Mau Lulus Sekolah? Perlu Gak Sih Buat Buku Tahunan?

Buku tahunan (yearbook) merupakan salah satu hal penting yang dibagikan pada saat pesta kelulusan siswa. Buku tahunan juga dapat menjadi media promosi sekolah dan sebagai sarana silaturahmi antara siswa dan guru. Dengan buku tahunan, para siswa dapat mengenang kembali masa-masa indah di sekolah.

Selain itu juga, dengan buku tahunan para siswa dapat mencari informasi alamat, no telepon dan data lainnya dari siswa lain. Yearbook dapat menjadi database yang berfungsi sebagai penyimpan data kontak alumni. Ketika mereka baru lulus, mungkin buku tahunan belum terasa pentingnya. Namun belasan bahkan puluhan tahun kemudian baru terasa nilainya.

Dengan kemajuan teknologi saat ini, yearbook bisa dikerjakan secara mandiri. Namun, seperti kita ketahui pembuatan secara mandiri sulit menghasilkan yearbook yang berkualitas karena kita bukan profesionalnya di bidang itu. Disinilah terasa pentingnya bantuan pihak lain yang memang profesional di bidang ini. Jika Anda memiliki rencana pembuatan yearbook, Fextor Creative Labs perlu Anda jadikan referensi utama yang bisa diandalkan.

Fextor Creative Labs berdiri pada tahun 2011 dengan nama awal Retweet. Karena beberapa pertimbangan pada tahun 2014 Retweet berganti nama menjadi Fextor, yang diambil dari plesetan kata “vector” yang merupakan DNA sebuah desain grafis. Setelah 5 tahun berdiri, Fextor berkembang menjadi unit bisnis profesional dan telah melayani banyak klien yang tersebar di seluruh Indonesia.

Fextor Creative Labs didirikan oleh Andrianto Adhy yang juga merupakan pemilik dari Primagama Emerald (baca juga : Membangun Bangsa Melalui Pendidikan, Primagama Bintaro Memberikan Diskon Hingga 50%). Andrianto Adhy yang akrab dipanggil Andri memang sejak kecil telah memiliki hobi menggambar. Saat ini, Fextor yang memiliki 5 orang staf, tidak hanya menerima order pembuatan yearbook dari berbagai sekolah di seputaran Bintaro, namun telah melebar ke berbagai wilayah bahkan kota-kota lain, seperti Jakarta, Tangerang dan Cilacap.

Proses Pembuatan Year Book

Untuk membuat sebuah pesanan yearbook, tahapan proses yang dilakukan Fextor adalah pengambilan foto serta pengumpulan data siswa, lalu diteruskan dengan tahapan pengeditan foto dan terakhir adalah proses produksi atau pencetakan. Selama tahapan-tahapan ini Fextor melakukan komunikasi yang intens dengan pihak pemesan, sehingga bila ditemukan adanya kesalahan, kesalahan itu bisa diselesaikan sesegera mungkin.

Ada 3 pihak yang berperan dalam pembuatan yearbook. Pertama, orang tua murid, ini berlaku untuk siswa TK dan SD, Kedua, pihak guru. Biasanya untuk siswa SMP. Sedangkan pihak ketiga adalah para murid yang akan lulus di akhir tahun ajaran. Mayoritas kalangan ini adalah siswa SMU atau mahasiswa S1 dan S2.

Budget

Andri menyatakan dalam pembuatan yearbook tidak ada budget yang baku. Kisaran harga per buku adalah Rp. 150.000 – Rp. 500.000,-. Semuanya tergantung pada jumlah eksemplar yang akan dicetak, jumlah halaman dalam tiap buku, jenis kertas dan tingkat kesulitan dari pembuatan year book tersebut. “Bahkan kami menyediakan fleksibilitas di mana biaya jasa pembuatan year book dapat dicicil, “ungkap Andri. Fleksibilitas yang lain adalah pemesanan bisa tanpa DP. Jika sudah ada komitmen dari pihak pemesan, Fextor bisa mulai mengerjakan pembuatan yearbook dengan prinsip kepercayaan. Fleksibilitas ini bisa dilakukan jika sebagai penanggungjawab pembuatan yearbook dari pelanggan adalah pihak-pihak yang dianggap bisa dipegang komitmennya, misalnya pihak sekolah sendiri.

Bulan tersibuk bagi Fextor adalah bulan April di mana biasanya order pemesanan yearbook cukup banyak. Namun mengingat proses yang dilakukan cukup panjang, Andri menyampaikan untuk pemesanan jangan terlalu mepet waktunya dengan deadline pemesanan. Sebagai informasi, rata-rata proses yang dilakukan untuk pembuatan yearbook memakan waktu sekitar 6 bulan dari mulai briefing awal hingga usai pencetakan.

Andri menambahkan, proses terlama adalah saat masuk ke tahap desain, karena pada tahap ini Fextor harus mengumpulkan berbagai data dan informasi untuk dimasukkan pada yearbook, dan yang terpenting mencocokkannya supaya tidak terjadi kesalahan seperti ketidaksesuaian antara data dan foto. Untuk sesi pengambilan foto juga termasuk menyita waktu karena setiap harinya ada batas kemampuan dalam pengambilan foto. “Berdasarkan pengalaman kami, semua order pembuatan yearbook bisa diselesaikan tepat waktu,” tutup Andri.

Untuk info lebih lanjut, hubungi:
FEXTOR CREATIVE LABS
Ruko Melia Walk Blok MDA 03
Jl. Boulevard Graha Raya, Bintaro, Tangerang Selatan
Telp. 0857 7077 9327 / 021 – 2944 5827
www.fextor.com

 

(EGS)

Leave a Comment