Kuliner

Mau Sambal Yang Maknyus? Di Sambal Aneka “Ananda” Tempatnya

Bagi penggemar pecel ayam dan pecel lele, sambal merupakan pelengkap yang mutlak ada. Adalah suatu kenikmatan tersendiri saat menyantap masakan seperti pecel ayam atau pecel lele yang masih panas karena baru diangkat dari penggorengan kemudian dicocol sambal dengan nasi yang juga masih mengebul. Namun kita jarang menemukan penjual pecel ayam atau pecel lele yang menyajikan sambal yang betul-betul enak. Umumnya sambal yang disajikan standar saja berupa sambal tomat yang rasanya kurang lebih sama dimana pun. Padahal sambal memegang peranan penting untuk memberikan kenikmatan saat menyantap pecel ayam atau pecel lele.

pecel_ayam_lele_ananda_info_bintaro
Sambal Bawang Cabe Merah

Namun berbeda dengan kebanyakan penjual pecel ayam dan pecel lele, di Sambal Aneka “Ananda” kita akan dimanjakan oleh lezatnya sambal yang disajikan. Disini sambal bukan sekedar pelengkap, namun menjadi menu utamanya. Sangat menarik.

Sambal Aneka “Ananda” berlokasi di Jl. Rawa Papan No.6, RT.14, Bumi Bintaro Permai, Pesanggrahan. Untuk mencapai lokasinya cukup mudah, jika Anda berkendaraan dari arah Bintaro menuju perumahan Bumi Bintaro Permai begitu Anda menemukan Polsek Pesanggrahan Anda mengambil jalan yang lurus (Jl. Rawa Papan). Kurang lebih 200 meter Anda akan menemukan Sambal Aneka “Ananda” di sebelah kanan jalan, walaupun yang tertulis di spanduknya Sambal Aneka Pecel Ayam dan Lele “Ananda”, namun Anda tidak perlu ragu. Inilah tempat Anda akan menikmati sambal yang enak.

Penampilan dari gerainya berbeda dari kebanyakan penjual pecel ayam dan pecel lele. Jika umumnya penjual pecel ayam dan pecel lele gerainya berupa warung tenda, gerai dari Sambal Aneka “Ananda” merupakan pondok (saung) yang lokasinya permanen. Perbedaan lainnya, umumnya penjual pecel ayam dan pecel lele menggunakan meja besar dan bangku panjang sebagai tempat pengunjungnya untuk bersantap, di Sambal Aneka “Ananda” menggunakan meja dan kursi sehingga terasa lebih nyaman. Walaupun penampilannya sederhana, namun tidak mengurangi kenyamanannya. Gerainya relatif terbuka, sehingga Anda tidak merasa gerah berlama-lama di sini seperti pada umumnya warung tenda yang tertutup.

Sambal Aneka “Ananada” mulai beroperasi dari 3 September 2016, jam bukanya setiap hari dari pukul 15.00-24.00. Berawal dari tawaran tantenya yang memiliki usaha bengkel di Jalan Rawa Papan ada sebidang tanah disewakan di sebelah bengkelnya, Ricky Rahman Fauzi seorang karyawan yang bekerja di sebuah resto Italia di daerah Senayan menyambutnya dengan rencana membuka sebuah usaha kuliner, walaupun Ricky dan keluarganya tinggal di Cinere yang cukup jauh dari Bintaro.

Setelah berembuk dengan istrinya Yati, yang saat itu masih bekerja, Ricky kemudian memberanikan diri untuk membuka sebuah tempat makan yang menyajikan pecel ayam dan lele. Nama Ananda pun dipilih yang merupakan nama anak perempuan semata wayangnya. Kebetulan Ricky pernah membeli resep sambal dari seorang kenalannya yang seorang koki. Akhirnya ia dan istrinya pun berpikir, mengapa tidak menjadikan saja sambal sebagai menu utamanya. Itulah awal dari berdirinya Sambal Aneka “Ananda”

pecel_ayam_lele_ananda_info_bintaro_1

Menu utama dari Sambel Aneka “Ananada” tentunya adalah Pecel ayam dan lele. Pengunjung dapat memilih ayam atau lelenya digoreng, dibakar atau dibuat penyet. Yang membuat istimewa dari sajian menunya tentu saja sambalnya. Ada 10 pilihan sambal : Sambal Ijo, Sambal Tempe, Sambal Teri, Sambal Tomat, Sambal Kemangi, Sambal Terasi, Sambal Mangga, Sambal Segar, Sambal Terong dan Sambal Bawang Cabe Merah.

