Sel. Okt 15th, 2019

Mau Sambal Yang Maknyus? Di Sambal Aneka “Ananda” Tempatnya

Bagi penggemar pecel ayam dan pecel lele, sambal merupakan pelengkap yang mutlak ada. Adalah suatu kenikmatan tersendiri saat menyantap masakan seperti pecel ayam atau pecel lele yang masih panas karena baru diangkat dari penggorengan kemudian dicocol sambal dengan nasi yang juga masih mengebul. Namun kita jarang menemukan penjual pecel ayam atau pecel lele yang menyajikan sambal yang betul-betul enak. Umumnya sambal yang disajikan standar saja berupa sambal tomat yang rasanya kurang lebih sama dimana pun. Padahal sambal memegang peranan penting untuk memberikan kenikmatan saat menyantap pecel ayam atau pecel lele.

pecel_ayam_lele_ananda_info_bintaro
Sambal Bawang Cabe Merah

Namun berbeda dengan kebanyakan penjual pecel ayam dan pecel lele, di Sambal Aneka “Ananda” kita akan dimanjakan oleh lezatnya sambal yang disajikan. Disini sambal bukan sekedar pelengkap, namun menjadi menu utamanya. Sangat menarik.

Sambal Aneka “Ananda” berlokasi di Jl. Rawa Papan No.6, RT.14, Bumi Bintaro Permai, Pesanggrahan. Untuk mencapai lokasinya cukup mudah, jika Anda berkendaraan dari arah Bintaro menuju perumahan Bumi Bintaro Permai begitu Anda menemukan Polsek Pesanggrahan Anda mengambil jalan yang lurus (Jl. Rawa Papan). Kurang lebih 200 meter Anda akan menemukan Sambal Aneka “Ananda” di sebelah kanan jalan, walaupun yang tertulis di spanduknya Sambal Aneka Pecel Ayam dan Lele “Ananda”, namun Anda tidak perlu ragu. Inilah tempat Anda akan menikmati sambal yang enak.

Penampilan dari gerainya berbeda dari kebanyakan penjual pecel ayam dan pecel lele. Jika umumnya penjual pecel ayam dan pecel lele gerainya berupa warung tenda, gerai dari Sambal Aneka “Ananda” merupakan pondok (saung) yang lokasinya permanen. Perbedaan lainnya, umumnya penjual pecel ayam dan pecel lele menggunakan meja besar dan bangku panjang sebagai tempat pengunjungnya untuk bersantap, di Sambal Aneka “Ananda” menggunakan meja dan kursi sehingga terasa lebih nyaman. Walaupun penampilannya sederhana, namun tidak mengurangi kenyamanannya. Gerainya relatif terbuka, sehingga Anda tidak merasa gerah berlama-lama di sini seperti pada umumnya warung tenda yang tertutup.

Sambal Aneka “Ananada” mulai beroperasi dari 3 September 2016, jam bukanya setiap hari dari pukul 15.00-24.00. Berawal dari tawaran tantenya yang memiliki usaha bengkel di Jalan Rawa Papan ada sebidang tanah disewakan di sebelah bengkelnya, Ricky Rahman Fauzi seorang karyawan yang bekerja di sebuah resto Italia di daerah Senayan menyambutnya dengan rencana membuka sebuah usaha kuliner, walaupun Ricky dan keluarganya tinggal di Cinere yang cukup jauh dari Bintaro.

BACA JUGA  Arti Kata Teppanyaki Dalam Bahasa Jepang

Setelah berembuk dengan istrinya Yati, yang saat itu masih bekerja, Ricky kemudian memberanikan diri untuk membuka sebuah tempat makan yang menyajikan pecel ayam dan lele. Nama Ananda pun dipilih yang merupakan nama anak perempuan semata wayangnya. Kebetulan Ricky pernah membeli resep sambal dari seorang kenalannya yang seorang koki. Akhirnya ia dan istrinya pun berpikir, mengapa tidak menjadikan saja sambal sebagai menu utamanya. Itulah awal dari berdirinya Sambal Aneka “Ananda”

pecel_ayam_lele_ananda_info_bintaro_1

Menu utama dari Sambel Aneka “Ananada” tentunya adalah Pecel ayam dan lele. Pengunjung dapat memilih ayam atau lelenya digoreng, dibakar atau dibuat penyet. Yang membuat istimewa dari sajian menunya tentu saja sambalnya. Ada 10 pilihan sambal : Sambal Ijo, Sambal Tempe, Sambal Teri, Sambal Tomat, Sambal Kemangi, Sambal Terasi, Sambal Mangga, Sambal Segar, Sambal Terong dan Sambal Bawang Cabe Merah.

Untuk membuat menu-menu yang dijualnya berbeda, Ricky dan Yati memulai dari pemilihan bahan. Bahan-bahan masakan seperti sayuran, tahu, tempe, lele dan ayam dijaga selalu segar, setiap pagi ada langganannya yang mengantarkan ke rumahnya. Bahan-bahan itu itu kemudian disiapkan dengan daging ayam sudah diungkep terlebih dahulu. Bahan-bahan itu kemudian dibawa ke Bintaro untuk disiapkan menjadi menu-menu yang dijualnya.

Ricky dan Yati tidak mau menggunakan daging ayam yang tidak habis terjual untuk digunakan lagi keesokan harinya. Baginya, walaupun pelanggan-pelanggannya tidak mengetahui jika ia menggunakan ayam yang tidak laku terjual pada hari sebelumnya, namun ia tidak mau melakukan itu. Besoknya ia tetap membeli daging ayam yang baru dari pelanggannya. Ricky menjelaskan, dasar pertimbangannya selalu menggunakan daging ayam yang segar karena daging ayam yang sudah diberi bumbu jika digunakan lagi keesokan harinya dengan digoreng, maka rasanya akan berubah dibanding daging ayam yang masih segar.

Yang juga selalu dijaganya adalah sambalnya. Ricky dan Yati baru membuat sambalnya di tempat saat pelanggan datang dan memesan menu, bukan sambal yang sudah disiapkan sebelumnya. Dengan cara seperti itu, ia dapat menyajikan sambal yang segar dan memiliki berbagai pilihan, bukan cuma 1 jenis sambal saja. Itulah yang membuat sambal-sambalnya berbeda.

[huge_it_slider id=”11"]

Saat Info Bintaro mencoba memesan Pecel Ayam dengan Sambal Bawang Cabe Merah, terlihat Ricky dan Yati sibuk mempersiapkan pesanan kami. Sambalnya langsung diulek saat itu, tepat seperti yang dijelaskan Ricky sebelumnya. Saat kami mencoba, kami sangat surprise, ayam gorengnya terasa pas, tidak alot dan bumbunya meresap sekali, tidak hambar. Sambal yang kami pesan pun terasa nikmat, dengan menggunakan 4 cabe rawit Sambal Bawang Cabe Merah itu sudah terasa pedas berpadu dengan harumnya bawang yang digoreng sebelum diulek. Bagi Anda yang doyan pedas, Anda dapat memilih jumlah cabe rawit yang digunakan.

BACA JUGA  Nongkrong Murah Meriah di Bakso Tenis Pak Kribo

Ke depannya, Ricky dan Yati berencana untuk menyediakan aneka ikan dalam menunya, seperti nila, bawal dan lain-lain.

Anda juga dapat memesan menu-menu Sambal Aneka “Ananda” untuk diantar ke tempat Anda, cukup hubungi 0877 8515 3007. Untuk info, silakan follow Instagram @anandasambal.

pecel_ayam_lele_ananda_menu_info_bintaro

 

 

(ES)

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan