Sab. Jan 18th, 2020

Mau Coba Masakan Meksiko Yang Ramah di Kantong? Yuk, Mampir di Comme Mas

Comme Mas dalam bahasa Spanyol berarti eat more alias makan lebih banyak lagi. Rasanya itu tepat dengan apa yang dirasakan Info Bintaro saat berkunjung ke outlet Comme Mas yang ada di PHX Bintaro Sektor 9.

Outlet yang jam operasionalnya dari pukul 12 PM – 11 PM ini dimiliki oleh Fernanda Joquina (akrab dipanggil Nanda) dan Kevin Wijaya. Nanda sebentar lagi diwisuda dari Jurusan Bisnis Internasional pada Universitas Bina Nusantara. Sejak kecil Nanda sudah kerap menjadi enterpreneur dengan menjual barang atau kuliner hasil kreasinya kepada teman-temannya. Teman memang memiliki arti penting. Bahkan dari seorang teman Nanda belajar aneka masakan Meksiko.

Menurut Nanda yang berdomisili di Puri Indah, Jakarta Barat, di Comme Mas ini pengunjung dapat menikmati makanan khas Meksiko dengan harga yang ramah di kantong. Harganya di bawah Rp. 50.000 per porsi. Saat ini tidak ada restoran Meksiko di Jakarta yang menjual lebih murah.

Burrito

Yang banyak dipesan pengunjung Comme Mas adalah burrito yang merupakan makanan khas Meksiko. Makanan ini terdiri atas tortilla gandum yang diisi dengan berbagai macam daging seperti daging sapi, ayam. Daging-daging yang sudah dimasak ini biasanya hanya isi satu-satunya, dan kemudian digulung dengan tortilla tadi. Pengunjung Comme Mas dapat memilih apakah daging sapi, daging ayam atau campuran dari keduanya.

Burrito yang ada di Comme Mas ini sama seperti di Amerika Serikat, di mana isi dari burrito lebih bervariasi, seperti nasi, kacang merah, kubis, tomat, saus salsa (Salsa adalah Bahasa Spanyol untuk saus, dan di negara berbasis bahasa Inggris selalu dirujuk dengan saus pedas dari Meksiko, terutama digunakan untuk saus celup. Ada berbagai macam saus yang biasanya berasal dari Amerika Latin), guacamole (makanan tradisional Meksiko yang terbuat dari bahan dasar buah alpukat),  ditambah dengan lemon dan garam. Sejarah makanan ini dapat dirunut hingga zaman kerajaan Aztec), keju dan sour cream — ini menyebabkan ukuran burritonya menjadi lebih besar. Tortilla gandum tadi biasanya dipanggang atau dihangatkan sebentar supaya menjadi lebih empuk dan lebih mudah untuk digulung.

Kata burrito, dalam bahasa Spanyol, berarti “keledai kecil”. Nama ini mungkin diberikan karena bentuk ujung tortilla gandum yang telah digulung mirip dengan telinga keledai. Atau mungkin juga burrito mirip dengan kantong-kantong yang biasanya digendong oleh keledai di Amerika Selatan.

BACA JUGA  Nasi Crispy Chicken Sambal Matah di Bintaro

Menu Vegetarian

Bagi anda seorang vegetarian, juga dapat menikmati makanan di Comme Mas. Daging dapat diganti dengan telor. Bahkan buat yang ingin diet, nasinya dapat diganti dengan sayur.

Freedom to Choose

Pengunjung Comme Mas dapat bebas memilih menu kesukaannya beserta daging, saus maupun toppingnya seperti lettuce, onions, red bean, corns, cheese, mozarella atau pun scramble egg. Tingkat kepedasan pun dapat dipilih.

Adaptasi Selera Indonesia

Anda patut mencoba menu Chicken Burrito atau Beef Burrito, makanan asli Meksiko yang dijual seharga Rp. 32.000. Rasanya sudah disesuaikan dengan lidah Indonesia. Nanda pernah menyajikan tester hasil masakannya yang persis sama seperti di Meksiko, namun teman-temannya yang orang Indonesia merasa bahwa hasil masakannya kurang lezat. Nanda pun akhirnya mengubah rasa Burrito sesuai dengan yang cocok dengan lidah orang Indonesia yang suka akan rempah-rempah dan terasa gurih.

Di samping mexican rice, burrito itu juga diisi dengan lettuce, corn, onion dan red bean. Dijamin kenyang setelah memesan 1 porsi burrito yang terdiri dari 2 potongan super besar.

Kelebihan yang lain adalah nachos yang dibuat sendiri oleh Comme Mas. Tanpa bahan pengawet lho. Ada paket menarik yang ditawarkan yaitu nachos platter+beer/stout seharga Rp. 45.000. Cocok buat nongkrong atau mengerjakan tugas kuliah. “Semua bahan masakannya diolah di rumah saya. Sedangkan di outlet PHX tinggal disajikan saja, “ ujar Nanda. Minggu depan akan ada menu baru dari Comme Mas berupa Burrito Bowl, di mana bowl (mangkuk atau wadahnya) juga dapat dimakan. Nantikan liputannya di Info Bintaro.

Minuman Andalan

Apakah  Anda suka dengan es kelapa muda atau es kopyor? Bila iya, anda wajib mencicipi minuman andalan dari Comme Mas yakni Jugo de Coco. Arti nama Jugo de Coco adalah jus kelapa. Cobain deh. Rasanya segar banget. Dengan resep rahasia yang dibuat sendiri oleh Nanda, rasa minuman ini mirip kelapa betulan. Menu andalan yang lain adalah Mexican Ice Latte yang cocok bagi anda penggemar kopi. Rasa rumnya benar-benar kuat. Jangan khawatir, ini dibuat dengan bahan yang halal lho.

Outlet Lain & Franchise

Di bulan Desember 2017 Nanda pun akan membuka cabang di Muara Karang. Dan kabar gembira yang lain, Nanda menyatakan akan membuka peluang bagi warga Bintaro yang mau mengambil sistem franchise dari Comme Mas. Bagi yang tertarik, bisa kirim email permohonan franchise di commemas.id@gmail.com

BACA JUGA  Tempat Kongkow Alternatif di Graha Raya: Warung Makan Bang Ben

See you there, Amigos!

Info lebih lanjut:
Comme MasThe First Casual Mexican Food Stop
Telp. : 0812-9883-0752
Line : commemas.id
E-mail:  commemas.id@gmail.com
Instagram: Commemas.id

 

(EGS)

 

Baca Juga