Untuk membuat menu-menu yang dijualnya berbeda, Ricky dan Yati memulai dari pemilihan bahan. Bahan-bahan masakan seperti sayuran, tahu, tempe, lele dan ayam dijaga selalu segar, setiap pagi ada langganannya yang mengantarkan ke rumahnya. Bahan-bahan itu itu kemudian disiapkan dengan daging ayam sudah diungkep terlebih dahulu. Bahan-bahan itu kemudian dibawa ke Bintaro untuk disiapkan menjadi menu-menu yang dijualnya.

Ricky dan Yati tidak mau menggunakan daging ayam yang tidak habis terjual untuk digunakan lagi keesokan harinya. Baginya, walaupun pelanggan-pelanggannya tidak mengetahui jika ia menggunakan ayam yang tidak laku terjual pada hari sebelumnya, namun ia tidak mau melakukan itu. Besoknya ia tetap membeli daging ayam yang baru dari pelanggannya. Ricky menjelaskan, dasar pertimbangannya selalu menggunakan daging ayam yang segar karena daging ayam yang sudah diberi bumbu jika digunakan lagi keesokan harinya dengan digoreng, maka rasanya akan berubah dibanding daging ayam yang masih segar.

BACA JUGA  Tahu Bakso Semarang, Makanan Khas Orang Semarang yang Tidak Perlu ke Semarang

Yang juga selalu dijaganya adalah sambalnya. Ricky dan Yati baru membuat sambalnya di tempat saat pelanggan datang dan memesan menu, bukan sambal yang sudah disiapkan sebelumnya. Dengan cara seperti itu, ia dapat menyajikan sambal yang segar dan memiliki berbagai pilihan, bukan cuma 1 jenis sambal saja. Itulah yang membuat sambal-sambalnya berbeda.

[huge_it_slider id=”11″]

Saat Info Bintaro mencoba memesan Pecel Ayam dengan Sambal Bawang Cabe Merah, terlihat Ricky dan Yati sibuk mempersiapkan pesanan kami. Sambalnya langsung diulek saat itu, tepat seperti yang dijelaskan Ricky sebelumnya. Saat kami mencoba, kami sangat surprise, ayam gorengnya terasa pas, tidak alot dan bumbunya meresap sekali, tidak hambar. Sambal yang kami pesan pun terasa nikmat, dengan menggunakan 4 cabe rawit Sambal Bawang Cabe Merah itu sudah terasa pedas berpadu dengan harumnya bawang yang digoreng sebelum diulek. Bagi Anda yang doyan pedas, Anda dapat memilih jumlah cabe rawit yang digunakan.

Ke depannya, Ricky dan Yati berencana untuk menyediakan aneka ikan dalam menunya, seperti nila, bawal dan lain-lain.

Anda juga dapat memesan menu-menu Sambal Aneka “Ananda” untuk diantar ke tempat Anda, cukup hubungi 0877 8515 3007. Untuk info, silakan follow Instagram @anandasambal.

pecel_ayam_lele_ananda_menu_info_bintaro

 

 

(ES)

 

Baca Juga

  • Kegiatan Donor Darah di Centro Department Store Bintaro

    Kegiatan Donor Darah di Centro Department Store Bintaro

    Pada hari Sabtu, 11 November 2017 diselenggarakan kegiatan donor darah di Centro Dept. Store yang berlokasi di Bintaro Exchange Mall. Ada beberapa kegiatan yang diselenggarakan. Di antaranya talkshow dari talkshow dari Lembaga Konsultan Kanker Indonesia yang membahas cara mendeteksi kanker serviks, penyebab kanker serviks dan pencegahan kanker serviks. Para peserta donor darah mendapatkan cek gratis […]
  • Vivo V11 Pro, Smartphone dengan Screen Touch ID Resmi Meluncur di Indonesia

    Vivo V11 Pro, Smartphone dengan Screen Touch ID Resmi Meluncur di Indonesia

    Vivo secara resmi meluncurkan smartphone flagship terbarunya, Vivo V11 Pro, untuk konsumen di Indonesia. V11 Pro adalah smartphone pertama di Indonesia, serta V-Series satu-satunya saat ini yang mengusung teknologi Screen Touch ID, meneruskan kepemimpinan teknologi Vivo dalam hal keamanan biometrik. Ditawarkan dengan harga Rp. 4.999.000, Vivo V11 Pro menampilkan terobosan di sisi desain dengan layar […]
  • Cara Galaxy Tab S6 Lite, Buat New Normalmu Tambah Produktif

    Cara Galaxy Tab S6 Lite, Buat New Normalmu Tambah Produktif

    Pada era “new normal” masa kini, mau tidak mau kita memiliki tuntutan untuk menyesuaikan gaya hidup keseharian kita. Mulai dari beradaptasi terhadap situasi, seperti menjalankan segala protokol kesehatan ketika beraktivitas di luar hingga menjaga diri dengan menghindari kerumunan yang ramai. Meski demikian masih banyak perusahaan yang menerapkan sistem pembagian bekerja dari rumah atau bekerja dari […]
  • Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation Merilis 3 Panduan Baru untuk Rumah Sakit dalam Pandemi Covid-19

    Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation Merilis 3 Panduan Baru untuk Rumah Sakit dalam Pandemi Covid-19

    Di masa pandemi Covid-19 ini, sangat penting bagi para pemangku kepentingan dan tenaga medis yang telah memiliki pengalaman langsung menangani berbagai skenario kasus dan situasi terkait Covid-19 untuk membagikan pengalaman dan pengetahuan mereka ke tenaga medis dan administrator rumah sakit di seluruh dunia. Melalui platform Global MediXchange for Combating Covid-19 (GMCC), Jack Ma Foundation dan […]
  • Grab dan Hyundai Luncurkan GrabCar Elektrik, Dorong Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia

    Grab dan Hyundai Luncurkan GrabCar Elektrik, Dorong Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia

    Untuk mendukung inisiatif pemerintah guna menghadirkan 2 juta kendaraan elektrik (electric vehicle/EV) pada tahun 2025 serta sejalan dengan Roadmap Ekosistem Kendaraan Listrik yang diluncurkan Desember 2019  bersama Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI, Grab hari ini meluncurkan GrabCar Elektrik powered by Hyundai yang pertama di Indonesia serta berbagai fitur GrabCar terbaru lainnya. Hyundai IONIQ EV […]
  • Cara Membuat Rendang Hidangan Khas Lebaran

    Cara Membuat Rendang Hidangan Khas Lebaran

    Tahun 2016 situs berita CNN mengumumkan rendang khas Indonesia sebagai makanan nomor satu terenak di dunia. Pada tahun 2017 CNN kembali merilis daftar 50 makanan terenak sedunia lewat 35.000 voting di media sosial Facebook.  Hasilnya, rendang khas Sumatera Barat kembali menduduki peringkat pertama. ” Rendang is the best,” tulis seorang voter, Kamal F Chaniago. Voter […]
  • Click to Pay: Mastercard Memperluas Pengalaman Checkout Digital yang Sederhana dan Aman di Asia Pasifik

    Click to Pay: Mastercard Memperluas Pengalaman Checkout Digital yang Sederhana dan Aman di Asia Pasifik

    Saat Asia Pasifik beralih dengan cepat ke perdagangan digital, Mastercard menghadirkan cara pembayaran generasi selanjutnya di kawasan ini dengan sebuah solusi online checkout yang tidak memerlukan kata sandi, melindungi data dengan keamanan cerdas, dan membuat transaksi menjadi lebih mudah dengan hanya beberapa klik. Pandemi COVID-19 telah membuat digital semakin menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, dan […]
  • Sinar Mas Land Menggelar Topping Off Aeon Mall dan Meluncurkan Prime Tower Southgate Residence

    Sinar Mas Land Menggelar Topping Off Aeon Mall dan Meluncurkan Prime Tower Southgate Residence

