pelatihannya hingga ke enam negara di Asia Tenggara, yakni Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, Laos dan Myanmar.

Program RISE 2.0 dirancang untuk menyempurnakan program RISE tahap pertama, yang terintegrasi dari awal hingga akhir dengan menggunakan pendekatan 3E (Embrace, Embed & Engage). Melalui ketiga pendekatan tersebut, Maybank Indonesia dan Maybank Foundation akan mengoptimalkan penggunaan teknologi sebagai sarana pelatihan dan mentoring, melakukan pendampingan yang intensif dan berkelanjutan, tracking sistematis perkembangan usaha dan peningkatan pendapatan peserta, menciptakan basis data online dan marketplace sebagai sarana peserta menjual produk, serta menghubungkan peserta dengan produk, layanan dan teknologi perbankan digital yang dibutuhkan peserta.

Pada awalnya, program pelatihan RISE diinisiasi di Malaysia dan telah diikuti lebih dari 1.300 peserta di negara asalnya. Kemudian pada 2016 program ini mulai dikembangkan ke regional, termasuk ke Indonesia dan Filipina.Pada program RISE tahap pertama, sebanyak 2.267 peserta penyandang disabilitas dan komunitas marjinal telah mendapatkan pelatihan kewirausahaan dan kemandirian yang berasal dari 17 kota di Indonesia pada 2016 hingga 2019. Keberhasilan dari program RISE tahap pertama ini dapat dilihat dari peningkatan yang signifikan terhadap penghasilan rata-rata per bulan peserta. Pada September 2019 sebanyak 40% dari peserta semula berpenghasilan Rp1.264.782 telah meningkat menjadi Rp5.543.735, atau naik sebesar 338,3% dan makin melesat sebesar 403.7% pada Oktober 2019 dan 60% dari 2.267 peserta secara keseluruhan juga telah memulai usaha atau meningkatkan usaha mereka selama tiga bulan pasca pelatihan.

CEO Maybank Foundation, Shahril Azuar Jimin, mengatakan “Pemberdayaan ekonomi merupakan salah satu fokus corporate responsibility (CR) Maybank Indonesia. Melalui program RISE, Maybank Group turut mendukung upaya membangun komunitas yang mandiri, dengan menjangkau lebih banyak penerima manfaat dan berdampak positif bagi masyarakat, selaras dengan misi humanising financial services. Program ini juga selaras dengan misi ASEAN dan lima sasaran United Nations Sustainable Development Goals yaitu tanpa kemiskinan, pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, pertumbuhan ekonomi dan pekerjaan yang layak dan mengurangi kesenjangan.”

Head, Corporate & Brand Communication, Esti Nugraheni mengatakan, “Di tengah pandemi, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan COVID-19, Maybank Indonesia melanjutkan komitmen untuk memberikan perhatian kepada individu maupun komunitas wirausaha penyandang disabilitas dengan berbagai program yang bertujuan untuk meningkatkan semangat pantang menyerah, meningkatkan percaya diri, keterampilan hingga kapasitas usaha untuk mencapai masa depan yang mandiri dan sejahtera melalui program RISE 2.0.  Dengan melakukan program secara daring, kami berharap program ini tetap dapat membangun sekaligus meningkatkan kapabilitas usaha mikro-UKM dan menciptakan komunitas yang mandiri sehingga dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan di sekitarnya.”

Dengan peningkatan kapabilitas usaha, para penyandang disabilitas bukan hanya dapat mendorong kemandirian dan kemampuan berwirausaha namun juga menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi sesama komunitas penyandang disabilitas yang juga akan mendorong dan menciptakan motivasi usaha bagi masyarakat marjinal di sekitarnya sehingga dapat memberikan multiplier effect. Dalam pelaksanaan program ini, Maybank Indonesia dan Maybank Foundation menjalin kemitraan dengan People Systems Consultancy.

(EGA)

 

Baca Juga

  • Mau Bisnis Sushi? Ikuti Sushi Class for Entrepreneur Bersama Master Chef Setiyaki

    Mau Bisnis Sushi? Ikuti Sushi Class for Entrepreneur Bersama Master Chef Setiyaki

    Dengan semakin meningkatnya kepopuleran sushi, membuat banyak orang yang ingin belajar membuat sendiri hidangan khas Jepang, ini baik untuk dinikmati sendiri bersama keluarga di rumah maupun membuka usaha sushi. Untuk bisa membuat sushi, Anda bisa menambah wawasan dengan belajar cara membuat sushi di tempat kursus. Tidak heran, tempat kursus membuat sushi banyak bertebaran di mana-mana. […]
  • Polygon Hadirkan Kembali Seri Sepeda Gravel Pertama di Indonesia

