Rab. Nov 20th, 2019

Mau Menunggang Kuda? Tidak Usah Jauh-Jauh, Ke Branchsto Saja

branchsto_1

Biasanya kalau kita ingin berwisata sambil berkuda, tempat yang menjadi tujuan adalah Lembang atau Puncak. Namun sekarang kita tidak perlu pergi jauh-jauh dengan resiko mengalami kemacetan panjang apalagi saat musim liburan, kawasan Bintaro memiliki alternatif tempat wisata dimana kita dapat mencoba naik kuda, belajar menunggangi kuda bahkan berkuda sambil memanah. Wah menarik ya…

Ya, Branchsto dapat dijadikan alternatif berlibur tanpa menghabiskan waktu dan biaya yang besar. Anda dapat membawa si kecil untuk mengenal hewan kuda sekaligus belajar menunggangi kuda. Tentunya hal ini akan menjadi pengalaman yang berkesan bagi si kecil.

Branchsto berlokasi di kawasan Perigi, Pondok Aren, tidak jauh dari Masjid Bani Umar. Terletak di Jl. H. Rasam, tidak jauh dari pertigaan dari arah Jl. Boulevard menuju Graha Raya. Kondisi Jl. Rasam merupakan jalan paving block yang bisa dilewati 2 kendaraan dalam arah yang berlawan, namun karena jalannya agak sempit, anda harus berhati-hati jika berpapasan dengan kendaraan lain.

Awal berdirinya Branchsto diawali sekitar tahun 90-an akhir, dimana seorang penggemar kuda membuka lahan di wilayah Perigi ini untuk memelihara kuda-kuda yang dimilikinya sekaligus menanamkan kecintaan anak-anaknya dengan kuda. Setelah berjalan sekian tahun, pada Maret 2016 Branchsto dibuka untuk umum dan dijadikan sebagai tempat wisata berkuda, sekaligus kursus menunggang kuda bagi masyarakat umum.

Pada saat ini Branchsto memiliki 14 ekor kuda, yang terdiri dari kuda poni dan kuda Jerman. Kuda poni adalah kuda yang berukuran pendek dan bersurai panjang, sehingga lebih cocok ditunggangi anak-anak. Informasi yang Info Bintaro peroleh, dalam waktu dekat jumlah kuda-kuda akan bertambah untuk menampung animo pengunjung yang semakin meningkat dari waktu ke waktu.

branchsto_2

Hal yang harus anda perhatikan jika anda akan pergi ke Branchsto adalah waktu dan hari kedatangan anda. Branchsto buka dari hari Selasa sampai Minggu, sedangkan hari Senin tidak beroperasi. hal ini dimaksudkan sebagai kesempatan bagi petugas pengelola untuk membereskan segala sesuatu sekaligus pemeriksaan kesehatan bagi kuda-kuda setelah Sabtu dan Minggu melayani pengunjung. Jam operasional adalah pukul 08.00 – 17.00. Ada 2 kali waktu istirahat selama jam operasional, yang pertama pukul 11.00-13.00 adalah waktu istirahat bagi kuda-kuda, jika anda datang pada rentang waktu ini, anda tidak dapat menikmati fasilitas berkuda yang ada. Kuda-kuda di Branchsto diberi makan siang pada pukul 11.00-13.00. Istirahat yang kedua pada pukul 15.30 – 16.00, untuk memberikan waktu bagi karyawan Branchsto untuk melakukan sholat. Jika anda datang sesaat atau menjelang waktu-waktu istirahat ini, anda harus menunggu sampai waktu istirahat berakhir.

BACA JUGA  Taman Kota 1 BSD City, Secuil Keindahan di Tengah Padatnya Kota

Hal terpenting yang harus diperhatikan saat menunggang kuda adalah mengenai keselamatan, karena menunggang kuda adalah kegiatan yang mengandung resiko. Sebelum menunggang kuda, anda disarankan untuk membaca aturan-aturan mengenai keselamatan yang diterapkan di Branchsto. Aturan-aturan ini bisa dibaca pada meja registrasi.Disamping itu, untuk memberikan keamanan bagi penunggang kuda, pengelola telah menyiapkan pemandu kuda (riding boy) yang akan mengendalikan kuda saat berkeliling area berkuda, sehingga anda atau si kecil akan dapat menikmati sensasi berkuda dan anda pun akan tetap merasa tenang tanpa kuatir dengan keselamatannya.

branchsto_5

Ada beberapa wahana yang dapat anda ikuti, yaitu menunggang kuda poni yang dinamakan I love Poni. Kemudian wahana menunggang kuda besar yang dinamakan Branchsto. Pada wahana ini, kuda tetap dikendalikan oleh seorang riding boy, kecuali si penunggang dirasakan sudah mulai bisa menunggang kuda, maka ia sudah dapat dilepas sendiri tanpa didampingi riding boy, namun tetap dalam pengawasan riding boy. Pada wahana Branchsto ini anda atau si kecil tidak perlu kuatir bila terjatuh, karena arena berkuda wahana Branchsto ini merupakan hamparan pasir tebal. Untuk menunggang kuda pun, anda atau si buah hati harus menggunakan helm sebagai syarat keselamatan. Wahana yang terakhir adalah memanah (archery), dimana anda atau buah hati anda dapat berlatih untuk memanah dengan menggunakan peralatan standar memanah. Wahana memanah ini diadakan untuk mempersiapkan wahana keempat yang akan dibuka pada bulan Juni yang akan datang yaitu wahana memanah dari atas kuda.

branchsto

Disamping mengikuti beberapa wahana yang tersedia, anda juga dapat berkeliling melihat kuda-kuda yang berada di dalam kandang sambil berfoto selfie di depan kuda-kuda itu. Namun disini juga diharapkan kehati-hatian pengunjung, karena ada beberapa kuda yang memiliki sifat agresif, sehingga anda tidak diperbolehkan untuk terlalu mendekat pada kandang kuda yang dikategorikan agresif. Ada kertas yang tertempel pada kandang-kandang kuda yang agresif, yang menyatakan peringatan untuk tidak terlalu mendekat pada kandang tersebut.

Lelah menunggang kuda atau menonton para penunggang kuda yang sedang beraksi, anda dapat beristirahat pada resto yang disediakan di sebelah lokasi berkuda. Berbagai jenis masakan dapat anda nikmati, dari mulai makanan Indonesia sampai dengan makanan-makanan ala barat, disamping berbagai aneka minuman dan dessert. Makanan yang menjadi menu favorit di Resto Branchsto adalah Sea Food Kelapa Muda dan Nasi Goreng Nanas.

BACA JUGA  Atraksi Baru Dubai yang Megah

Disamping menerima pengunjung perorangan, Branchsto juga menerima pengunjung rombongan yang dinamakan Field trip. Umumnya Field Trip yang biasa dilayani berasal dari anak sekolah. Hal yang harus diperhatikan jika memesan paket Field Trip ini adalah waktu pemesanan seminggu sebelumnya, dan jumlah peserta dibatasi maksimum 30 orang.

Masih banyak wahana-wahana wisata yang akan dikembangkan, tentunya ini akan menjadi alternatif berlibur yang menyenangkan bagi anda sekeluarga. Ingin mendapatkan informasi lebih lanjut? Hubungi saja :

Branchsto

Jl. H. Rasam, Perigi Baru

Pondok Aren – Tangerang Selatan

Telp. : 021 – 290 5000

 

(ES)

 

 

Baca Juga

1 thought on “Mau Menunggang Kuda? Tidak Usah Jauh-Jauh, Ke Branchsto Saja

Tinggalkan Balasan