    Sinar Mas Land menyelenggarakan acara topping off ceremony AEON Mall, serta opening pemasaran tower 2 (dua) Southgate Residence bernama “Prime Tower”. Prime Tower yang merupakan bagian dari proyek Southgate Residence adalah project joint-venture Sinar Mas Land bersama dengan dua perusahaan besar dari Jepang, yaitu Keikyu Corporation dan PT. Itochu. Ketiga perusahaan tersebut membentuk perusahaan joint-venture […]
  • Nissan Perkenalkan Dua MPV Baru di Indonesia

    Nissan Perkenalkan Dua MPV Baru di Indonesia

    Nissan memperkenalkan All New Nissan Livina dan All New Nissan Serena di Indonesia. Peluncuran kedua kendaraan MPV tersebut merupakan bagian dari peluncuran jajaran produk, yang menegaskan komitmen Nissan kepada pelanggan di Indonesia. Kedua kendaraan terbaru ini mengusung Nissan Intelligent Mobility, yang merupakan visi Nissan dalam mengubah cara orang menjalani hidup dan berkendara. “Hari ini menandai […]
  • Menandai 50 Tahun Inovasi Samsung dengan Penawaran Khusus Bagi Konsumen Setia di Indonesia

    Menandai 50 Tahun Inovasi Samsung dengan Penawaran Khusus Bagi Konsumen Setia di Indonesia

    Sebagai bagian dari perayaan hari jadi Samsung yang menandai 50 tahun berinovasi, Samsung dengan bangga mengumumkan penawaran terbaik kepada seluruh konsumen setia di Indonesia untuk memiliki berbagai inovasi Samsung terbaru. Promosi tersebut akan dilakukan pada website resmi Samsung.com/id dan akan diperluas ke seluruh toko ritel yang dimulai pada 1 November 2019. Konsumen yang membeli produk […]
  • Shopback Catat Peningkatan Transaksi hingga 3 Kali Lipat Selama Ramadan

    Shopback Catat Peningkatan Transaksi hingga 3 Kali Lipat Selama Ramadan

    ShopBack, platform gaya hidup yang mendukung masyarakat belanja hemat dan cermat, mencatat peningkatan transaksi hampir 3 kali lipat sepanjang Ramadan tahun ini, dengan rata-rata belanja hingga Rp 1,2 juta rupiah. Sementara itu, berdasarkan data historis Shopback, jumlah pemesanan dan transaksi meningkat tajam di minggu kedua Ramadan. Hal ini disebabkan di minggu tersebut kebanyakan dari masyarakat […]
  • Kolaborasi Inggris-Indonesia Hadirkan Pagelaran Mode Inklusif di Jakarta Fashion Week

    Kolaborasi Inggris-Indonesia Hadirkan Pagelaran Mode Inklusif di Jakarta Fashion Week

    British Council, organisasi internasional Inggris untuk hubungan budaya dan kesempatan pendidikan, menghadirkan pergelaran mode inklusif hasil kolaborasi desainer Inggris-Indonesia, Teatum Jones dan Sean Sheila, di Jakarta Fashion Week, Minggu 21 Oktober 2018. Pergelaran mode ini merupakan puncak kolaborasi para desainer setelah sebelumnya terlibat dalam sejumlah kegiatan termasuk dalam pelaksanaan lokakarya bersama fotografer mode Hilarius Jason […]
  • Kerjasama Rapid Test Covid-19 Lion Air Group Dan Dompet DhuafaTelah Menjangkau Wilayah Depok

    Kerjasama Rapid Test Covid-19 Lion Air Group Dan Dompet DhuafaTelah Menjangkau Wilayah Depok

    Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group bersama Dompet Dhuafa Republika melalui Dompet Dhuafa Social Enterprise (DDSE) terus mengembangkan fasilitas layanan pelaksanaan uji kesehatan skrining awal dan cepat (Rapid Test Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)), dengan memperluas area Jawa Barrat (Jabar), efektif […]
  • Festival Belanja Lazada 11.11 Catat Rekor Baru

    Festival Belanja Lazada 11.11 Catat Rekor Baru

    Perusahaan eCommerce terkemuka di Asia Tenggara, Lazada, menutup Festival Belanja 11.11 dengan rekor baru, lebih dari 20 juta pembeli di Asia Tenggara yang menelusuri dan mendapatkan penawaran terbaik melalui website dan aplikasi Lazada selama pesta diskon 24 jam berlangsung. Brand paling populer yang berhasil masuk ke Brand paling diminati antara lain : Realme, Xiaomi, Samsung, […]
  • Kenali Peran Penting Perencanaan dalam Berwirausaha : Belajar dari Kasus 7-Eleven