    Polygon Hadirkan Kembali Seri Sepeda Gravel Pertama di Indonesia

    Di tengah tren bersepeda yang meningkat, pertengahan tahun 2020 menjadi momentum bagi banyak pabrikan sepeda dalam memenuhi kebutuhan pasar yang terus merangkak naik. Momen ini membuat pabrikan sepeda berlomba untuk menarik minat konsumen dengan merilis produk  andalan mereka masing-masing. Tidak terkecuali bagi Polygon, yang di bulan Juli ini kembali merilis seri teranyar-nya, Bend R. Bend […]
  • XL Axiata Kerja Sama dengan Cloudera Tingkatkan Penggunaan Data Analitik untuk Dorong Kinerja Bisnis

    XL Axiata Kerja Sama dengan Cloudera Tingkatkan Penggunaan Data Analitik untuk Dorong Kinerja Bisnis

    Cloudera, Inc., (NYSE: CLDR). PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menjalin kerjasama dengan Cloudera.Inc., (NYSE: CLDR), perusahaan penyedia data cloud untuk enterprise, untuk meningkatkan penggunaan data analitik dalam upaya memaksimalkan kinerja bisnis. Dengan memanfaatkan platform manajemen data cloud-agnostic dari Cloudera, manajemen XL Axiata berharap dapat menggunakan teknologi data, analitik, machine learning (ML), dan artificial intelligent […]
  • Berbelanja Berbagai Produk Unggulan Indonesia dan Menikmati Hiburan di Pekan Raya Indonesia 2016

    Berbelanja Berbagai Produk Unggulan Indonesia dan Menikmati Hiburan di Pekan Raya Indonesia 2016

    Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan rencana mengisi liburan akhir pekan, Anda dapat mempertimbangkan untuk berkunjung ke Pekan Raya Indonesia (PRI) 2016 yang sedang berlangsung di Indonesia Convention Center (ICE) BSD City, Tangerang Selatan. Pekan Raya Indonesia yang berlangsung dari tanggal 20 Oktober – 6 November 2016 ini menghadirkan berbagai produk unggulan produksi dalam negeri. PRI […]
  • Memesan Tiket Susi Air Mulai dari Pangandaran hingga Raja Ampat Kini Lebih Mudah di Traveloka

    Memesan Tiket Susi Air Mulai dari Pangandaran hingga Raja Ampat Kini Lebih Mudah di Traveloka

    Traveloka, perusahaan teknologi penyedia layanan perjalanan dan gaya hidup berbasis digital terkemuka di Asia Tenggara, menjalin kemitraan dengan Susi Air guna memberikan akses pemesanan tiket perjalanan yang lebih mudah. Sejak tanggal 14 Desember 2020, pengguna sudah dapat mencari dan melakukan pemesanan penerbangan komersial maskapai Susi Air yang melayani lebih dari 30 rute domestik di Indonesia […]
  • Natifest 2016, Ajang Kreativitas Seni dan Teknologi SMK Bina Informatika Bintaro

    Natifest 2016, Ajang Kreativitas Seni dan Teknologi SMK Bina Informatika Bintaro

    Untuk merayakan 10 tahun berdirinya SMK Bina Informatika, sebuah sekolah kejuruan berbasis Information Technology (IT), mengadakan rangkaian acara yang dinamakan Natifest 2016. Natifest yang merupakan singkatan dari Bina Informatika Festival mengambil tema Between Art and Technology, ditujukan bukan hanya bagi siswa SMK Bina Informatika, melainkan juga bagi masyarakat umum. Natifest 2016 bertujuan untuk memberikan informasi kepada […]
  • PropertyGuru – Induk Usaha Rumah.com – Raih Pendanaan S$ 300 Juta untuk Percepat Pertumbuhan di Asia Tenggara

    PropertyGuru – Induk Usaha Rumah.com – Raih Pendanaan S$ 300 Juta untuk Percepat Pertumbuhan di Asia Tenggara

    PropertyGuru Group (‘PropertyGuru’ atau ‘Group’), perusahaan teknologi properti (“PropTech”) terkemuka di Asia Tenggara – induk usaha Rumah.com, mengumumkan telah mendapatkan tambahan investasi senilai S$ 300 juta (sekitar US $ 220 juta) dalam putaran pendanaan baru-baru ini dari firma investasi global terkemuka TPG dan KKR (melalui pendanaan KKR Asian Fund III). Investasi ini datang pada saat […]
  • Tampil Perdana di Indonesia Property Expo, PP Urban Gelar Penandatanganan Akad KPA Massal

    Tampil Perdana di Indonesia Property Expo, PP Urban Gelar Penandatanganan Akad KPA Massal

    Dalam gelaran Indonesia Property Expo (IPEX) 2018, PP Urban memberikan penawaran spesial “Apartemen Bawa Rezeki Harga Rusunami”, dengan harga special. URBANtown Serpong, ditawarkan dengan harga Rp 9 jutaan per meter persegi, sedangkan URBANtown Karawang dibanderol dengan harga lebih terjangkau, Rp 8 jutaan per meter persegi. Selain harga spesial, URBANtown juga memberikan promosi menarik lainnya selama […]
  • Singapore Airlines – BCA Travel Fair 2019 Tawarkan Berbagai Harga dan Paket Perjalanan Menarik

    Singapore Airlines – BCA Travel Fair 2019 Tawarkan Berbagai Harga dan Paket Perjalanan Menarik

    Singapore Airlines (SIA) bersama Bank Central Asia (BCA) kembali menyelenggarakan Singapore Airlines – BCA Travel Fair 2019 pada tanggal 23 – 25 Agustus 2019. Travel fair ini akan diselenggarakan di Main Atrium Gandaria City, Jakarta. Acara ini menggarisbawahi komitmen kedua perusahaan untuk terus menawarkan pengalaman perjalanan yang nyaman dan menyenangkan kepada para pelanggan. Para pengunjung […]
  • Menuju Puncak 9.9 Super Shopping Day, Shopee Memberikan Penawaran Terbaik dan Fitur Interaktif untuk Pengguna

    Menuju Puncak 9.9 Super Shopping Day, Shopee Memberikan Penawaran Terbaik dan Fitur Interaktif untuk Pengguna

    Menyusul suksesnya peluncuran Shopee 9.9 Super Shopping day pada tanggal 14 Agustus , Shopee, platform e-commerce terkemuka di Asia Tenggara dan Taiwan, tidak berhenti dalam menawarkan promo terbaik dan fitur interaktif hingga puncak kampanye, 9 September 2019 bagi seluruh pengguna. Sebagai permulaan, Shopee menggelar acara dengan para ahli, Ario Pratomo pengamat teknologi dan Putri Tanjung […]
  • Airbus BelugaXL Mulai Beroperasi, Menghadirkan Kapasitas Super Besar

    Airbus BelugaXL Mulai Beroperasi, Menghadirkan Kapasitas Super Besar

    Pesawat Airbus BelugaXL telah resmi beroperasi, memberikan Airbus kapasitas transportasi tambahan sebesar 30% untuk mendukung peningkatan produksi dalam program pesawat komersil. Pesawat yang memegang peran penting dalam sistem industri Airbus ini telah melalui penerbangan perdananya pada 9 Januari silam. Pesawat ini merupakan unit BelugaXL pertama yang akan bekerja berdampingan dengan pesawat BelugaST, varian pesawat kargo […]
  • Garuda Indonesia Kembali Raih Predikat Maskapai Bintang Lima dari Apex

    Garuda Indonesia Kembali Raih Predikat Maskapai Bintang Lima dari Apex

    Setelah berhasil mempertahankan predikat sebagai “Maskapai Bintang 5” dari Skytrax pada bulan Februari lalu, Airline Passenger Experience Association (APEX), asosiasi nirlaba untuk peningkatan pengalaman penumpang penerbangan yang berkedudukan di New York, Amerika Serikat, juga kembali menobatkan Garuda Indonesia sebagai maskapai bintang lima (5-Star Airlines). Penghargaan yang diberikan dalam acara seremonial APEX Award Ceremony Expo 2018 […]
  • Masih Bingung Mau Beli Mobil Apa? Simak Tips dari Chevrolet

    Masih Bingung Mau Beli Mobil Apa? Simak Tips dari Chevrolet

    Bagi sebagian besar orang memilih mobil memang bukanlah perkara mudah. Hal ini tentunya karena berhubungan dengan dengan kebutuhan dan karakteristik yang sesuai dengan kepribadian Anda. Lantas bagaimana cara menentukan mobil yang pas untuk Anda? Sebetulnya hanya diperlukan sedikit riset dan perencanaan sederhana dan jangan terburu-buru saat menentukan pilihan mobil idaman. Hal yang perlu dilakukan adalah […]
  • Vivo V19 Resmi Diluncurkan

    Vivo V19 Resmi Diluncurkan

    Memperkuat posisi ke-2 brand smartphone di Indonesia[2], vivo menghadirkan vivo V19  dengan tagline “Perfect Night, Perfect You,” sebagai awal langkah vivo di tahun 2020. Mengusung desain Ultra O Screen dengan ukuran lubang kamera depan terkecil di kelasnya, vivo V19 memberikan pengalaman visual lebih maksimal bagi konsumen. Selain desain layar trendi, vivo V19 juga dilengkapi dengan […]
  • Rayakan Ulang Tahun Keempat, Shopee Hadirkan Penawaran Terbesar Akhir Tahun melalui Shopee 12.12 Birthday Sale

    Rayakan Ulang Tahun Keempat, Shopee Hadirkan Penawaran Terbesar Akhir Tahun melalui Shopee 12.12 Birthday Sale

    Shopee, perusahaan e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, merayakan ulang tahunnya yang keempat dengan peluncuran festival akhir tahun, Shopee 12.12 Birthday Sale. Setelah kesuksesan pada 2019 ini, Shopee berterima kasih kepada seluruh pengguna setia dengan meluncurkan Shopee 12.12 Birthday Sale. Mulai dari 18 November hingga 12 Desember, pengguna dapat menikmati berbagai hiburan dan penawaran […]
  • Datsun Tampil di IIMS Surabaya

    Datsun Tampil di IIMS Surabaya

    Datsun hadir di IIMS Surabaya yang berlangsung di Grand City, 7 – 11 November 2018, dengan menampilkan jajaran produk teranyar. Pada acara ini Datsun menghadirkan new Datsun GO-live special version untuk pertama kalinya di Surabaya, setelah sebelumnya model ini diperkenalkan di GIIAS pada Agustus 2018 dan mampu menarik perhatian pengunjung. Datsun juga menampilkan new Datsun […]
  • Menikmati Karya Seniman Kelas Dunia di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta

    Menikmati Karya Seniman Kelas Dunia di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta

    Dulu lukisan hanya bisa dinikmati kalangan tertentu. Hasil karya seni ini kerap kali dibanderol dengan harga selangit di setiap pameran dan hanya bisa dibeli orang berduit. Namun kini, lukisan bisa dinikmati berbagai kalangan masyarakat tanpa perlu pergi ke galeri. Lukisan saat ini dipajang di beberapa fasilitas publik dan bisa dinikmati secara gratis. Seperti tampak di […]
  • Menguasai Musik Klasik Adalah Jalan Masuk Untuk Menguasai Jenis Musik Lainnya – Talkshow Bersama Ananda Sukarlan

    Menguasai Musik Klasik Adalah Jalan Masuk Untuk Menguasai Jenis Musik Lainnya – Talkshow Bersama Ananda Sukarlan

    Pada Talkshow bersama Ananda Sukarlan yang diadakan oleh Petrof Piano House Bintaro, Sabtu, 12 November 2016  di Kidscenter Bintaro (baca juga: Manfaat Musik Klasik Bagi Anak-Anak : Talkshow, Seminar & Master Class Bersama Ananda Sukarlan), salah satu pertanyaan yang mengemuka dari pengunjung adalah apakah dengan mempelajari musik klasik akan membuat anak sulit untuk menguasai jenis […]
  • Trailblazer Membuat Perjalanan Panjang Akhir Pekan Semakin Nyaman

    Trailblazer Membuat Perjalanan Panjang Akhir Pekan Semakin Nyaman

    Penduduk Jakarta kerap harus menghadapi perjalanan panjang dalam aktifitas sehari-harinya, dengan menghabiskan rata-rata 63 jam per tahun pada jam-jam sibuk di jalan raya. INRIX Global Traffic Scorecard mencatat Indonesia sebagai negara peringkat kedua secara global dalam waktu yang dihabiskan dalam kemacetan jam-jam sibuk. Bahkan, saat libur panjang akhir pekan, terkadang kemacetan menjadi hal yang tak […]
  • Yamaha Indonesia Luncurkan My Yamaha Motor App

    Yamaha Indonesia Luncurkan My Yamaha Motor App

    Sebagai upaya memberikan pelayanan dan pengalaman terbaik kepada pelanggan setia Yamaha dengan memanfaatkan pesatnya tren dunia digital saat ini, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. menghadirkan Mobile Apps terbaru bernama My Yamaha Motor yang secara resmi diluncurkan pada Rabu, 15 April 2020. Aplikasi My Yamaha Motor secara khusus dikembangkan untuk memberikan kemudahan akses informasi yang lengkap […]