Ming. Sep 22nd, 2019

Mau Makan Fish and Chips di Bintaro?

Fish and Chips Cozyfiled Emerald Bintaro

Fish and chips adalah sajian siap santap ala Western yang cukup populer. Hidangan ini biasanya terdiri dari ikan yang digoreng tepung dan dipadu dengan kentang goreng dan saus spesial.

Ada banyak pilihan ikan yang digunakan dalam sajian fish and chips. Di antaranya ikan kakap, ikan cod, mackerel, salmon dan dori. Tapi yang paling laris dan disukai masyarakat Indonesia adalah ikan dori.

Awalnya hidangan Fish and Chips merupakan hidangan sederhana bagi kelas pekerja di Inggris. Sesuai namanya, fish and chips ini adalah kombinasi antara ikan dan kentang goreng. Ikan yang digunakan pun sudah bersih dari tulang dan dibalur oleh adonan tepung, kemudian digoreng. Sejarah dari fish and chips sendiri diperkirakan dimulai di Inggris sekitar tahun 1830.

Kekayaan ikan di laut bagian utara Inggris dinilai sebagai alasan munculnya menu ini. Ditambah lagi dengan perkembangan transportasi kereta api yang membuat ikan dapat dengan cepat didistribusikan sehingga secara otomatis hidangan fish and chips ini pun semakin menyebar di Inggris.

Di tahun 1860, muncullah gerai fish and chips pertama kalinya di kota London yang dikepalai oleh Joseph Malin. Gerai ini memang sangat sederhana, hanya dilengkapi dengan wajan besar berisi minyak dengan bahan bakar batu bara. Namun, ada juga pendapat lain yang menyebutkan bahwa gerai fish and chips pertama dibuka pertama kali oleh imigran asal Belgia, Edward De Gernier di Greenmarket City pada tahun 1870.

Simak cara pembuatan Fish and Chips pada video berikut ini.

Di Bintaro ada banyak beberapa alternatif untuk menyantap Fish and Chips:

  1. Fish Streat, Jl. Kesehatan Raya No. 28, Sektor 1, Bintaro, Jakarta, 0812 84441969
  2. Fish Streat, Taman Jajan CBD, Jl. Boulevard Bintaro Jaya, Bintaro, 0877 86230723. Simak liputannya di https://www.infobintaro.com/fish-and-chips-kaki-lima-ala-fish-streat-taman-jajan-bintaro/
  3. Kulinarian, PHX Bintaro. Simak liputannya di https://www.infobintaro.com/tahukah-anda-bahwa-menu-fish-and-chips-berasal-dari-inggris/
  4. Cozyfield Bintaro, Gramedia World Emerald, Bintaro Sektor 9, (021) 22211451. Di sini Anda dapat menyantap Fish and Chips seharga Rp. 70.000,- yang terdiri dari iklan dori, mint pea mash, saus tartar dengan pilihan french fries atau wedges. Saus tartar (bahasa Inggris:tartar sauce) adalah saus kental berwarna putih untuk berbagai gorengan makanan laut yang dibuat dari mayones dan asinan ketimun dalam botol, caper, bawang bombay (atau chives) dan daun parsli (peterseli) segar
BACA JUGA  Grab Hadirkan lebih dari 400 Gerai Santapan Cepat Saji Favorit di GrabFood lewat Kerja Sama Strategis

 

(EGS)

 

Baca Juga