    Kenali Peran Penting Perencanaan dalam Berwirausaha : Belajar dari Kasus 7-Eleven

    Tahukah Anda bahwa kesuksesan dan kegagalan suatu usaha dipengaruhi oleh baik dan buruknya perencanaan kita dalam berwirausaha? Ya, memang sungguh disayangkan, nyatanya banyak usaha yang sebetulnya memiliki potensi yang cukup besar untuk sukses, namun tidak bertahan lama dan bangkrut dikarenakan perencanaan yang kurang matang. Usaha yang gagal dikarenakan seorang wirausaha tidak matang dalam menyusun perencanaan […]
  • Mercedes-Benz Memperkenalkan The New B-Class dan GLC AMG Night Edition pada Ajang IIMS 2019

    Mercedes-Benz Memperkenalkan The New B-Class dan GLC AMG Night Edition pada Ajang IIMS 2019

    Mercedes-Benz akan meramaikan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 yang akan digelar mulai tanggal 25 April hingga 5 Mei 2019 mendatang. Sebagai merek nomor satu di segmen kendaraan mewah di Indonesia, Mercedes-Benz siap menampilkan barisan kendaraan-kendaraan dari beragam model terlengkap yang mengedepankan kenyamanan, efisiensi dan keselamatan dalam berkendara. 8 model Mercedes-Benz dengan varian compact […]
  • Ancol Hadirkan Kampoeng Minangkabau Festival 2018

    Ancol Hadirkan Kampoeng Minangkabau Festival 2018

    Menyambut Bulan Suci Ramadhan dan juga bertepatan dengan libur panjang, Taman Impian Jaya Ancol tengah menyiapkan sebuah rangkaian acara bertema kebudayaan asal Sumatra Barat bertajuk “Ancol Kampoeng Minangkabau Festival 2018”. Festival ini diselenggarakan selama empat hari mulai tanggal 10 – 13 Mei 2018 di Pantai Lagoon Ancol, Jakarta Utara. Pada perhelatan ini, dapat ditemui semua […]
  • Pesta Wirausaha di Ancol, Ada Harga Rekreasi Hemat Sampai Makan Gratis

    Pesta Wirausaha di Ancol, Ada Harga Rekreasi Hemat Sampai Makan Gratis

    Jika belum ada rencana menghabiskan akhir pekan minggu ini, Anda bisa singgah ke Ancol Taman Impian. Karena banyak kegiatan seru, salah satunya kesempatan untuk bisa menikmati kuliner gratis dalam acara Pesta Wirausaha Nasional 2019 yang diselenggarakan oleh Komunitas Tangan Di Atas (TDA). Acara ini ada di Ecovention Hall, Allianz Ecopark Ancol mulai hari ini hingga […]
  • DBS Tayangkan Sparks Musim Kedua

    DBS Tayangkan Sparks Musim Kedua

    Sejalan dengan komitmennya untuk meningkatkan agenda pembangunan berkelanjutan sebagai fokus dan tujuan bank, Bank DBS menayangkan musim kedua SPARKS, sebuah serial mini yang telah berhasil menyabet penghargaan. Bertemakan “Everyday Heroes for a Better World” (Pahlawan dalam Kehidupan Sehari-hari untuk Menjadikan Dunia Lebih Baik), yang diilhami oleh kisah nyata, tiga episode pertama musim ini mengisahkan sekelompok […]
  • Waspada Penipuan yang Mengatasnamakan Telkomsel

    Waspada Penipuan yang Mengatasnamakan Telkomsel

    Semakin maraknya kasus penipuan melalui telepon seluler dan SMS semakian membuat Telkomsel peduli dan serius menanganinya. Para pelanggan Telkomsel diharapkan waspada dan berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Telkomsel. Berbagai macam modus penipuan yang sering muncul seperti meminta informasi kode verifikasi atau One-Time Password (OTP) di aplikasi MyTelkomsel yang dikirimkan melalui SMS. GM External […]

Tinggalkan Balasan